RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026

FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIK)

PROGRAM STUDI: ILMU KEPERAWATAN

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Komunikasi dasar Keperawatan 73WP62510 Mata Kuliah Wajib Prodi Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
1 1 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 01 09 2025
ATHI' LINDA YANI S.Kep,S.Kep,M.Kep,Ners ATHI' LINDA YANI S.Kep,S.Kep,M.Kep,Ners ZULFA KHUSNIYAH S.Kep,M.Kep,M.Pd I
NIDN: 0725128701 NIDN: 0725128701 NIDN: 0726067602
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
CPL-1 Mampu menjalankan Asuhan Keperawatan sesuai kode etik keperawatan Indonesia, berpikir logis, kritis, sistematis dan kreatif, inovatif, bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta bertanggung jawab secara ilmiah kepada masyarakat profesi dan klien dengan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan khususnya terapi komplementer akupoint dengan memperhatikan nilai-nilai akhlaqul karimah
CPL-2 Mampu melakukan edukasi, komunikasi dan kolaborasi dalam memberikan asuhan dan/atau pelayanan keperawatan berdasarkan bukti ilmiah terkini
CPL-3 Mampu melaksanakan pengorganisasian asuhan keperawatan dan berkoordinasi dengan tim kesehatan dengan menunjukkan sikap kepemimpinan untuk mencapai tujuan perawatan klien
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. MAhasiswa mampu amenganalisis konsep komunikasi umum dalam membina hubungan interpersonal dengan individu dalam berbagai situasi dan kondisi. 2. Mahasiswa mampu menganalisis konsep komunikasi efektif dalam membina hubungan interpersonal 3. Mahasiswa mampu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi 4. Mahasiswa mampu menganalisis pengaruh latar belakang sosial budaya dalam berkomunikas 5. Mahasiswa mampu menganalisis trend dan issue dalam komunikasi kesehatan 6. mahasiswa mampu menyimulasikan komunikasi efektif dalam hubungan interpersonal dengan klien, keluarga, kelompok, sesama perawat dan tenaga kesehatan lainnya
Sub CPMK
1. a. Menganalisis konsep komunikasi umum dalam membina hubungan interpersonal dengan individu dalam berbagai situasi dan kondisi 2. b. Menganalisis konsep komunikasi efektif dalam membina hubungan interpersonal 3. c. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi 4. d. Menganalisis pengaruh latar belakang sosial budaya dalam berkomunikas 5. e. Menganalisis trend dan issue dalam komunikasi kesehatan 6. f. Menyimulasikan komunikasi efektif dalam hubungan interpersonal dengan klien, keluarga, kelompok, sesama perawat dan tenaga kesehatan lainnya
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6
CPMK 1 v
CPMK 2 v
CPMK 3 v
CPMK 4 v
CPMK 5 v
CPMK 6 v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah ini mempelajari tentang prinsip-prinsip komunikasi umum beserta aplikasinya dalam konteks pelayanan kesehatan secara umum dan secara khusus dalam memberikan asuhan keperawatan yang diperuntukkan bagi individu, kelompok, keluarga dan masyarakat, serta dalam tim kesehatan untuk berbagai tatanan baik praktik klinis maupun komunitas. Selain itu, dibahas pula trend dan issue yang berkaitan dengan perkembangan komunikasi dalam bidang kesehatan.
Pokok Bahasan
1. Konsep komunikasi secara umum 2. Jenis-jenis komunikasi 3. Konsep Komunikasi efektif 4. Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi 5. Komunikasi dalam konteks sosial dan latar belakang budaya 6. Perspektif, trend dan isu komunikasi dalam pelayanan Kesehatan
Pustaka Utama: Berman, A.T., Snyder, S. & Frandsen, G. (2016). Kozier & Erb's Fundamentals of Nursing. 10th Edition. Prentice Hall Hockenberry, M.J. & Wilson, D. (2014). Wong's Nursing Care of Infant and Children. 10th edition. Mosby: Elsevier Inc Railey J.B. (2013). Communications in Nursing. 7th edition. Mosby: Elsevier Inc.
Pendukung Stein-Parbury J. (2013). Patient and Person: Interpersonal Skills in Nursing. 5th edition, Churchill Suryani (2014). Komunikasi terapeutik: Teori dan Praktik. Jakarta: EGC Livingstone: Elsevier Australia
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
PPt vidio pembelajaran modul pembelajaran
Team Teaching / Single Teaching Team Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi Tugas, Praktek, Tes tulis
Pendekatan Pembelajaran SCL FGD, diskusi, Role play dan PBL
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Menganalisis konsep komunikasi umum dalam membina hubungan interpersonal dengan individu dalam berbagai situasi dan kondisi 1. Konsep komunikasi secara umum a. Pengertian komunikasi b. Komponen komunikasi c. Bentuk komunikasi d. Tujuan dan fungsi komunikasi Pre dan Post Conference mahasiswa dapat menjawab pertanyaan dengan tepat Tes tulis 5%
