Minggu Ke- |
Sub CPMK |
Materi Pembelajaran [Pustaka] |
Metode / Strategi Pembelajaran |
Assessment |
Indikator |
Bentuk |
Bobot |
1 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu men-jelaskan konsep ISBD |
1. Konsep ISBD
a. Hakikat dan Ruang Lingkup ISBD
b. ISBD sebagai MBB & Pendidikan Umum dan kebudayaan
c. ISBD sebagai alternatif pemecahan masalah sosial budaya
|
Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan men-jelaskan tentang Hakikat dan Ruang Lingkup ISBD, ISBD sebagai MBB & Pendidikan Umum dan kebudayaan, ISBDsebagai alternatif pemecahan masalah sosial budaya |
TUGAS
|
2% |
2 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan konsep manusia sebagai makhluk budaya. |
1. Konsep manusia sebagai makhluk budaya
a. Hakikat manusia sebagai makhluk budaya
b. Apresiasi terhadap kemanusiaan dan kebudayaan
c. Etika dan estetika budaya
a. Memanusiakan manusia melalui pemahaman konsep-konsep dasar manusia
b. Problematika kebudayaan
|
Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan men-jelaskan tentang Hakikat manusia sebagai makhluk budaya, Apresiasi terhadap kemanusiaan dan kebudayaa , Etika dan estetika budaya, memanusiakan manusia melalui pemahaman konsep-konsep dasar manusia,Problematika kebudayaan |
TUGAS
|
2% |
3 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial |
1. Konsep Manusia sebagai individu dan makhluk sosial
a. Hakikat manusia sebagai individu dan makhluk sosial
b. Fungsi dan peran manusia sebagai individu dan makhluk sosial
c. Dinamika interaksi sosial
d. Dilema antara kepentingan individu dan kepentingan masyarakat
|
Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok |
1. Ketepatan menjelaskan tentang
a. Hakikat manusia sebagai individu dan makhluk sosial
b. Ketepatan menjelaskan tentang Fungsi dan peran manusia sebagai individu dan makhluk sosial
c. Ketepatan menjelaskan tentang Dinamika interaksi sosial
d. Ketepatan menjelaskan tentang Dilema antara kepentingan individu dan kepentingan masyarakat |
TUGAS
|
2% |
4 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan konsep manusia dan peradaban |
1. Konsep manusia dan peradaban
a. Hakikat peradaban
b. Manusia sebagai makhluk beradab dan masyarakat adab
c. Evolusi budaya dan wujud peradaban dalam kehidupan sosila budaya
d. Dinamika peradaban global
e. Problematika peradaban pada kehidupan manusia
|
Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan men-jelaskan tentang
a. Hakikat peradaban
b. Manusia sebagai makhluk beradab dan masyarakat adab
c. Evolusi budaya dan wujud peradaban dalam kehidupan sosila budaya
d. Dinamika peradaban global
Problematika peradaban pada kehidupan manusia |
TUGAS
|
2% |
5 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep manusia, keragaman dan kesetaraan |
1. konsep manusia, keragaman dan kesetaraan
a. Hakikat keragaman dan kesetaraan manusia
b. Kemajemukan dalam dinamika sosial dan budaya
c. Keragaman dan kesetaraan sebagai kekayaan sosial dan budaya bangsa
d. Problematika keragaman dan kesetaraan serta solusinya dalam kehidupan masyaeakat
|
Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan men-jelaskan tentang
a. Hakikat keragaman dan kesetaraan manusia
b. Kemajemukan dalam dinamika sosial dan budaya
c. Keragaman dan kesetaraan sebagai kekayaan sosial dan budaya bangsa
Problematika keragaman dan kesetaraan serta solusinya dalam kehidupan masyarakat |
TUGAS
|
2% |
6 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep manusia, nilai, moral dan hukum |
1. Konsep manusia, nilai, moral dan hukum
a. Hakikat, fungsi dalam perwujudan nilai, moral dan hukum dalam kehidupan manusia, masyarakat dan negara
b. Keadilan ketertiban dan kesejahteraan sebagai wujud masyarakat yang bermoral dan mentaati hukum
c. Problematika nilai, moral dan hukum dalam masyarakat dan negara
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan men-jelaskan tentang
a. Hakikat, fungsi dalam perwujudan nilai, moral dan hukum dalam kehidupan manusia, masyarakat dan negara
b. Keadilan ketertiban dan kesejahteraan sebagai wujud masyarakat yang bermoral dan mentaati hukum
Problematika nilai, moral dan hukum dalam masyarakat dan negara |
TUGAS
|
2% |
7 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep manusia, nilai, moral dan hukum |
1. Konsep manusia, nilai, moral dan hukum
a. Hakikat, fungsi dalam perwujudan nilai, moral dan hukum dalam kehidupan manusia, masyarakat dan negara
b. Keadilan ketertiban dan kesejahteraan sebagai wujud masyarakat yang bermoral dan mentaati hukum
c. Problematika nilai, moral dan hukum dalam masyarakat dan negara
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan men-jelaskan tentang
a. Hakikat, fungsi dalam perwujudan nilai, moral dan hukum dalam kehidupan manusia, masyarakat dan negara
b. Keadilan ketertiban dan kesejahteraan sebagai wujud masyarakat yang bermoral dan mentaati hukum
