![]() |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI (SAINTEK)PROGRAM STUDI: MATEMATIKA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
MATA KULIAH: | KODE MK | Kelompok Matakuliah Sesuai KBK | BOBOT (sks) | SEMESTER | Prasyarat Mata Kuliah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pancasila | 42WN62502 | MATAKULIAH WAJIB NASIONAL | Teori / Seminar | Praktek | Kerja Lapangan / Klinik | 1 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | 0 | 0 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PENANGGUNGJAWAB | Pengembang RPS | Koordinator / Pengampu MK | Ka. PRODI | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tanggal Revisi: 30 08 2025 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
WIWIT DENNY FITRIANA S.Si,M.Si | WIWIT DENNY FITRIANA S.Si,M.Si | AFSAH NOVITA SARI S.Si,M.Si | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
NIDN: 0702058902 | NIDN: 0702058902 | NIDN: 0712108402 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) | Program Studi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Memahami Pancasila sebagai dasar negara, ideologi, dan pandangan hidup bangsa. 2. Menganalisis permasalahan sosial dan budaya dengan perspektif nilai Pancasila. 3. Menjelaskan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan. 4. Merancang solusi berbasis Pancasila untuk permasalahan sosial dan kebangsaan | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sub CPMK | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Mengidentifikasi, menjelaskan deskripsi mata ajar, standar kompetensi dan ruang lingkup perkuliahan Pancasila 2. Mahasiswa mampu Mendeskripsikan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia 3. Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya 4. Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater Parodi, Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain 5. Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain 6. Mahasiswa mampu Menguraikan makna Pancasila sebagai ideologi negara 7. Mahasiswa memahami pelaksanaan dan pengamalan pancasila dalam system ketatanegaraaan 8. Mengidentifikasi contoh-contoh penerapan dan pelanggaran nilai Pancasila di masyarakat. 9. Mengusulkan tindakan solutif yang mencerminkan nilai Pancasila. 10. Melakukan pelestarian budaya nusantara | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Korelasi CPMK dan Sub CPMK | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan | Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata kuliah Pendidikan Pancasila bertujuan membekali mahasiswa dengan pemahaman komprehensif tentang Pancasila sebagai dasar negara, ideologi, dan pandangan hidup. Fokusnya adalah menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila, seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial, agar terinternalisasi dalam sikap dan perilaku. Mahasiswa diharapkan mampu berpikir kritis, analitis, dan adaptif terhadap tantangan zaman. Pada akhirnya, mata kuliah ini membentuk karakter mahasiswa yang berintegritas, disiplin, menjunjung nilai persatuan, mampu bermusyawarah dalam rangka berkolaborasi untuk membangun peradaban bangsa yang adil dan makmur. Mata Kuliah ini membahas penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di berbagai aspek kehidupan. Mahasiswa akan diajak untuk memahami penerapan nilai Pancasila dalam konteks sosial, politik, ekonomi, pendidikan, dan budaya, serta mengembangkan sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai tersebut. | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pokok Bahasan | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Urgensi Pendidikan Pancasila. 2. Pancasila dalam kajian sejarah bangsa 3. Pancasila sebagai Idiologi Bangsa 4. Pancasila Sebagai Dasar Negara 5. Pancasila Sebagai Sistem Filsafat 6. Pancasila sebagai system etika 7. Pancasila sebagai Landasan pengembangan Ilmu Pengetahuan | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pustaka | Utama: | Buku Ajar Tim Konsorsium Unipdu.( on proses) Pendidikan Pancasila Untuk PT ( Dikti) Drs. H. KAELAN, M.S. 2016. Pendidikan Pancasila, Edisi Reformasi, Paradigma Yogyakarta. | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendukung | Rindjin, Ketut, 2012, Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Bakry, Noor Ms., 2010, Pendidikan Pancasila, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.Kaelan, 2000, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta Ir. Sukarno, editor H Amin Arjoso, SH Tjamkan Pancasila Dasar Falsafah Negara”, Jakarta, Penerbit Panitia Nasional Peringatan Lahirnya Pancasila 1 Juni 1945 – 1 Juni 1964 Latif, Yudi.(2014). Pancasila Mata Air Keteladanan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Satrio Wahono, Surajiyo, Donie Kadewandana Malik. (2017). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi.Jakarta: Akademika | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Media Pembelajaran | Software / SoftCopy | Hardware / Hardcopy | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
