RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2024/2025

FAKULTAS FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIK)

PROGRAM STUDI: D3 Kebidanan

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Pendidikan Kewarganegaraan dan Anti Korupsi 72WN51902 MATA KULIAH WAJIB NASIONAL Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
2 0 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 23 07 2024
HELMI ANNUCHASARI S.KM,S.KM,M.KM HELMI ANNUCHASARI S.KM,S.KM,M.KM SUYATI S.ST,M.Kes
NIDN: 0728068604 NIDN: 0728068604 NIDN: 0710076002
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
S1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan praktik kebidanan berdasarkan agama moral dan filosofi kode etik profesi serta standar kebidanan
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat berbangsa bernegara dan kemajuan peradapan berdasarkan pancasila
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S7 Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S8 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta dalam kehidupan berprofesi
S9 Menginternalisasi nilai nilai luhur norma filosofi dan etika aademik
S10 Menunjuukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya
P1 Menguasai konsep teoritis fisiologi siklus hidup manusia atau human life cycle physiologi secara umum
KU5 Mampu bekerjasama, berkomunikasi teknis dan prosedural dalam pekerjaannya
KU6 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
KU7 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Mampu menguraikan landasan pendidikan kewarganegraan, tantangan dalam pendidikan Kewarganegraan, serta mampu menjelaskan urgensi pendidikan kewarganegraan 2. Mahasiswa memiliki wawasan dan pemahaman tentang Pendidikan Kewarganegaraan bagi pengembangan kepribadian bangsa 3. Mahasiswa memiliki wawasan dan pemahaman tentang ideologi Pancasila sebagai modal dasar dalam mempelajari tentang Pendidikan Kewarganegaraan 4. Mahasiswa memiliki wawasan dan pemahaman untuk Bagaimana Memenuhi Tanggung Jawab dan Menggunakan Kebebasan. 5. Kompetensi individual dimulai dari mahasiswa memiliki persepsi negatif mengenai korupsi dan persepsi positif mengenai anti-korupsi, menguatnya kesadaran (awareness) terhadap adanya potensi tindak korupsi. Mahasiswa akhirnya memiliki sikap anti-korupsi dalam arti berusaha untuk tidak melakukan tindak korupsi sekecil apapun 6. Sikap anti-korupsi ini kemudian memberikan efek-tular ke lingkungan sekitar dimana mahasiswa berani mengingatkan atau mencegah orang lain agar tidak melakukan tindak korupsi dalam bentuk apapun, termasuk mampu memberikan informasi kepada orang lain mengenai hal-hal terkait korupsi dan anti-korupsi. 7. Kompetensi selanjutnya adalah mahasiswa mampu mendeteksi adanya suatu tindak korupsi secara komprehensif mulai dari bentuk, proses, peraturan yang dilanggar, pelaku, kerugian/dampak yang ditimbulkan; selanjutnya mampu menghasilkan penyelesaian masalah (problem solving). Melaporkan kepada penegak hukum mungkin saja dilakukan, namun harus memiliki bukti-bukti yang valid
Sub CPMK
1. Mampu menguraikan landasan pendidikan kewarganegraan, tantangan dalam pendidikan Kewarganegraan, serta mampu menjelaskan urgensi pendidikan kewarganegraan 2. Mahasiswa memiliki wawasan dan pemahaman tentang Pendidikan Kewarganegaraan bagi pengembangan kepribadian bangsa 3. Mahasiswa memiliki wawasan dan pemahaman tentang ideologi Pancasila sebagai modal dasar dalam mempelajari tentang Pendidikan Kewarganegaraan. 4. Mahasiswa memiliki wawasan dan pemahaman untuk Bagaimana Memenuhi Tanggung Jawab dan Menggunakan Kebebasan. 5. Kompetensi individual dimulai dari mahasiswa memiliki persepsi negatif mengenai korupsi dan persepsi positif mengenai anti-korupsi, menguatnya kesadaran (awareness) terhadap adanya potensi tindak korupsi. Mahasiswa akhirnya memiliki sikap anti-korupsi dalam arti berusaha untuk tidak melakukan tindak korupsi sekecil apapun. 6. Sikap anti-korupsi ini kemudian memberikan efek-tular ke lingkungan sekitar dimana mahasiswa berani mengingatkan atau mencegah orang lain agar tidak melakukan tindak korupsi dalam bentuk apapun, termasuk mampu memberikan informasi kepada orang lain mengenai hal-hal terkait korupsi dan anti-korupsi. 7. Kompetensi selanjutnya adalah mahasiswa mampu mendeteksi adanya suatu tindak korupsi secara komprehensif mulai dari bentuk, proses, peraturan yang dilanggar, pelaku, kerugian/dampak yang ditimbulkan; selanjutnya mampu menghasilkan penyelesaian masalah (problem solving). Melaporkan kepada penegak hukum mungkin saja dilakukan, namun harus memiliki bukti-bukti yang valid
