RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2024/2025

FAKULTAS FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIK)

PROGRAM STUDI: D3 Kebidanan

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Konsep Kebidanan 72WP51903 MATA KULIAH WAJIB PROGRAM STUDI Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
1 2 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 28 10 2024
NINIK AZIZAH M.Kes,S.ST NINIK AZIZAH M.Kes,S.ST SUYATI S.ST,M.Kes
NIDN: 0720038002 NIDN: 0720038002 NIDN: 0710076002
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
S1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan praktik kebidanan berdasarkan agama moral dan filosofi kode etik profesi serta standar kebidanan
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat berbangsa bernegara dan kemajuan peradapan berdasarkan pancasila
S5 Menghargai keanekaragaman budaya pandangan agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinil yang lain
S7 Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S10 Menunjuukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya
P1 Menguasai konsep teoritis fisiologi siklus hidup manusia atau human life cycle physiologi secara umum
P2 Menguasai konsep teoritis ekologi manusia biologi reproduksi dan perkembangan secara umum
P5 Menguasai konsep umum,prinsip dan teknik bantuan hidup dasar atau basic life support
P6 Menguasai konsep umum sosial budaya agama dan kepercayaan
P13 Menguasai konsep umum,prinsip dan teknik komunikasi efektif
KU1 Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan memilih beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku dalam pelayanan dan asuhan kebidanan berdasarkan analisa data
KU2 Mampu menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur sesuai dengan standar prosedur oprasional dalam memberikan pelayanan dan asuhan kebidanan
KU5 Mampu bekerjasama, berkomunikasi teknis dan prosedural dalam pekerjaannya
KU6 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
KU7 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri
KU8 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjaminkesahihan dan mencegah plagiarism
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Mampu Menguasai konsep pengertian, filosofi dan definisi bidan 2. Mampu Menguasai konsep profesi, pelayanan dan pendidikan bidan secara internasional 3. Mampu Menguasai konsep perkembangan profesi, pelayanan dan pendidikan bidan secra nasional 4. Mampu Menguasai konsep paradigm asuhan kebidanan 5. Mampu Menguasai konsep asuhan kebidanan 6. Mampu Menguasai konsep peran fungsi bidan 7. Mampu Menguasai konsep satndar profesi bidan 8. Mampu Menguasai konsep teori dan model konseptual asuhan kebidanan 9. Mampu Menguasai konsep model konseptual asuhan kebidanan 10. Mampu Menguasai konsep management kebidanan sebagai dasar dalam praktek kebidanan 11. Mampu Menguasai konsep system penghargaan 12. Mampu Menguasai konsep prinsip pengembangan karir bidan dan usaha jasa pelayanan dan praktek kebidanan secara mandiri maupun berkesinambungan
Sub CPMK
1. Mampu Menguasai konsep pengertian, filosofi dan definisi bidan 2. Mampu Menguasai konsep profesi, pelayanan dan pendidikan bidan secara internasional 3. Mampu Menguasai konsep perkembangan profesi, pelayanan dan pendidikan bidan secra nasional 4. Mampu Menguasai konsep paradigm asuhan kebidanan 5. Mampu Menguasai konsep asuhan kebidanan 6. Mampu Menguasai konsep peran fungsi bidan 7. Mampu Menguasai konsep satndar profesi bidan 8. Mampu Menguasai konsep teori dan model konseptual asuhan kebidanan 9. Mampu Menguasai konsep model konseptual asuhan kebidanan 10. Mampu Menguasai konsep management kebidanan sebagai dasar dalam praktek kebidanan 11. Mampu Menguasai konsep system penghargaan 12. Mampu Menguasai konsep prinsip pengembangan karir bidan dan usaha jasa pelayanan dan praktek kebidanan secara mandiri maupun berkesinambungan
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6 Sub CPMK 7 Sub CPMK 8 Sub CPMK 9 Sub CPMK 10 Sub CPMK 11 Sub CPMK 12
CPMK 1 v v v v v v v v v v v v
CPMK 2
CPMK 3
CPMK 4
CPMK 5
CPMK 6
CPMK 7
CPMK 8
CPMK 9
CPMK 10
CPMK 11
CPMK 12
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan kemampuan pada mahasiswa tentang konsep bidan dan kebidanan Sejarah dan perkembangan pendidikan dan pelayanan bidan, Profesional dan profesionalisme, Filosofi bidan, Paradigma asuhan kebidanan,Peran, fungsi dan kewenangan bidan, Teori dan Model praktik kebidanan, Standar profesi bidan, Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan, Reward dan punishment, Pengembangan karir bidan, Pelayanan kebidanan.
