Minggu Ke- |
Sub CPMK |
Materi Pembelajaran [Pustaka] |
Metode / Strategi Pembelajaran |
Assessment |
Indikator |
Bentuk |
Bobot |
1 |
Di akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai tentang sistem
tubuh manusia |
1. Pembagian anatomi tubuh manusia
2. Istilah yang lazim dipakai pada deskriptif anatomi
a. Aksis dan bidang penting
b. Posisi anatomi
c. Arah pergerakan
3. Struktur sel dan jaringan
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab |
1. Ketepatan menjelaskan tentang anatomi tubuh manusia.
2. Ketepatan menyebutkan Pembagian anatomi tubuh manusia
3. Ketepatan menyebutkan Istilah yang lazim dipakai pada deskriptif anatomi
4. Ketepatan menjelaskan Struktur sel dan jaringan |
penugasan
|
5% |
2 |
Di akhir perkuliaha mahasiswa mampu menguasai sistem muskulus skeletal |
skeletal, sendi, otot dan fasia
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab |
1. Ketepatan menjelaskan tentang sistem muskulus skeletal, sendi, otot dan fasia
2. Ketepatan dalam menyebutkan sistem muskulus skeletal, sendi, otot dan fasia |
penugasan
|
5% |
3 |
Di akhir perkuliaha mahasiswa mampu menguasai sistem muskulus skeletal dan hubungannya dengan sistem reproduksi |
Hubungan sistem muskuluskeletal dengan reproduksi wanita
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab |
Ketepatan dalam menjelaskan hubungan sistem muskulus skeletal dengan reproduksi Wanita |
penugasan
|
5% |
4 |
Di akhir perkuliahan mahasiswa mampu sistem kardiovaskuler |
1. Struktur sistem kardiovaskuler (anatomi jantung dan pembuluh darah)
2. Sirkulasi janin
3. Sirkulasi orang dewasa
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab |
1. Ketepatan dalam membuat ringkasan tentang sistem kardiovaskuler pada jnin dan orang dewasa
2. Ketepatan menjelaskan tentang sistem kardiovaskuler |
penugasan
|
5% |
5 |
Di akhir perkuliahan mahasiswa mampu sistem pernafasan |
1. Anatomi sistem pernafasan
2. Proses inspirasi dan ekspirasi
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab |
1. Ketepatan dalam membuat ringkasan tentang sistem pernafasan
2. Ketepatan menjelaskan tentang sistem pernafasan |
penugasan
|
10% |
6 |
Di akhir perkuliahan mahasiswa mampu sistem persarafan |
1. Sistem saraf pusat
a. Cerebrum (otak besar)
b. Cerebellum (otak kecil)
c. Pons batang otak
d. Medulla oblongata dan medibulla spinalis
2. Sistem saraf tepi
a. Sistem saraf simpatis
b. Sistem saraf para simpatis
c. Reflek-reflek sederhana dan komplek
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab |
Ketepan dalam Menyusun ringkasan tentang sistem
persarafan |
penugasan
|
5% |
7 |
Di akhir perkuliahan mahasiswa mampu sistem persarafan dengan sistem reproduksi |
Hubungan sistem saraf dengan reproduksi wanita
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab |
Ketepan dalam Menjelaskan hubungan
sistem saraf dengan reproduksi wanita |
penugasan
|
5% |
8 |
Evaluasi Tengah Semester |
9 |
Di akhir perkuliahan mahasiswa mampu sistem pencernaan |
1. Pembagian region abdomen
2. Susunan saluran pencernaan
3. Anatomi kelenjar – kelenjar percernaan dan akskresinya
4. Kelainan sistem pencernaan
5. Hubungan sistem pencernaan dengan reproduksi wanita
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab |
1. Menyusun ringkasan
tentang sistem pencernaan
2. Menjelaskan hubungan sistem percenaan dengan reproduksi wanita |
penugasan
|
10% |
10 |
Di akhir perkuliahan mahasiswa mampu sistem perkemihan |
1. Anatomi ginjal, ureter vesika urinaria dan urethra
2. Kelainan-kelainan pada sistem perkemihan
3. Hubungan sistem perkemihan dengan reproduksi wanita
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab |
1. Menyusun ringkasan tentang sistem perkemihan
2. Menjelaskan sistem perkemihan dengan reproduksi wanita |
penugasan
|
5% |
11 |
Di akhir perkuliahan mahasiswa mampu
menguasai sistem kelenjar endokrin |
1. Sistem endokrin
a. Kelenjar hipofise
b. Kelenjar tiroid dan paratiroid
c. Kelenjar pancreas
d. Kelenjar adrenal
e. Testis dan ovarium
2. Kelenjar endokrin dan hormon yang berhubungan dengan sistem reproduksi wanita
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab |
1. Menyusun ringkasan tentang sistem kelenjar endokrin
2. Menjelaskan hubungan kelenjar endokrin dengan reproduksi wanita |
penugasan
|
5% |
12 |
Di akhir perkuliahan mahasiswa mampu menguasai sistem panca indra |
1. Anatomi sistem panca indra
2. Hubungan dengan proses reproduksi wanita
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab |
1. Menyusun ringkasan tentang sistem panca indra
2. Menjelaskan hubungan pancaindra dengan reproduksi wanita |
penugasan
|
5% |
13 |
Di akhir perkuliahan mahasiswa mampu sistem integumen |
1. Struktur sistem integumen
2. Lapisan kulit
3. Jaringan penunjang
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab |
Menyusun ringkasan tentang sistem integumen |
penugasan
|
5% |
14 |
Di akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan tentang sistem reproduksi pada laki-laki |
1. Anatomi organ reproduksi pria
a. Alat genetalia luar
b. Alat genetalia Dalam
c. Kelainan organ reproduksi pria
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi |
1. Menyusun ringkasan tentang sistem reproduksi pria mulai dari anatomi, sampai kelainan organ reproduksi serta payudara
2. Menjelasakan sistem reproduksi pria |
penugasan
|
5% |
15 |
Di akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan tentang sistem reproduksi pada Wanita |
2. Anatomi organ reproduksi wanita
a. Alat genetalia lua
b. Alat genetalia dalam
c. Kelainan organ reproduksi Wanita
d. Anatomi payudara
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi |
1. Menyusun ringkasan tentang sistem reproduksi wanita mulai dari anatomi, sampai kelainan organ reproduksi serta payudara
2. Menjelasakan sistem reproduksi wanita |
praktektikum
|
5% |
16 |
Evaluasi Akhir Semester |