RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026

FAKULTAS BISNIS BAHASA DAN PENDIDIKAN (FBBP)

PROGRAM STUDI: SASTRA INGGRIS

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Paragraph Writing 33WP19035 Mata Kuliah Wajib Prodi (MWP) Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
2 0 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 15 09 2025
ENDANG SUCIATI S.S.,M.A ENDANG SUCIATI S.S.,M.A MAISARAH S.S.,M.Si
NIDN: 0724038201 NIDN: 0724038201 NIDN: 0711048404
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
CPL 2 (S2) Mahasiswa mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kewirausahaan dan kolaborasi dalam menulis, menerjemahkan, dan melakukan kegiatan administratif di masyarakat dan lingkungan.
CPL-1 Lulusan memiliki integritas dan etos dan etika kerja yang tinggi dalam menjalankan tugas profesional di bidang penerjemahan, penulisan, dan administrasi.
CPL 3 (P1) Mahasiswa mampu menunjukkan keterampilan bahasa Inggris yang tepat dalam konteks penulisan, penerjemahan, dan komunikasi bisnis.
CPL 4 (P2) Mahasiswa mampu menganalisis dan merefleksikan fenomena kebahasaan, sastra, dan budaya di era global dan digital untuk keperluan penulisan dan penerjemahan.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Mahasiswa mampu memahami prinsip dasar penulisan paragraf dalam bahasa Inggris (unity, coherence, adequacy, order). 2. Mahasiswa mampu mengembangkan ide secara tertulis dalam bentuk paragraf yang koheren, runtut, dan sesuai tata bahasa 3. Mahasiswa mampu menyusun outline paragraf sebagai dasar penulisan 4. Mahasiswa mampu menulis berbagai jenis paragraf (descriptive, narrative, expository, argumentative) sesuai konteks akademik 5. Mahasiswa mampu menggunakan teknologi informasi (misalnya software penulisan, proofreading, grammar tools) untuk mendukung keterampilan menulis 6. Mahasiswa mampu bekerja sama dan mengelola waktu dalam penugasan kelompok penulisan
Sub CPMK
1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar paragraph writing (topic sentence, supporting details, concluding sentence 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam penggunaan kalimat, tanda baca, dan tata bahasa di dalam paragraf 3. Mahasiswa mampu mengembangkan topic sentence menjadi paragraf yang lengkap dengan dukungan detail 4. Mahasiswa mampu menulis paragraf dengan unity dan coherence 5. Mahasiswa mampu membuat outline sederhana sebagai rencana penulisan paragraf 6. Mahasiswa mampu menulis berbagai jenis paragraf (deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi) dengan gaya bahasa akademik 7. Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi digital (grammar checker, reference tools) untuk mendukung proses penulisan 8. Mahasiswa mampu berkolaborasi dalam kelompok untuk menyusun paragraf bersama 9. Mahasiswa mampu mengatur waktu penyelesaian tugas kelompok secara efektif
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6 Sub CPMK 7 Sub CPMK 8 Sub CPMK 9
CPMK 1 v v
CPMK 2 v v
CPMK 3 v
CPMK 4 v
CPMK 5 v
CPMK 6 v v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Paragraph Writing adalah mata kuliah dasar menulis dalam bahasa Inggris untuk Prodi Sastra Inggris. Mata kuliah ini mempelajari tentang tata cara penyusunan paragraf mulai dari pencarian ide, pembuatan outline, penyusunan paragraf lengkap dan meliputi pembahasan tentang berbagai konsep writing terkait kalimat, tanda baca, tata bahasa yang dibutuhkan untuk menjadikan sebuah paragraf yang koheren. Dengan demikian maka mata kuliah ini menjadi bekal untuk mata kuliah writing selanjutnya yang sudah masuk pada penyusunan esai.