MS Word MS Power Point Canva | LCD Modul | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Team Teaching / Single Teaching | Single Teaching | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Assessment / Bentuk Evaluasi | diskusi, presentasi, Tugas proyek, UTS Ujian tertulis, UAS Presentasi Review Stadium General | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendekatan Pembelajaran SCL | diskusi, presentasi, Tugas proyek, Studi kasus, Proyek kreatif |
Minggu Ke- | Sub CPMK | Materi Pembelajaran [Pustaka] | Metode / Strategi Pembelajaran | Assessment | ||
Indikator | Bentuk | Bobot | ||||
1 | Mengidentifikasi, menjelaskan deskripsi mata ajar, standar kompetensi dan ruang lingkup perkuliahan Pancasila | Perkenalan, kontrak belajar ,penyampaian visi misi dan pembagian Silabus, Pengantar Perkuliahan ( Urgensi Pendidikan Pancasila) | Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok | Kemampuan memahami dan mengerjakan tugas yang diberikan | diskusi | 10% |
2 | Mahasiswa mampu Mendeskripsikan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia | Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia: 1. Era Pra Kemerdekaan 2. Era Kemerdekaan 3. Era Orde Lama 4. Era Orde Baru 5. Era Reformasi Peran dan Fungsi Pancasila Sebagai : 1. Dasar Negara 2. Idiologi Bngsa 3. Sistem Etika 4. Sistem Filsafat | Ceramah, Tanya Jawab, Curah Pendapat (Brainstorming), Diskusi Kelompok | ● Ketajaman Mendeskripsikan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia ● Kesesuaian Menganalisis Pancasila era pra kemerdekaan, era kemerdekaan, era orde lama, era orde baru dan era reformasi | diskusi | 10% |
3 | Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain | Internalisasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan sehari-ihari | Demonstrasi, Diskusi Kelompok, Proyek | Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal | Tugas proyek | 10% |
4 | Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain | Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal | Tanya Jawab, Demonstrasi, Diskusi Kelompok, Proyek | Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain | Tugas proyek | 10% |
5 | Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain | Internalisasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan sehari-hari | Tanya Jawab, Diskusi Kelompok, Proyek | kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal | Tugas proyek | 5% |
6 | Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain | Internalisasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan sehari-hari | Tanya Jawab, Diskusi Kelompok, Proyek | Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal | Tugas proyek | 5% |
7 | Mahasiswa mampu Menguraikan makna Pancasila sebagai ideologi negara | Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan, Analisis Kasus Penerapan Pancasila di Berbagai Bidang | Tanya Jawab, Diskusi Kelompok | Mahasiswa mampu Menguraikan makna Pancasila sebagai ideologi negara | diskusi | 5% |
8 | Evaluasi Tengah Semester | |||||
9 | Mahasiswa memahami pelaksanaan dan pengamalan pancasila dalam system ketatanegaraaan | pengamalan pancasila dalam system ketatanegaraaan | Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok | Ketepatan dan Ketelitian dalam mempresentasikan telaah makna Pancasila sebagai ideologi negara | diskusi | 10% |
10 | Identifikasi Permasalahan Sosial dengan Perspektif Pancasila | Permasalahan Sosial dengan Perspektif Pancasila | Tanya Jawab, Diskusi Kelompok | Mahasiswa mampu mengidentifikasi Permasalahan Sosial dengan Perspektif Pancasila | diskusi | 5% |
11 | Mahasiswa mampu melakukan Workshop Penyusunan Solusi Permasalahan Sosial Berbasis Pancasila | Solusi Permasalahan Sosial Berbasis Pancasila | Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok | Mahasiswa mampu melakukan Workshop Penyusunan Solusi Permasalahan Sosial Berbasis Pancasila | diskusi | 5% |
12 | Mahasiswa mampu membuat Proyek Sosial: Aksi Nyata Penerapan Pancasila | Yel-Yel Pancasila dan relevansinya dengan nilai falsafah bangsa. | Demonstrasi, Proyek, Praktik | Mahasiswa mampu membuat Proyek Sosial: Aksi Nyata Penerapan Pancasila | Tugas proyek | 10% |
13 | Mahasiswa mampu membuat Proyek Sosial: Aksi Nyata Penerapan Pancasila | Yel-Yel Pancasila dan relevansinya dengan nilai falsafah bangsa. | Demonstrasi, Proyek, Praktik | Mahasiswa mampu membuat Proyek Sosial: Aksi Nyata Penerapan Pancasila | Tugas proyek | 10% |
14 | Mahasiswa mampu membuat Proyek Sosial: Aksi Nyata Penerapan Pancasila | Yel-Yel Pancasila dan relevansinya dengan nilai falsafah bangsa. | Demonstrasi, Proyek, Praktik | Mahasiswa mampu membuat Proyek Sosial: Aksi Nyata Penerapan Pancasila | Tugas proyek | 5% |
15 | Mahasiswa melakukan penampilan Tugas Proyek dan Refleksi Yel-Yel Pancasila dan relevansinya dengan nilai falsafah bangsa | Proyek dan Refleksi Yel-Yel Pancasila dan relevansinya dengan nilai falsafah bangsa. | Demonstrasi, Proyek, Praktik | Mahasiswa mampu melakukan penampilan Tugas Proyek dan Refleksi Yel-Yel Pancasila dan relevansinya dengan nilai falsafah bangsa. | Tugas proyek | 10% |
16 | Evaluasi Akhir Semester |
No | Kategori Penilaian | Bobot |
1 | Kehadiran | 25 |
2 | Tugas Individu | 5 |
3 | Hasil Proyek / Tugas Kelompok | 25 |
4 | UTS | 20 |
5 | UAS | 25 |