RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI (SAINTEK)

PROGRAM STUDI: SISTEM INFORMASI

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Algoritma & Struktur Data 41WP62502 MATA KULIAH WAJIB PROGRAM STUDI Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
2 1 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 30 08 2025
MOH. SHOHIBUL WAFA S.Kom,M.Kom MOH. SHOHIBUL WAFA S.Kom,M.Kom EDDY KURNIAWAN S.Kom,M.M
NIDN: 0708068804 NIDN: 0708068804 NIDN: 0719058805
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
KK2 Mampu menerapkan konsep dan teori dasar pemrograman komputer berbasis prosedural dan berbasis objek yang dibutuhkan dalam merancang dan mengimplementasikan solusi teknologi Informasi
P2 Menguasai teknik algoritma dan pemrograman secara mendalam
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Memahami konsep dasar algoritma dan struktur program Java 2. Menerapkan kontrol alur dalam pemrograman Java 3. Mengimplementasikan fungsi dan prosedur dalam program Java 4. Mengelola data menggunakan array dan struktur data dasar 5. Membangun aplikasi GUI sederhana dengan Java Swing dan Event Handling
Sub CPMK
1. Menjelaskan konsep dasar algoritma dan pemrograman. 2. Mengidentifikasi struktur dasar dari program Java (class, method, blok program). 3. Menggunakan variabel dan tipe data sesuai kebutuhan program. 4. Menerapkan operator dasar (aritmatika, relasional, logika) dalam operasi pemrograman. 5. Menjelaskan penggunaan pernyataan kondisi (if, else if, else, switch-case). 6. Menerapkan pernyataan kondisi untuk mengontrol alur program berdasarkan logika yang diberikan. 7. Menjelaskan konsep perulangan (for, while, do-while) dalam pemrograman. 8. Menjelaskan perbedaan antara fungsi dan prosedur. 9. Mendesain fungsi yang menerima input parameter dan mengembalikan output. 10. Menggunakan fungsi dan prosedur untuk modularisasi kode, meningkatkan efisiensi, dan readability program. 11. Menjelaskan konsep array sebagai struktur data yang menyimpan elemen dengan tipe yang sama. 12. Menerapkan operasi dasar pada array seperti pengisian, pencarian, dan pengurutan. 13. Menggunakan ArrayList untuk mengelola data dengan ukuran yang dinamis. 14. Memahami dan mengimplementasikan algoritma pencarian dan pengurutan sederhana pada array (misalnya, linear search, binary search, bubble sort). 15. Mengidentifikasi komponen dasar Java Swing (JFrame, JButton, JLabel, JTextField, dll.). 16. Mendesain antarmuka grafis pengguna (GUI) sederhana menggunakan Java Swing. 17. Mengimplementasikan event handling untuk menangani interaksi pengguna dengan GUI (misalnya, klik tombol, input teks).
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6 Sub CPMK 7 Sub CPMK 8 Sub CPMK 9 Sub CPMK 10 Sub CPMK 11 Sub CPMK 12 Sub CPMK 13 Sub CPMK 14 Sub CPMK 15 Sub CPMK 16 Sub CPMK 17
CPMK 1 v v v v
CPMK 2 v v v
CPMK 3 v v v
CPMK 4 v v v
CPMK 5 v v v v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Algoritma dan pemrograman merupakan mata kuliah yang membahas konsep-konsep dasar algoritma dan pemrograman prosedural. Konsep algoritma dan pemrograman tersebut diimplementasikan dalam bahasa pemrograman JAVA dan akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan sederhana.