Pokok Bahasan
The Sentence and The Paragraph - Stimulating Ideas - Rethorical Focus Developing a Paragraph - Paragraph Organization Unity and Coherence - Unity within a Paragraph - Coherence within a Paragraph Editing Your Writing - Simple Sentences - Punctuation and Capitalization - Fragments and Run-on Sentences Descriptive Paragraph - Stimulating Ideas dan Brainstorming Example Paragraph - Developing Ideas - Editing a writing Process Paragraph - Developing Ideas - Editing a writing Penggunaan aplikasi digital dalam penyusunan pararaf
Pustaka Utama: Oshima, Alice and Hogue A. 2007. Introduction toAcademicWriting. New York: Pearson Education
Pendukung Savage A and Masoud Shafiei. 2006. Effective Academic Writing 1. NewYork: Oxford University Press
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
Team Teaching / Single Teaching Single Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi Tugas Individu, Peer review, Tugas Kelompok, UTS, UAS, Quiz, Presentasi/Mereview materi
Pendekatan Pembelajaran SCL Pembelajaran Paragraph Writing dirancang dengan pendekatan Student Centered Learning (SCL) yang menekankan keaktifan mahasiswa dalam membangun pengetahuan dan keterampilan menulis. Mahasiswa dilibatkan secara aktif melalui diskusi kelas, peer review, kerja kelompok, serta proyek penulisan paragraf yang memerlukan kolaborasi dan pengelolaan waktu. Proses belajar tidak hanya berfokus pada teori, tetapi juga praktik langsung, seperti menyusun outline, mengembangkan topic sentence, dan menulis berbagai jenis paragraf menggunakan media digital serta aplikasi penunjang penulisan. Dengan pendekatan ini, mahasiswa diharapkan mampu menginternalisasi konsep unity dan coherence, mengasah keterampilan berpikir kritis dan kreatif, serta membangun etos kerja kolaboratif yang mendukung pembelajaran berkelanjutan.
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan rencana pembelajaran selama satu semester beserta kesepakatan kelas,dan mahasiswa mampu memahami prinsip dasar penulisan paragraf dalam bahasa Inggris Introduction to the course of Paragraph Writing Tutorial/ ceramah, Diskusi Menjelaskan kontrak perkuliahan dan materi yang akan dipelajasi dalam satu semester Presentasi/Mereview materi 4%
2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar paragraph writing (topic sentence, supporting details, concluding sentence The Sentence and The Paragraph - Stimulating Ideas - Rethorical Focus Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD) tersusun kalimat yang baik dan benar dalam tahap awal penyusunan paragraf Tugas Individu 5%
3 Mampu menjelaskan konsep dasar paragraph writing (topic sentence, supporting details, concluding sentence), dan mampu mengembangkan topic sentence menjadi paragraf yang lengkap dengan dukungan detail Developing a Paragraph - Paragraph Organization Tutorial/ ceramah, Diskusi, Praktikum Terbentuknya satu paragraf yang memenuhi kriteria dengan susunan kalimat yang tepat dan terstruktur (organized) Tugas Individu 5%
4 Mampu menjelaskan konsep dasar paragraph writing (topic sentence, supporting details, concluding sentence, Menulis paragraf dengan unity (kesatuan ide) dan coherence (keterpaduan). Unity and Coherence - Unity within a Paragraph - Coherence within a Paragraph Tutorial/ ceramah, Diskusi, Praktikum Terbentuk satau paragraflengkap sesuai struktur paragraf dan sdh memenuhi kesatuan atau unity dan koheren Tugas Individu 5%
5 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam penggunaan kalimat, tanda baca, dan tata bahasa di dalam paragraf, mampu mengembangkan topic sentence menjadi paragraf yang lengkap dengan dukungan detail Editing Your Writing - Simple Sentences - Punctuation and Capitalization - Fragments and Run-on Sentences Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Praktikum Tersusunnya paragraf yang baik dan dengan sesuai dengan organization of paragraph serta memenuhi kriteria penyusunan kalimat yang tepat Tugas Kelompok 6%
6 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar paragraph writing (topic sentence, supporting details, concluding sentence, mampu membuat outline sederhana sebagai rencana penulisan paragraf, mampu mengembangkan topic sentence menjadi paragraf yang lengkap dengan dukungan detail, Exercises (Praktik Menulis paragraf mulai dari penyusunan outline sampai pengembangan paragraf lengkap) Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Praktikum Tersusunnya paragraf lengkap sesuai kaidah penulisan akademik dilengkapi dengan pembuatan outlinenya Quiz 5%
