RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2024/2025

FAKULTAS FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIK)

PROGRAM STUDI: D3 Kebidanan

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Pancasila 72WN51903 MATA KULIAH WAJIB NASIONAL Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
2 0 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 23 07 2024
HELMI ANNUCHASARI S.KM,S.KM,M.KM HELMI ANNUCHASARI S.KM,S.KM,M.KM SUYATI S.ST,M.Kes
NIDN: 0728068604 NIDN: 0728068604 NIDN: 0710076002
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
S1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan praktik kebidanan berdasarkan agama moral dan filosofi kode etik profesi serta standar kebidanan
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat berbangsa bernegara dan kemajuan peradapan berdasarkan pancasila
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S7 Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S9 Menginternalisasi nilai nilai luhur norma filosofi dan etika aademik
S10 Menunjuukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya
P1 Menguasai konsep teoritis fisiologi siklus hidup manusia atau human life cycle physiologi secara umum
KU1 Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan memilih beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku dalam pelayanan dan asuhan kebidanan berdasarkan analisa data
KU2 Mampu menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur sesuai dengan standar prosedur oprasional dalam memberikan pelayanan dan asuhan kebidanan
KU8 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjaminkesahihan dan mencegah plagiarism
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Mahasiswa mampu menjelaskan Hubungan umum antara Pancasila dengan program penananganan 3 kejahatan Luar Biasa di Indonesia 2. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan penyalahgunaan narkoba 3. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia 4. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan terorisme di indonesia
Sub CPMK
1. Mahasiswa mampu menjelaskan Hubungan umum antara Pancasila dengan program penananganan 3 kejahatan Luar Biasa di Indonesia 2. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan penyalahgunaan narkoba 3. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia 4. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan terorisme di indonesia
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4
CPMK 1 v
CPMK 2 v
CPMK 3 v
CPMK 4 v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang definisi Pancasila dan hubungan Pancasila dengan upaya pencegahan dan pemberantasan 3 kejahatan luar biasa di Indonesia
Pokok Bahasan
1. definisi Pancasila dan extraordinary crimes 2. Hubungan Pancasila dan penanganan penyelahgunaan narkoba 3. Hubungan Pancasila dan penanganan Korupsi 4. Hubunga Pancasila dan penanganan terorisme
Pustaka Utama: 1. Modul Pancasila
Pendukung 1. Sumber-sumber lain dari berbagai media
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
google class room laptop modul papan tulis buku proyektor
Team Teaching / Single Teaching Single Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi uts, uas, tugas
Pendekatan Pembelajaran SCL ceramah dan diskusi kelompok
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu men- jelaskan hubungan umum antara Pancasila dengan program penenganan 3 kejahatan luar biasa di Indonesia 1. Mahasiswa mampu memahami silabus dan kontrak perkuliahan 2. Mahasiswa dapat berkontribusi dalam perbaikan RPS & Kontrak perkuliahan dengan memberi masukan-masukan Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu menjelaskan Hubungan umum antara Pancasila dengan program penananganan 3 kejahatan Luar Biasa di Indonesia Sistematika dan gaya presentase tugas 2%
2 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu men- jelaskan hubungan umum antara Pancasila dengan program penenganan 3 kejahatan luar biasa di Indonesia Mahasiswa mampu memahami silabus dan kontrak perkuliahan 2. Mahasiswa dapat berkontribusi dalam perbaikan RPS & Kontrak perkuliahan dengan memberi masukan-masukan Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok Mahasiswa mampu menjelaskan Hubungan umum antara Pancasila dengan program penananganan 3 kejahatan Luar Biasa di Indonesia ● Sistematika dan gaya presentase tugas 2%
3 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan tentang hubungan sila 1-5 dengan program penanganan penyalahgunaan narkoba Mahasiswa mampu memahami silabus dan kontrak perkuliahan 2. Mahasiswa dapat berkontribusi dalam perbaikan RPS & Kontrak perkuliahan dengan memberi masukan-masukan Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok ● Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan penyalahgunaan narkoba ● Sistematika dan gaya presentase tugas 2%
4 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan tentang hubungan sila 1-5 dengan program penanganan penyalahgunaan narkoba ● Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan penyalahgunaan narkoba ● Sistematika dan gaya presentase Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok ● Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan penyalahgunaan narkoba ● Sistematika dan gaya presentase tugas 2%
5 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan tentang hubungan sila 1-5 dengan program penanganan penyalahgunaan narkoba Mahasiswa mampu memahami silabus dan kontrak perkuliahan 2. Mahasiswa dapat berkontribusi dalam perbaikan RPS & Kontrak perkuliahan dengan memberi masukan-masukan Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok ● Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan penyalahgunaan narkoba ● Sistematika dan gaya presentase tugas 2%
6 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia 1. Mahasiswa mampu memahami silabus dan kontrak perkuliahan 2. Mahasiswa dapat berkontribusi dalam perbaikan RPS & Kontrak perkuliahan dengan memberi masukan-masukan Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok ● Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubungan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia ● Sistematika dan gaya presentase tugas 2%
7 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia 1. Mahasiswa mampu memahami silabus dan kontrak perkuliahan 2. Mahasiswa dapat berkontribusi dalam perbaikan RPS & Kontrak perkuliahan dengan memberi masukan-masukan Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok ● Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubungan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia ● Sistematika dan gaya presentase tugas 2%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia 1. Mahasiswa mampu memahami silabus dan kontrak perkuliahan 2. Mahasiswa dapat berkontribusi dalam perbaikan RPS & Kontrak perkuliahan dengan memberi masukan-masukan Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok ● Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubungan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia ● Sistematika dan gaya presentase tugas 2%
10 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia 1. Mahasiswa mampu memahami silabus dan kontrak perkuliahan 2. Mahasiswa dapat berkontribusi dalam perbaikan RPS & Kontrak perkuliahan dengan memberi masukan-masukan Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok ● Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia ● Sistematika dan gaya presentase tugas 2%
11 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia 1. Mahasiswa mampu memahami silabus dan kontrak perkuliahan 2. Mahasiswa dapat berkontribusi dalam perbaikan RPS & Kontrak perkuliahan dengan memberi masukan-masukan Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok ● Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia ● Sistematika dan gaya presentase tugas 2%
12 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia 1. Mahasiswa mampu memahami silabus dan kontrak perkuliahan 2. Mahasiswa dapat berkontribusi dalam perbaikan RPS & Kontrak perkuliahan dengan memberi masukan-masukan Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok ● Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia ● Sistematika dan gaya presentase tugas 2%
13 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia 1. Mahasiswa mampu memahami silabus dan kontrak perkuliahan 2. Mahasiswa dapat berkontribusi dalam perbaikan RPS & Kontrak perkuliahan dengan memberi masukan-masukan Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok ● Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia ● Sistematika dan gaya presentase tugas 2%
14 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia 1. Mahasiswa mampu memahami silabus dan kontrak perkuliahan 2. Mahasiswa dapat berkontribusi dalam perbaikan RPS & Kontrak perkuliahan dengan memberi masukan-masukan Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok ● Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia ● Sistematika dan gaya presentase tugas 2%
15 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia 1. Mahasiswa mampu memahami silabus dan kontrak perkuliahan 2. Mahasiswa dapat berkontribusi dalam perbaikan RPS & Kontrak perkuliahan dengan memberi masukan-masukan Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok ● Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hubugan sila 1-5 dengan program penanganan korupsi di Indonesia ● Sistematika dan gaya presentase tugas 2%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 uts 35
2 uas 40
3 tugas 25