RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026

FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIK)

PROGRAM STUDI: S1 Kebidanan

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
ETIKA DAN KODE ETIK DALAM PRAKTIK KE BIDANAN 75WP62502 MATA KULIAH WAJIB PRODI Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
1 1 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 01 09 2025
DEWI TRILOKA WULANDARI A.Md,S.S.T,M.Tr.Keb DEWI TRILOKA WULANDARI A.Md,S.S.T,M.Tr.Keb MUZAYYAROH A.Md,S.ST,M.Keb
NIDN: 0723058803 NIDN: 0723058803 NIDN: 0705018301
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
CPL-1 Menerapkan nilai ketuhanan, kebangsaan, kemanusiaan, kepedulian sosial, Kerjasama, menghargai keanekaragaman, menjunjung tinggi penegakan hukumserta nilai professional bidan
CPL-2 Mampu menguasai konsep teoritis keilmuan kebidanandan keilmuan lain yang menunjang praktik pelayanan kebidanan
CPL-3 Mampu menguasai teori aplikasi strategi pengambilan Keputusan dengan menggunakan IPTEKS secara akuntabel dan bertanggungjawab berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, etis, dan berbasis bukti ilmiah serta menghasilkan karya ilmiah dalam bentuk skripsi/prototipe/ proyek atau bentuk lainnya
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Mampu menguasai konsep etika, kode etik, kode etik bidan nasional-internasional dan mengidentifikasi nilai etis menurut perspektif budaya dalam pelayanan kebidanan sesuai dengan nilai profesionalisme bidan 2. Mampu menganalisis nilai personal dan profesional, moral, etika, kode etik dengan menghargai keanekaragaman dan menjunjung tinggi penegakan hukum serta nilai profesional bidan dalam menjalankan praktik kebidanan 3. Mampu menguasai peraturan / hukum terkait praktik kebidanan
Sub CPMK
1. Mampu menjelaskan Konsep dasar etika kesehatan (Etika dasar, pengenalan etika umum, ciri profesional) 2. Mampu menjelaskan Konsep dasar hukum kesehatan (pengantar ilmu hukum) 3. Mampu menjelaskan personal beliefs, biases and norms dan their influence on practice 4. Mampu menjelaskan Analisis prinsip etik dalam praktik kebidanan profesional (Autonomy, Benevolence dan Non-Maleficence) 5. Mampu menjelaskan Analisis prinsip etik dalam praktik kebidanan profesional (Justice, Confidentiality, Consent and refusal) 6. Mampu menjelaskan Kode etik bidan Indonesia dan bidan Internasional 7. Mampu Menjelaskan Penerapan kode etik bidan dalam pelayanan kebidanan 8. Mampu menjelaskan kebijakan dan aturan terkait dengan jabatan fungsional bidan dan izin praktik bidan 9. Mampu menjelaskan kewenangan dan standar kompetensi/ standar profesi bidan 10. Mampu menjelskan sanksi dan hukum dalam praktik kebidanan 11. Mampu menjelaskan isu dalam penerapan prinsip etik, nilai etik dalam asuhan pelayanan kebidanan (Gender based violence, aborsi, episiotomi, Sc, bayi tabung, surrogancy, adopsi, trafficking, survival center approach, donor ASI, Bank sperma, dll) 12. Mampu menjelaskan konsep dan pengambilan keputusan dalam asuhan kebidanan (Gender based violence, aborsi, episiotomi, Sc, bayi tabung, surrogancy, adopsi, trafficking, survival center approach, donor ASI, Bank sperma, dll) 13. Mampu menjelaskan isu profesional dalam perspektif hukum (malpractice, maleficence, misconduct and negligence) 14. Mampu menjelaskan isu profesional dalam perspektif hukum (whistle blowing, and complaints, miss treatment, accountability and responsibility)
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6 Sub CPMK 7 Sub CPMK 8 Sub CPMK 9 Sub CPMK 10 Sub CPMK 11 Sub CPMK 12 Sub CPMK 13 Sub CPMK 14
CPMK 1 v v v
CPMK 2 v v v v v v
CPMK 3 v v v v v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada peserta didik untuk memahami Pengantar Etika dan Hukum Kesehatan, Kode Etik dan Hukum Terkait Bidan dan Peraturan/ Hukum Terkait Praktik Kebidanan
Pokok Bahasan
1. Pengantar Etika dan Hukum Kesehatan 2. Kode Etik dan Hukum Terkait Bidan 3. Peraturan/ Hukum Terkait Praktik Kebidanan 4. Isu Etik dalam Praktik Kebidanan
