RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2024/2025

FAKULTAS FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIK)

PROGRAM STUDI: D3 Kebidanan

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Kouminkasi Dalam Praktek Kebidanan 72WP51904 MATA KULIAH WAJIB PROGRAM STUDI Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
1 1 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 23 10 2024
VIVIN EKA RAHMAWATI A.Md,S.ST,S.ST,M.KM VIVIN EKA RAHMAWATI A.Md,S.ST,S.ST,M.KM SUYATI S.ST,M.Kes
NIDN: 0723049003 NIDN: 0723049003 NIDN: 0710076002
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
S1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan praktik kebidanan berdasarkan agama moral dan filosofi kode etik profesi serta standar kebidanan
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat berbangsa bernegara dan kemajuan peradapan berdasarkan pancasila
S6 Menghargai martabat perempuan sebagai individu yang memiliki hak hak potensi dan privasi
P1 Menguasai konsep teoritis fisiologi siklus hidup manusia atau human life cycle physiologi secara umum
P2 Menguasai konsep teoritis ekologi manusia biologi reproduksi dan perkembangan secara umum
KU3 Mampu memecahkan masalah dalam pelayanan dan asuhan kebidanan sesuai dengan kompetensi, kewenangan yang berbasis bukti ilmiah dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
KU4 Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan
KK8 Mampu berkomunikasi teknis dan proedural secara verbal dan non verbal dengan perempuan keluarganya dan masyarakat serta temn sejawat untukmeningkatkan kesehatan perempuan, ibu dan anak
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Mampu Menguasai konsep komunikasi efektif 2. Mampu Menguasai konsep komunikasi intrapersonal, interpersonal dan massa 3. Mampu Menguasai konsep pemahaman diri 4. Mampu Menguasai Konsep membina hubungan baik 5. Mampu Menguasai ketrampilan observasi verbal dan non verbal 6. Mampu Menguasai ketrampilan mendengar aktif dan bertanya efektif 7. Menguasai strategi pengambilan keputusan dalam memberikan asuhan kebidanan
Sub CPMK
1. Mampu Menguasai konsep komunikasi efektif 2. Mampu Menguasai konsep komunikasi intrapersonal, interpersonal dan massa 3. Mampu Menguasai konsep pemahaman diri 4. Mampu Menguasai Konsep membina hubungan baik 5. Mampu Menguasai ketrampilan observasi verbal dan non verbal 6. Mampu Menguasai ketrampilan mendengar aktif dan bertanya efektif 7. Menguasai strategi pengambilan keputusan dalam memberikan asuhan kebidanan
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6 Sub CPMK 7
CPMK 1 v
CPMK 2 v
CPMK 3 v
CPMK 4 v
CPMK 5 v
CPMK 6 v
CPMK 7 v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa tentang konsep komunikasi efektif, komunikasi intrapersonal, interpersonal dan massa, pemahaman diri, membina hubungan baik, observasi verbal non verbal, mendengar aktif, bertanya efektif, pengambilan keputusan dalam memberikan asuhan kebidanan.
Pokok Bahasan
Konsep komunikasi efektif 2. Konsep komunikasi intrapersonal, interpersonal dan massa 3. Konsep pemahaman diri 4. Konsep membina hubungan baik 5. Ketrampilan observasi verbal dan non verbal 6. Ketrampilan mendengar aktif dan bertanya efektif 7. Strategi pengambilan keputusan dalam memberikan asuhan kebidanan
Pustaka Utama: MNH. 2002. Modul Pelatihan Ketrampilan KIP/K (BU 1) Pusdiknakes. Komunikasi Terapeutik Kebidanan (BA 1)
Pendukung Faudiah, Asni. 2013. Komunikasi Interpersonal dan Konseling Kebidanan. Jakarta : EGC. Herri Zan Pieter, S.Psi. 2012. Pengantar Komunikasi dan Konseling dalam Praktik Kebidanan. Jakarta : Kencana Retnowuni, Arifa. 2021. Psikologi Komunikasi. Medan : Yayasan kita menulis
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
Team Teaching / Single Teaching Team Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi Presentasi, Role play, Ujian tulis
Pendekatan Pembelajaran SCL Diskusi kelompok
