RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2024/2025

FAKULTAS FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIK)

PROGRAM STUDI: D3 Kebidanan

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Sosial Budaya Dasar 72WP51924 MATA KULIAH WAJIB PROGRAM STUDI Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
1 1 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 23 07 2024
DEWI TRILOKA WULANDARI A.Md,S.S.T,M.Tr.Keb DEWI TRILOKA WULANDARI A.Md,S.S.T,M.Tr.Keb SUYATI S.ST,M.Kes
NIDN: 0723058803 NIDN: 0723058803 NIDN: 0710076002
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
S1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan praktik kebidanan berdasarkan agama moral dan filosofi kode etik profesi serta standar kebidanan
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat berbangsa bernegara dan kemajuan peradapan berdasarkan pancasila
S6 Menghargai martabat perempuan sebagai individu yang memiliki hak hak potensi dan privasi
S7 Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S8 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta dalam kehidupan berprofesi
P1 Menguasai konsep teoritis fisiologi siklus hidup manusia atau human life cycle physiologi secara umum
P2 Menguasai konsep teoritis ekologi manusia biologi reproduksi dan perkembangan secara umum
P3 Menguasai konsep umum psikologi perkembangan yang berkaitan dengan siklus reproduksi perempuan
P5 Menguasai konsep umum,prinsip dan teknik bantuan hidup dasar atau basic life support
P9 Menguasai pengetahuan tentang jenis, tanda dan gejala tentang komplikasi pada masa kehamilan, persalinan, pasca persalinan, bayi baru lahir, bayi dan balita secara umum
KU3 Mampu memecahkan masalah dalam pelayanan dan asuhan kebidanan sesuai dengan kompetensi, kewenangan yang berbasis bukti ilmiah dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
KU4 Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Mampu Menguasai menguasai konsep sosial budaya dasar masyarakat Indonesia 2. Mampu Menguasai konsep sosial budaya dasar yang berhubungan dengan kehamilan 3. Mampu Menguasai konsep sosial budaya dasar yang berhubungan dengan persalinan dan BBL 4. Mampu Menguasai konsep sosial budaya dasar yang berhubungan dengan Nifas dan Laktasi 5. Mampu Menguasai konsep sosial budaya dasar yang berhubungan neonates, bayi, balita 6. Mampu Menguasai konsep sosial budaya dasar yang berhubungan dengan KB/KR dan Kesehatan
Sub CPMK
1. Konsep ilmu sosial dan budaya dasar 2. Perkembangan nilai-nilai budaya terhadap individu, keluarga dan masyarakat 3. Aspek kehidupan, perkembangan dan masalah-masalah masyarakat pedesaan dan perkotaan 4. Aspek sosial budaya yang mempengaruhi perilaku sehat dalam kaitan status kesehatan ibu, bayi, anak balita, anak pra sekolah dan keluarga 5. Cara-cara pendekatan sosial budaya, dalam praktik kebidanan 6. Konsep motivasi perilaku sosial dan cultural awareness
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6
CPMK 1 v
CPMK 2 v
CPMK 3 v
CPMK 4 v
CPMK 5 v
CPMK 6 v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan kemampuan pada mahasiswa tentang konsep sosial dan budaya dasar dalam memahami sosial budaya masyarakat indonesia yang majmuk dan kompleks, serta pengaruh sosial budaya dalam pelayanan kebidanan (Kehamilan, Persalinan, Pasca persalinan dan bayi baru lahir)
Pokok Bahasan
1. Konsep ilmu sosial dan budaya dasar 2. Perkembangan nilai-nilai budaya terhadap individu, keluarga dan masyarakat 3. Aspek kehidupan, perkembangan dan masalah-masalah masyarakat pedesaan dan perkotaan 4. Aspek sosial budaya yang mempengaruhi perilaku sehat dalam kaitan status kesehatan ibu, bayi, anak balita, anak pra sekolah dan keluarga 5. Cara-cara pendekatan sosial budaya, dalam praktik kebidanan 6. Konsep motivasi perilaku sosial dan cultural awareness
Pustaka Utama: 1. Nasikun (2000). System Sosial Indonesia. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Pendukung 1. Symonds, A and Hunt, SC (1996). The Midwife and Society, Perspective, Policies and practice. Macmillan Press LTD, London
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
Powerpoint Google class room Google meet Makalah Powerpoint Buku Penunjang
Team Teaching / Single Teaching Team Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi UTS, UAS, TUGAS
Pendekatan Pembelajaran SCL Pembuatan Makalah dan Diskusi Kelompok
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu men-jelaskan konsep ISBD 1. Konsep ISBD a. Hakikat dan Ruang Lingkup ISBD b. ISBD sebagai MBB & Pendidikan Umum dan kebudayaan c. ISBD sebagai alternatif pemecahan masalah sosial budaya Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok Ketepatan men-jelaskan tentang Hakikat dan Ruang Lingkup ISBD, ISBD sebagai MBB & Pendidikan Umum dan kebudayaan, ISBDsebagai alternatif pemecahan masalah sosial budaya TUGAS 2%
