![]() |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIK)PROGRAM STUDI: S1 Kebidanan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
MATA KULIAH: | KODE MK | Kelompok Matakuliah Sesuai KBK | BOBOT (sks) | SEMESTER | Prasyarat Mata Kuliah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
MIKROBIOLOGI DAN PARASITOLOGI | 75WP62506 | MATA KULIAH WAJIB PRODI | Teori / Seminar | Praktek | Kerja Lapangan / Klinik | 1 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | 1 | 0 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PENANGGUNGJAWAB | Pengembang RPS | Koordinator / Pengampu MK | Ka. PRODI | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tanggal Revisi: 01 09 2025 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
MUZAYYAROH A.Md,S.ST,M.Keb | MUZAYYAROH A.Md,S.ST,M.Keb | MUZAYYAROH A.Md,S.ST,M.Keb | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
NIDN: 0705018301 | NIDN: 0705018301 | NIDN: 0705018301 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) | Program Studi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Mampu menguraikan mikrobiologi dan parasitologi yang terkait dalam praktik kebidanan dengan tepat 2. Mampu menganalisis kajian mikrobiologi dan parasitologi dalam studi kasus kebidanan dengan tepat | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sub CPMK | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Mampu menjelaskan konsep dasar mikrobiologi dan human body microbiom 2. Mampu menjelaskan konsep dasar virologi, mikologi, bakteriologi dalam kasus kebidanan 3. Mampu menjelaskan bentuk dan sifat karakteristik mikro organisme termasuk flora normal 4. Mampu menjelaskan konsep pencegahan dan pengendalian infeksi dan mikroorganisme berbahaya 5. Mampu menjelaskan mikroorganisme pada kasus kebidanan, gejala transmisi, skrining, penanganan awal pada pelayanan kebidanan 6. Mampu menjelaskan pengantar parasitologi dan epidemiologi penyakit parasit pada kasus kebidanan 7. Mampu menjelaskan sumber transmisi dan vector 8. Mampu menjelaskan parasite pada kasus kebidanan, gejala, transmisi serta penanganan awal dan implikasinya pada pelayanan kebidanan | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Korelasi CPMK dan Sub CPMK | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan | Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada peserta didik untuk menguraikan dan menganalisa kajian mikrobiologi dan parasitologi terkait praktik kebidanan dan dalam studi kasus kebidanan dengan tepat | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pokok Bahasan | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Konsep dasar mikrobiologi dan human body microbiom 2. Konsep dasar virologi, mikologi, bakteriologi dalam kasus kebidanan 3. Bentuk dan sifat karakteristik mikro organisme termasuk flora normal 4. Konsep pencegahan dan pengendalian infeksi dan mikroorganisme berbahaya 5. Mikroorganisme pada kasus kebidanan, gejala transmisi, skrining, penanganan awal pada pelayanan kebidanan 6. Pengantar parasitologi dan epidemiologi penyakit parasit pada kasus kebidanan 7. Sumber transmisi dan vector 8. Parasite pada kasus kebidanan, gejala, transmisi serta penanganan awal dan implikasinya pada pelayanan kebidanan | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pustaka | Utama: | Amini, Galila. 2017. Buku Ajar Mikrobiologi Kebidanan. Jakarta : Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta. R.Bimo, Marni Br Karo, 2022. Pengantar Kuliah Mikrobiologi Klinis. Bukupedia Indonesia, Jakarta. Ismail, Saldanis. 2014. Mikrobiologi dan Parasitologi. Deepublish : Yogyakarta. Padoli (2016). Modul bahan ajar cetak keperawatan Mikrobiologi dan Parasitologi Keperawatan. BPPSDMK Kemenkes RI: Jakarta. Syaifuddin, Drs. 2020. Ilmu Biomedik Dasar II: Biologi, Mikrobiologi, Parasitologi Untuk Keperawatan & Kebidanan. Jakarta :EGC | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendukung | Susilo, Joko. 2016. Mikrobiologi dalam praktik kebidanan. Yogyakarta : Deepublish Marni Karo, Wa Ode Salma, E Kamelia, M Bintang, M Hatta, 2016.Determination of OD Value and CFU Dilution for Modeling the Infection of Vulvovaginal Candidiasis on Experimental Mice. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR)(2016) Volume 28, No 2, pp 233-242 Ismail, S. 2019. Mikrobiologi dan Parasitologi. Yogyakarta : Deepublish | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Media Pembelajaran | Software / SoftCopy | Hardware / Hardcopy | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Laptop Proyektor PPT | Buku Modul Jurnal | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Team Teaching / Single Teaching | Team Teaching | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Assessment / Bentuk Evaluasi | UTS, UAS, Proyek, Praktikum, Partisipan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendekatan Pembelajaran SCL | diskusi kelompok, pembelajaran kontekstual pembelajaran berbasis masalah (PBL), pembelajaran berbasis proyek (PjBL) |
