RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI (SAINTEK)

PROGRAM STUDI: MATEMATIKA

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Matematika Dasar 42WP62501 MATAKULIAH WAJIB PRODI Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
2 1 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 30 08 2025
WIWIT DENNY FITRIANA S.Si,M.Si WIWIT DENNY FITRIANA S.Si,M.Si AFSAH NOVITA SARI S.Si,M.Si
NIDN: 0702058902 NIDN: 0702058902 NIDN: 0712108402
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
S8 Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
KU5 Mampu mangambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
KU8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
KU9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KK1 Mampu mengkomunikasikan dan mengembangkan pemikiran matematis yang diawali dari penguasaan prosedural/komputasi hingga penguasaan yang luas meliputi eksplorasi, penalaran logis, generalisasi, abstraksi, dan bukti formal.
KK3 Mampu merekonstruksi/memodifikasi, menganalisa / berpikir secara terstruktur terhadap model matematika dari suatu sistem/masalah nyata, serta mengkaji keakuratan dan menginteprestasikan hasil.
KK5 Mampu berkolaborasi, beradaptasi dan menjadi pembelajar sepanjang hayat
PP1 Menguasai konsep teoretis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, dan geometri, serta teori peluang dan statistika.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Menjelaskan konsep dasar bilangan, aljabar, fungsi, trigonometri, limit, turunan, dan integral. 2. Mengidentifikasi permasalahan sederhana yang dapat diselesaikan dengan pendekatan matematis. 3. Menerapkan prinsip aljabar, fungsi, trigonometri, limit, turunan, dan integral dalam penyelesaian masalah. 4. Menggunakan metode matematis untuk menganalisis dan memodelkan fenomena sederhana di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sub CPMK
1. Mahasiswa mampu memahami dan mengoperasikan bilangan real serta bentuk aljabar. 2. Mahasiswa mampu memahami konsep fungsi dan grafiknya serta menyelesaikan masalah yang berkaitan. 3. Mahasiswa mampu menghitung dan menerapkan konsep trigonometri dasar. 4. Mahasiswa mampu menentukan limit dan menerapkan turunan dalam pemecahan masalah. 5. Mahasiswa memahami dan menjelaskan aplikasi derivatif 6. Mahasiswa mampu memahami konsep integral serta aplikasinya pada masalah luas dan volume.
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6
CPMK 1 v v
CPMK 2 v
CPMK 3 v
CPMK 4 v v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Matematika Dasar memberikan pemahaman tentang konsep dasar matematika yang meliputi aljabar, fungsi, trigonometri, limit, turunan, integral, serta penerapannya dalam berbagai bidang ilmu. Mata kuliah ini menjadi fondasi untuk mata kuliah lanjut yang membutuhkan kemampuan analisis matematis.
Pokok Bahasan
(1) Aljabar (2) Fungsi (3) Trigonometri (4) Limit & Turunan (5) Integral
Pustaka Utama: Sudjana. (2018). Matematika untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Tarsito.
Pendukung Rafiq, A. (2021). Pengantar Matematika Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
MS Power Point MS Word LCD
Team Teaching / Single Teaching Single Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi tes tulis, Tugas, Diskusi, Presentasi
Pendekatan Pembelajaran SCL Presentasi, tugas kelompok
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Mahasiswa mampu menjelaskan peran matematika dalam bidang keilmuannya peran matematika dalam bidang keilmuannya Ceramah, Tanya Jawab Mahasiswa mampu menjelaskan peran matematika dalam bidang keilmuannya Diskusi 5%
2 Mahasiswa mampu melakukan operasi bilangan real dan bentuk aljabar sederhana Bilangan dan Aljabar Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu melakukan operasi bilangan real dan bentuk aljabar sederhana tes tulis 10%
3 Mahasiswa mampu menyederhanakan pecahan aljabar dan faktorisasi Bilangan dan Aljabar Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu menyederhanakan pecahan aljabar dan faktorisasi Tugas 10%
4 Mahasiswa mampu menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linear/kuadrat Bilangan dan Aljabar Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu menyelesaikan soal cerita persamaan linear/kuadrat Tugas 10%
5 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep fungsi, domain, dan range Fungsi dan Grafik Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu Membuat tabel nilai fungsi sederhana Diskusi 10%
6 Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis fungsi Fungsi dan Grafik Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok, Praktik Mahasiswa mampu menggambar grafik fungsi linear, kuadrat, eksponensial, logaritma Presentasi 10%
7 Mahasiswa mampu membuat grafik fungsi dan aplikasinya Fungsi dan Grafik Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu melakukan Studi kasus penerapan fungsi dalam kehidupan sehari-hari Presentasi 10%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Mahasiswa mampu menghitung perbandingan trigonometri sederhana Trigonometri Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu Menyelesaikan soal perbandingan trigonometri Tugas 5%
10 Mahasiswa mampu membuktikan identitas dasar trigonometri Trigonometri Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu membuktikan identitas trigonometri Diskusi 5%
11 Mahasiswa mampu membuat grafik fungsi trigonometri dan aplikasinya Trigonometri Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu membuat grafik fungsi sinus dan cosinus Presentasi 5%
12 Mahasiswa mampu menghitung limit aljabar dan trigonometri Limit dan Turunan Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok mahasiswa mampu menyelesaikan soal limit fungsi tes tulis 5%
13 Mahasiswa mampu menghitung turunan fungsi dengan aturan dasar Limit dan Turunan Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu mengerjakan Latihan soal derivatif dasar tes tulis 5%
14 Mahasiswa mampu menerapkan turunan pada masalah gradien, kecepatan, optimasi Limit dan Turunan Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok mahasiswa mampu melakukan studi kasus penerapan turunan dalam optimasi Presentasi 10%
15 Mahasiswa mampu menghitung integral tak tentu, tentu, dan aplikasinya Latihan soal integral dan aplikasinya (luas, volume) Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu mengerjakan soal integral dan aplikasinya (luas, volume) tes tulis 10%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 Absensi 25
2 Tugas 25
3 UTS 25
4 UAS 25