| Minggu Ke- |
Sub CPMK |
Materi Pembelajaran [Pustaka] |
Metode / Strategi Pembelajaran |
Assessment |
| Indikator |
Bentuk |
Bobot |
| 1 |
Mengidentifikasi, menjelaskan deskripsi mata ajar, standar kompetensi dan ruang lingkup perkuliahan Pancasila |
Perkenalan, kontrak belajar ,penyampaian visi misi dan pembagian Silabus, Pengantar Perkuliahan ( Urgensi Pendidikan Pancasila)
|
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok |
Kemampuan memahami dan mengerjakan tugas yang diberikan |
diskusi
|
10% |
| 2 |
Mahasiswa mampu Mendeskripsikan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia |
Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia:
1. Era Pra Kemerdekaan
2. Era Kemerdekaan
3. Era Orde Lama
4. Era Orde Baru
5. Era Reformasi
Peran dan Fungsi Pancasila Sebagai :
1. Dasar Negara
2. Idiologi Bngsa
3. Sistem Etika
4. Sistem Filsafat
|
Ceramah, Tanya Jawab, Curah Pendapat (Brainstorming), Diskusi Kelompok |
● Ketajaman Mendeskripsikan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia
● Kesesuaian Menganalisis Pancasila era pra kemerdekaan, era kemerdekaan, era orde lama, era orde baru dan era reformasi |
diskusi
|
10% |
| 3 |
Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain |
Internalisasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan sehari-ihari
|
Demonstrasi, Diskusi Kelompok, Proyek |
Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal |
Tugas proyek
|
10% |
| 4 |
Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain |
Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal
|
Tanya Jawab, Demonstrasi, Diskusi Kelompok, Proyek |
Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain |
Tugas proyek
|
10% |
| 5 |
Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain |
Internalisasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan sehari-hari
|
Tanya Jawab, Diskusi Kelompok, Proyek |
kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal |
Tugas proyek
|
5% |
| 6 |
Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain |
Internalisasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan sehari-hari
|
Tanya Jawab, Diskusi Kelompok, Proyek |
Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal |
Tugas proyek
|
5% |
| 7 |
Mahasiswa mampu Menguraikan makna Pancasila sebagai ideologi negara |
Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan, Analisis Kasus Penerapan Pancasila di Berbagai Bidang
|
Tanya Jawab, Diskusi Kelompok |
Mahasiswa mampu Menguraikan makna Pancasila sebagai ideologi negara |
diskusi
|
5% |
| 8 |
Evaluasi Tengah Semester |
| 9 |
Mahasiswa memahami pelaksanaan dan pengamalan pancasila dalam system ketatanegaraaan |
pengamalan pancasila dalam system ketatanegaraaan
|
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok |
Ketepatan dan Ketelitian dalam mempresentasikan telaah makna Pancasila sebagai ideologi negara |
diskusi
|
10% |
| 10 |
Identifikasi Permasalahan Sosial dengan Perspektif Pancasila |
Permasalahan Sosial dengan Perspektif Pancasila
|
Tanya Jawab, Diskusi Kelompok |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi Permasalahan Sosial dengan Perspektif Pancasila |
diskusi
|
5% |
| 11 |
Mahasiswa mampu melakukan Workshop Penyusunan Solusi Permasalahan Sosial Berbasis Pancasila |
Solusi Permasalahan Sosial Berbasis Pancasila
|
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok |
Mahasiswa mampu melakukan Workshop Penyusunan Solusi Permasalahan Sosial Berbasis Pancasila |
diskusi
|
5% |
| 12 |
Mahasiswa mampu membuat Proyek Sosial: Aksi Nyata Penerapan Pancasila |
Yel-Yel Pancasila dan relevansinya dengan nilai falsafah bangsa.
|
Demonstrasi, Proyek, Praktik |
Mahasiswa mampu membuat Proyek Sosial: Aksi Nyata Penerapan Pancasila |
Tugas proyek
|
10% |
| 13 |
Mahasiswa mampu membuat Proyek Sosial: Aksi Nyata Penerapan Pancasila |
Yel-Yel Pancasila dan relevansinya dengan nilai falsafah bangsa.
|
Demonstrasi, Proyek, Praktik |
Mahasiswa mampu membuat Proyek Sosial: Aksi Nyata Penerapan Pancasila |
Tugas proyek
|
10% |
| 14 |
Mahasiswa mampu membuat Proyek Sosial: Aksi Nyata Penerapan Pancasila |
Yel-Yel Pancasila dan relevansinya dengan nilai falsafah bangsa.
|
Demonstrasi, Proyek, Praktik |
Mahasiswa mampu membuat Proyek Sosial: Aksi Nyata Penerapan Pancasila |
Tugas proyek
|
5% |
| 15 |
Mahasiswa melakukan penampilan Tugas Proyek dan Refleksi Yel-Yel Pancasila dan relevansinya dengan nilai falsafah bangsa |
Proyek dan Refleksi Yel-Yel Pancasila dan relevansinya dengan nilai falsafah bangsa.
|
Demonstrasi, Proyek, Praktik |
Mahasiswa mampu melakukan penampilan Tugas Proyek dan Refleksi Yel-Yel Pancasila dan relevansinya dengan nilai falsafah bangsa. |
Tugas proyek
|
10% |
| 16 |
Evaluasi Akhir Semester |