|
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK
2024/2025
FAKULTAS FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI (SAINTEK)
PROGRAM STUDI: Matematika
|
MATA KULIAH: |
KODE MK |
Kelompok Matakuliah Sesuai KBK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Prasyarat Mata Kuliah |
Geometri Analitik |
42WP19012 |
MATA KULIAH WAJIB PROGRAM STUDI |
Teori / Seminar |
Praktek |
Kerja Lapangan / Klinik |
1 |
|
3 |
0 |
0 |
PENANGGUNGJAWAB |
Pengembang RPS |
Koordinator / Pengampu MK |
Ka. PRODI |
|
|
|
Tanggal Revisi: 18 09 2024 |
CYNTHIA ALVIONITA FERIMA S.Si,M.Si |
CYNTHIA ALVIONITA FERIMA S.Si,M.Si |
AFSAH NOVITA SARI S.Si,M.Si |
NIDN: 0729119101 |
NIDN: 0729119101 |
NIDN: 0712108402 |
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) |
Program Studi |
|
S8 |
Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik. |
S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
KU1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
KU5 |
Mampu mangambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
KU8 |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. |
KU9 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
KK1 |
Mampu mengkomunikasikan dan mengembangkan pemikiran matematis yang diawali dari penguasaan prosedural/komputasi hingga penguasaan yang luas meliputi eksplorasi, penalaran logis, generalisasi, abstraksi, dan bukti formal. |
KK5 |
Mampu berkolaborasi, beradaptasi dan menjadi pembelajar sepanjang hayat |
PP1 |
Menguasai konsep teoretis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, dan geometri, serta teori peluang dan statistika. |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
1. Mempunyai ketulusan, komitmen, dan kesungguhan hati
2. Mampu mengambil keputusan secara tepat, proses evaluasi diri
3. Mengaplikasikan bidang keahlian, mampu mengambil keputusan yang tepat, dan menerapkan konsep kalkulus, aljabar, geometri, statistik dalam menyelesaikan permasalahan- permasalahan yang ada dimasyarakat
4. Menguasai konsep teori dibidang pengetahuan tertentu secara umum, pengetahuan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, pengetahuan tentang perencanaan dan pelaksanaan riset, menguasai kompetensi dosen
|
Sub CPMK |
1. Memahami dan melaksanakan kontrak kuliah yang telah di sepakati
2. Memahami Konsep Sistem Kordinat Kartesius yang berkaitan dengan garis bilangan, sistem kordinat dan jarak anatara dua titik.
3. Memahami konsep persamaan garis lurus yang berkaitan dengan bentuk-bentuk persamaan garis, Persamaan Normal Heise, Kedudukan dua garis, Jarak sebuah titik ke garis, garis kuasa, berkas garis, serta persamaan garis bagi sudut antara dua garis
|
Korelasi CPMK dan Sub CPMK |
|
Sub CPMK 1
|
Sub CPMK 2
|
Sub CPMK 3
|
CPMK 1
|
v
|
v
|
v
|
CPMK 2
|
|
|
|
CPMK 3
|
|
|
|
CPMK 4
|
|
|
|
|
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan |
Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah |
|
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi Pendidikan
Matematika. Mata kuliah inimembahastentang konsep tentang : (1) SIstem Kordinat Kartesius, (2) Persamaan
GarisLurus, (3) Persamaan Lingkaran, (4) Persamaan Parabola, (5) Persamaan Elips, (6) Persamaan Hiperbola. Dengan mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman serta mampu dalam
menyelesaikan permasalahan, melatih kemampuan analisis, serta kemampuan berpikir logis dan keterampilan perhitungan. |
Pokok Bahasan |
|
perhitungan. Bahan Kajian:
Materi
pembelajaran
1. Sistem Kordinat Kartesius
2. Persamaan Garis Lurus
3. Persamaan Lingkaran
4. Parabola
5. Elips
6. Hiperbola |
Pustaka |
Utama: |
Dinar M, 2015. Geometri Analitik Bidang, Jurusan Matematika FMIPA: Universitas Negeri Makassar
Hamdunah & Yunita A, 2017. Modul Geometri Analitik. Erka: Pandang |
Pendukung |
|
Media Pembelajaran |
Software / SoftCopy |
Hardware / Hardcopy |
Geogebra |
|
Team Teaching / Single Teaching |
Single Teaching |
Assessment / Bentuk Evaluasi |
Tugas Presentasi |
Pendekatan Pembelajaran SCL |
|