Pustaka Utama: UU Kebidanan No. 4 tahun 2019 IBI. 2005. Etika dan kode etik kebidanan. IBI UU Kesehatan No 36 tahun 2009 UU No 36 tahun 2014, tentang tenaga kesehatan Permenkes No 28 Tahun 2017 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan Permenkes No 83 Tahun 2019 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan Permenkes 1796 tahun 2011, tentang registrasi tenaga kesehatan Peraturan hukum kesehatan di Indonesia Etika dan hukum kedokteran
Pendukung Clarke, E. (2010) Law and Ethics for Midwifery. Abingdon: Routledge ICM (2008). Code of Ethics. Amsterdam, Netherlands: Icm Raynor M and Marshall, J (2020). Myles Textbook (17th edn). Amsterdam, the Netherlands: Elsevier World Health Organisation (2016) . Midwives Voices Midwives Realities. Geneva Dunkey,J., 2000, Healt Promotion in Midwifery Practice: A Resource For Health Profesionals, An Imprint Of Harcourt Publisher Ltd, London: Bailiere Tindall Walsh,Lv., 2001, Midwifery: Community Based Care During The Childbearing Year, USA: WB Sander Company
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
Slide presentasi Video player Browsing internet Buku Modul Etika dan Hukum kesehatan Penuntun belajar Notebook/PC LCD Projector White board
Team Teaching / Single Teaching Team Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi UTS, UAS, PROJEK, PRAKTIKUM, PARTISIPAN
Pendekatan Pembelajaran SCL 1. Discovery learning, 2. Cooperative learning (seperti Jigsaw dan STAD), 3. Small Group Discussion, dan 4. Project-Based Learning (PjBL).
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Pada akhir perkuliahan mahasiswa Mampu menjelaskan Konsep dasar etika kesehatan Konsep dasar etika kesehatan (Etika dasar, pengenalan etika umum, ciri profesional) Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Ketepatan mahasiswa dalam menjelaskan Konsep dasar etika kesehatan (Etika dasar, pengenalan etika umum, ciri profesional) PROJEK 10%
2 Pada akhir perkuliahan mahasiswa Mampu menjelaskan Konsep dasar hukum kesehatan Konsep dasar hukum kesehatan (pengantar ilmu hukum) dalam kebidanan Ceramah, Tanya Jawab, Curah Pendapat (Brainstorming), Diskusi Kelompok Ketepatan mahasiswa dalam menjelaskan tentang Konsep dasar hukum kesehatan (pengantar ilmu hukum) dalam kebidanan PROJEK 10%
3 Pada Akhir perkuliahan mahasiswa Mampu menjelaskan personal beliefs, biases and norms dan their influence on practice. 1. personal beliefs, 2. biases and norms dan 3. their influence on practice. Ceramah, Tanya Jawab, Curah Pendapat (Brainstorming), Diskusi Kelompok, Proyek ketepatan mahasiswa dalam menjelaskan personal beliefs, biases and norms dan their influence on practice. UTS 10%
4 Pada akhir perkuliahan mahasiswa Mampu menjelaskan Analisis prinsip etik dalam praktik kebidanan profesional Analisis prinsip etik dalam praktik kebidanan profesional 1. Autonomy, 2. Benevolence dan 3. Non-Maleficence Ceramah, Tanya Jawab, Curah Pendapat (Brainstorming), Diskusi Kelompok, Proyek Ketepatan mahasiswa dalam menganalisis prinsip etik dalam praktik kebidanan profesional: Autonomy, Benevolence dan Non-Maleficence UTS 5%
5 Pada akhir perkuliahan mahasiswa Mampu menjelaskan Analisis prinsip etik dalam praktik kebidanan profesional (Justice, Confidentiality, Consent and refusal) Analisis prinsip etik dalam praktik kebidanan profesional 1. Justice, 2. Confidentiality, 3. Consent and refusal Ceramah, Tanya Jawab, Curah Pendapat (Brainstorming), Proyek Ketepatan dalam Analisis prinsip etik dalam praktik kebidanan profesional Justice, Confidentiality, dan Consent and refusal UTS 5%
6 Pada akhir perkuliahan mahasiswa Mampu menjelaskan Kode etik bidan Indonesia dan bidan Internasional Kode etik bidan Indonesia dan bidan Internasional Ceramah, Tanya Jawab, Curah Pendapat (Brainstorming), Diskusi Kelompok, Role PLay Ketepatan dalam menjelaskan Kode etik bidan Indonesia dan bidan Internasional PROJEK 10%
