RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI (SAINTEK)

PROGRAM STUDI: MATEMATIKA

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Pancasila 42WN62502 MATAKULIAH WAJIB NASIONAL Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
2 0 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 30 08 2025
WIWIT DENNY FITRIANA S.Si,M.Si WIWIT DENNY FITRIANA S.Si,M.Si AFSAH NOVITA SARI S.Si,M.Si
NIDN: 0702058902 NIDN: 0702058902 NIDN: 0712108402
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
CPL-1 Mampu menjunjung tinggi nilai moral, agama, dan etika, menunjukkan sikap mandiri dan bertanggungjawab, serta mengimplementasikan nilai akhlakul karimah dalam menjalankan tugas akademik maupun profesional.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Memahami Pancasila sebagai dasar negara, ideologi, dan pandangan hidup bangsa. 2. Menganalisis permasalahan sosial dan budaya dengan perspektif nilai Pancasila. 3. Menjelaskan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan. 4. Merancang solusi berbasis Pancasila untuk permasalahan sosial dan kebangsaan
Sub CPMK
1. Mengidentifikasi, menjelaskan deskripsi mata ajar, standar kompetensi dan ruang lingkup perkuliahan Pancasila 2. Mahasiswa mampu Mendeskripsikan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia 3. Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya 4. Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater Parodi, Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain 5. Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain 6. Mahasiswa mampu Menguraikan makna Pancasila sebagai ideologi negara 7. Mahasiswa memahami pelaksanaan dan pengamalan pancasila dalam system ketatanegaraaan 8. Mengidentifikasi contoh-contoh penerapan dan pelanggaran nilai Pancasila di masyarakat. 9. Mengusulkan tindakan solutif yang mencerminkan nilai Pancasila. 10. Melakukan pelestarian budaya nusantara
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6 Sub CPMK 7 Sub CPMK 8 Sub CPMK 9 Sub CPMK 10
CPMK 1 v v v v v v v
CPMK 2 v v v
CPMK 3
CPMK 4
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Pendidikan Pancasila bertujuan membekali mahasiswa dengan pemahaman komprehensif tentang Pancasila sebagai dasar negara, ideologi, dan pandangan hidup. Fokusnya adalah menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila, seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial, agar terinternalisasi dalam sikap dan perilaku. Mahasiswa diharapkan mampu berpikir kritis, analitis, dan adaptif terhadap tantangan zaman. Pada akhirnya, mata kuliah ini membentuk karakter mahasiswa yang berintegritas, disiplin, menjunjung nilai persatuan, mampu bermusyawarah dalam rangka berkolaborasi untuk membangun peradaban bangsa yang adil dan makmur. Mata Kuliah ini membahas penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di berbagai aspek kehidupan. Mahasiswa akan diajak untuk memahami penerapan nilai Pancasila dalam konteks sosial, politik, ekonomi, pendidikan, dan budaya, serta mengembangkan sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai tersebut.
Pokok Bahasan
1. Urgensi Pendidikan Pancasila. 2. Pancasila dalam kajian sejarah bangsa 3. Pancasila sebagai Idiologi Bangsa 4. Pancasila Sebagai Dasar Negara 5. Pancasila Sebagai Sistem Filsafat 6. Pancasila sebagai system etika 7. Pancasila sebagai Landasan pengembangan Ilmu Pengetahuan
Pustaka Utama: Buku Ajar Tim Konsorsium Unipdu.( on proses) Pendidikan Pancasila Untuk PT ( Dikti) Drs. H. KAELAN, M.S. 2016. Pendidikan Pancasila, Edisi Reformasi, Paradigma Yogyakarta.
