Minggu Ke- |
Sub CPMK |
Materi Pembelajaran [Pustaka] |
Metode / Strategi Pembelajaran |
Assessment |
Indikator |
Bentuk |
Bobot |
1 |
Mampu menguasai tentang Konsep bidan dan kebidanan |
Konsep bidan dan kebidanan, meliputi :
1. Konsep dasar kebidanan
2. Pengertian filosofi Dan definisi bidan
3. Falsafah asuhan kebidanan
4. Pelayanan kebidanan
5. Pratik kebidanan
6. Asuhan kebidanan
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami Konsep bidan dan kebidanan |
UTS
|
7% |
2 |
Mampu menguasai tentang sejarah dan perkembangan pendidikan dan pelayanan bidan |
ejarah dan perkembangan pendidikan dan pelayanan bidan, meliputi :
1. Sejarah kebidanan Dan Perkembangan di luar negeri
2. Sejarah kebidanan Dan Perkembangan di dalam negeri.
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok, Metode Role PLay |
Ketepatan mahasiswa dalam menguraikan sejarah dan perkembangan pendidikan dan pelayanan bidan |
TUGAS
|
10% |
3 |
Mampu menguasai tentang Paradigma asuhan kebidanan |
Paradigma asuhan kebidanan, meliputi :
1. Pengertian paradigma
2. Komponen paradigma kebidanan (manusia,lingkungan,kesehatan dan kebidanan)
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan mahasiswa dalam menguasai tentang Paradigma asuhan kebidanan |
UTS
|
7% |
4 |
Mampu menguasai tentang Filosofi bidan |
1. Macam asuhan kebidanan
2. Manfaat paradikma di kaitkan dengan asuhan kebidanan
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan mahasiswa dalam mengusai Filosofi bidan |
UTS
|
7% |
5 |
Mampu menguasai tentang Profesional dan profesionalisme, serta Peran, fungsi dan kewenangan bidan |
Profesional dan profesionalisme dan Peran, fungsi dan kewenangan bidan, meliputi :
1. Peran fungsi dan kewenangan bidan
2. Praktek professional bidan.
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan mahasiswa dalam mengusai Profesional dan profesionalisme, serta Peran, fungsi dan kewenangan bidan |
UTS
|
10% |
6 |
Mampu menguasai tentang Standar profesi bidan |
Standar praktek kebidanan.
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok |
Standar praktek kebidanan |
UTS
|
7% |
7 |
Mampu menguasai tentang Teori dan Model praktik kebidanan |
Teori dan Model praktik kebidanan, meliputi :
1. Dasar pemikiran, focus Dan tujuan dalam teori kebidanan
2. (RevaRubin,Ramona,Ela joy Lehrman, Ernestin,Jen Ball)
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan mahasiswa dalam Teori dan Model praktik kebidanan |
UTS
|
5% |
8 |
Evaluasi Tengah Semester |
9 |
Mampu menguasai tentang model konseptual asuhan kebidanan. |
1. Model Konseptual asuhan kebidanan
2. Midwifery care
3. Paradigm sehat
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan mahasiswa dalam menguasai model konseptual asuhan kebidanan. |
UAS
|
7% |
10 |
Mampu menguasai tentang Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan |
Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan, meliputi :
1. Model asuhan kebidanan.
2. 7 langkah varney
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok, Portofolio |
Ketepatan mahasiswa dalam Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan |
UAS
|
7% |
11 |
Mampu menguasai tentang Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan |
Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan, meliputi :
1. Konsep Dan prinsip managemen pada umumnya.
2. Pengertian managemen kebidanan.
3. Langkah2 managemen kebidanan.
4. Lingkup praktik kebidanan
5. Pengorganisasian praktek asuhan kebidanan.(layanan mandiri, Kolaborasi, Rujukan).
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan mahasiswa dalam Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan |
TUGAS
|
7% |
12 |
Mampu menguasai tentang Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan |
Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan, meliputi :
1. Managemen asuhan kebidanan dalam pelayanan kebidanan.
2. Model asuhan kebidanan dalam bentuk SOAP
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok, Metode Role PLay |
Kemampuan mahasiswa dalam Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan |
PRAKTIKUM
|
7% |
13 |
Mampu menguasai tentang Reward dan punnishment |
Sistim penghargaan bagi bidan:
- Reward.
- Sanksi
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok, Metode Role PLay |
Kemampuan mahasiswa dalam menjelaskan Reward dan punnishment |
UAS
|
7% |
14 |
Mampu menguasai tentang Pengembangan karir bidan |
Pengembangan karir bidan, meliputi :
1. Prinsip pengembangan karir bidan.
2. ( Pendidikan lanjutan, Job fungsional)
3. Prinsip pengembangan karir bidan dikaitkan dengan peran, fungsi Dan tanggung jawab bidan.
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok, Metode Role PLay |
Kemampuan mahasiswa dalam menjelaskan Pengembangan karir bidan memberikan asuhan kebidanan pada kehamilan /secara baik dan benar dengan memperhatikan tehik komunikasi efektif |
UAS
|
6% |
15 |
Mampu menguasai tentang Pelayanan kebidanan. |
Pelayanan kebidanan, meliputi :
1. Konsep dasar pemasaran sosial.
2. Pendekatan sosial
3. Pemasaran sosial dalam pelayanan kebidanan
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok, Metode Role PLay |
Kemampuan mahasiswa dalam menguasai Pelayanan kebidanan. |
UAS
|
6% |
16 |
Evaluasi Akhir Semester |