Minggu Ke- |
Sub CPMK |
Materi Pembelajaran [Pustaka] |
Metode / Strategi Pembelajaran |
Assessment |
Indikator |
Bentuk |
Bobot |
1 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan tentang latar belakang pendidikan Kewaeganegaraan dan anti korupsi |
Mahasiswa mampu memahami silabus dan kontrak perkuliahan
2. Mahasiswa dapat berkontribusi dalam perbaikan RPS & Kontrak perkuliahan dengan memberi masukan-masukan
|
Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan menjelaskan tentang a. landasan dari pendidikan kewarganegaraan dan Anti Korupsi. b. pemahaman tentang pendidikan kewarganegaraan Anti korupsi
c. tantangan dalam pendidikan kewarganegaraan Anti Korupsi. d. Urgensi pendidikan kewarganegaraan Anti Korupsi |
tugas
|
2% |
2 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan Pendidikan Kewarganegaraan bagi pengembangan Kepribadian bangsa |
a. Landasan dari pendidikan kewarganegaraan & Anti Korupsi
b. Pemahaman tentang pendidikan kewarganegaraan Anti Korupsi
c. Tantangan dalam pendidikan kewarganegaraan Anti Korupsi
d. Urgensi pendidikan kewarganegraan Anti Korupsi
|
Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok |
a. Landasan dari pendidikan kewarganegaraan & Anti Korupsi
b. Pemahaman tentang pendidikan kewarganegaraan Anti Korupsi
c. Tantangan dalam pendidikan kewarganegaraan Anti Korupsi
d. Urgensi pendidikan kewarganegraan Anti Korupsi |
tugas
|
2% |
3 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan Pendidikan Kewarganegaraan bagi pengembangan Kepribadian Bangsa |
a. Pengertian pendidikan kewarganegaraan
b. Tujuan pendidikan kewarganegaraan
c. Ruang lingkup pendidikan kewarganegaraan
d. Pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi Generasi muda
e. Pendidikan kewarganegaraan bagi pengembangan Kepribadian bangsa
|
Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok |
a. Pengertian pendidikan kewarganegaraan
b. Tujuan pendidikan kewarganegaraan
c. Ruang lingkup pendidikan kewarganegaraan
d. Pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi Generasi muda
e. Pendidikan kewarganegaraan bagi pengembangan Kepribadian bangsa |
tugas
|
2% |
4 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Menjelaskan konsep Ideologi Pancasila |
a. Pengertian ideologi Pancasila
b. Tujuan ideologi Pancasila
c. Ruang lingkup ideologi Pancasila
d. Pentingnya ideologi Pancasila bagi generasi muda
e. Ideologi pancasila sebagai pedoman hidup Berbangsa dan bernegera
|
Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok |
a. Pengertian ideologi Pancasila
b. Tujuan ideologi Pancasila
c. Ruang lingkup ideologi Pancasila
d. Pentingnya ideologi Pancasila bagi generasi muda
e. Ideologi pancasila sebagai pedoman hidup Berbangsa dan bernegera |
tugas
|
2% |
5 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Hak & Kewajiban Warga Negara |
a. memahami hak dan kewajiban warga negara
b. pentingnya memenuhi tanggung jawab
c. pentingnya menjalankan kebebasan
d. hubungan antara hak dan kewajiban
e. berbagai jenis hak warga negara
f. contoh kewajiban warga negara
g. bagaimana memenuhi tanggung jawab sebagai
h. warga negara
i. cara menggunakan kebebasan secara bertanggung jawab
j. mengatasi tantangan dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban
|
Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok |
a. memahami hak dan kewajiban warga negara
b. pentingnya memenuhi tanggung jawab
c. pentingnya menjalankan kebebasan
d. hubungan antara hak dan kewajiban
e. berbagai jenis hak warga negara
f. contoh kewajiban warga negara
g. bagaimana memenuhi tanggung jawab sebagai
h. warga negara
i. cara menggunakan kebebasan secara bertanggung jawab
j. mengatasi tantangan dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban |
tugas
|
2% |
6 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Korupsi Penyebab Korupsi Dampak Korupsi |
1. Mahasiswa memahami dan menjelaskan tentang pengertian Korupsi
2. Mahasiswa mampu memahami Ciri dan Jenis Korupsi
3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi Korupsi dalam Berbagai Perspektif
4. Mahasiswa memahami dan menjelaskan Faktor-Faktor yang Menyebabkan korupsi
|
Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok |
Pengertian Korupsi
- Ciri dan Jenis Korupsi
- Korupsi dalam Berbagai Perspektif
- Faktor-Faktor Umum yang Menyebabkan Korupsi
- Faktor-Faktor Internal dan Eksternal Penyebab Korupsi
- Dampak Korupsi dalam berbagai segi |
tugas
|
2% |
7 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Upaya pencegahan dan pemberantasan Korupsi, Nilai dan Prinsip Anti Korupsi |
- Konsep pemberantasan Korupsi
- Strategi pemberantasan
- Upaya Penindakan
- Upaya Pencegahan
- Nilai-Nilai Anti Korupsi
- Prinsip-Prinsip Antikorupsi
|
Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok |
- Konsep pemberantasan Korupsi
- Strategi pemberantasan
- Upaya Penindakan
- Upaya Pencegahan
- Nilai-Nilai Anti Korupsi
- Prinsip-Prinsip Antikorupsi |
tugas
|
2% |
8 |
Evaluasi Tengah Semester |
9 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan masyarakat sejahtera Merupakan cita-cita bangsa sebuah negara |
Ketepatan men- jelaskan tentang masyarakat sejahtera merupakan cita-cita bangsa sebuah negara
|
Metode Ceramah, Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan menjelaskan tentang masyarakat sejahtera merupakan cita-cita bangsa sebuah negara |
uas
|
3% |
10 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Pendidikan (dasar sampai perguruan tinggi) |
Diskusi Kelompok: Apakah biaya pendidikan di Indonesia sudah terjangkau atau masih tinggi/mahal? Apakah sebab biaya pendidikan di Indonesia tinggi? Bagimana seharusnya pembiayaan pendidikan? Anda sebagai mahasiswa, calon pemimpin masa depan negeri ini, bagaimanakah skenario terbaik menurut anda tentang implementasi pendidikan yang terbaik di Indonesia?