Minggu Ke- | Sub CPMK | Materi Pembelajaran [Pustaka] | Metode / Strategi Pembelajaran | Assessment | ||
Indikator | Bentuk | Bobot | ||||
1 | Mampu menjelaskan konsep dasar mikrobiologi dan human body microbiom | Konsep dasar mikrobiologi | Ceramah, Tanya Jawab | Ketepatan dalam menjelaskan konsep dasar mikrobiologi | Proyek | 7% |
2 | Mampu menjelaskan konsep dasar mikrobiologi dan human body microbiom | Konsep dasar human body microbiom | Ceramah, Tanya Jawab, Proyek | Ketepatan dalam menjelaskan konsep dasar human body microbiom | Proyek | 7% |
3 | Mampu menjelaskan konsep dasar virologi, mikologi, bakteriologi dalam kasus kebidanan | 1. Konsep dasar Virologi dalam kasus kebidanan 2. Konsep dasar mikologi dalam kasus kebidanan | Ceramah, Diskusi Kelompok, Proyek | 1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep dasar virologi dan mikrologi dalam kasus kebidanan 2. Kesesuaian isi makalah dengan topik teori | Proyek | 7% |
4 | Mampu menjelaskna konsep dasar virologi, mikrologi, bakteriologi dalam kasus kebidanan | Konsep bakteriologi dalam kasus kebidanan | Ceramah, Diskusi Kelompok | Ketepatan dalam menjelaskan tentang konsep bakteriologi dalam kasus kebidanan | Proyek | 7% |
5 | Mampu menjelaskan bentuk dan sifat dan karakteristik mikro organisme termasuk flora normal | 1. Bentuk mikroorganisme 2. Sifat mikroorganisme 3. Karakteristik mikroorganisme | Ceramah, Tanya Jawab, Praktik | Ketepatan dalam menjelaskan bentuk dan sifat dan karakteristik mikro organisme | Praktikum | 7% |
6 | Mampu mengidentifikasi bentuk dan sifat dan karakteristik mikro organisme termasuk flora normal | 1. Bentuk Flora normal 2. Sifat Flora normal 3. Karakteristik Flora Normal | Ceramah, Tanya Jawab, Praktik | Ketepatan dalam mengidentifikasi bentuk, sifat dan karakteristik flora normal | Praktikum | 7% |
7 | Mampu menjelaskan konsep pencegahan dan pengendalian infeksi dan mikroorganisme berbahaya | Pencegahan infeksi dan mikroorganisme berbahaya | Ceramah, Tanya Jawab | Ketepatan dalam menjelaskan konsep pencegahan infeksi dan mikroorganisme berbahaya | Proyek | 7% |
8 | Evaluasi Tengah Semester | |||||
9 | Mampu menjelaskan konsep pencegahan dan pengendalian infeksi dan mikroorganisme berbahaya | Pengendalian infeksi dan mikroorganisme berbahaya | Seminar kecil tentang kasus atau IPTEK kesehatan terkini | Ketepatan dalam menjelaskan pengendalian infeksi dan mikroorganisme berbahaya | Proyek | 7% |
10 | Mampu menjelaskan mikroorganisme pada kasus kebidanan, gejala transmisi, skrining, penanganan awal pada pelayanan kebidanan | 1. Mikroorganisme pada kasus kebidanan : a. Gejala transmisi b. Skrining c. Penanganan awal | Diskusi kasus | ketepatan dalam menjelaskan mikroorganisme pada kasus kebidanan, gejala transmisi, skrining, penanganan awal pada pelayanan kebidanan | Proyek | 8% |
11 | Mampu menjelaskan mikroorganisme pada kasus kebidanan, gejala transmisi, skrining, penanganan awal pada pelayanan kebidanan | 1. Mikroorganisme pada kasus kebidanan : a. Gejala transmisi b. Skrining c. Penanganan awal | Diskusi kasus | Ketepatan dalam menjelaskan mikroorganisme pada kasus kebidanan, gejala transmisi, skrining, penanganan awal pada pelayanan kebidanan | Proyek | 7% |
12 | Mampu menjelaskan pengantar parasitiologi dan epidemiologi penyakit parasite pada kasus kebidanan | Parasitologi | Diskusi kasus | Ketepatan dalam menjelaskan pengantar parasitiologi dan epidemiologi penyakit parasite pada kasus kebidanan | Proyek | 7% |
13 | Mampu menjelaskan pengantar parasitiologi dan epidemiologi penyakit parasite pada kasus kebidanan | epidemiologi penyakit parasite pada kasus kebidanan | Diskusi kasus | Ketepatan dalam menjelaskan pengantar parasitiologi dan epidemiologi penyakit parasite pada kasus kebidanan | Proyek | 7% |
14 | Mampu mengidentifikasi sumber transmisi dan vector | Sumber transmisi Vektor | Diskusi kasus | Ketepatan dalam mengidentifikasi sumber transmisi dan vector | Proyek | 7% |
15 | Mampu menjelaskan parasite pada kasus kebidanan, gejala, transmisi, serta penanganan awal dan implikasinya pada pelayanan kebidanan | 1. Parasite pada kasus kebidanan : a. Gejala b. Transmisi c. Penanganan awal d. Implikasi pada pelayanan kesehatan | Diskusi kasus | Ketepatan dalam menjelaskan parasite pada kasus kebidanan, gejala, transmisi, serta penanganan awal dan implikasinya pada pelayanan kebidanan | Proyek | 7% |
16 | Evaluasi Akhir Semester |
No | Kategori Penilaian | Bobot |
1 | UTS | 10 |
2 | UAS | 15 |
3 | Proyek | 30 |
4 | Praktikum | 25 |
5 | Partisipan | 20 |