RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2024/2025

FAKULTAS FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIK)

PROGRAM STUDI: D3 Kebidanan

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Fisiologi 72WP51902 MATA KULIAH WAJIB PROGRAM STUDI Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
1 1 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 28 07 2024
MUZAYYAROH A.Md,S.ST,M.Keb MUZAYYAROH A.Md,S.ST,M.Keb SUYATI S.ST,M.Kes
NIDN: 0705018301 NIDN: 0705018301 NIDN: 0710076002
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
S1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan praktik kebidanan berdasarkan agama moral dan filosofi kode etik profesi serta standar kebidanan
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat berbangsa bernegara dan kemajuan peradapan berdasarkan pancasila
S5 Menghargai keanekaragaman budaya pandangan agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinil yang lain
S6 Menghargai martabat perempuan sebagai individu yang memiliki hak hak potensi dan privasi
S7 Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S8 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta dalam kehidupan berprofesi
P1 Menguasai konsep teoritis fisiologi siklus hidup manusia atau human life cycle physiologi secara umum
P2 Menguasai konsep teoritis ekologi manusia biologi reproduksi dan perkembangan secara umum
P3 Menguasai konsep umum psikologi perkembangan yang berkaitan dengan siklus reproduksi perempuan
P5 Menguasai konsep umum,prinsip dan teknik bantuan hidup dasar atau basic life support
P7 Menguasai konsep umum ilmu gizi dalam siklus reproduksi perempuan
P13 Menguasai konsep umum,prinsip dan teknik komunikasi efektif
KU1 Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan memilih beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku dalam pelayanan dan asuhan kebidanan berdasarkan analisa data
KU5 Mampu bekerjasama, berkomunikasi teknis dan prosedural dalam pekerjaannya
KU6 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
KU7 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri
KU8 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjaminkesahihan dan mencegah plagiarism
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Menguasai Konsep Fisiologi Sel dan Jaringan 2. Menguasai Konsep Peristiwa Reflek, Gerak dan Postur Tubuh 3. Menguasai Konsep Keseimbangan Cairan dan Elektrolit Tubuh 4. Menguasai Konsep Perkembangan Sel Darah Merah dan Sistem Limpatik 5. Menguasai Konsep dan Fungsi Sistem Kardiovaskuler 6. Menguasai Konsep dan Proses Oksigenasi 7. Menguasai Konsep dan Fungsi Neoro Endokrin dan Hipotalamus 8. Menguasai Konsep dan Proses Fisiologi organ asesoris sistem pencernaan 9. Menguasai Konsep dan Proses Metabolisme 10. Menguasai Konsep dan Proses Fisiologi Ginjal 11. Menguasai Konsep dan Proses Fisiologi ureter, vesika urinaria dan uretra 12. Menguasai Konsep dan Proses Fisiologi Panca Indra 13. Menguasai Konsep dan Proses Suhu Tubuh 14. Menguasai Konsep dan Fungsi Organ Reproduksi Laki-Laki 15. Menguasai Konsep dan Fungsi Organ Reproduksi Wanita 16. Menguasai Praktek Laboratorium dari Fungsi Organ - Organ Manusia
Sub CPMK
1. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu men-jelaskan Konsep Fisiologi Sel dan Jaringan 2. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu men-jelaskan Konsep Peristiwa Reflek, Gerak dan Postur Tubuh 3. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Keseimbangan Cairan dan Elektrolit Tubuh 4. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep Perkembangan Sel Darah Merah dan Sistem Limpatik 5. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep dan Fungsi Sistem Kardiovaskuler 6. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep dan Proses Oksigenasi 7. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep dan Fungsi Neuro Endokrin dan Hipotalamus 8. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep dan Proses Fisiologi organ asesoris sistem pencernaan. 9. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep dan Proses Metabolisme 10. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep dan proses fisiologi ginjal 11. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep dan Proses Fisiologi ureter, vesika urinaria dan uretra 12. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep dan Proses Fisiologi Panca Indra. 13. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai konsep dan proses suhu tubuh 14. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep dan Fungsi Organ Reproduksi Laki-Laki 15. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep dan Fungsi Organ Reproduksi Wanita 16. Praktek Laboratorium Pengenalan Fungsi Organ- Organ Manusia
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6 Sub CPMK 7 Sub CPMK 8 Sub CPMK 9 Sub CPMK 10 Sub CPMK 11 Sub CPMK 12 Sub CPMK 13 Sub CPMK 14 Sub CPMK 15 Sub CPMK 16
CPMK 1 v
CPMK 2 v
CPMK 3 v
CPMK 4 v
CPMK 5 v
CPMK 6 v
CPMK 7 v
CPMK 8 v
CPMK 9 v
CPMK 10 v
CPMK 11 v
CPMK 12 v
CPMK 13 v
CPMK 14 v
CPMK 15 v
CPMK 16 v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan kemampuan pada mahasiswa tentang konsep Fisiologi Sel dan Jaringan , Peristiwa Reflek, Gerak dan Postur Tubuh, Keseimbangan Cairan dan Elektrolit Tubuh, Perkembangan Sel Darah Merah dan Sistem Limpatik, Fungsi Sistem Kardiovaskuler, Proses Oksigenasi, fungsi Neoro Endokrin dan Hipotalamus, Proses Fisiologi organ asesoris sistem pencernaan, Proses metabolism, Fungsi Ginjal, Proses Fisiologi ureter, vesika urinaria dan uretra, Proses Fisiologi Panca Indra, proses suhu tubuh, Fungsi Organ Reproduksi Laki-Laki, Fungsi Organ Reproduksi Wanita dan praktek laboratorium dari fungsi organ – organ manusia
Pokok Bahasan
1. Konsep Konsep Fisiologi Sel dan Jaringan (muzay) 6 jam 2. Konsep Peristiwa Reflek, Gerak dan Postur Tubuh (muzay) 4 jam 3. Konsep Keseimbangan Cairan dan Elektrolit Tubuh (muzay) 5 jam 4. Konsep Perkembangan Sel Darah Merah dan Sistem Limpatik (dr. galih) 2 jam 5. Konsep dan Fungsi Sistem Kardiovaskuler (dr. galih) 2 jam 6. Konsep dan Proses Oksigenasi (suyati) 4 jam 7. Konsep dan Fungsi Neoro Endokrin dan Hipotalamus (dr. galih) 4 jam 8. Konsep dan Proses Fisiologi organ asesoris sistem pencernaan (dr. galih) 2 Jam 9. Konsep dan Proses Metabolisme (dr. galih) 2 jam 10. Konsep dan Proses Fisiologi Ginjal (suyati) 4 Jam 11. Konsep dan Proses Fisiologi ureter, vesika urinaria dan uretra (suyati) 6 jam 12. Konsep dan Proses Fisiologi Panca Indra (suyati) 5 jam 13. Konsep dan Proses Suhu Tubuh (muzay) 4 jam 14. Konsep dan Fungsi Organ Reproduksi Laki-Laki (muzay) 4 jam 15. Konsep dan Fungsi Organ Reproduksi Wanita (muzay) 4 jam 16. Praktek Laboratorium Pengenalan Fungsi Organ- Organ Manusia (muzay ) 4 jam
Pustaka Utama: Sri Handayani. (2021). Anatomi dan Fisiologi Tubuh Manusia. Media Sains Indonesia; Bandung Ardhina Nugrahaeni. (2020). Pengantar Anatomi Fisiologi Manusia Anak Hebat Indonesia; Yogyakarta Coad, Jane (2001). Anatomy and Physiology for Midwives. Mosby; London Anderson, P.D. (1999). Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia,. Jones and Barret publiser Bostom, Edisi Bahasa Indonesia. EGC; jakarta Verralls, Sylvia. (1997). Anatomi dan Fisiologi Terapan dalam Kebidanan. EGC; Jakarta
Pendukung Pearce, EC. (1999). Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Gramedia; Jakarta Landau, BR. (1980). Essential Human Anatomy and Physiology, 2 nd Edition. Scott Foresman and Company Glenview Martini, FH et al. (2001). Fundamentals of Anatomy and Physiology. 5 nd Edition. Prentice Hall; New Jersey Wijaya. (1996). Anatomi dan Alat-alat Rongga Panggul. FKUI; Jakarta
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
PPT Google classroom buku Referensi Jurnal Ilmiah Kesehatan modul