7 Mahasiswa mampu mengembangkan topic sentence menjadi paragraf yang lengkap dengan dukungan detail, mampu menulis paragraf dengan unity (kesatuan ide) dan coherence (keterpaduan). Writing Practice and Presentation Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Demonstrasi Mahasiswa meyusun paragraf utuh yang sesuai kaidah dan siap dipresentasikan Tugas Kelompok 5%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar paragraph writing (topic sentence, supporting details, concluding sentence, mampu menulis berbagai jenis paragraf (deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi) dengan gaya bahasa akademik. Descriptive Paragraph - Stimulating Ideas Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Praktikum Mahasiswa dapat menjelaskan dan menyusun Descriptive Paragraph yang dimulai dengan Stimulating Ideas Tugas Individu 5%
10 Mahasiswa mampu menulis berbagai jenis paragraf (deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi) dengan gaya bahasa akademik. Descriptive Paragraph - Brainstroming and Outlining - Developing Ideas - Editing a writing Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Demonstrasi Mahasiswa mampu membuat paragraf deskriptif yang baik dan benar disertai outline dan hasil peer review Peer review 5%
11 Mahasiswa mampu mengembangkan topic sentence menjadi paragraf yang lengkap dengan dukungan detail, mampu menulis paragraf dengan unity (kesatuan ide) dan coherence (keterpaduan), mampu menulis berbagai jenis paragraf (deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi) dengan gaya bahasa akademik Example Paragraph - Stimulating Ideas - Brainstroming and Outlining Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Praktikum Maaasiswa mampu menyusun paragraf dengan jenis example dengan elaborasi ide dan outlining yang tepat Tugas Individu 5%
12 Mahasiswa mampu mengembangkan topic sentence menjadi paragraf yang lengkap dengan dukungan detail, mampu menulis paragraf dengan unity (kesatuan ide) dan coherence (keterpaduan), mampu menulis berbagai jenis paragraf (deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi) dengan gaya bahasa akademik Example Paragraph - Developing Ideas - Editing a writing Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Praktikum Mahasiswa mampu menghasilkan berbagi jenis paragraf khususnya example paragraf lengkap beserta outline dan melakukan peer review Peer review 6%
13 Mahasiaswa mampu menulis paragraf dengan unity (kesatuan ide) dan coherence (keterpaduan), mampu membuat outline sederhana sebagai rencana penulisan paragraf, mampu menulis berbagai jenis paragraf (deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi) dengan gaya bahasa akademik Process Paragraph - Stimulating Ideas - Brainstroming and Outlining Tutorial/ ceramah, Diskusi, Praktikum Mahasiswa mampu membuat paragraf dengan pengembangan ide yang sesuai dan outline yang tepat Tugas Individu 5%
14 Mahasiswa mampu membuat outline sederhana sebagai rencana penulisan paragraf, mampu mengembangkan topic sentence menjadi paragraf yang lengkap dengan dukungan detail, mampu menulis paragraf dengan unity (kesatuan ide) dan coherence (keterpaduan), mampu menulis berbagai jenis paragraf (deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi) dengan gaya bahasa akademik Process Paragraph - Developing Ideas - Editing a writing Tutorial/ ceramah, Diskusi, Praktikum Mahasiswa mampu menyusun pragraf proses dengan tepat dan melakukan peer review dan menguraikan hasil peer review Tugas Kelompok 5%
15 Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi digital (grammar checker, reference tools) untuk mendukung proses penulisan, mampu berkolaborasi dalam kelompok untuk menyusun paragraf bersama, mampu mengatur waktu penyelesaian tugas kelompok secara efektif. Digital Aplication in Constructing Paragraph (grammar checker and reference tools) dan Kolaborasi Kelompok Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Praktikum Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi dalam mendukung tata bahasa dalam paragraf yang dibuat dan mampu bekerja sama dalam kelompok serta disiplin dan bertanggung jawab terhadap tulisan yang dihasilkan Tugas Kelompok 6%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 Kehadiran 15
2 Keaktifan di kelas 10
3 Tugas Individu 15
4 Tugas Kelompok 10
5 UTS 20
6 UAS 30