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6 Sub CPMK 7
CPMK 1 v
CPMK 2 v
CPMK 3 v
CPMK 4 v
CPMK 5 v
CPMK 6 v
CPMK 7 v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Latar belakang pendidikan Kewarganegaran, Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Pengembangan Kepribadian Bangsa , Ideologi Pancasila, Hak & Kewajiban Warga Negara , Korupsi (ciri dan jenis korupsi) , faktor-faktor penyebab korupsi, dampak korupsi , pemberantasan korupsi, nilai dan prinsip anti-korupsi , gerakan, kerjasama dan instrumen internasional pencegahan korupsi, masyarakat sejahtera merupakan cita-cita bangsa sebuah negara , pendidikan (dasar sampai perguruan tinggi), kesehatan (jaminan kesehatan masyarakat dan akses kesehatan), infrastruktur (jalan, listrik, air bersih, fasilitas sosial, dll) , hankam, kerusakan lingkungan
Pokok Bahasan
Mata kuliah ini mengenalkan mahasiswa tentang kewarganegaraan dan pendidikan anti korupsi. Mata kuliah ini dimulai dengan memberikan pemahaman kepada mahasiswa landasan pendidikan kewarganegaraan, tantangan dalam pendidikan Kewarganegaraan, serta mampu menjelaskan urgensi pendidikan kewarganegaraan. Dilanjutkan dengan wawasan dan pemahaman tentang Pendidikan Kewarganegaraan bagi pengembangan kepribadian bangsa. Lalu dilanjutkan dengan wawasan dan pemahaman tentang ideologi Pancasila sebagai modal dasar dalam mempelajari tentang Pendidikan Kewarganegaraan. Dan wawasan dan pemahaman untuk Bagaimana Memenuhi Tanggung Jawab dan Menggunakan Kebebasan. Selanjutnya mahasiswa akan mempelajari tentang pengertian korupsi. Kemudian, mahasiswa akan belajar mengenai faktor penyebab korupsi dan dampaknya. Selain itu, dalam mata kuliah ini juga akan dibahas bagaimana saja upaya upaya yang dilakukan untuk memberantas korupsi. Materi yang akan dipelajari mencakup teori dan praktik. Sebagai output mata kuliah, mahasiswa menghasilkan video kewarganegaraan berupa kampanye anti korupsi dan mensosialisasikannya melalui media sosial maupun kepada lingkungannya.
Pustaka Utama: 1. Buku Kewarganegaraan dan Pendidikan Anti Korupsi Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan (Penulis : Nelma Liklikwatil, S.Pd., M.Pd , Ranti Nazmi, M.Pd, Sepriano, Dwi Nurcahyani, SS., M.Pd.I)
Pendukung 1. Sumber-sumber lain dari berbagai media
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
google class room laptop proyektor papan tulis
Team Teaching / Single Teaching Single Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi uts, uas, tugas, presentasi kelompok
Pendekatan Pembelajaran SCL metode pembelajaran ceramah dan diskusi kelompok
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan tentang latar belakang pendidikan Kewaeganegaraan dan anti korupsi Mahasiswa mampu memahami silabus dan kontrak perkuliahan 2. Mahasiswa dapat berkontribusi dalam perbaikan RPS & Kontrak perkuliahan dengan memberi masukan-masukan Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok Ketepatan menjelaskan tentang a. landasan dari pendidikan kewarganegaraan dan Anti Korupsi. b. pemahaman tentang pendidikan kewarganegaraan Anti korupsi c. tantangan dalam pendidikan kewarganegaraan Anti Korupsi. d. Urgensi pendidikan kewarganegaraan Anti Korupsi tugas 2%
2 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan Pendidikan Kewarganegaraan bagi pengembangan Kepribadian bangsa a. Landasan dari pendidikan kewarganegaraan & Anti Korupsi b. Pemahaman tentang pendidikan kewarganegaraan Anti Korupsi c. Tantangan dalam pendidikan kewarganegaraan Anti Korupsi d. Urgensi pendidikan kewarganegraan Anti Korupsi Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok a. Landasan dari pendidikan kewarganegaraan & Anti Korupsi b. Pemahaman tentang pendidikan kewarganegaraan Anti Korupsi c. Tantangan dalam pendidikan kewarganegaraan Anti Korupsi d. Urgensi pendidikan kewarganegraan Anti Korupsi tugas 2%