Team Teaching / Single Teaching Team Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi penugasan, praktek, UTS, UAS
Pendekatan Pembelajaran SCL ceramah diskusi kelompok
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu men-jelaskan Konsep Fisiologi Sel dan Jaringan Konsep Fisiologi Sel dan Jaringan 1. Fungsi sel dan jaringan. 2. Kebutuhan oksigen dan nutrisi untuk sel. 3. Mekanisme kontrol fisiologi. 4. Komponen dan prinsip sistem homoeostatis. Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab Ketepatan menjelaskan tentang Konsep Fisiologi Sel dan Jaringan penugasan 5%
2 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu men-jelaskan Konsep Peristiwa Reflek, Gerak dan Postur Tubuh Konsep Peristiwa Reflek, Gerak dan Postur Tubuh 1. Pembedaan fungsi 3 macam otot: a. Otot rangka b. Otot Jantung c. Otot Plos 2. Yang berperan dalam kontraksi otot. a. Action b. Miosin c. Peran Ion Ca ++ d. Teori kontraksi otot 3. Mekanisme refleks. 4. Aktivitas refleks. 5. Mekanisme Glomeru tubuh. Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab Ketepatan menjelaskan tentang Konsep Peristiwa Reflek, Gerak dan Postur Tubuh, penugasan 5%
3 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Keseimbangan Cairan dan Elektrolit Tubuh Konsep Keseimbangan Cairan dan Elektrolit Tubu 1. Keseimbangan cairan dan elektrolit: a. Pengertian cairan tubuh total b. Pembagian Ruangan cairan tubuh dan volume dalam masing ruangan c. Perbedaan komposisi elektrolit di intraseluler, ektraseluler d. Pertukaran cairan tubuh sehari –hari e. Pengatutan keseimbangan elektrolit 2. Peristiwa difusi, osmosis dan filtrasi. 3. Terbentuknya odema 4. Keseimbangan asam basa Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab Ketepatan menjelaskan tentang Konsep keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh penugasan 5%
4 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep Perkembangan Sel Darah Merah dan Sistem Limpatik serta menguasai Konsep dan Fungsi Sistem Kardiovaskuler Konsep Perkembangan Sel Darah Merah dan Sistem Limpatik 1. Perkembangan sel- sel darah. 2. Pembentukan sel-sel darah in utero bayi dan anak. 3. Metabolisme darah. 4. Fungsi umum darah. a. Fungsi darah dan sel darah b. Sifat fisik dan komposisi darah 5. Fungsi sistem getah bening. a. Definisi dan fungsi getah bening b. Asal getah bening c. Komposisi getah bening Konsep dan Fungsi Sistem Kardiovaskuler 1. Fungsi jantung dan peredaran darah manusia : a. Sistem transport, distribusi di dalam tubuh b. Klasifikasi pembuluh darah c. Pembagian jumlah darah dalam pembuluh darah 2. Faal obat jantung: a. Anatomi fisiologi otot jantung b. Elektro fisiologi jantung c. EKG 3. Fungsi jantung sebagai pompa.: a. Cairan Jantung b. Alur balik Vena 4. Tekanan darah dan denyut nadi: a. Tekanan sistolik dan diastolic b. Denyut nadi c. Syok dan jenisnya Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab Ketepatan menjelaskan tentang Konsep Perkembangan Sel Darah Merah dan Sistem Limpatik Ketepatan menjelaskan tentang Konsep dan Fungsi Sistem Kardiovaskuler penugasan 10%
5 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep dan Proses Oksigenasi Konsep dan Proses Oksigenasi 1. Definisi pernafasan: a. Eksternal b. Internal 2. Mekanik pernafasan: a. Inspirasi dan ekspirasi b. Peran Otot pernafasan 3. Transport gas Pernasan: a. Ventilasi, difusi, transportasi, perfusi b. Pengukuran volume paru 4. Pengaturan pernafasan: a. Jenis – jenis lomer pusat pernafasan b. Mekanik pernafasan Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab Ketepatan menjelaskan tentang Konsep dan Proses Oksigenasi penugasan 5%
6 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep dan Fungsi Neuro Endokrin dan Hipotalamus Konsep dan Fungsi Neoro Endokrin dan Hipotalamus 1. Neuro endokrin dan hipotalamus 2. Kerja hipotalamus dan hubungannya dengan kelenjar hormon. 3. Mekanisme umpan balik hormon. 4. Hormon yang berhubungan dengan sistem reproduksi. Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab Ketepatan menjelaskan tentang Konsep dan Fungsi Neuro Endokrin dan Hipotalamus penugasan 5%
