|
|
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI (SAINTEK)PROGRAM STUDI: SISTEM INFORMASI |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| MATA KULIAH: | KODE MK | Kelompok Matakuliah Sesuai KBK | BOBOT (sks) | SEMESTER | Prasyarat Mata Kuliah | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi | 41WP62504 | MATA KULIAH WAJIB PROGRAM STUDI | Teori / Seminar | Praktek | Kerja Lapangan / Klinik | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 3 | 0 | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| PENANGGUNGJAWAB | Pengembang RPS | Koordinator / Pengampu MK | Ka. PRODI | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Tanggal Revisi: 01 09 2025 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| EDDY KURNIAWAN S.Kom,M.M | EDDY KURNIAWAN S.Kom,M.M | EDDY KURNIAWAN S.Kom,M.M | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| NIDN: 0719058805 | NIDN: 0719058805 | NIDN: 0719058805 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) | Program Studi | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 1. Mampu menjelaskan teori-teori manajemen dan kepemimpinan modern (C2) 2. Mampu membedakan peran manajer dan pemimpin dalam organisasi (C3) 3. Mampu menerapkan konsep dasar kepemimpinan dalam simulasi atau studi kasus (C3) 4. Mampu merancang strategi komunikasi dan resolusi konflik dalam tim (C3) 5. Mampu mengevaluasi efektivitas gaya kepemimpinan dalam berbagai situasi (C5) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Sub CPMK | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 1. Mampu menjelaskan konsep-konsep inti teori manajemen klasik hingga kontemporer. 2. Mampu menguraikan dan membedakan fungsi-fungsi manajemen (POAC). 3. Mampu menjelaskan teori kepemimpinan dan perannya dalam pengembangan diri. 4. Mampu menjelaskan teori kepemimpinan situasional dan transformasional. 5. Mampu mengidentifikasi perbedaan peran manajer dan pemimpin, termasuk etika. 6. Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan teori motivasi untuk kinerja tim. 7. Mampu memahami dan menerapkan strategi komunikasi efektif. 8. Mampu menganalisis sumber dan gaya penyelesaian konflik. 9. Mampu merancang strategi resolusi konflik yang etis. 10. Mampu memahami pentingnya budaya organisasi dalam kepemimpinan. 11. Mampu menerapkan konsep kepemimpinan dalam studi kasus nyata. 12. Mampu mengevaluasi efektivitas gaya kepemimpinan. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Korelasi CPMK dan Sub CPMK | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan | Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Bahan Kajian: BK14: Pengembangan Kepribadian (Personality Development) BK09: Etika, Penggunaan dan Implikasinya bagi Masyarakat (Ethics, use and implications for society) Deskripsi: Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan keterampilan manajemen dan kepemimpinan yang esensial di dunia kerja. Pembahasan mencakup teori kepemimpinan, motivasi, manajemen tim, resolusi konflik, dan komunikasi organisasi. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Pokok Bahasan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 1. Teori Manajemen dan Organisasi 2. Fungsi Manajemen (POAC) 3. Teori Kepemimpinan 4. Motivasi dan Kinerja Tim 5. Komunikasi Efektif 6. Manajemen Konflik 7. Budaya Organisasi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Pustaka | Utama: | Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2018). Organizational Behavior (18th ed.). Pearson. Daft, R. L. (2018). The Leadership Experience (7th ed.). Cengage Learning. Yukl, G. (2013). Leadership in Organizations (8th ed.). Pearson. