RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026

FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIK)

PROGRAM STUDI: S1 Kebidanan

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
MIKROBIOLOGI DAN PARASITOLOGI 75WP62506 MATA KULIAH WAJIB PRODI Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
1 1 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 01 09 2025
MUZAYYAROH A.Md,S.ST,M.Keb MUZAYYAROH A.Md,S.ST,M.Keb MUZAYYAROH A.Md,S.ST,M.Keb
NIDN: 0705018301 NIDN: 0705018301 NIDN: 0705018301
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
CPL-2 Mampu menguasai konsep teoritis keilmuan kebidanandan keilmuan lain yang menunjang praktik pelayanan kebidanan
CPL-3 Mampu menguasai teori aplikasi strategi pengambilan Keputusan dengan menggunakan IPTEKS secara akuntabel dan bertanggungjawab berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, etis, dan berbasis bukti ilmiah serta menghasilkan karya ilmiah dalam bentuk skripsi/prototipe/ proyek atau bentuk lainnya
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Mampu menguraikan mikrobiologi dan parasitologi yang terkait dalam praktik kebidanan dengan tepat 2. Mampu menganalisis kajian mikrobiologi dan parasitologi dalam studi kasus kebidanan dengan tepat
Sub CPMK
1. Mampu menjelaskan konsep dasar mikrobiologi dan human body microbiom 2. Mampu menjelaskan konsep dasar virologi, mikologi, bakteriologi dalam kasus kebidanan 3. Mampu menjelaskan bentuk dan sifat karakteristik mikro organisme termasuk flora normal 4. Mampu menjelaskan konsep pencegahan dan pengendalian infeksi dan mikroorganisme berbahaya 5. Mampu menjelaskan mikroorganisme pada kasus kebidanan, gejala transmisi, skrining, penanganan awal pada pelayanan kebidanan 6. Mampu menjelaskan pengantar parasitologi dan epidemiologi penyakit parasit pada kasus kebidanan 7. Mampu menjelaskan sumber transmisi dan vector 8. Mampu menjelaskan parasite pada kasus kebidanan, gejala, transmisi serta penanganan awal dan implikasinya pada pelayanan kebidanan
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6 Sub CPMK 7 Sub CPMK 8
CPMK 1 v v v v v
CPMK 2 v v v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada peserta didik untuk menguraikan dan menganalisa kajian mikrobiologi dan parasitologi terkait praktik kebidanan dan dalam studi kasus kebidanan dengan tepat
Pokok Bahasan
1. Konsep dasar mikrobiologi dan human body microbiom 2. Konsep dasar virologi, mikologi, bakteriologi dalam kasus kebidanan 3. Bentuk dan sifat karakteristik mikro organisme termasuk flora normal 4. Konsep pencegahan dan pengendalian infeksi dan mikroorganisme berbahaya 5. Mikroorganisme pada kasus kebidanan, gejala transmisi, skrining, penanganan awal pada pelayanan kebidanan 6. Pengantar parasitologi dan epidemiologi penyakit parasit pada kasus kebidanan 7. Sumber transmisi dan vector 8. Parasite pada kasus kebidanan, gejala, transmisi serta penanganan awal dan implikasinya pada pelayanan kebidanan
Pustaka Utama: Amini, Galila. 2017. Buku Ajar Mikrobiologi Kebidanan. Jakarta : Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta. R.Bimo, Marni Br Karo, 2022. Pengantar Kuliah Mikrobiologi Klinis. Bukupedia Indonesia, Jakarta. Ismail, Saldanis. 2014. Mikrobiologi dan Parasitologi. Deepublish : Yogyakarta. Padoli (2016). Modul bahan ajar cetak keperawatan Mikrobiologi dan Parasitologi Keperawatan. BPPSDMK Kemenkes RI: Jakarta. Syaifuddin, Drs. 2020. Ilmu Biomedik Dasar II: Biologi, Mikrobiologi, Parasitologi Untuk Keperawatan & Kebidanan. Jakarta :EGC
Pendukung Susilo, Joko. 2016. Mikrobiologi dalam praktik kebidanan. Yogyakarta : Deepublish Marni Karo, Wa Ode Salma, E Kamelia, M Bintang, M Hatta, 2016.Determination of OD Value and CFU Dilution for Modeling the Infection of Vulvovaginal Candidiasis on Experimental Mice. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR)(2016) Volume 28, No 2, pp 233-242 Ismail, S. 2019. Mikrobiologi dan Parasitologi. Yogyakarta : Deepublish
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
Laptop Proyektor PPT Buku Modul Jurnal
Team Teaching / Single Teaching Team Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi UTS, UAS, Proyek, Praktikum, Partisipan
Pendekatan Pembelajaran SCL diskusi kelompok, pembelajaran kontekstual pembelajaran berbasis masalah (PBL), pembelajaran berbasis proyek (PjBL)
