| Minggu Ke- |
Sub CPMK |
Materi Pembelajaran [Pustaka] |
Metode / Strategi Pembelajaran |
Assessment |
| Indikator |
Bentuk |
Bobot |
| 1 |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan rencana pembelajaran selama satu semester beserta kesepakatan kelas,dan mahasiswa mampu memahami prinsip dasar penulisan paragraf dalam bahasa Inggris |
Introduction to the course of Paragraph Writing
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Menjelaskan kontrak perkuliahan dan materi yang akan dipelajasi dalam satu semester |
Presentasi/Mereview materi
|
4% |
| 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar paragraph writing (topic sentence, supporting details, concluding sentence |
The Sentence and The Paragraph
- Stimulating Ideas
- Rethorical Focus
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD) |
tersusun kalimat yang baik dan benar dalam tahap awal penyusunan paragraf |
Tugas Individu
|
5% |
| 3 |
Mampu menjelaskan konsep dasar paragraph writing (topic sentence, supporting details, concluding sentence), dan mampu mengembangkan topic sentence menjadi paragraf yang lengkap dengan dukungan detail |
Developing a Paragraph
- Paragraph Organization
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Praktikum |
Terbentuknya satu paragraf yang memenuhi kriteria dengan susunan kalimat yang tepat dan terstruktur (organized) |
Tugas Individu
|
5% |
| 4 |
Mampu menjelaskan konsep dasar paragraph writing (topic sentence, supporting details, concluding sentence, Menulis paragraf dengan unity (kesatuan ide) dan coherence (keterpaduan). |
Unity and Coherence
- Unity within a Paragraph
- Coherence within a Paragraph
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Praktikum |
Terbentuk satau paragraflengkap sesuai struktur paragraf dan sdh memenuhi kesatuan atau unity dan koheren |
Tugas Individu
|
5% |
| 5 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam penggunaan kalimat, tanda baca, dan tata bahasa di dalam paragraf, mampu mengembangkan topic sentence menjadi paragraf yang lengkap dengan dukungan detail |
Editing Your Writing
- Simple Sentences
- Punctuation and Capitalization
- Fragments and Run-on Sentences
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Praktikum |
Tersusunnya paragraf yang baik dan dengan sesuai dengan organization of paragraph serta memenuhi kriteria penyusunan kalimat yang tepat |
Tugas Kelompok
|
6% |
| 6 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar paragraph writing (topic sentence, supporting details, concluding sentence, mampu membuat outline sederhana sebagai rencana penulisan paragraf, mampu mengembangkan topic sentence menjadi paragraf yang lengkap dengan dukungan detail, |
Exercises (Praktik Menulis paragraf mulai dari penyusunan outline sampai pengembangan paragraf lengkap)
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Praktikum |
Tersusunnya paragraf lengkap sesuai kaidah penulisan akademik dilengkapi dengan pembuatan outlinenya |
Quiz
|
5% |
| 7 |
Mahasiswa mampu mengembangkan topic sentence menjadi paragraf yang lengkap dengan dukungan detail, mampu menulis paragraf dengan unity (kesatuan ide) dan coherence (keterpaduan). |
Writing Practice and Presentation
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Demonstrasi |
Mahasiswa meyusun paragraf utuh yang sesuai kaidah dan siap dipresentasikan |
Tugas Kelompok
|
5% |
| 8 |
Evaluasi Tengah Semester |
| 9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar paragraph writing (topic sentence, supporting details, concluding sentence, mampu menulis berbagai jenis paragraf (deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi) dengan gaya bahasa akademik. |
Descriptive Paragraph
- Stimulating Ideas
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Praktikum |
Mahasiswa dapat menjelaskan dan menyusun Descriptive Paragraph yang dimulai dengan Stimulating Ideas |
Tugas Individu
|
5% |
| 10 |
Mahasiswa mampu menulis berbagai jenis paragraf (deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi) dengan gaya bahasa akademik. |
Descriptive Paragraph
- Brainstroming and Outlining
- Developing Ideas
- Editing a writing
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Demonstrasi |
Mahasiswa mampu membuat paragraf deskriptif yang baik dan benar disertai outline dan hasil peer review |
Peer review
|
5% |
| 11 |
Mahasiswa mampu mengembangkan topic sentence menjadi paragraf yang lengkap dengan dukungan detail, mampu menulis paragraf dengan unity (kesatuan ide) dan coherence (keterpaduan), mampu menulis berbagai jenis paragraf (deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi) dengan gaya bahasa akademik |
Example Paragraph
- Stimulating Ideas
- Brainstroming and Outlining
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Praktikum |
Maaasiswa mampu menyusun paragraf dengan jenis example dengan elaborasi ide dan outlining yang tepat |
Tugas Individu
|
5% |
| 12 |
Mahasiswa mampu mengembangkan topic sentence menjadi paragraf yang lengkap dengan dukungan detail, mampu menulis paragraf dengan unity (kesatuan ide) dan coherence (keterpaduan), mampu menulis berbagai jenis paragraf (deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi) dengan gaya bahasa akademik |
Example Paragraph
- Developing Ideas
- Editing a writing
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Praktikum |
Mahasiswa mampu menghasilkan berbagi jenis paragraf khususnya example paragraf lengkap beserta outline dan melakukan peer review |
Peer review
|
6% |
| 13 |
Mahasiaswa mampu menulis paragraf dengan unity (kesatuan ide) dan coherence (keterpaduan), mampu membuat outline sederhana sebagai rencana penulisan paragraf, mampu menulis berbagai jenis paragraf (deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi) dengan gaya bahasa akademik |
Process Paragraph
- Stimulating Ideas
- Brainstroming and Outlining
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Praktikum |
Mahasiswa mampu membuat paragraf dengan pengembangan ide yang sesuai dan outline yang tepat |
Tugas Individu
|
5% |
| 14 |
Mahasiswa mampu membuat outline sederhana sebagai rencana penulisan paragraf, mampu mengembangkan topic sentence menjadi paragraf yang lengkap dengan dukungan detail, mampu menulis paragraf dengan unity (kesatuan ide) dan coherence (keterpaduan), mampu menulis berbagai jenis paragraf (deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi) dengan gaya bahasa akademik |
Process Paragraph
- Developing Ideas
- Editing a writing
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Praktikum |
Mahasiswa mampu menyusun pragraf proses dengan tepat dan melakukan peer review dan menguraikan hasil peer review |
Tugas Kelompok
|
5% |
| 15 |
Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi digital (grammar checker, reference tools) untuk mendukung proses penulisan, mampu berkolaborasi dalam kelompok untuk menyusun paragraf bersama, mampu mengatur waktu penyelesaian tugas kelompok secara efektif. |
Digital Aplication in Constructing Paragraph (grammar checker and reference tools) dan Kolaborasi Kelompok
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Praktikum |
Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi dalam mendukung tata bahasa dalam paragraf yang dibuat dan mampu bekerja sama dalam kelompok serta disiplin dan bertanggung jawab terhadap tulisan yang dihasilkan |
Tugas Kelompok
|
6% |
| 16 |
Evaluasi Akhir Semester |