2 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan konsep manusia sebagai makhluk budaya. 1. Konsep manusia sebagai makhluk budaya a. Hakikat manusia sebagai makhluk budaya b. Apresiasi terhadap kemanusiaan dan kebudayaan c. Etika dan estetika budaya a. Memanusiakan manusia melalui pemahaman konsep-konsep dasar manusia b. Problematika kebudayaan Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok Ketepatan men-jelaskan tentang Hakikat manusia sebagai makhluk budaya, Apresiasi terhadap kemanusiaan dan kebudayaa , Etika dan estetika budaya, memanusiakan manusia melalui pemahaman konsep-konsep dasar manusia,Problematika kebudayaan TUGAS 2%
3 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial 1. Konsep Manusia sebagai individu dan makhluk sosial a. Hakikat manusia sebagai individu dan makhluk sosial b. Fungsi dan peran manusia sebagai individu dan makhluk sosial c. Dinamika interaksi sosial d. Dilema antara kepentingan individu dan kepentingan masyarakat Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok 1. Ketepatan menjelaskan tentang a. Hakikat manusia sebagai individu dan makhluk sosial b. Ketepatan menjelaskan tentang Fungsi dan peran manusia sebagai individu dan makhluk sosial c. Ketepatan menjelaskan tentang Dinamika interaksi sosial d. Ketepatan menjelaskan tentang Dilema antara kepentingan individu dan kepentingan masyarakat TUGAS 2%
4 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan konsep manusia dan peradaban 1. Konsep manusia dan peradaban a. Hakikat peradaban b. Manusia sebagai makhluk beradab dan masyarakat adab c. Evolusi budaya dan wujud peradaban dalam kehidupan sosila budaya d. Dinamika peradaban global e. Problematika peradaban pada kehidupan manusia Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok Ketepatan men-jelaskan tentang a. Hakikat peradaban b. Manusia sebagai makhluk beradab dan masyarakat adab c. Evolusi budaya dan wujud peradaban dalam kehidupan sosila budaya d. Dinamika peradaban global Problematika peradaban pada kehidupan manusia TUGAS 2%
5 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep manusia, keragaman dan kesetaraan 1. konsep manusia, keragaman dan kesetaraan a. Hakikat keragaman dan kesetaraan manusia b. Kemajemukan dalam dinamika sosial dan budaya c. Keragaman dan kesetaraan sebagai kekayaan sosial dan budaya bangsa d. Problematika keragaman dan kesetaraan serta solusinya dalam kehidupan masyaeakat Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok Ketepatan men-jelaskan tentang a. Hakikat keragaman dan kesetaraan manusia b. Kemajemukan dalam dinamika sosial dan budaya c. Keragaman dan kesetaraan sebagai kekayaan sosial dan budaya bangsa Problematika keragaman dan kesetaraan serta solusinya dalam kehidupan masyarakat TUGAS 2%
6 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep manusia, nilai, moral dan hukum 1. Konsep manusia, nilai, moral dan hukum a. Hakikat, fungsi dalam perwujudan nilai, moral dan hukum dalam kehidupan manusia, masyarakat dan negara b. Keadilan ketertiban dan kesejahteraan sebagai wujud masyarakat yang bermoral dan mentaati hukum c. Problematika nilai, moral dan hukum dalam masyarakat dan negara Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok Ketepatan men-jelaskan tentang a. Hakikat, fungsi dalam perwujudan nilai, moral dan hukum dalam kehidupan manusia, masyarakat dan negara b. Keadilan ketertiban dan kesejahteraan sebagai wujud masyarakat yang bermoral dan mentaati hukum Problematika nilai, moral dan hukum dalam masyarakat dan negara TUGAS 2%
7 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep manusia, nilai, moral dan hukum 1. Konsep manusia, nilai, moral dan hukum a. Hakikat, fungsi dalam perwujudan nilai, moral dan hukum dalam kehidupan manusia, masyarakat dan negara b. Keadilan ketertiban dan kesejahteraan sebagai wujud masyarakat yang bermoral dan mentaati hukum c. Problematika nilai, moral dan hukum dalam masyarakat dan negara Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok Ketepatan men-jelaskan tentang a. Hakikat, fungsi dalam perwujudan nilai, moral dan hukum dalam kehidupan manusia, masyarakat dan negara b. Keadilan ketertiban dan kesejahteraan sebagai wujud masyarakat yang bermoral dan mentaati hukum Problematika nilai, moral dan hukum dalam masyarakat dan negara TUGAS 2%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep manusia, sains, teknologi dan seni 1. Konsep manusia, sains, teknologi dan seni a. Hakikat dan makna sains, teknologi dan seni bagi manusia b. Dampak penyalah gunaan IPTEKS pada kehidupan sosial dan budaya c. Problematika pemanfaatan IPTEKS di Indonesia Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok Ketepatan men-jelaskan tentang a. Hakikat dan makna sains, teknologi dan seni bagi manusia b. Dampak penyalah gunaan IPTEKS pada kehidupan sosial dan budaya c. Problematika pemanfaatan IPTEKS di Indonesia TUGAS 2%