7 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep dan Proses Fisiologi organ asesoris sistem pencernaan serta mampu menguasai Konsep dan Proses Metabolisme Konsep dan Fisiologi organ asesoris sistem pencernaan. 1. Proses penyerapan makanan: a. Hepar, pancreas, empedu b. Gerakkan dan sekresi gastrointestinal c. Pencernaan secara mekanis (fungsi lomeru pencernaan), enzimatis d. Absorbsi zat makan e. Pengaturan system pencernaan oleh saraf dan hormon 2. Proses difekasi Konsep dan Proses Metabolisme 1. Katabolisme dan anabolisme. 2. Keseimbangan energi. 3. Kalori yang terkandung dalam karbohidrat, protein, dan lemak. 4. Metabolik rate dan basal metabolic rate pada Wanita hamil. Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab Ketepatan menjelaskan tentang Konsep dan Proses Fisiologi organ asesoris sistem pencernaan. Ketepatan menjelaskan tentang Konsep dan Proses Metabolisme penugasan 10%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep dan proses fisiologi ginjal Konsep dan Fisiologi Ginjal. 1. Fungsi ginjal. 2. Filtrasi Glomerulus. 3. Fungsi Tubulus Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab Ketepatan menjelaskan tentang Konsep dan proses fisiologi ginjal penugasan 5%
10 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep dan Proses Fisiologi ureter, vesika urinaria dan uretra Konsep dan Fisiologi ureter, vesika urinaria dan uretra. 1. Proses berkemih: a. Fisiologi ureter, vesika urinaria dan ureter b. Proses Perkemihan dan hal yang mempengaruhi 2. Komposisi urine: a. Bahan – bahan yang diekskresi dan tidak ekskresi kedalam urine Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab Ketepatan menjelaskan tentang Konsep dan Proses Fisiologi ureter, vesika urinaria dan uretra penugasan 10%
11 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep dan Proses Fisiologi Panca Indra. Konsep dan Fungsi Panca Indra 1. Fungsi indra penglihatan dan impuls penglihatan. 2. Fungsi indra penglihatan. 3. Fungsi keseimbangan 4. Fungsi pengecap dan penciuman. 5. Indra Kulit Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab Ketepatan menjelaskan tentang Konsep dan Proses Fisiologi Panca Indra. penugasan 5%
12 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai konsep dan proses suhu tubuh Konsep dan proses suhu tubuh 1. Pembentukan panas dalam tubuh dan faktor yang mempengaruhi 2. Pembnuangan panas dari tubuh 3. Pengaturan dan terjadinya peningkatan suhu tubuh Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab Ketepatan menjelaskan tentang Konsep Fisiologi Sel dan Jaringan penugasan 5%
13 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep dan Fungsi Organ Reproduksi Laki-Laki Konsep dan Fungsi Organ Reproduksi Laki-Laki 1. Spermatogenesis 2. Aktivitas seksual laki-laki 3. Pengaturan fungsi seksual laki-laki Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab Ketepatan menjelaskan tentang Konsep dan Fungsi Organ Reproduksi Laki-Laki penugasan 5%
14 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai Konsep dan Fungsi Organ Reproduksi Wanita Konsep dan Fungsi Organ Reproduksi Wanita 1. Fisiologi alat reproduksi anita. 2. Hubungan ovarium dan gonoaotropin hormone: a. Efek hormone ovarium b. Sekresi hormone ovarium 3. Kehamilan dan laktasi. 4. Faktor hormon dalam reproduksi wanita. Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab Ketepatan menjelaskan tentang Konsep dan Fungsi Organ Reproduksi Wanita penugasan 5%
15 Praktek Laboratorium Pengenalan Fungsi Organ- Organ Manusia Fungsi Organ – Organ Manusia Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab Ketepatan dalam menyebautkan fungsi dari organ – organ manusia praktek 5%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 penugasan 20
2 praktek 30
3 UTS 20
4 UAS 30