Minggu Ke- |
Sub CPMK |
Materi Pembelajaran [Pustaka] |
Metode / Strategi Pembelajaran |
Assessment |
Indikator |
Bentuk |
Bobot |
1 |
Menganalisis konsep komunikasi umum dalam membina hubungan interpersonal dengan individu dalam berbagai situasi dan kondisi |
1. Konsep komunikasi secara umum
a. Pengertian komunikasi
b. Komponen komunikasi
c. Bentuk komunikasi
d. Tujuan dan fungsi komunikasi
|
Pre dan Post Conference |
mahasiswa dapat menjawab pertanyaan dengan tepat |
Tes tulis
|
5% |
2 |
Menganalisis konsep komunikasi efektif dalam membina hubungan interpersonal |
2. Jenis-jenis komunikasi
a. Komunikasi verbal
a) Kata dan makna
b) Pengaruh kata terhadap Tindakan
b. Komunikasi nonverbal
a) Bentuk komunikasi nonverbal
b) Menafsirkan pesan nonverbal
|
Diskusi kasus |
mahasiswa dapat menjawab pertanyaan dan memainkan peran |
Tes tulis
|
5% |
3 |
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi |
3. Konsep Komunikasi efektif
a. Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi:
a) Kredibilitas pemberi pesan
b) Isi pesan
c) Kesesuaian dengan isi pesan
d) Kejelasan pesan
e) Kesinambungan dan konsistensi
|
Pre dan Post Conference |
kemampuan pasien dalam menjawab pertanyaan |
Tes tulis
|
5% |
4 |
Menganalisis pengaruh latar belakang sosial budaya dalam berkomunikas |
2. Jenis-jenis komunikasi
a. Komunikasi verbal
a) Kata dan makna
b) Pengaruh kata terhadap Tindakan
b. Komunikasi nonverbal
a) Bentuk komunikasi nonverbal
b) Menafsirkan pesan nonverbal
3. Konsep Komunikasi efektif
|
Diskusi kasus |
ketepatan dalam menjawab pertanyaan |
Tes tulis
|
10% |
5 |
Menganalisis trend dan issue dalam komunikasi kesehatan |
a. Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi:
a) Kredibilitas pemberi pesan
b) Isi pesan
c) Kesesuaian dengan isi pesan
d) Kejelasan pesan
e) Kesinambungan dan konsistensi
f) Saluran
g) Kapabilitas sasaran
|
Diskusi kasus |
mahsiswa dapat menjawab pertanyaan, dapat menjelaskan hambatan dan faktor pendukung komunikasi |
Tes tulis
|
15% |
6 |
Menganalisis trend dan issue dalam komunikasi kesehatan |
a. Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi:
a) Kredibilitas pemberi pesan
b) Isi pesan
c) Kesesuaian dengan isi pesan
d) Kejelasan pesan
e) Kesinambungan dan konsistensi
f) Saluran
g) Kapabilitas sasaran
|
Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan |
kemampuan mahsiswa menganalisis hambatan dan mempraktekan komunikasi |
Tugas
|
5% |
7 |
mahsiswa dapat menyelesaikan tugas dan mengerjakan tes tulis sesuai capaian pembelajaran kompetensi |
kemampuan mahsiswa untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan tugas
|
Diskusi kasus |
kemampuan menjawab pertanyaan dan menyelesaikan tugas |
Tes tulis
|
10% |
8 |
Menganalisis trend dan issue dalam komunikasi kesehatan |
membuat tugas makalah terkait trend isue komunikasi dalam keperawatan
|
Diskusi kasus |
kemampuan menjawab dan berdiskusi |
Tugas
|
5% |
9 |
Menganalisis trend dan issue dalam komunikasi kesehatan |
membuat tugas makalah dan kemampuan menyamapaikan diskusi
|
Diskusi kasus |
kemampuan menjawab pertanyaan dan diskusi |
Tugas
|
5% |
10 |
Menyimulasikan komunikasi efektif dalam hubungan interpersonal dengan klien, keluarga, kelompok, sesama perawat dan tenaga kesehatan lainnya |
Komunikasi dalam konteks sosial dan latar belakang budaya (cultural diversity) serta keyakinan
|
Diskusi kasus |
membuat makalah dan menyelesaikan tugas |
Tugas
|
5% |
11 |
Menyimulasikan komunikasi efektif dalam hubungan interpersonal dengan klien, keluarga, kelompok, sesama perawat dan tenaga kesehatan lainnya |
Komunikasi efektif dalam hubungan interpersonal dengan klien, keluarga, kelompok, sesama perawat dan tenaga kesehatan lainnya
|
pasien simulasi |
kemampuan untuk mendemonstrasikan komunikasi antar budaya pada kelompok |
Praktek
|
5% |
12 |
Menyimulasikan komunikasi efektif dalam hubungan interpersonal dengan klien, keluarga, kelompok, sesama perawat dan tenaga kesehatan lainnya |
praktek komunikasi keperawatan antar budaya
|
Model |
kemampuan mahsiswa untuk mendemonstrasikan komunikasi antar budaya |
Praktek
|
5% |
13 |
Menyimulasikan komunikasi efektif dalam hubungan interpersonal dengan klien, keluarga, kelompok, sesama perawat dan tenaga kesehatan lainnya |
praktek komunikasi antar budaya
|
Model |
kemampuan praktek komunikasi budaya antar pulau dg pasien |
Praktek
|
5% |
14 |
Menyimulasikan komunikasi efektif dalam hubungan interpersonal dengan klien, keluarga, kelompok, sesama perawat dan tenaga kesehatan lainnya |
praktek komunikasi antar budaya
|
Model |
kemampuan praktek komunikasi anatar budaya |
Praktek
|
5% |
15 |
Menyimulasikan komunikasi efektif dalam hubungan interpersonal dengan klien, keluarga, kelompok, sesama perawat dan tenaga kesehatan lainnya |
praktek komunikasi antar budaya
|
Model |
kemampuan praktek komunikasi antar budaya |
Praktek
|
5% |
16 |
kemampuan mahasiswa untuk menjawab dan mendemostrasikan tugas komunikasi dasar keperawatan |
mengerjakan tes tulis
demosntrasi
|
Model, pasien simulasi |
ketepatan dalam menjawab dan pengumpulan tugas |
Praktek
|
10% |