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
Diskusi Kelompok: Apakah biaya pendidikan di Indonesia sudah terjangkau atau masih tinggi/mahal? Apakah sebab biaya pendidikan di Indonesia tinggi? Bagimana seharusnya pembiayaan pendidikan? Anda sebagai mahasiswa, calon pemimpin masa depan negeri ini, bagaimanakah skenario terbaik menurut anda tentang implementasi pendidikan yang terbaik di Indonesia? |
tugas
|
3% |
11 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Kesehatan (Jaminan Masyarakat dan Akses Kesehatan) |
Diskusikelompok: Mengapa biaya kesehatan di Indonesia tinggi/mahal? Apakah sebab biaya kesehatan di Indonesia tinggi? Bagaimana dengan asuransi kesehatan bagi seluruh masyarakat? Apakah ada korelasi dengan biaya pendidikan dokter yang sangat tinggi pada saat ini? Anda sebagai mahasiswa, calon pemimpin masa depan negeri ini, bagaimanakah skenario terbaik menurut anda tentang kesehatan dan pembiayaan kesehatan masyarakat di Indonesia?
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
Diskusikelompok: Mengapa biaya kesehatan di Indonesia tinggi/mahal? Apakah sebab biaya kesehatan di Indonesia tinggi? Bagaimana dengan asuransi kesehatan bagi seluruh masyarakat? Apakah ada korelasi dengan biaya pendidikan dokter yang sangat tinggi pada saat ini? Anda sebagai mahasiswa, calon pemimpin masa depan negeri ini, bagaimanakah skenario terbaik menurut anda tentang kesehatan dan pembiayaan kesehatan masyarakat di Indonesia? |
tugas
|
4% |
12 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Infrastruktur (Jalan, Listrik,Air,Bersih,Fasilitas sosial,dll) |
Diskusi kelompok: Bagimana pengelolaan terbaik infrastruktur di Indonesia? Bagaimana tentang pemerataan infrastuktur di daerah terpencil?
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
Diskusi kelompok: Bagimana pengelolaan terbaik infrastruktur di Indonesia? Bagaimana tentang pemerataan infrastuktur di daerah terpencil? |
tugas
|
4% |
13 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Hankam |
Diskusi Kelompok: Anda sebagai mahasiswa, calon pemimpin masa depan negeri ini, bagaimanakah skenario terbaik menurut anda tentang pengelolaan pertahanan dan keamanan Negara ini sebaiknya? Bagaimana dengan pendanaan untuk sistem pertahanan Negara ini? Bagaimana sebaiknya pengelolaan wilayah perbatasan? dan anak prasekolah,Aspek sosial yang berkaitan dengan keluarga
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
Diskusi Kelompok: Anda sebagai mahasiswa, calon pemimpin masa depan negeri ini, bagaimanakah skenario terbaik menurut anda tentang pengelolaan pertahanan dan keamanan Negara ini sebaiknya? Bagaimana dengan pendanaan untuk sistem pertahanan Negara ini? Bagaimana sebaiknya pengelolaan wilayah perbatasan? dan anak prasekolah,Aspek sosial yang berkaitan dengan keluarga |
tugas
|
4% |
14 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan kerusakan lingkungan |
Diskusi kelompok: Mengapa lingkungan di wilayah Indonesia begitu terancam keberadaanya? Anda sebagai mahasiswa, calon pemimpin masa depan negeri ini, bagaimanakah skenario terbaik menurut anda tentang pengelolaan lingkungan yang ada di Indonesia dengan segala keragamannya? (Hutan, sungai dan danau, pemukiman, laut dan biota, udara, air, pengelolaan limbah industri, pengelolaan sampah)
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
Diskusi kelompok: Mengapa lingkungan di wilayah Indonesia begitu terancam keberadaanya? Anda sebagai mahasiswa, calon pemimpin masa depan negeri ini, bagaimanakah skenario terbaik menurut anda tentang pengelolaan lingkungan yang ada di Indonesia dengan segala keragamannya? (Hutan, sungai dan danau, pemukiman, laut dan biota, udara, air, pengelolaan limbah industri, pengelolaan sampah) |
tugas
|
5% |
15 |
menjelaskan materi perkuliahan dan mempersiapkan materi untuk ujian akhir semester |
Mahasiswa dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi Kewarganegaraan dan Pendidikan Anti Korupsi bila ada yang belum dimengerti.
Persiapan UAS. Tugas UAS: Mahasiswa diharuskan membuat sebuah video yang mengkampanyekan anti korupsi dengan durasi 15-30 menit. Batas pengumpulan hari H UAS. Tugas UAS ini merupakan tugas individu
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
Mahasiswa dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi Kewarganegaraan dan Pendidikan Anti Korupsi bila ada yang belum dimengerti.
Persiapan UAS. Tugas UAS: Mahasiswa diharuskan membuat sebuah video yang mengkampanyekan anti korupsi dengan durasi 15-30 menit. Batas pengumpulan hari H UAS. Tugas UAS ini merupakan tugas individu |
tugas
|
4% |
16 |
Evaluasi Akhir Semester |