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Pendukung | Thoha, M. (2013). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Media Pembelajaran | Software / SoftCopy | Hardware / Hardcopy | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| LMS Canvas | Komputer/Laptop LCD Proyektor | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Team Teaching / Single Teaching | Single Teaching | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Assessment / Bentuk Evaluasi | Kuis, Tugas Kelompok, Presentasi, Keaktifan, Tugas Individu | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Pendekatan Pembelajaran SCL | Project Based Learning (PBL) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Minggu Ke- | Sub CPMK | Materi Pembelajaran [Pustaka] | Metode / Strategi Pembelajaran | Assessment | ||
| Indikator | Bentuk | Bobot | ||||
| 1 | Mampu menjelaskan pengantar mata kuliah dan memahami kontrak perkuliahan. | Pendahuluan dan Kontrak Kuliah | Tutorial/ ceramah, Diskusi | Ketepatan Argumentasi | Keaktifan | 5% |
| 2 | Mampu menjelaskan konsep-konsep inti teori manajemen klasik hingga kontemporer | Teori Manajemen dan Organisasi | Tutorial/ ceramah, Diskusi | Ketepatan jawaban | Kuis | 5% |
| 3 | Mampu menguraikan dan membedakan fungsi-fungsi manajemen (POAC). | Fungsi Manajemen (POAC) | Tutorial/ ceramah, Diskusi | Ketepatan dan kelengkapan jawaban. | Tugas Individu | 5% |
| 4 | Mampu menjelaskan teori kepemimpinan dan perannya dalam pengembangan diri. | Teori Kepemimpinan (Bagian I) | Tutorial/ ceramah, Diskusi | Penguasaan materi, kejelasan presentasi. | Presentasi | 10% |
| 5 | Mampu menjelaskan teori kepemimpinan situasional dan transformasional. | Teori Kepemimpinan (Bagian II) | Role Play | Keterlibatan dan peran dalam simulasi. | Tugas Kelompok | 10% |
| 6 | Mampu mengidentifikasi perbedaan peran manajer dan pemimpin, termasuk etika. | Perbedaan Manajer vs Pemimpin | Tutorial/ ceramah, Diskusi | Ketepatan argumen, penguasaan materi. | Kuis | 5% |
| 7 | Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan teori motivasi untuk kinerja tim. | Motivasi dan Kinerja Tim | Tutorial/ ceramah, Diskusi | Ketepatan analisis. | Tugas Individu | 10% |
| 8 | Evaluasi Tengah Semester | |||||
| 9 | Mampu memahami dan menerapkan strategi komunikasi efektif. | Komunikasi Efektif | Demonstrasi, Role Play | Keterlibatan dan interaksi. | Keaktifan | 5% |
| 10 | Mampu menganalisis sumber dan gaya penyelesaian konflik. | Manajemen Konflik (Bagian I) | Tutorial/ ceramah, Diskusi | Kelengkapan analisis. | Tugas Kelompok | 10% |
| 11 | Mampu merancang strategi resolusi konflik yang etis. | Manajemen Konflik (Bagian II) | Diskusi, Role Play | Keberhasilan negosiasi, etika. | Tugas Kelompok | 10% |
| 12 | Mampu memahami pentingnya budaya organisasi dalam kepemimpinan. | Budaya Organisasi | Tutorial/ ceramah, Diskusi | Ketepatan jawaban. | Keaktifan | 5% |
| 13 | Mampu menerapkan konsep kepemimpinan dalam studi kasus nyata. | Aplikasi Konsep Kepemimpinan | Diskusi | Kelengkapan laporan, kejelasan presentasi. | Presentasi | 10% |
| 14 | Mampu mengevaluasi efektivitas gaya kepemimpinan. | Evaluasi Gaya Kepemimpinan | Tutorial/ ceramah, Diskusi | Ketajaman evaluasi. | Keaktifan | 5% |
| 15 | Mampu mengulas dan mempersiapkan diri untuk UAS. | Review & Diskusi | Diskusi | Ketepatan Argumentasi | Keaktifan | 5% |
| 16 | Evaluasi Akhir Semester | |||||
| No | Kategori Penilaian | Bobot |
| 1 | Aktivitas Partisipatif | 20 |
| 2 | Proyek | 30 |
| 3 | Tugas | 10 |
| 4 | UTS | 20 |
| 5 | UAS | 20 |