2 Menganalisis konsep komunikasi efektif dalam membina hubungan interpersonal 2. Jenis-jenis komunikasi a. Komunikasi verbal a) Kata dan makna b) Pengaruh kata terhadap Tindakan b. Komunikasi nonverbal a) Bentuk komunikasi nonverbal b) Menafsirkan pesan nonverbal Diskusi kasus mahasiswa dapat menjawab pertanyaan dan memainkan peran Tes tulis 5%
3 Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi 3. Konsep Komunikasi efektif a. Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi: a) Kredibilitas pemberi pesan b) Isi pesan c) Kesesuaian dengan isi pesan d) Kejelasan pesan e) Kesinambungan dan konsistensi Pre dan Post Conference kemampuan pasien dalam menjawab pertanyaan Tes tulis 5%
4 Menganalisis pengaruh latar belakang sosial budaya dalam berkomunikas 2. Jenis-jenis komunikasi a. Komunikasi verbal a) Kata dan makna b) Pengaruh kata terhadap Tindakan b. Komunikasi nonverbal a) Bentuk komunikasi nonverbal b) Menafsirkan pesan nonverbal 3. Konsep Komunikasi efektif Diskusi kasus ketepatan dalam menjawab pertanyaan Tes tulis 10%
5 Menganalisis trend dan issue dalam komunikasi kesehatan a. Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi: a) Kredibilitas pemberi pesan b) Isi pesan c) Kesesuaian dengan isi pesan d) Kejelasan pesan e) Kesinambungan dan konsistensi f) Saluran g) Kapabilitas sasaran Diskusi kasus mahsiswa dapat menjawab pertanyaan, dapat menjelaskan hambatan dan faktor pendukung komunikasi Tes tulis 15%
6 Menganalisis trend dan issue dalam komunikasi kesehatan a. Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi: a) Kredibilitas pemberi pesan b) Isi pesan c) Kesesuaian dengan isi pesan d) Kejelasan pesan e) Kesinambungan dan konsistensi f) Saluran g) Kapabilitas sasaran Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan kemampuan mahsiswa menganalisis hambatan dan mempraktekan komunikasi Tugas 5%
7 mahsiswa dapat menyelesaikan tugas dan mengerjakan tes tulis sesuai capaian pembelajaran kompetensi kemampuan mahsiswa untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan tugas Diskusi kasus kemampuan menjawab pertanyaan dan menyelesaikan tugas Tes tulis 10%
8 Menganalisis trend dan issue dalam komunikasi kesehatan membuat tugas makalah terkait trend isue komunikasi dalam keperawatan Diskusi kasus kemampuan menjawab dan berdiskusi Tugas 5%
9 Menganalisis trend dan issue dalam komunikasi kesehatan membuat tugas makalah dan kemampuan menyamapaikan diskusi Diskusi kasus kemampuan menjawab pertanyaan dan diskusi Tugas 5%
10 Menyimulasikan komunikasi efektif dalam hubungan interpersonal dengan klien, keluarga, kelompok, sesama perawat dan tenaga kesehatan lainnya Komunikasi dalam konteks sosial dan latar belakang budaya (cultural diversity) serta keyakinan Diskusi kasus membuat makalah dan menyelesaikan tugas Tugas 5%
11 Menyimulasikan komunikasi efektif dalam hubungan interpersonal dengan klien, keluarga, kelompok, sesama perawat dan tenaga kesehatan lainnya Komunikasi efektif dalam hubungan interpersonal dengan klien, keluarga, kelompok, sesama perawat dan tenaga kesehatan lainnya pasien simulasi kemampuan untuk mendemonstrasikan komunikasi antar budaya pada kelompok Praktek 5%
12 Menyimulasikan komunikasi efektif dalam hubungan interpersonal dengan klien, keluarga, kelompok, sesama perawat dan tenaga kesehatan lainnya praktek komunikasi keperawatan antar budaya Model kemampuan mahsiswa untuk mendemonstrasikan komunikasi antar budaya Praktek 5%
13 Menyimulasikan komunikasi efektif dalam hubungan interpersonal dengan klien, keluarga, kelompok, sesama perawat dan tenaga kesehatan lainnya praktek komunikasi antar budaya Model kemampuan praktek komunikasi budaya antar pulau dg pasien Praktek 5%
14 Menyimulasikan komunikasi efektif dalam hubungan interpersonal dengan klien, keluarga, kelompok, sesama perawat dan tenaga kesehatan lainnya praktek komunikasi antar budaya Model kemampuan praktek komunikasi anatar budaya Praktek 5%
15 Menyimulasikan komunikasi efektif dalam hubungan interpersonal dengan klien, keluarga, kelompok, sesama perawat dan tenaga kesehatan lainnya praktek komunikasi antar budaya Model kemampuan praktek komunikasi antar budaya Praktek 5%
16 kemampuan mahasiswa untuk menjawab dan mendemostrasikan tugas komunikasi dasar keperawatan mengerjakan tes tulis demosntrasi Model, pasien simulasi ketepatan dalam menjawab dan pengumpulan tugas Praktek 10%
No Kategori Penilaian Bobot
1 Presentasi 20%
2 praktek/Demonstrasi 20%
3 UTS 15%
4 UAS 15%
5 Project 30%