RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI (SAINTEK)

PROGRAM STUDI: SISTEM INFORMASI

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi 41WP62504 MATA KULIAH WAJIB PROGRAM STUDI Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
3 0 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 01 09 2025
EDDY KURNIAWAN S.Kom,M.M EDDY KURNIAWAN S.Kom,M.M EDDY KURNIAWAN S.Kom,M.M
NIDN: 0719058805 NIDN: 0719058805 NIDN: 0719058805
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
CPL01 Sikap Menunjukkan sikap bertanggung jawab, jujur, dan amanah dalam setiap proses analisis, perancangan, dan pengelolaan sistem informasi dengan berlandaskan pada nilai-nilai akhlak karimah.
CPL02 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
CPL03 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data untuk mengembangkan jiwa technopreneurship.
CPL07 Mampu memahami dan menerapkan kode etik organisasi dalam penggunaan informasi maupun data pada perancangan dan implementasi suatu sistem.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Mampu menjelaskan teori-teori manajemen dan kepemimpinan modern (C2) 2. Mampu membedakan peran manajer dan pemimpin dalam organisasi (C3) 3. Mampu menerapkan konsep dasar kepemimpinan dalam simulasi atau studi kasus (C3) 4. Mampu merancang strategi komunikasi dan resolusi konflik dalam tim (C3) 5. Mampu mengevaluasi efektivitas gaya kepemimpinan dalam berbagai situasi (C5)
Sub CPMK
1. Mampu menjelaskan konsep-konsep inti teori manajemen klasik hingga kontemporer. 2. Mampu menguraikan dan membedakan fungsi-fungsi manajemen (POAC). 3. Mampu menjelaskan teori kepemimpinan dan perannya dalam pengembangan diri. 4. Mampu menjelaskan teori kepemimpinan situasional dan transformasional. 5. Mampu mengidentifikasi perbedaan peran manajer dan pemimpin, termasuk etika. 6. Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan teori motivasi untuk kinerja tim. 7. Mampu memahami dan menerapkan strategi komunikasi efektif. 8. Mampu menganalisis sumber dan gaya penyelesaian konflik. 9. Mampu merancang strategi resolusi konflik yang etis. 10. Mampu memahami pentingnya budaya organisasi dalam kepemimpinan. 11. Mampu menerapkan konsep kepemimpinan dalam studi kasus nyata. 12. Mampu mengevaluasi efektivitas gaya kepemimpinan.
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6 Sub CPMK 7 Sub CPMK 8 Sub CPMK 9 Sub CPMK 10 Sub CPMK 11 Sub CPMK 12
CPMK 1 v v v v
CPMK 2 v
CPMK 3 v
CPMK 4 v v v
CPMK 5 v v v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Bahan Kajian: BK14: Pengembangan Kepribadian (Personality Development) BK09: Etika, Penggunaan dan Implikasinya bagi Masyarakat (Ethics, use and implications for society) Deskripsi: Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan keterampilan manajemen dan kepemimpinan yang esensial di dunia kerja. Pembahasan mencakup teori kepemimpinan, motivasi, manajemen tim, resolusi konflik, dan komunikasi organisasi.
Pokok Bahasan
1. Teori Manajemen dan Organisasi 2. Fungsi Manajemen (POAC) 3. Teori Kepemimpinan 4. Motivasi dan Kinerja Tim 5. Komunikasi Efektif 6. Manajemen Konflik 7. Budaya Organisasi
Pustaka Utama: Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2018). Organizational Behavior (18th ed.). Pearson. Daft, R. L. (2018). The Leadership Experience (7th ed.). Cengage Learning. Yukl, G. (2013). Leadership in Organizations (8th ed.). Pearson.
Pendukung Thoha, M. (2013). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
LMS Canvas Komputer/Laptop LCD Proyektor
Team Teaching / Single Teaching Single Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi Kuis, Tugas Kelompok, Presentasi, Keaktifan, Tugas Individu
Pendekatan Pembelajaran SCL Project Based Learning (PBL)
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Mampu menjelaskan pengantar mata kuliah dan memahami kontrak perkuliahan. Pendahuluan dan Kontrak Kuliah Tutorial/ ceramah, Diskusi Ketepatan Argumentasi Keaktifan 5%
2 Mampu menjelaskan konsep-konsep inti teori manajemen klasik hingga kontemporer Teori Manajemen dan Organisasi Tutorial/ ceramah, Diskusi Ketepatan jawaban Kuis 5%
3 Mampu menguraikan dan membedakan fungsi-fungsi manajemen (POAC). Fungsi Manajemen (POAC) Tutorial/ ceramah, Diskusi Ketepatan dan kelengkapan jawaban. Tugas Individu 5%
4 Mampu menjelaskan teori kepemimpinan dan perannya dalam pengembangan diri. Teori Kepemimpinan (Bagian I) Tutorial/ ceramah, Diskusi Penguasaan materi, kejelasan presentasi. Presentasi 10%
5 Mampu menjelaskan teori kepemimpinan situasional dan transformasional. Teori Kepemimpinan (Bagian II) Role Play Keterlibatan dan peran dalam simulasi. Tugas Kelompok 10%
6 Mampu mengidentifikasi perbedaan peran manajer dan pemimpin, termasuk etika. Perbedaan Manajer vs Pemimpin Tutorial/ ceramah, Diskusi Ketepatan argumen, penguasaan materi. Kuis 5%
7 Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan teori motivasi untuk kinerja tim. Motivasi dan Kinerja Tim Tutorial/ ceramah, Diskusi Ketepatan analisis. Tugas Individu 10%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Mampu memahami dan menerapkan strategi komunikasi efektif. Komunikasi Efektif Demonstrasi, Role Play Keterlibatan dan interaksi. Keaktifan 5%
10 Mampu menganalisis sumber dan gaya penyelesaian konflik. Manajemen Konflik (Bagian I) Tutorial/ ceramah, Diskusi Kelengkapan analisis. Tugas Kelompok 10%
11 Mampu merancang strategi resolusi konflik yang etis. Manajemen Konflik (Bagian II) Diskusi, Role Play Keberhasilan negosiasi, etika. Tugas Kelompok 10%
12 Mampu memahami pentingnya budaya organisasi dalam kepemimpinan. Budaya Organisasi Tutorial/ ceramah, Diskusi Ketepatan jawaban. Keaktifan 5%
13 Mampu menerapkan konsep kepemimpinan dalam studi kasus nyata. Aplikasi Konsep Kepemimpinan Diskusi Kelengkapan laporan, kejelasan presentasi. Presentasi 10%
14 Mampu mengevaluasi efektivitas gaya kepemimpinan. Evaluasi Gaya Kepemimpinan Tutorial/ ceramah, Diskusi Ketajaman evaluasi. Keaktifan 5%
15 Mampu mengulas dan mempersiapkan diri untuk UAS. Review & Diskusi Diskusi Ketepatan Argumentasi Keaktifan 5%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 Aktivitas Partisipatif 20
2 Proyek 30
3 Tugas 10
4 UTS 20
5 UAS 20