7 Pada Akhir perkuliahan mahasiswa Mampu Menjelaskan Penerapan kode etik bidan dalam pelayanan kebidanan Penerapan kode etik bidan dalam pelayanan kebidanan Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Curah Pendapat (Brainstorming), Role PLay, Proyek Ketepatan dalam Penerapan kode etik bidan dalam pelayanan kebidanan PROJEK 10%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Pada akhir perkuliahan mahasiswa Mampu menjelaskan kebijakan dan aturan terkait dengan jabatan fungsional bidan dan izin praktik bidan kebijakan dan aturan terkait dengan jabatan fungsional bidan dan izin praktik bidan Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Curah Pendapat (Brainstorming), Diskusi Kelompok, Proyek Ketepatan dalam menjelaskan kebijakan dan aturan terkait dengan jabatan fungsional bidan dan izin praktik bidan PRAKTIKUM 5%
10 Pada akhir perkuliahan mahasiswa Mampu menjelaskan kewenangan dan standar kompetensi/ standar profesi bidan 1. kewenangan dan 2. standar kompetensi/ 3. standar profesi bidan Ceramah, Tanya Jawab, Curah Pendapat (Brainstorming), Diskusi Kelompok, Proyek Ketepatan dalam menjelaskan kewenangan dan standar kompetensi/ standar profesi bidan PROJEK 10%
11 Pada Akhir perkuliahan Mampu menjelaskan sanksi dan hukum dalam praktik kebidanan 1. Sanksi dan 2. Hukum dalam praktik kebidanan Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Curah Pendapat (Brainstorming), Diskusi Kelompok Ketepatan dalam menjelaskan sanksi dan hukum dalam praktik kebidanan PRAKTIKUM 5%
12 Pada akhir perkuliahan mahasiswa Mampu menjelaskan isu dalam penerapan prinsip etik, nilai etik dalam asuhan pelayanan kebidanan (Gender based violence, aborsi, episiotomi, Sc, bayi tabung, surrogancy, adopsi, trafficking, survival center approach, donor ASI, Bank sperma, dll) isu dalam penerapan prinsip etik, nilai etik dalam asuhan pelayanan kebidanan 1. Gender based violence, aborsi, episiotomi, Sc, bayi tabung, surrogancy, adopsi, trafficking, survival center approach, donor ASI, Bank sperma, dll) Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok, Praktik Ketepatan dalam menjelaskan isu dalam penerapan prinsip etik, nilai etik dalam asuhan pelayanan kebidanan (Gender based violence, aborsi, episiotomi, Sc, bayi tabung, surrogancy, adopsi, trafficking, survival center approach, donor ASI, Bank sperma, dll) PRAKTIKUM 5%
13 Pada akhir perkuliahan mahasiswa Mampu menjelaskan konsep dan pengambilan keputusan dalam asuhan kebidanan (Gender based violence, aborsi, episiotomi, Sc, bayi tabung, surrogancy, adopsi, trafficking, survival center approach, donor ASI, Bank sperma, dll) isu dalam penerapan prinsip etik, nilai etik dalam asuhan pelayanan kebidanan 1. (Gender based violence, aborsi, episiotomi, Sc, bayi tabung, surrogancy, adopsi, trafficking, survival center approach, donor ASI, Bank sperma, dll) Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Praktik Ketepatan mahasiswa dalam menjelaskan konsep dan pengambilan keputusan dalam asuhan kebidanan (Gender based violence, aborsi, episiotomi, Sc, bayi tabung, surrogancy, adopsi, trafficking, survival center approach, donor ASI, Bank sperma, dll) PRAKTIKUM 5%
14 Pada akhir perkuliahan mahasiswa Mampu menjelaskan isu profesional dalam perspektif hukum (malpractice, maleficence, misconduct and negligence) Isu profesional dalam perspektif hukum (malpractice, maleficence, misconduct and negligence) Ceramah, Demonstrasi, Curah Pendapat (Brainstorming), Diskusi Kelompok Ketepatan dalam menjelaskan isu profesional dalam perspektif hukum (malpractice, maleficence, misconduct and negligence) PROJEK 5%
15 Pada akhir perkuliahan mahasiswa Mampu menjelaskan isu profesional dalam perspektif hukum (whistle blowing, and complaints, miss treatment, accountability and responsibility) isu profesional dalam perspektif hukum (whistle blowing, and complaints, miss treatment, accountability and responsibility) Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok, Proyek Ketepatan mahasiswa dalam menjelaskan isu profesional dalam perspektif hukum (whistle blowing, and complaints, miss treatment, accountability and responsibility) PRAKTIKUM 5%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 UTS 15
2 UAS 15
3 PROJEK 30
4 PRAKTIKUM 20
5 PARTISIPAN 20