Pokok Bahasan
1. Konsep Bidan Dan Kebidanan 2. Sejarah Dan Perkembangan Pendikan Dan Pelayanan Bidan 3. Profesional Dan Profesionalisme 4. Filosofi Bidan 5. Paradigma Asuhan Kebidanan 6. Peran, Fungsi Dan Kewenangan Bidan 7. Teori Dan Model Praktik Kebidanan 8. Standar Profesi Bidan 9. Manajemen Kebidanan Dalam Praktik Kebidanan 10.Reward Dan Punnishment 11.Pengembangan Karir Bidan 12.Pelayanan Kebidanan
Pustaka Utama: Kroll, D.L. 1996. Midwifery Care for The Future. First Edition. Bailliere Tindal, London Varney, 1997, Varney’s Midwifery, 3rd Edition, Jones and Barlet Publishers, Sudbury: England Pyne, R.H. 1992. Professional Disciplin in Nursing, Midwifery, and Health Visiting. Balackwell Scientific, London
Pendukung Balaskas J, (1997)Easy Exercises Nolan, M (1997) education and support for parenting Pusdiknakes, WHO JHPIEGO (2001) Konsep Asuhan Kebidanan Linda V Walsh, Midwefery – community, Based Care During The Childbearing Yaar (2001) Wahyuni, Ninik Azizah, Hasliana Haslan, dkk (2022), Pengantar Ilmu Kebidanan Niken Bayu Argaheni, Noviyati Rahardjo Putri, Dian Puspita Yani Sabrina Dwi Prihartini, Muzayyaroh, Wahyu Dwi Agussafutri Ninik Azizah, dkk (2021), Konsep Dasar Kebidanan Murti Ani, Ninik Azizah, Vivin Eka Rahmawati, Sri Banun Titi Istiqoma, Sabrina Dwi Prihartini, dkk (2021), Pengantar Kebidanan Niken, Yulinda, Ninik A, dkk (2022), Etika Profesi Praktik Kebidanan Murti Ani, Dewi Triloka Wulandari, Yulinda Aswan, Sabrina Dwi Prihartini, dkk (2023), Dasar-dasar Ilmu Kebidanan Dina Dewi Anggraini, Arkha Rosyaria Badrus Ninik Azizah, Dewi Triloka Wulandari,Siti Roudhotul Jannah, Vivin Eka Rahmawati, dkk (2022), Profesionalisme Kebidanan Yanik Muyassaroh, Dewita Rahmatul Amin, Nur Aliyah Rangkuti Ninik Azizah, dkk (2023), Pengantar Praktik Kebidanan Fajaria Nur Aini, Nur Aliyah Rangkuti, Sri JuwarniIis Sumiyati, Ninik Azizah, Alfrianne, dkk (2024), Pengantar Ilmu Kebidanan dan Standar Profesi Kebidanan
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
WA ZOOM GOOGLE MEET BUKU AJAR GCR PPT BAHAN AJAR
Team Teaching / Single Teaching Team Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi UTS, UAS, TUGAS, PRAKTIKUM
Pendekatan Pembelajaran SCL SCL
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Mampu menguasai tentang Konsep bidan dan kebidanan Konsep bidan dan kebidanan, meliputi : 1. Konsep dasar kebidanan 2. Pengertian filosofi Dan definisi bidan 3. Falsafah asuhan kebidanan 4. Pelayanan kebidanan 5. Pratik kebidanan 6. Asuhan kebidanan Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok Ketepatan mahasiswa dalam memahami Konsep bidan dan kebidanan UTS 7%
2 Mampu menguasai tentang sejarah dan perkembangan pendidikan dan pelayanan bidan ejarah dan perkembangan pendidikan dan pelayanan bidan, meliputi : 1. Sejarah kebidanan Dan Perkembangan di luar negeri 2. Sejarah kebidanan Dan Perkembangan di dalam negeri. Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok, Metode Role PLay Ketepatan mahasiswa dalam menguraikan sejarah dan perkembangan pendidikan dan pelayanan bidan TUGAS 10%
3 Mampu menguasai tentang Paradigma asuhan kebidanan Paradigma asuhan kebidanan, meliputi : 1. Pengertian paradigma 2. Komponen paradigma kebidanan (manusia,lingkungan,kesehatan dan kebidanan) Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok Ketepatan mahasiswa dalam menguasai tentang Paradigma asuhan kebidanan UTS 7%
4 Mampu menguasai tentang Filosofi bidan 1. Macam asuhan kebidanan 2. Manfaat paradikma di kaitkan dengan asuhan kebidanan Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok Ketepatan mahasiswa dalam mengusai Filosofi bidan UTS 7%