10 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep manusia dan lingkungannya 1. Ketepatan men-jelaskan tentang a. Hakikat dan makna lingkungan bagi manusia b. Kualitas penduduk dan lingkungan terhadap kesejahteraan manusia c. Problematika lingkungan sosial budaya yang dihadapi masyarakat d. Isu penting tentang persoalan lintas budaya & bangsa Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok Menyusun ringkasan tentang rumor dan fakta terkait kesehatan reproduksi TUGAS 2%
11 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep pandangan dan nilai masyarakat terhadap individu, keluarga dan masyarakat 1. Ketepatan menjelaskan tentang a. Konsep keluarga sebagai anggota masyarakat b. Perkembangan nilai budaya c. Sistem budaya dan sistem sosial d. Konsep nilai, sistem nilai dan orientasi nilai e. Sistem nilai dan masyarakat f. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan nilai budaya g. Perbedaan nilai dan moral h. Pandangan dari nilai masyarakat terhadap individu, keluarga dan masyarakat. Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok 1.Menyusun ringkasan tentang program KB di Indonesia 2.Menjelaskan tentang pelayanan kontrassepsi dan KIE konseling KB TUGAS 2%
12 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Aspek kehidupan, perkembangan dan masalah-masalah masyarakat pedesaan dan perkotaan Ketepatan menjelaskan tentang a. Konsep masyarakat & sosial budaya masyarakat Indonesia b. Pengertian masyarakat c. Unsur-unsur masyarakat d. Syarat-syarat masyarakat e. Ciri-ciri masyarakat desa dan masyarakat kota f. Sumber daya yang ada di pedesaan dan perkotaan dalam upaya Kesehatan Ibu dan Anak g. Masalah-masalah masyarakat pedesaan dan perkotaan Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok 1. Menyusun ringkasan tentang deteksi dini kesehatan reproduksi 2. Menjelaskan tentang penetapan diagnosa TUGAS 2%
13 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Aspek sosial budaya yang mempengaruhi perilaku sehat dalam kaitan status kesehatan ibu, bayi, anak balita, anak pra sekolah dan keluarga 1. Konsep aspek-aspek sosial, budaya yang berkaitan dengan praktik perkawinan, kehamilan, persalinan, nifas dan bayi baru lahir a. Aspek sosial budaya pada setiap perkawinan b. Aspek sosial budaya pada setiap trimester kehamilan c. Aspek sosial budaya selama persalinan kala I, II, III, IV d. Aspek sosial budaya dalam masa nifas e. Aspek sosial budaya yang berkaitan dengan bayi baru lahir f. Aspek sosial yang berkaitan dengan balita dan anak prasekolah g. Aspek sosial yang berkaitan dengan keluarga Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok Ketepatan menjelaskan tentang a. Aspek sosial budaya pada setiap perkawinan b. Aspek sosial budaya pada setiap trimester kehamilan c. Aspek sosial budaya selama persalinan kala I, II, III, IV d. Aspek sosial budaya dalam masa nifas e. Aspek sosial budaya yang berkaitan dengan bayi baru lahir f. Aspek sosial yang berkaitan dengan balita dan anak prasekolah g. Aspek sosial yang berkaitan dengan keluarga TUGAS 4%
14 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Cara-cara pendekatan sosial budaya, dalam praktik kebidanan 1. Cara-cara pendekatan sosial budaya, dalam praktik kebidanan a. Pendekatan melalui agama b. Pendekatan melalui kesenian tradisional c. Pendekatan melalui paguyuban d. Pendekatan melalui pesantren e. Pendekatan sistem banjar Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok Ketepatan dala menjelaskan Cara-cara pendekatan sosial budaya, dalam praktik kebidanan a. Pendekatan melalui agama b. Pendekatan melalui kesenian tradisional c. Pendekatan melalui paguyuban d. Pendekatan melalui pesantren e. Pendekatan sistem banjar TUGAS 2%
15 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Konsep motivasi perilaku sosial dan cultural awareness Norma dan praktik budaya dalam kehidupan seksualitas dan kemampuan reproduksi Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok Ketepatan menjelaskan tentang norma dan praktik budaya dalam kehidupan seksualitas dan kemampuan reproduksi TUGAS 2%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 UTS 25
2 TUGAS 40
3 UAS 35