Minggu Ke- |
Sub CPMK |
Materi Pembelajaran [Pustaka] |
Metode / Strategi Pembelajaran |
Assessment |
Indikator |
Bentuk |
Bobot |
1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan aplikasi caring dalam kegidupan sehari-hari (C2, A3) |
1. Pengertian Caring
2. Perbedaan caring dan curing
3. AplikasiCaring dalam kehidupan sehari-hari
4. Aplikasi Caring dalam praktik keperawatan
5. Teori keperawatan tentang Caring (Jean Watson dan Swanson)
|
Ceramah, Diskusi Kelompok |
Ketepatan menjelaskan tentang pengertian caring
• Ketepatan menjelaskan aplikasi caring dalam kehidupan sehari-hari dan dalam praktik keperawatan
• Ketepatan menjelaskan teori keperawatan Jean Watson dan Swanson tentang Caring |
ujian tulis
|
5% |
2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang hubungan nilai-nilai Islam dengan Caring (C2,A3) |
1. Spiritual Caring dalam kontek keperawatan
2. Aplikasi Islamic caring dalam keperawatan
|
Ceramah, Proyek |
Ketepatan menghubungkan nilai-nilai keislaman dengan Caring dalam Keperawatan |
tugas makalah (project)
|
5% |
3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang sistem pelayanan kesehatan (C2,A3) |
1. Pelayanan Keperawatan dalam Sistem Pelayanan Kesehatan
2. Sistem Klien
3. Tingkatan pelayanan kesehatan
|
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang sistem pelayanan kesehatan (C2,A3) |
ujian tulis
|
7% |
4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang keperawatan sebagai profesi dan peran, fungsi perawat(C2,A3) |
1. Keperawatan sebagai suatu profesi
2.Peran dan Fungsi perawat profesional
• Peran perawat profesional
• Fungsi perawat profesional
|
Ceramah |
Ketepatan menjelaskan tentang sistem pelayanan keperawatan |
ujian tulis
|
7% |
5 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang standart praktik keperawatan profesional (C2, A3) |
1. Pelayanan Keperawatan dalam Sistem Pelayanan Kesehatan
2. Sistem Klien
3. Tingkatan pelayanan kesehatan
|
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok |
Ketepatan menjelaskan tentang sistem pelayanan keperawatan |
ujian tulis
|
5% |
6 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Interprofessional education dan interprofessional collaboration (C2,A3) |
Interprofessional education dan interprofessional collaboration
- Konsep interprofesional education dan collaborative practice
- Team and team work, team work culture of the IPE team that facilitates and inhibits collaborations
- Communication in IPE team : team hierarchy within the IPE team and ethics for Interprofesional Practice
|
Ceramah, Diskusi Kelompok |
Ketepatan menjelaskan IPE dan IPC |
ujian tulis
|
5% |
7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip moral dan etika keperawatan (C2,A3) |
Prinsip moral dan etika
a. Etik dan moral dalam pelayanan keperawatan secara profesional
b. Pentingnya etik dan moral sebagai landasan dalam pengambilan keputusan dan pemberian asuhan/pelayanan
c. Nilai-nilai dasar dan moral dalam praktek klinis keperawatan
d. Nilai-nilai esensial dalam praktek keperawatan profesional
e. Ethic of care
• Pengertian Etika keperawatan
• Tujuan etika keperawatan
• Pendekatan dalam etika keperawatan
• Tipe-tipe etika keperawatan
• Teori2 dalam etika keperawatan
• Prinsip2 dalam etika keperawatan
|
Ceramah, Diskusi Kelompok |
Ketepatan menjelaskan prinsip moral dan etik
Ketepatan menjelaskan etika keperawatan |
ujian tulis
|
7% |
8 |
Evaluasi Tengah Semester |
9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang kode etik keperawatan Indonesia (C2, A3) |
Kode etik keperawatan
a. Pengertian kode etik keperawatan
b. Makna dan kegunaan kode etik keperawatan
c. Kedudukan kode etik dalam sistem keperawatan
- Penelitian keperawatan
- Pendidikan keperawatan
- Pelayanan keperawatan
- Organisasi profesi
d. Kode etik keperawatan Indonesia
e. Kode etik ICN
f. Kode etik ANA
|
Ceramah, Diskusi Kelompok |
Ketepatan menjelaskan tentang kode etik keperawatan |
ujian tulis
|
5% |
10 |
Mahasiswa mampu memahami aspek hukum dalam keperawatan (C2,A3) |
Aspek Hukum dalam praktik keperawatan
1. Prinsip hukum dalam pemberian pelayanan kesehatan
2. Pandangan hukum terhadap manusia
3. Hukum kesehatan
4. Peraturan tentang tenaga kesehatan
5. Sumpah perawat
6. Dasar hukum/sumber hukum praktik keperawatan
|
Ceramah, Diskusi Kelompok |
Ketepatan dalam menjelaskan aspek hukum dalam keperawatan
Ketepatan menjelaskan prinsip legal praktik keperawatan |
ujian tulis
|
10% |
11 |
Mahasiswa mampu menjelaskan perlindungan hukum dalam praktik keprawatan (C2,A3) |
Perlindungan hukum dalam praktik keperawatan
|
Ceramah, Diskusi Kelompok |
Ketepatan dalam menjelaskan aspek perlindungan hokum dalam praktik perawat |
ujian tulis
|
7% |
12 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Nursing Advocady(C2,A3) |
Nursing Advocacy
|
Ceramah |
Ketepatan dalam menjelaskan nursing advocacy |
ujian tulis
|
5% |
13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tanggung jawab dan tanggung gugat perawat ditinjau dari sudut pandang etika (C2,A3) |
1. Tanggung jawab dan tanggung gugat perawat ditinjau dari sudut pandang etik
2. Malpraktik, lisensi dan liability
a. Pembuktian malpraktik secara langsung dan tidak langsung
b. Upaya pencegahan dalam menghadapi tuntutan malpraktik
c. Upaya pencegahan malpraktik dalam pelayanan kesehatan
d. Upaya menghadapai tuntutan hukum
3. Penerapan tanggung jawab dan tanggung gugat
|
Ceramah, Diskusi Kelompok |
Ketepatan menjelasakn tentang tanggung jawab dan tanggung gugat perawat
Ketepatan menjelaskan tentang malpraktik |
ujian tulis
|
10% |
14 |
Mahasiswa mampu menjelaskan masalah dan issue etik dalam pelayanan keperawatan |
Isu etik dalam praktik keperawatan
1. Masalah etik yang sering terjadi dalam pelayanan keperawatan
2. Issue etik pada pelayanan keperawatan
3. Dilema etik
4. Inform consent
|
Ceramah, Diskusi Kelompok |
Ketepatan menjelaskan tentang isue dan masalah etik dalam pelayanan keperawatan |
ujian tulis
|
7% |
15 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan ethical decision Making pada msalah-masalah etik |
Model model proses pengambilan keputusan etik
Penerapan beberapa pengambilan keputusan keperawatan secara etik dalam bidang kesehatan
|
Ceramah, Proyek |
Ketepatan dalam mengaplikasikan EDM pada permasalahan etik |
tugas makalah (project)
|
15% |
16 |
Evaluasi Akhir Semester |