3 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan Pendidikan Kewarganegaraan bagi pengembangan Kepribadian Bangsa a. Pengertian pendidikan kewarganegaraan b. Tujuan pendidikan kewarganegaraan c. Ruang lingkup pendidikan kewarganegaraan d. Pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi Generasi muda e. Pendidikan kewarganegaraan bagi pengembangan Kepribadian bangsa Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok a. Pengertian pendidikan kewarganegaraan b. Tujuan pendidikan kewarganegaraan c. Ruang lingkup pendidikan kewarganegaraan d. Pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi Generasi muda e. Pendidikan kewarganegaraan bagi pengembangan Kepribadian bangsa tugas 2%
4 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan konsep Ideologi Pancasila a. Pengertian ideologi Pancasila b. Tujuan ideologi Pancasila c. Ruang lingkup ideologi Pancasila d. Pentingnya ideologi Pancasila bagi generasi muda e. Ideologi pancasila sebagai pedoman hidup Berbangsa dan bernegera Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok a. Pengertian ideologi Pancasila b. Tujuan ideologi Pancasila c. Ruang lingkup ideologi Pancasila d. Pentingnya ideologi Pancasila bagi generasi muda e. Ideologi pancasila sebagai pedoman hidup Berbangsa dan bernegera tugas 2%
5 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Hak & Kewajiban Warga Negara a. memahami hak dan kewajiban warga negara b. pentingnya memenuhi tanggung jawab c. pentingnya menjalankan kebebasan d. hubungan antara hak dan kewajiban e. berbagai jenis hak warga negara f. contoh kewajiban warga negara g. bagaimana memenuhi tanggung jawab sebagai h. warga negara i. cara menggunakan kebebasan secara bertanggung jawab j. mengatasi tantangan dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok a. memahami hak dan kewajiban warga negara b. pentingnya memenuhi tanggung jawab c. pentingnya menjalankan kebebasan d. hubungan antara hak dan kewajiban e. berbagai jenis hak warga negara f. contoh kewajiban warga negara g. bagaimana memenuhi tanggung jawab sebagai h. warga negara i. cara menggunakan kebebasan secara bertanggung jawab j. mengatasi tantangan dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban tugas 2%
6 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Korupsi Penyebab Korupsi Dampak Korupsi 1. Mahasiswa memahami dan menjelaskan tentang pengertian Korupsi 2. Mahasiswa mampu memahami Ciri dan Jenis Korupsi 3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi Korupsi dalam Berbagai Perspektif 4. Mahasiswa memahami dan menjelaskan Faktor-Faktor yang Menyebabkan korupsi Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok Pengertian Korupsi - Ciri dan Jenis Korupsi - Korupsi dalam Berbagai Perspektif - Faktor-Faktor Umum yang Menyebabkan Korupsi - Faktor-Faktor Internal dan Eksternal Penyebab Korupsi - Dampak Korupsi dalam berbagai segi tugas 2%
7 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Upaya pencegahan dan pemberantasan Korupsi, Nilai dan Prinsip Anti Korupsi - Konsep pemberantasan Korupsi - Strategi pemberantasan - Upaya Penindakan - Upaya Pencegahan - Nilai-Nilai Anti Korupsi - Prinsip-Prinsip Antikorupsi Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok - Konsep pemberantasan Korupsi - Strategi pemberantasan - Upaya Penindakan - Upaya Pencegahan - Nilai-Nilai Anti Korupsi - Prinsip-Prinsip Antikorupsi tugas 2%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan masyarakat sejahtera Merupakan cita-cita bangsa sebuah negara Ketepatan men- jelaskan tentang masyarakat sejahtera merupakan cita-cita bangsa sebuah negara Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok Ketepatan menjelaskan tentang masyarakat sejahtera merupakan cita-cita bangsa sebuah negara uas 3%
10 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Pendidikan (dasar sampai perguruan tinggi) Diskusi Kelompok: Apakah biaya pendidikan di Indonesia sudah terjangkau atau masih tinggi/mahal? Apakah sebab biaya pendidikan di Indonesia tinggi? Bagimana seharusnya pembiayaan pendidikan? Anda sebagai mahasiswa, calon pemimpin masa depan negeri ini, bagaimanakah skenario terbaik menurut anda tentang implementasi pendidikan yang terbaik di Indonesia? Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok Diskusi Kelompok: Apakah biaya pendidikan di Indonesia sudah terjangkau atau masih tinggi/mahal? Apakah sebab biaya pendidikan di Indonesia tinggi? Bagimana seharusnya pembiayaan pendidikan? Anda sebagai mahasiswa, calon pemimpin masa depan negeri ini, bagaimanakah skenario terbaik menurut anda tentang implementasi pendidikan yang terbaik di Indonesia? tugas 3%
