RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI (SAINTEK)

PROGRAM STUDI: MATEMATIKA

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Kalkulus I 42WP62508 MATAKULIAH WAJIB PRODI Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
2 1 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 30 08 2025
WIWIT DENNY FITRIANA S.Si,M.Si WIWIT DENNY FITRIANA S.Si,M.Si AFSAH NOVITA SARI S.Si,M.Si
NIDN: 0702058902 NIDN: 0702058902 NIDN: 0712108402
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
CPL-2 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
CPL-3 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur serta mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data yang relevan.
CPL-4 Menguasai konsep teoritis secara umum dan mendalam dalam cabang-cabang utama matematika seperti aljabar, analisis, geometri, dan logika, serta mampu mengkaji dan mengembangkan teori-teori matematika dalam konteks keilmuan dan profesional.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Mampu menjelaskan fungsi, grafik operasi fungsi, limit, turunan, dan integral 2. Mampu menerapkan aplikasi turunan
Sub CPMK
1. Mahasiswa mampu memahami konsep dari himpunan, macam- macam bilangan real serta penggunaan ketidaksamaan 2. Mahasiswa memahami konsep koordinat cartesian 3. Mahasiswa memahami konsep garis 4. Mahasiswa memaham ikonsep fungsi pertidaksamaan dan fungsi balikan kekontinuan fungsi dengan dua peubah beserta sifat- sifatnya 5. Mahasiswa mampu memahami konsep limit 6. Mahasiswa memahami terhadap materi yang sudah diberikan 7. Mahasiswa memahami turunan serta sifat- sifat dari turunan 8. Mahasiswa memahami rumus- rumus turunan serta sifat-sifat 9. Mahasiswa mampu mengaplikasikan materi 10. Mahasiswamampu memahami penggunaan rumus- rumus turunan 11. Mahasiswa mampu memahami penggunaan konsep limit 12. Mahasiswa memahami terhadap materi yang sudah diberikan
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6 Sub CPMK 7 Sub CPMK 8 Sub CPMK 9 Sub CPMK 10 Sub CPMK 11 Sub CPMK 12
CPMK 1 v v v v v v
CPMK 2 v v v v v v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengaji pengenalan Fungsi dan grafik Operasi Fungsi, Limit, Derifatif / Turunan, Aplikasi Turunan, Integral, Aplikasi Integral, Teknik Integrasi
Pokok Bahasan
1. Pengenalan Fungsi 2. Grafik Operasi Fungsi 3. Limit 4. Derifatif / Turunan 5. Aplikasi Turunan
Pustaka Utama: J. E. Purcell and D. E. Varberg, “Kalkulus dan Geometri Analitis”, Erlangga, Jakarta, 1992.
Pendukung K. Martono, “Kalkulus”, Erlangga, Jakarta, 1999 K. H. Rosen, “Elementary Number Theory and Its Applications”, Addison Wesley, 1988
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
MS Word MS Power point LCD
Team Teaching / Single Teaching Single Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi Presentasi, tugas, tes tulis, keaktifan partisipasi
Pendekatan Pembelajaran SCL Studi kasus, Presentasi
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Mahasiswa mampu memahami konsep dari himpunan, macam- macam bilangan real serta penggunaan ketidaksamaan Fungsi dan grafik Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan grafik operasi fungsi keaktifan partisipasi 5%
2 Mahasiswa memahami konsep koordinat cartesian Limit Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu menjelaskan Limit keaktifan partisipasi 10%
3 Mahasiswa memahami konsep garis derivatif Ceramah, Curah Pendapat (Brainstorming), Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu menjelaskan derivatif keaktifan partisipasi 10%
4 Mahasiswa memahamikonsepfun gsi pertidaksamaan dan fungsi balikan kekontinuan fungsi dengan dua peubah beserta sifat- sifatnya Limit dan kontinu Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Menjelaskan konsep limit dan kekontinuan fungsi dengan dua peubah beserta sifat- sifatnya Presentasi 10%
5 Aplikasi derivatif Mahasiswa mampu menjelaskan aplikasi derivatif Ceramah, Tanya Jawab, Curah Pendapat (Brainstorming) Mahasiswa mampu menjelaskan aplikasi derivatif keaktifan partisipasi 10%
6 Mahasiswa memahami terhadap materi yang sudah diberikan Riview materi pertemuan 1-5 Diskusi Kelompok, Praktik Menyelesaikan soal yang diberikan tes tulis 10%
7 Mahasiswa memahami terhadap materi yang sudah diberikan Riview materi pertemuan 1-4 Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Menyelesaikan soal yang diberikan tes tulis 10%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Mahasiswa memahami turunan serta sifat- sifat dari turunan Turunan Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu menjelaskan turunan serta sifat- sifat dari turunan Presentasi 5%
10 Mahasiswa memahami rumus- rumus turunan serta sifat-sifat Turunan Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu menjelaskan aplikasi rumus- rumus turunan serta sifat-sifat Presentasi 10%
11 Mahasiswa mampu mengaplikasikan materi integral integral Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu mengaplikasikan materi integral Presentasi 5%
12 Mahasiswa mampu memahami penggunaan Limit aplikasi limit Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu memahami penggunaan Limit keaktifan partisipasi 5%
13 Mahasiswa mampu memahami penggunaan Grafik Operasi Fungsi Grafik Operasi Fungsi Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu memahami penggunaan Grafik Operasi Fungsi keaktifan partisipasi 5%
14 Mahasiswa mampu memahami pemecahan masalah terkait Derifatif / Turunan pemecahan masalah terkait Derifatif / Turunan Ceramah, Demonstrasi, Curah Pendapat (Brainstorming), Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu memahami pemecahan masalah terkait Derifatif / Turunan Presentasi 5%
15 Mahasiswa memahami terhadap materi yang sudah diberikan Riview materi pertemuan 9- 15 Tanya Jawab, Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu memahami terhadap materi yang sudah diberikan keaktifan partisipasi 10%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 kehadiran 20
2 tugas 30
3 UTS 25
4 UAS 25