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Mampu menjelaskan tentang komunikasi efektif Pengertian Komunikasi efektif, Tujuan dan bentuk komunikasi efektif Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab Menjelaskan pengertian, tujuan dan bentuk komunikasi efektif Ujian tulis 5%
2 Mampu menjelaskan tentang komunikasi efektif Unsur-unsur dalam membangun komunikasi efektif, Hambatan dalam komunikasi efektif Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab Menjelaskan unsur-unsur dalam membangun komunikasi efektif, Menjelaskan hambatan dalam komunikasi efektif Ujian tulis 10%
3 Mampu menjelaskan dan melakukan komunikasi intrapersonal, interpersonal dan massa 1. Komunikasi intrapersonal Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Role PLay 1. Menjelaskan komunikasi intrapersonal Role play 10%
4 Mampu menjelaskan dan melakukan komunikasi intrapersonal, interpersonal dan massa 2. komunikasi interpersonal 3. komunikasi massa Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Role PLay 2. Menjelaskan komunikasi interpersonal 3. Menjelaskan komunikasi massa Role play 10%
5 Mampu menjelaskan konsep pemahaman diri 1. Pengertian pemahaman diri 2. Tujuan Pemahaman diri 3. Ciri-ciri manusia yang memahami dirinya 4. Aspek-aspek pemahaman diri, 5. Teknik dan strategi pemahaman diri Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Curah Pendapat (Brainstorming) 1. Menerangkan pengertian pemahaman diri 2. Menerangkan tujuan Pemahaman diri 3. Menjelaskan ciri-ciri manusia yang memahami dirinya 4. Menjelaskan aspek-aspek pemahaman diri 5. Menjelaskan teknik dan strategi pemahaman diri Ujian tulis 10%
6 Mampu menjelaskan konsep membina hubungan baik 1. Pengertian hubungan antar manusia 2. Tujuan hubungan antar manusia 3. Teknik hubungan antar pribadi Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok 1. Menerangkan pengertian hubungan antar manusia 2. Menjelaskan tujuan hubungan antar manusia 3. Menjelaskan teknik hubungan antar pribadi Ujian tulis 5%
7 Mampu menjelaskan konsep membina hubungan baik 1. Konsep diri 2. Teori Johary Windows 3. Faktor-faktor dalam hubungan antar manusia Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok 1. Menjelaskan Konsep diri 2. Menjelaskan Teori Johary Windows 3. Menjelaskan Faktor-faktor dalam hubungan antar manusia Ujian tulis 5%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Mampu menerapkan ketrampilan observasi verbal dan non verbal 1. Tingkah laku verbal dan non verbal 2. Pengamatan dan penafsiran Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi 1. Menerangkan tingkah laku verbal 2. Menerangkan tingkah laku non verbal Role play 10%
10 Mampu menerapkan ketrampilan observasi verbal dan non verbal Sikap dan perilaku dasar yang dibutuhkan dalam KIP/K Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Role PLay Menjelaskan sikap dan perilaku dasar yang dibutuhkan dalam KIP/K Role play 5%
11 Mampu menerapkan ketrampilan mendengar aktif dan bertanya efektif 1. Mendengar aktif 2. Jenis pertanyaan Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab 1. Menjelaskan mendengar aktif 2. Menjelaskan Jenis pertanyaan Ujian tulis 5%
12 Mampu menerapkan ketrampilan mendengar aktif dan bertanya efektif Bertanya efektif Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi Menjelaskan Bertanya efektif Ujian tulis 5%
13 Mampu melakukan strategi membantu klien dalam pengambilan keputusan 1. Teori inti pengambilan keputusan 2. Faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab 1. Menerangkan teori inti pengambilan keputusan 2. Menjelaskan faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan Ujian tulis 5%
14 3. Menjelaskan jenis pengambilan keputusan Jenis pengambilan keputusan Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi Menjelaskan jenis pengambilan keputusan Presentasi 10%
15 Mampu melakukan strategi membantu klien dalam pengambilan keputusan 4. Elemen dasar pengambilan keputusan Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi Menjelaskan Elemen dasar pengambilan keputusan Ujian tulis 5%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 UTS 30%
2 UAS 30%
3 TUGAS 40%