Pokok Bahasan
1. Pengenalan Algoritma Pemrograman Java 2. Pengenalan Struktur dan Syntax Program Java 3. Variabel dan Tipe Data 4. Operator 5. Struktur Kontrol: Penggunaan pernyataan if, else if, dan else, switch-case. 6. Perulangan (loop) for, while, dan do-while. 7. Fungsi 8. Procedure 9. Array dan Struktur Data Dasar (pengisian, pencarian, pengurutan) 10.Array Lanjutan : Arraylist 11.File I/O: Operasi dasar pembacaan dan penulisan ke file. 12.Pemrograman Berbasis GUI menggunakan Java Swing 13.Event Handling pada Pemrograman GUI : Event dan Event Listener
Pustaka Utama: Java Programming Comprehensive, 10th edition, Pearson Education, Inc., publishing a Prentice Hall, 2013 Paul Deitel, Harvey Deitel, Java: How to Program, 9th edition, Prentice Hall, 2012
Pendukung
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
Java JDK Java Text / IDE Editor : Notepad++, Netbeans, Visual Studio, Eclipse Bahan ajar/modul Komputer PC LED & Proyektor
Team Teaching / Single Teaching Single Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi Quiz, Tugas Praktikum & Laporan Resmi Mingguan, UTS, Proyek Akhir, UAS
Pendekatan Pembelajaran SCL Project-Based Learning (PjBL): Mahasiswa mengerjakan proyek pemrograman tertentu secara mandiri atau kelompok, sehingga mereka dapat menerapkan dan mengelola pengetahuan yang didapat.
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Mahasiswa memahami kontrak kuliah dan mereview materi yang akan dipelajari. Pendahuluan : Pretest, Kontrak Kuliah, Review Mata Kuliah Ceramah, Tanya Jawab, Curah Pendapat (Brainstorming) 1. Mahasiswa dapat menjelaskan isi kontrak kuliah. 2. Mahasiswa mengetahui review materi yang akan dipelajari selama perkuliahan Tugas Praktikum & Laporan Resmi Mingguan 3%
2 Mahasiswa memahami konsep dasar pengenalan algoritma pemrograman Java. Pengantar Pemrograman Java : - Apa itu java? - Sejarah - Pembagian Teknologi Java - Java Virtual Machine - Java Runtime Environment - Java Development Kit - Instalasi JDK - Menguji Instalasi Java - Cara menjalankan Program Java Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Praktik 1. Mahasiswa dapat mendefinisikan algoritma dan peranannya dalam pemrograman. 2. Mahasiswa dapat mengenali struktur dasar program Java. Tugas Praktikum & Laporan Resmi Mingguan 3%
3 Mahasiswa memahami struktur dan syntax dasar dalam program Java. Mengenal Struktur Program Java : ✓ Pembagian Struktur Progam Java ✓ Class ✓ Method ✓ Komentar ✓ Statement ✓ Blok Program ✓ Identifier ✓ Variabel dan Tipedata Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Praktik 1. Mahasiswa dapat menjelaskan elemen- elemen dasar dalam program Java. 2. Mahasiswa mampu melakukan praktikum menggunakan syntax dasar Java. Tugas Praktikum & Laporan Resmi Mingguan 3%
4 Mahasiswa mampu mendeklarasikan variabel dan mengenal tipe data dalam Java. Tipe Data dan Variabel : ✓ Definisi ✓ Tipe Dasar ✓ Tipe Bentukan ✓ Konversi Tipedata ✓ Deklarasi Tipe Data Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Praktik 1. Mahasiswa dapat melakukan deklarasi dan inisialisasi variabel dalam Java. 2. Mahasiswa memahami tipe data primitif (int, double, char, boolean) dan penggunaannya. Tugas Praktikum & Laporan Resmi Mingguan 5%
5 Mahasiswa mampu mendeklarasikan dan menjalankan operasi dalam Java. Operator dan Ekspresi : ✓ Operator Aritmetika ✓ Operator Logika dan Relasional ✓ Konversi Tipe Data ✓ Operator Menaik dan Menurun ✓ Operator dan Ekspresi Penugasan ✓ Ekspresi Bersyarat Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Praktik 1. Mahasiswa dapat menggunakan operator perbandingan (==, !=, <, >,<=, >=) untuk membandingkan nilai variabel. 2. Mahasiswa mampu menggunakan operator aritmatika (+, -, *, /, %) untuk melakukan operasi dasar pada tipe data numerik. 3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan menggunakan operator increment (++) dan decrement (--) untuk mengubah nilai variabel. 4. Mahasiswa dapat memahami dan menggunakan operator logika (&&, ||, !). 5. Mahasiswa dapat memahami dan menggunakan operator bitwise (&, |, ^,~). Tugas Praktikum &amp; Laporan Resmi Mingguan 3%
