RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026

FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIK)

PROGRAM STUDI: S1 Kebidanan

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
FUNDAMENTAL KEBIDANAN 75WP62501 MATA KULIAH WAJIB PRODI Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
3 1 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 01 09 2025
VIVIN EKA RAHMAWATI A.Md,S.ST,S.ST,M.KM VIVIN EKA RAHMAWATI A.Md,S.ST,S.ST,M.KM MUZAYYAROH A.Md,S.ST,M.Keb
NIDN: 0723049003 NIDN: 0723049003 NIDN: 0705018301
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
CPL-2 Mampu menguasai konsep teoritis keilmuan kebidanandan keilmuan lain yang menunjang praktik pelayanan kebidanan
CPL-3 Mampu menguasai teori aplikasi strategi pengambilan Keputusan dengan menggunakan IPTEKS secara akuntabel dan bertanggungjawab berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, etis, dan berbasis bukti ilmiah serta menghasilkan karya ilmiah dalam bentuk skripsi/prototipe/ proyek atau bentuk lainnya
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Mampu menguraikan konsep bidan sebagai profesi, sejarah, fisolofi bidan dan model praktik kebidanan dengan tepat. 2. Mampu menganalisis konsep teoritis konsep kajian perempuan sesuai dengan kompetensinya 3. Mampu menguasai konsep berpikir kritis dan reflektif dalam pelayanan kebidanan dengan tepat
Sub CPMK
1. Mampu menguraikan konsep profesi dan kebidanan sebagai suatu profesi 2. Mampu menguraikan sejarah dan perkembangan bidan 3. Mampu menguraikan peran organisasi kesehatan dan profesi bidan 4. Mampu menganalisis definisi, perkembangan, peran, posisi, dan hak-hak perempuan dan anak 5. Mampu menganalisis peran perempuan dalam keluarga, masyarakat, negara, serta peradaban manusia 6. Mampu menganalisis isu ketidaksetaraan dan ketidakadilan pada kesehatan perempuan dan anak 7. Mampu menganalisis praktik budaya yang berbahas terhadap kesehatan ibu dan anak 8. Mampu menganalisis pendekatan peka budaya dalam praktik kebidanan 9. Mampu menganalisis program pemberdayaan perempuan dalam multidimensional dan lintas sektoral 10. Mampu menguasai model pelayanan kesehatan 11. Mampu menguasai prinsip asuhan kebidanan 12. Mampu menguasai bentuk asuhan kebidanan 13. Mampu menguasai konsep berpikir kritis 14. 14. Mampu menguasai alur dan alat bantu (tools) critical thinking dalam praktik kebidanan 15. Mampu menguasai konsep reflective learning
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6 Sub CPMK 7 Sub CPMK 8 Sub CPMK 9 Sub CPMK 10 Sub CPMK 11 Sub CPMK 12 Sub CPMK 13 Sub CPMK 14 Sub CPMK 15
CPMK 1 v v v
CPMK 2 v v v v v v
CPMK 3 v v v v v v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada peserta didik untuk memahami Fundamental Kebidanan
Pokok Bahasan
Pengantar Kebidanan Kajian Perempuan Dalam Berbagai Konteks Model Praktik Kebidanan Pengantar Berpikir Klinis
Pustaka Utama: Sukini, T. & Rofi’ah, S. (2016) Fundamental kebidanan: disertai evidence-based practice & dokumen inti ICM. Jakarta: Trans Medika. Lestari, S., dkk. (2025) Dasar-dasar kebidanan. Jakarta: Eureka Publisher. Meidiawati, Y., dkk. (2024) Pengantar ilmu kebidanan. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media. Lewis, L. (2015) Fundamentals of midwifery: a textbook for students. Chichester: Wiley-Blackwell Myles, M. (2020) Textbook for midwives. 17th edn. London: Elsevier.
Pendukung Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal (IMHSJ) (2021) ‘Berbagai topik kebidanan: asuhan kehamilan, menyusui, emergensi maternal/neonatal, pendidikan kebidanan’, Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal, 5(2), pp. 45–60. Davis, J., Smith, A. & Kurniawati, R. (2025) ‘Scope, significance and sustaining the midwifery profession in Indonesia’, Midwifery, 128, 103749. doi:10.1016/j.midw.2025.103749.
