|
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK
2025/2026
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI (SAINTEK)
PROGRAM STUDI: MATEMATIKA
|
MATA KULIAH: |
KODE MK |
Kelompok Matakuliah Sesuai KBK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Prasyarat Mata Kuliah |
Komputer Dasar |
42WP62504 |
MATAKULIAH WAJIB PRODI |
Teori / Seminar |
Praktek |
Kerja Lapangan / Klinik |
1 |
|
2 |
1 |
0 |
PENANGGUNGJAWAB |
Pengembang RPS |
Koordinator / Pengampu MK |
Ka. PRODI |
|
|
|
Tanggal Revisi: 27 08 2025 |
SUJARWO S.T,M.Kom |
SUJARWO S.T,M.Kom |
AFSAH NOVITA SARI S.Si,M.Si |
NIDN: 0706057302 |
NIDN: 0706057302 |
NIDN: 0712108402 |
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) |
Program Studi |
|
CPL-1 |
Mampu menjunjung tinggi nilai moral, agama, dan etika, menunjukkan sikap mandiri dan bertanggungjawab, serta mengimplementasikan nilai akhlakul karimah dalam menjalankan tugas akademik maupun profesional. |
KU1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
CPL-2 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
KK2 |
Mampu mengamati, mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah melalui pendekatan matematis dengan melibatkan bantuan teknologi. |
CPL-7 |
muskan, dan menyelesaikan masalah matematis secara sistematis, serta membangun model matematika dari fenomena nyata, termasuk dalam konteks bisnis dan industri, serta menginterpretasikan hasilnya secara tepat |
CPL-8 |
Mampu menggunakan perangkat lunak dan metode komputasi untuk analisis data, pemodelan, serta pengambilan keputusan berbasis data; dan menyusun karya ilmiah atau laporan profesional sesuai kaidah akademik dan prinsip etika keilmuan |
CPL-5 |
Menguasai prinsip pemodelan matematika, metode numerik serta dasar-dasar komputasi dan algoritma, dan mampu mengkaji pendekatannya untuk menyelesaikan persoalan nyata di bidang sains, teknologi, atau sosial. |
CPL-6 |
Menguasai teori statistika, probabilitas, analisis data, serta matematika bisnis dan keuangan, dan mampu menganalisis penerapannya dalam mendukung pengambilan keputusan yang berbasis data pada konteks industri dan manajerial. |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
1. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar perangkat keras, perangkat lunak, dan sistem operasi komputer sebagai fondasi dalam komputasi matematis.
2. Mahasiswa mampu mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka (spreadsheet) dan bahasa pemrograman sederhana untuk mendukung analisis dan pemecahan masalah matematis.
3. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar algoritma dan logika pemrograman serta menerapkannya dalam menyusun algoritma sederhana untuk persoalan matematis dasar.
4. Mahasiswa mampu menggunakan komputer untuk pemodelan dan perhitungan numerik sederhana, seperti penyelesaian persamaan linier, operasi matriks, atau perhitungan statistika dasar.
5. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi hasil perhitungan atau simulasi dengan komputer untuk mendukung pemecahan masalah di bidang sains, teknologi, atau sosial.
|
Sub CPMK |
1. Memahami peran komputer dalam sains, teknologi, sosial
2. Mengenal perangkat keras dan perangkat lunak komputer
3. Menggunakan software pengolah kata & angka
4. Memahami konsep algoritma, pemrograman & logika
|
Korelasi CPMK dan Sub CPMK |
|
Sub CPMK 1
|
Sub CPMK 2
|
Sub CPMK 3
|
Sub CPMK 4
|
CPMK 1
|
v
|
|
|
|
CPMK 2
|
|
v
|
|
|
CPMK 3
|
|
|
v
|
|
CPMK 4
|
|
|
|
v
|
CPMK 5
|
|
|
|
|
|
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan |
Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah |
|
Mata kuliah Komputer Dasar memberikan pemahaman awal mengenai konsep dan peranan komputer dalam mendukung pemecahan masalah di bidang sains, teknologi, maupun sosial, khususnya dalam konteks matematika. Materi yang dipelajari meliputi pengenalan perangkat keras, perangkat lunak, sistem operasi, representasi data, serta dasar-dasar algoritma dan logika pemrograman |
Pokok Bahasan |
|
1. Peran komputer dalam sains, teknologi, dan sosial
2. Perangkat keras dan perangkat lunak komputer
3. software pengolah kata & angka
4. Memahami konsep algoritma, pemrograman & logika |
Pustaka |
Utama: |
Sutarman. (2012). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Nugroho, A. (2019). Algoritma dan Pemrograman dengan Python. Andi Offset. |
Pendukung |
Downey, A. (2015). Think Python: How to Think Like a Computer Scientist. Green Tea Press.
Shelly, G. B., & Vermaat, M. E. (2011). Discovering Computers. Course Technology. |
Media Pembelajaran |
Software / SoftCopy |
Hardware / Hardcopy |
Sistem operasi windows
Microsoft Office
visio |
Komputer/Laptop
Proyektor dan layar presentasi
Papan tulis / whiteboard |
Team Teaching / Single Teaching |
Single Teaching |
Assessment / Bentuk Evaluasi |
keaktifan, pemahaman, proyek |
Pendekatan Pembelajaran SCL |
Mata kuliah ini menggunakan pendekatan Student-Centered Learning (SCL), di mana mahasiswa berperan aktif dalam membangun pengetahuan dan keterampilannya. Dosen bertindak sebagai fasilitator, pembimbing, dan motivator. |