6 Mahasiswa menguasai penggunaan struktur kontrol if, else if, else, switch- case. Struktur Control / Percabangan : ✓ Statement dan Block ✓ Percabangan If-Else ✓ Percabangan Switch Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Curah Pendapat (Brainstorming), Diskusi Kelompok, Praktik 1. Mahasiswa menguasai penggunaan pernyataan if, else if, else untuk pengambilan keputusan. 2. Mahasiswa mampu mengimplementasikan switch-case untuk penanganan multiple conditions. Quiz 5%
7 Mahasiswa mampu menggunakan perulangan for, while, dan do- while. Pengulangan : ✓ Struktur Pengulangan ✓ while - for ✓ do – while ✓ break – continue Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Curah Pendapat (Brainstorming), Praktik 1. Mahasiswa dapat mengimplementasikan perulangan for, while, dan do-while. 2. Mahasiswa mampu menggunakan perulangan dalam menyelesaikan masalah. Tugas Praktikum &amp; Laporan Resmi Mingguan 5%
8 Mahasiswa memahami prosedur & fungsi. - Deklarasi & pemanggilan prosedur - Variabel global & lokal - Parameter - Fungsi & nilai balik Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Praktik 1. Memahami konsep fungsi. 2. Membuat fungsi dengan parameter & return value. 3. Memahami perbedaan prosedur dan fungsi. 4. Membuat prosedur dalam program. Tugas Praktikum &amp; Laporan Resmi Mingguan 5%
9 Mahasiswa mampu mengoperasikan array dan struktur data dasar. - Definisi array - Array 1 dimensi - Array 2 dimensi - Konsep dasar struktur data (stack, queue) Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Praktik 1. Menguasai operasi dasar array (pengisian, pencarian, pengurutan). 2. Memahami konsep stack dan queue. Tugas Praktikum &amp; Laporan Resmi Mingguan 5%
10 Mahasiswa memahami penggunaan ArrayList sebagai array dinamis. - Definisi ArrayList - Operasi dasar ArrayList Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Curah Pendapat (Brainstorming), Praktik 1. Menggunakan ArrayList sebagai array dinamis. 2. Melakukan operasi dasar pada ArrayList. Tugas Praktikum &amp; Laporan Resmi Mingguan 5%
11 Mahasiswa dapat melakukan operasi dasar File I/O. - Operasi pembacaan & penulisan file - Kelas File & Stream - Praktikum File I/O Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Praktik 1. Melakukan operasi baca/tulis file dengan Java. 2. Menggunakan kelas File & Stream untuk mengakses file. Tugas Praktikum &amp; Laporan Resmi Mingguan 5%
12 Mahasiswa memahami konsep dasar GUI (Graphical User Interface) dan mampu membuat aplikasi sederhana dengan Java GUI. - Pengenalan Java GUI (Swing / JavaFX) - Komponen dasar GUI: JFrame, JButton, JTextField, JLabel - Layout Manager - Membuat aplikasi GUI sederhana Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Praktik 1. Mahasiswa memahami komponen dasar GUI. 2. Mahasiswa mampu membangun aplikasi GUI sederhana dengan event handling. Tugas Praktikum &amp; Laporan Resmi Mingguan 5%
13 Mahasiswa memahami event handling pada pemrograman GUI. - Konsep event & event listener - Action Event Listener (pada tombol, menu, dsb) - Implementasi event handling dalam GUI Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Praktik 1. Memahami konsep dasar event & event listener. 2. Mampu mengimplementasikan Action Event Listener pada tombol/menu GUI. 3. Mengimplementasikan event handling pada aplikasi GUI. Tugas Praktikum &amp; Laporan Resmi Mingguan 5%
14 Mahasiswa mampu mengintegrasikan seluruh materi pemrograman Java ke dalam proyek akhir sederhana. Review Tipedata & Operator Review Percabangan dan Perulangan Review Array / Arraylist Review File I/O Review GUI & Event Handling Pembuatan Proyek Akhir (aplikasi sederhana berbasis Java) Demonstrasi, Diskusi Kelompok, Proyek 1. Mahasiswa mampu merancang aplikasi Java dengan menerapkan basic logika pemrograman, struktur data, dan GUI. 2. Mahasiswa dapat mempresentasikan hasil proyek akhir. Proyek Akhir 15%
15 Evaluasi Tengah Semester
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 Absensi Kehadiran 25
2 Quiz 5
3 UTS 15
4 Tugas Praktikum & Laporan Praktikum Mingguan 25
5 UAS 15
6 Proyek Akhir 15