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
Slide presentasi Video player Browsing internet Notebook/PC LCD Projector White board
Team Teaching / Single Teaching Team Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi UTS, UAS, PROYEK, PRAKTIKUM, PARTISIPAN
Pendekatan Pembelajaran SCL Problem Based Learning (PBL), Small Group Discussion (SGD), Project Based Learning (PjBL), Role Play / Simulation, Case Study
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Mampu menguraikan tentang konsep profesi dan kebidanan sebagai suatu profesi Konsep profesi dan kebidanan sebagai suatu profesi Definisi bidan dan kebidanan sebagai suatu ilmu dan seni Personal belief bidan yang mempengaruhi asuhan pada perempuan Motivasi personal menjadi bidan dan self refleksi sebagai perempuan Diskusi kasus Ketepatan dalam menjelaskan konsep profesi dan kebidanan sebagai suatu profesi UTS 5%
2 Mampu menjelaskan sejarah dan perkembangan dalam kebidanan Sejarah dan perkembangan dalam kebidanan Teori, praktik dan perilaku yang dibutukan bidan Pre dan Post Conference Ketepatan dalam menjelaskan sejarah dan perkembangan dalam kebidanan PARTISIPAN 5%
3 Mampu menjelaskan peran organisasi kesehatan dan profesi kesehatan dan profesi (nasional dan international) Peran organisasi kesehatan dan profesi kesehatan dan profesi (nasional dan international) Kompetensi bidan dalam konteks nasional (system pelayanan kesehatan/kebidanan) dan global Pendidikan bidan dalam konteks nasional (system pelayanan kebidanan) dan global Diskusi kasus Ketepatan dalam membandingkan peran organisasi kesehatan dan profesi kesehatan dan profesi (nasional dan international) UTS 5%
4 Mampu menjelaskan analisis definisi, perkembangan, peran, posisi, dan hak-hak perempuan dan anak Definisi perempuan dan anak dalam konteks sosial, hukum, budaya, dan agama. Tahapan perkembangan perempuan dan anak dalam setiap siklus kehidupan (pra-kelahiran, masa kanak-kanak, remaja, dewasa, lansia) Peran perempuan dan anak dalam keluarga, masyarakat, ekonomi, politik, dan budaya. Posisi perempuan dan anak dalam sistem patriarki, sistem egaliter, dan perspektif gender lainnya Hak-hak perempuan dan anak dalam kerangka hukum nasional dan internasional. Diskusi kasus Ketepatan dalam menganalisis definisi, perkembangan, peran, posisi, dan hak-hak perempuan dan anak UTS 5%
5 Mampu menjelaskan peran perempuan dalam keluarga, masyarakat, negara serta peradaban manusia Peran perempuan dalam keluarga, masyarakat, negara serta peradaban manusia Teori feminis dan dampaknya pada kesehatan maternal Pre dan Post Conference Ketepatan dalam mengidentifikasi peran perempuan dalam keluarga, masyarakat, negara serta peradaban manusia PARTISIPAN 5%
6 Mampu menjelaskan Isu ketidaksetaraan dan ketidakadilan pada kesehatan perempuan dan anak (stereotype, marginaisasi, ekerasan, double burden, rasisme) Pengaruh stereotipe gender terhadap kesehatan perempuan dan anak. Marginalisasi perempuan dan anak dalam sistem kesehatan Dampak kekerasan terhadap kesehatan fisik, mental, dan sosial perempuan dan anak. Dampak double burden (beban ganda) perempuan terhadap kesehatan dan kesejahteraan keluarga Dampak rasisme terhadap akses dan kualitas layanan kesehatan perempuan dan anak Pre dan Post Conference, Diskusi kasus Ketepatan dalam menganalisis Isu ketidaksetaraan dan ketidakadilan pada kesehatan perempuan dan anak (stereotype, marginaisasi, ekerasan, double burden, rasisme) PROYEK 10%
7 Mampu menganalisis praktik budaya yang berbahas terhadap kesehatan ibu dan anak 1. Praktik budaya yang berbahas terhadap kesehatan 2. Dampak praktik budaya tersebut terhadap kesehatan ibu dan anak 3. Rekomendasi atau solusi edukasi kesehatan Pre dan Post Conference, Diskusi kasus Ketepatan dalam menganalisis praktik budaya yang berbahas terhadap kesehatan ibu dan anak 1. Reading/mereview Journal: (by riset) PROYEK 5%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Mampu menganalisis pendekatan peka budaya (cultural humility) dalam praktik kebidanan (emic, ethic, thick description body metapora, embodiment, value clarification) 1. Pengaruh stereotipe gender terhadap kesehatan perempuan dan anak. 2. Marginalisasi perempuan dan anak dalam sistem kesehatan. 3. Dampak kekerasan terhadap kesehatan fisik, mental, dan sosial perempuan dan anak. 4. Dampak double burden (beban ganda) perempuan terhadap kesehatan dan kesejahteraan keluarga 5. Dampak rasisme terhadap akses dan kualitas layanan kesehatan perempuan dan anak. Pre dan Post Conference, Diskusi kasus ketepatan dalam menganalisis pendekatan peka budaya PROYEK 5%