11 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Kesehatan (Jaminan Masyarakat dan Akses Kesehatan) Diskusikelompok: Mengapa biaya kesehatan di Indonesia tinggi/mahal? Apakah sebab biaya kesehatan di Indonesia tinggi? Bagaimana dengan asuransi kesehatan bagi seluruh masyarakat? Apakah ada korelasi dengan biaya pendidikan dokter yang sangat tinggi pada saat ini? Anda sebagai mahasiswa, calon pemimpin masa depan negeri ini, bagaimanakah skenario terbaik menurut anda tentang kesehatan dan pembiayaan kesehatan masyarakat di Indonesia? Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok Diskusikelompok: Mengapa biaya kesehatan di Indonesia tinggi/mahal? Apakah sebab biaya kesehatan di Indonesia tinggi? Bagaimana dengan asuransi kesehatan bagi seluruh masyarakat? Apakah ada korelasi dengan biaya pendidikan dokter yang sangat tinggi pada saat ini? Anda sebagai mahasiswa, calon pemimpin masa depan negeri ini, bagaimanakah skenario terbaik menurut anda tentang kesehatan dan pembiayaan kesehatan masyarakat di Indonesia? tugas 4%
12 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Infrastruktur (Jalan, Listrik,Air,Bersih,Fasilitas sosial,dll) Diskusi kelompok: Bagimana pengelolaan terbaik infrastruktur di Indonesia? Bagaimana tentang pemerataan infrastuktur di daerah terpencil? Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok Diskusi kelompok: Bagimana pengelolaan terbaik infrastruktur di Indonesia? Bagaimana tentang pemerataan infrastuktur di daerah terpencil? tugas 4%
13 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Hankam Diskusi Kelompok: Anda sebagai mahasiswa, calon pemimpin masa depan negeri ini, bagaimanakah skenario terbaik menurut anda tentang pengelolaan pertahanan dan keamanan Negara ini sebaiknya? Bagaimana dengan pendanaan untuk sistem pertahanan Negara ini? Bagaimana sebaiknya pengelolaan wilayah perbatasan? dan anak prasekolah,Aspek sosial yang berkaitan dengan keluarga Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok Diskusi Kelompok: Anda sebagai mahasiswa, calon pemimpin masa depan negeri ini, bagaimanakah skenario terbaik menurut anda tentang pengelolaan pertahanan dan keamanan Negara ini sebaiknya? Bagaimana dengan pendanaan untuk sistem pertahanan Negara ini? Bagaimana sebaiknya pengelolaan wilayah perbatasan? dan anak prasekolah,Aspek sosial yang berkaitan dengan keluarga tugas 4%
14 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan kerusakan lingkungan Diskusi kelompok: Mengapa lingkungan di wilayah Indonesia begitu terancam keberadaanya? Anda sebagai mahasiswa, calon pemimpin masa depan negeri ini, bagaimanakah skenario terbaik menurut anda tentang pengelolaan lingkungan yang ada di Indonesia dengan segala keragamannya? (Hutan, sungai dan danau, pemukiman, laut dan biota, udara, air, pengelolaan limbah industri, pengelolaan sampah) Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok Diskusi kelompok: Mengapa lingkungan di wilayah Indonesia begitu terancam keberadaanya? Anda sebagai mahasiswa, calon pemimpin masa depan negeri ini, bagaimanakah skenario terbaik menurut anda tentang pengelolaan lingkungan yang ada di Indonesia dengan segala keragamannya? (Hutan, sungai dan danau, pemukiman, laut dan biota, udara, air, pengelolaan limbah industri, pengelolaan sampah) tugas 5%
15 menjelaskan materi perkuliahan dan mempersiapkan materi untuk ujian akhir semester Mahasiswa dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi Kewarganegaraan dan Pendidikan Anti Korupsi bila ada yang belum dimengerti. Persiapan UAS. Tugas UAS: Mahasiswa diharuskan membuat sebuah video yang mengkampanyekan anti korupsi dengan durasi 15-30 menit. Batas pengumpulan hari H UAS. Tugas UAS ini merupakan tugas individu Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok Mahasiswa dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi Kewarganegaraan dan Pendidikan Anti Korupsi bila ada yang belum dimengerti. Persiapan UAS. Tugas UAS: Mahasiswa diharuskan membuat sebuah video yang mengkampanyekan anti korupsi dengan durasi 15-30 menit. Batas pengumpulan hari H UAS. Tugas UAS ini merupakan tugas individu tugas 4%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 uts 35
2 tugas 25
3 uas 40