5 Mampu menguasai tentang Profesional dan profesionalisme, serta Peran, fungsi dan kewenangan bidan Profesional dan profesionalisme dan Peran, fungsi dan kewenangan bidan, meliputi : 1. Peran fungsi dan kewenangan bidan 2. Praktek professional bidan. Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok Ketepatan mahasiswa dalam mengusai Profesional dan profesionalisme, serta Peran, fungsi dan kewenangan bidan UTS 10%
6 Mampu menguasai tentang Standar profesi bidan Standar praktek kebidanan. Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok Standar praktek kebidanan UTS 7%
7 Mampu menguasai tentang Teori dan Model praktik kebidanan Teori dan Model praktik kebidanan, meliputi : 1. Dasar pemikiran, focus Dan tujuan dalam teori kebidanan 2. (RevaRubin,Ramona,Ela joy Lehrman, Ernestin,Jen Ball) Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok Ketepatan mahasiswa dalam Teori dan Model praktik kebidanan UTS 5%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Mampu menguasai tentang model konseptual asuhan kebidanan. 1. Model Konseptual asuhan kebidanan 2. Midwifery care 3. Paradigm sehat Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok Ketepatan mahasiswa dalam menguasai model konseptual asuhan kebidanan. UAS 7%
10 Mampu menguasai tentang Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan, meliputi : 1. Model asuhan kebidanan. 2. 7 langkah varney Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok, Portofolio Ketepatan mahasiswa dalam Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan UAS 7%
11 Mampu menguasai tentang Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan, meliputi : 1. Konsep Dan prinsip managemen pada umumnya. 2. Pengertian managemen kebidanan. 3. Langkah2 managemen kebidanan. 4. Lingkup praktik kebidanan 5. Pengorganisasian praktek asuhan kebidanan.(layanan mandiri, Kolaborasi, Rujukan). Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok Ketepatan mahasiswa dalam Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan TUGAS 7%
12 Mampu menguasai tentang Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan, meliputi : 1. Managemen asuhan kebidanan dalam pelayanan kebidanan. 2. Model asuhan kebidanan dalam bentuk SOAP Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok, Metode Role PLay Kemampuan mahasiswa dalam Manajemen kebidanan dalam praktik kebidanan PRAKTIKUM 7%
13 Mampu menguasai tentang Reward dan punnishment Sistim penghargaan bagi bidan: - Reward. - Sanksi Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok, Metode Role PLay Kemampuan mahasiswa dalam menjelaskan Reward dan punnishment UAS 7%
14 Mampu menguasai tentang Pengembangan karir bidan Pengembangan karir bidan, meliputi : 1. Prinsip pengembangan karir bidan. 2. ( Pendidikan lanjutan, Job fungsional) 3. Prinsip pengembangan karir bidan dikaitkan dengan peran, fungsi Dan tanggung jawab bidan. Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok, Metode Role PLay Kemampuan mahasiswa dalam menjelaskan Pengembangan karir bidan memberikan asuhan kebidanan pada kehamilan /secara baik dan benar dengan memperhatikan tehik komunikasi efektif UAS 6%
15 Mampu menguasai tentang Pelayanan kebidanan. Pelayanan kebidanan, meliputi : 1. Konsep dasar pemasaran sosial. 2. Pendekatan sosial 3. Pemasaran sosial dalam pelayanan kebidanan Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok, Metode Role PLay Kemampuan mahasiswa dalam menguasai Pelayanan kebidanan. UAS 6%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 UTS 10 %
2 UAS 15 %
3 TUGAS 25 %
4 PRAKTIKUM 50 %