Problematika nilai, moral dan hukum dalam masyarakat dan negara |
TUGAS
|
2% |
8 |
Evaluasi Tengah Semester |
9 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep manusia, sains, teknologi dan seni |
1. Konsep manusia, sains, teknologi dan seni
a. Hakikat dan makna sains, teknologi dan seni bagi manusia
b. Dampak penyalah gunaan IPTEKS pada kehidupan sosial dan budaya
c. Problematika pemanfaatan IPTEKS di Indonesia
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan men-jelaskan tentang
a. Hakikat dan makna sains, teknologi dan seni bagi manusia
b. Dampak penyalah gunaan IPTEKS pada kehidupan sosial dan budaya
c. Problematika pemanfaatan IPTEKS di Indonesia |
TUGAS
|
2% |
10 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep manusia dan lingkungannya |
1. Ketepatan men-jelaskan tentang
a. Hakikat dan makna lingkungan bagi manusia
b. Kualitas penduduk dan lingkungan terhadap kesejahteraan manusia
c. Problematika lingkungan sosial budaya yang dihadapi masyarakat
d. Isu penting tentang persoalan lintas budaya & bangsa
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
Menyusun ringkasan tentang rumor dan fakta terkait kesehatan reproduksi |
TUGAS
|
2% |
11 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep pandangan dan nilai masyarakat terhadap individu, keluarga dan masyarakat |
1. Ketepatan menjelaskan tentang
a. Konsep keluarga sebagai anggota masyarakat
b. Perkembangan nilai budaya
c. Sistem budaya dan sistem sosial
d. Konsep nilai, sistem nilai dan orientasi nilai
e. Sistem nilai dan masyarakat
f. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan nilai budaya
g. Perbedaan nilai dan moral
h. Pandangan dari nilai masyarakat terhadap individu, keluarga dan masyarakat.
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
1.Menyusun ringkasan tentang program KB di Indonesia
2.Menjelaskan tentang pelayanan kontrassepsi dan KIE konseling KB |
TUGAS
|
2% |
12 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Aspek kehidupan, perkembangan dan masalah-masalah masyarakat pedesaan dan perkotaan |
Ketepatan menjelaskan tentang
a. Konsep masyarakat & sosial budaya masyarakat Indonesia
b. Pengertian masyarakat
c. Unsur-unsur masyarakat
d. Syarat-syarat masyarakat
e. Ciri-ciri masyarakat desa dan masyarakat kota
f. Sumber daya yang ada di pedesaan dan perkotaan dalam upaya Kesehatan Ibu dan Anak
g. Masalah-masalah masyarakat pedesaan dan perkotaan
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
1. Menyusun ringkasan tentang deteksi dini kesehatan reproduksi
2. Menjelaskan tentang penetapan diagnosa |
TUGAS
|
2% |
13 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Aspek sosial budaya yang mempengaruhi perilaku sehat dalam kaitan status kesehatan ibu, bayi, anak balita, anak pra sekolah dan keluarga |
1. Konsep aspek-aspek sosial, budaya yang berkaitan dengan praktik perkawinan, kehamilan, persalinan, nifas dan bayi baru lahir
a. Aspek sosial budaya pada setiap perkawinan
b. Aspek sosial budaya pada setiap trimester kehamilan
c. Aspek sosial budaya selama persalinan kala I, II, III, IV
d. Aspek sosial budaya dalam masa nifas
e. Aspek sosial budaya yang berkaitan dengan bayi baru lahir
f. Aspek sosial yang berkaitan dengan balita dan anak prasekolah
g. Aspek sosial yang berkaitan dengan keluarga
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan menjelaskan tentang
a. Aspek sosial budaya pada setiap perkawinan
b. Aspek sosial budaya pada setiap trimester kehamilan
c. Aspek sosial budaya selama persalinan kala I, II, III, IV
d. Aspek sosial budaya dalam masa nifas
e. Aspek sosial budaya yang berkaitan dengan bayi baru lahir
f. Aspek sosial yang berkaitan dengan balita dan anak prasekolah
g. Aspek sosial yang berkaitan dengan keluarga |
TUGAS
|
4% |
14 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Cara-cara pendekatan sosial budaya, dalam praktik kebidanan |
1. Cara-cara pendekatan sosial budaya, dalam praktik kebidanan
a. Pendekatan melalui agama
b. Pendekatan melalui kesenian tradisional
c. Pendekatan melalui paguyuban
d. Pendekatan melalui pesantren
e. Pendekatan sistem banjar
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan dala menjelaskan Cara-cara pendekatan sosial budaya, dalam praktik kebidanan
a. Pendekatan melalui agama
b. Pendekatan melalui kesenian tradisional
c. Pendekatan melalui paguyuban
d. Pendekatan melalui pesantren
e. Pendekatan sistem banjar |
TUGAS
|
2% |
15 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Konsep motivasi perilaku sosial dan cultural awareness |
Norma dan praktik budaya dalam kehidupan seksualitas dan kemampuan reproduksi
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan menjelaskan tentang norma dan praktik budaya dalam kehidupan seksualitas dan kemampuan reproduksi |
TUGAS
|
2% |
16 |
Evaluasi Akhir Semester |