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Mampu menjelaskan konsep dasar mikrobiologi dan human body microbiom Konsep dasar mikrobiologi Ceramah, Tanya Jawab Ketepatan dalam menjelaskan konsep dasar mikrobiologi Proyek 7%
2 Mampu menjelaskan konsep dasar mikrobiologi dan human body microbiom Konsep dasar human body microbiom Ceramah, Tanya Jawab, Proyek Ketepatan dalam menjelaskan konsep dasar human body microbiom Proyek 7%
3 Mampu menjelaskan konsep dasar virologi, mikologi, bakteriologi dalam kasus kebidanan 1. Konsep dasar Virologi dalam kasus kebidanan 2. Konsep dasar mikologi dalam kasus kebidanan Ceramah, Diskusi Kelompok, Proyek 1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep dasar virologi dan mikrologi dalam kasus kebidanan 2. Kesesuaian isi makalah dengan topik teori Proyek 7%
4 Mampu menjelaskna konsep dasar virologi, mikrologi, bakteriologi dalam kasus kebidanan Konsep bakteriologi dalam kasus kebidanan Ceramah, Diskusi Kelompok Ketepatan dalam menjelaskan tentang konsep bakteriologi dalam kasus kebidanan Proyek 7%
5 Mampu menjelaskan bentuk dan sifat dan karakteristik mikro organisme termasuk flora normal 1. Bentuk mikroorganisme 2. Sifat mikroorganisme 3. Karakteristik mikroorganisme Ceramah, Tanya Jawab, Praktik Ketepatan dalam menjelaskan bentuk dan sifat dan karakteristik mikro organisme Praktikum 7%
6 Mampu mengidentifikasi bentuk dan sifat dan karakteristik mikro organisme termasuk flora normal 1. Bentuk Flora normal 2. Sifat Flora normal 3. Karakteristik Flora Normal Ceramah, Tanya Jawab, Praktik Ketepatan dalam mengidentifikasi bentuk, sifat dan karakteristik flora normal Praktikum 7%
7 Mampu menjelaskan konsep pencegahan dan pengendalian infeksi dan mikroorganisme berbahaya Pencegahan infeksi dan mikroorganisme berbahaya Ceramah, Tanya Jawab Ketepatan dalam menjelaskan konsep pencegahan infeksi dan mikroorganisme berbahaya Proyek 7%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Mampu menjelaskan konsep pencegahan dan pengendalian infeksi dan mikroorganisme berbahaya Pengendalian infeksi dan mikroorganisme berbahaya Seminar kecil tentang kasus atau IPTEK kesehatan terkini Ketepatan dalam menjelaskan pengendalian infeksi dan mikroorganisme berbahaya Proyek 7%
10 Mampu menjelaskan mikroorganisme pada kasus kebidanan, gejala transmisi, skrining, penanganan awal pada pelayanan kebidanan 1. Mikroorganisme pada kasus kebidanan : a. Gejala transmisi b. Skrining c. Penanganan awal Diskusi kasus ketepatan dalam menjelaskan mikroorganisme pada kasus kebidanan, gejala transmisi, skrining, penanganan awal pada pelayanan kebidanan Proyek 8%
11 Mampu menjelaskan mikroorganisme pada kasus kebidanan, gejala transmisi, skrining, penanganan awal pada pelayanan kebidanan 1. Mikroorganisme pada kasus kebidanan : a. Gejala transmisi b. Skrining c. Penanganan awal Diskusi kasus Ketepatan dalam menjelaskan mikroorganisme pada kasus kebidanan, gejala transmisi, skrining, penanganan awal pada pelayanan kebidanan Proyek 7%
12 Mampu menjelaskan pengantar parasitiologi dan epidemiologi penyakit parasite pada kasus kebidanan Parasitologi Diskusi kasus Ketepatan dalam menjelaskan pengantar parasitiologi dan epidemiologi penyakit parasite pada kasus kebidanan Proyek 7%
13 Mampu menjelaskan pengantar parasitiologi dan epidemiologi penyakit parasite pada kasus kebidanan epidemiologi penyakit parasite pada kasus kebidanan Diskusi kasus Ketepatan dalam menjelaskan pengantar parasitiologi dan epidemiologi penyakit parasite pada kasus kebidanan Proyek 7%
14 Mampu mengidentifikasi sumber transmisi dan vector Sumber transmisi Vektor Diskusi kasus Ketepatan dalam mengidentifikasi sumber transmisi dan vector Proyek 7%
15 Mampu menjelaskan parasite pada kasus kebidanan, gejala, transmisi, serta penanganan awal dan implikasinya pada pelayanan kebidanan 1. Parasite pada kasus kebidanan : a. Gejala b. Transmisi c. Penanganan awal d. Implikasi pada pelayanan kesehatan Diskusi kasus Ketepatan dalam menjelaskan parasite pada kasus kebidanan, gejala, transmisi, serta penanganan awal dan implikasinya pada pelayanan kebidanan Proyek 7%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 UTS 10
2 UAS 15
3 Proyek 30
4 Praktikum 25
5 Partisipan 20