10 Mampu menjelaskan program pemberdayaan perempuan dalam multidimensional dan lintas sektoral 1. Konsep pemberdayaan perempuan dalam perspektif kesehatan, sosial, ekonomi, politik, dan budaya. 2. Peran berbagai sektor (pendidikan, kesehatan, hukum, ekonomi, organisasi masyarakat, media) dalam mendukung pemberdayaan perempuan. 3. Faktor pendukung dan penghambat program pemberdayaan perempuan di tingkat individu, keluarga, komunitas, dan kebijakan nasional. Pre dan Post Conference, Diskusi kasus Ketepatan dalam menjelaskan program pemberdayaan perempuan dalam multidimensional dan lintas sektoral UAS 10%
11 Mampu menguasai Model pelayanan kesehatan (Biopsikososial model, social model, medical model, midwifery model 1. Biopsikososial Model a. Keterkaitan faktor biologis, psikologis, dan sosial dalam pelayanan kebidanan. b. Kebutuhan ibu dan keluarga berdasarkan pendekatan biopsikososial. 2. Social Model a. Peran faktor sosial, budaya, dan lingkungan dalam pelayanan kebidanan. b. Pengaruh determinan sosial terhadap kesehatan ibu dan anak. 3. Medical Model a. Prinsip pendekatan biomedis dalam pelayanan kebidanan. b. Kelebihan dan keterbatasan medical model pada kasus kebidanan. 4. Midwifery Model a. Filosofi woman-centered care dalam praktik kebidanan. b. Konsep midwifery model dalam simulasi/studi kasus pelayanan kebidanan. Pre dan Post Conference, Model Ketepatan dalam menjelaskan model pelayanan kesehatan UAS 10%
12 Mampu menguasai prinsip asuhan kebidanan 1. Konsep Normality 2. Partnership dengan perempuan 3. Asuhan berpusat pada perempuan (women centered care) dengan melibatkan keluarga 4. Respectfull midwifery care 5. Kesetaraan gender, disabilitas, dan inklusi social (GEDSI) pada perempuan dan anak dalam pelayanan kebidanan Pre dan Post Conference Ketepatan dalam menjelaskan prinsip asuhan kebidanan PARTISIPAN 5%
13 Mampu menguasai bentuk asuhan kebidanan a. Midwifery Led Care (L&D) b. Continuity of Midwifery care c. Community of midwifey care d. Caseload model of midwifery care e. Midwifery team Pre dan Post Conference, Model Ketepatan dalam menganalisis bentuk asuhan kebidanan PRAKTIKUM 10%
14 Mampu menguasai konsep berpikir kritis, alur dan alat bantu (tools) critical thinking dalam praktik kebidanan 1. Definisi berpikir kritis 2. Manfaat berpikir kritis 3. Reasoning skill 4. Inductive-deductive thinking 5. Alur dan alat bantu (tools) critical thinking dalam praktik kebidanan a. Tahapan/alur proses critical thinking dalam praktik kebidanan (identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis, interpretasi, pengambilan keputusan, evaluasi). b. Berbagai alat bantu (tools) berpikir kritis yang dapat digunakan dalam praktik kebidanan (misalnya: clinical reasoning model, problem-solving framework, decision-making tree, SWOT analysis, fishbone diagram). c. Studi kasus kebidanan dengan menggunakan alur critical thinking yang sistematis. d. Alat bantu (tools) berpikir kritis dalam simulasi/studi kasus untuk mendukung pengambilan keputusan klinis Pre dan Post Conference, Diskusi kasus Ketepatan dalam menjelaskan konsep berpikir kritis PRAKTIKUM 10%
15 Mampu menguasai konsep reflective learning 1. Definisi dan prinsip dasar reflective learning dalam konteks pembelajaran kebidanan. 2. Manfaat reflective learning dalam pengembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan profesional. 3. Tahapan proses refleksi (misalnya: pengalaman, pemahaman, analisis, dan perencanaan tindakan). 4. Pengalaman belajar/kasus kebidanan melalui pendekatan reflektif. Pre dan Post Conference, Diskusi kasus Ketepatan menjelaskan konsep reflective learning PRAKTIKUM 10%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 UTS 15
2 UAS 20
3 PROYEK 20
4 PRAKTIKUM 30
5 PARTISIPAN 15