Pendukung Rindjin, Ketut, 2012, Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Bakry, Noor Ms., 2010, Pendidikan Pancasila, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.Kaelan, 2000, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta Ir. Sukarno, editor H Amin Arjoso, SH Tjamkan Pancasila Dasar Falsafah Negara”, Jakarta, Penerbit Panitia Nasional Peringatan Lahirnya Pancasila 1 Juni 1945 – 1 Juni 1964 Latif, Yudi.(2014). Pancasila Mata Air Keteladanan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Satrio Wahono, Surajiyo, Donie Kadewandana Malik. (2017). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi.Jakarta: Akademika
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
MS Word MS Power Point Canva LCD Modul
Team Teaching / Single Teaching Single Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi diskusi, presentasi, Tugas proyek, UTS Ujian tertulis, UAS Presentasi Review Stadium General
Pendekatan Pembelajaran SCL diskusi, presentasi, Tugas proyek, Studi kasus, Proyek kreatif
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Mengidentifikasi, menjelaskan deskripsi mata ajar, standar kompetensi dan ruang lingkup perkuliahan Pancasila Perkenalan, kontrak belajar ,penyampaian visi misi dan pembagian Silabus, Pengantar Perkuliahan ( Urgensi Pendidikan Pancasila) Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Kemampuan memahami dan mengerjakan tugas yang diberikan diskusi 10%
2 Mahasiswa mampu Mendeskripsikan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia: 1. Era Pra Kemerdekaan 2. Era Kemerdekaan 3. Era Orde Lama 4. Era Orde Baru 5. Era Reformasi Peran dan Fungsi Pancasila Sebagai : 1. Dasar Negara 2. Idiologi Bngsa 3. Sistem Etika 4. Sistem Filsafat Ceramah, Tanya Jawab, Curah Pendapat (Brainstorming), Diskusi Kelompok ● Ketajaman Mendeskripsikan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia ● Kesesuaian Menganalisis Pancasila era pra kemerdekaan, era kemerdekaan, era orde lama, era orde baru dan era reformasi diskusi 10%
3 Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain Internalisasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan sehari-ihari Demonstrasi, Diskusi Kelompok, Proyek Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal Tugas proyek 10%
4 Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal Tanya Jawab, Demonstrasi, Diskusi Kelompok, Proyek Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain Tugas proyek 10%
5 Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain Internalisasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan sehari-hari Tanya Jawab, Diskusi Kelompok, Proyek kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal Tugas proyek 5%
6 Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain Internalisasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan sehari-hari Tanya Jawab, Diskusi Kelompok, Proyek Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal Tugas proyek 5%
7 Mahasiswa mampu Menguraikan makna Pancasila sebagai ideologi negara Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan, Analisis Kasus Penerapan Pancasila di Berbagai Bidang Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu Menguraikan makna Pancasila sebagai ideologi negara diskusi 5%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Mahasiswa memahami pelaksanaan dan pengamalan pancasila dalam system ketatanegaraaan pengamalan pancasila dalam system ketatanegaraaan Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Ketepatan dan Ketelitian dalam mempresentasikan telaah makna Pancasila sebagai ideologi negara diskusi 10%
10 Identifikasi Permasalahan Sosial dengan Perspektif Pancasila Permasalahan Sosial dengan Perspektif Pancasila Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu mengidentifikasi Permasalahan Sosial dengan Perspektif Pancasila diskusi 5%
11 Mahasiswa mampu melakukan Workshop Penyusunan Solusi Permasalahan Sosial Berbasis Pancasila Solusi Permasalahan Sosial Berbasis Pancasila Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu melakukan Workshop Penyusunan Solusi Permasalahan Sosial Berbasis Pancasila diskusi 5%
12 Mahasiswa mampu membuat Proyek Sosial: Aksi Nyata Penerapan Pancasila Yel-Yel Pancasila dan relevansinya dengan nilai falsafah bangsa. Demonstrasi, Proyek, Praktik Mahasiswa mampu membuat Proyek Sosial: Aksi Nyata Penerapan Pancasila Tugas proyek 10%
13 Mahasiswa mampu membuat Proyek Sosial: Aksi Nyata Penerapan Pancasila Yel-Yel Pancasila dan relevansinya dengan nilai falsafah bangsa. Demonstrasi, Proyek, Praktik Mahasiswa mampu membuat Proyek Sosial: Aksi Nyata Penerapan Pancasila Tugas proyek 10%
14 Mahasiswa mampu membuat Proyek Sosial: Aksi Nyata Penerapan Pancasila Yel-Yel Pancasila dan relevansinya dengan nilai falsafah bangsa. Demonstrasi, Proyek, Praktik Mahasiswa mampu membuat Proyek Sosial: Aksi Nyata Penerapan Pancasila Tugas proyek 5%
15 Mahasiswa melakukan penampilan Tugas Proyek dan Refleksi Yel-Yel Pancasila dan relevansinya dengan nilai falsafah bangsa Proyek dan Refleksi Yel-Yel Pancasila dan relevansinya dengan nilai falsafah bangsa. Demonstrasi, Proyek, Praktik Mahasiswa mampu melakukan penampilan Tugas Proyek dan Refleksi Yel-Yel Pancasila dan relevansinya dengan nilai falsafah bangsa. Tugas proyek 10%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 Kehadiran 25
2 Tugas Individu 5
3 Hasil Proyek / Tugas Kelompok 25
4 UTS 20
5 UAS 25