| Minggu Ke- |
Sub CPMK |
Materi Pembelajaran [Pustaka] |
Metode / Strategi Pembelajaran |
Assessment |
| Indikator |
Bentuk |
Bobot |
| 1 |
Mahasiswa mampu memahami dan menyepakati tujuan, aturan, dan sistem penilaian mata kuliah, meliputi:
• Memahami capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) secara keseluruhan.
• Menjelaskan komponen-komponen penilaian yang akan digunakan, seperti partisipasi, tugas individu, presentasi, dan ujian.
• Menyepakati aturan kelas terkait kehadiran, etika berinteraksi, dan pengumpulan tugas.
• Mengidentifikasi sumber belajar dan bahan ajar yang akan digunakan sepanjang semester. |
Kontrak Perkuliahan, Pengenalan RPS, Regulasi Kelas, Assessmen Kelas.
|
Tutorial/ ceramah |
1. Partisipasi Aktif
• Kehadiran: Mahasiswa hadir tepat waktu dan mengikuti jalannya perkuliahan.
• Tanya-Jawab: Mahasiswa bertanya atau menjawab pertanyaan terkait kontrak kuliah, menunjukkan perhatian dan pemahaman terhadap informasi yang disampaikan.
2. Pemahaman Konten
• Penjelasan Tujuan: Mahasiswa mampu menjelaskan kembali tujuan utama atau CPMK mata kuliah dengan kata-kata sendiri.
• Pemahaman Aturan: Mahasiswa dapat mengulangi atau merespons dengan benar poin-poin penting dalam aturan kelas (misalnya, toleransi keterlambatan, etika interaksi).
• Pemahaman Penilaian: Mahasiswa dapat menyebutkan dan memahami bobot atau jenis-jenis penilaian yang akan diterapkan (misalnya, tugas individu, presentasi, ujian).
3. Komitmen dan Kesiapan
• Kesepakatan: Mahasiswa menunjukkan kesediaan untuk mematuhi kontrak kuliah yang telah disepakati bersama.
• Kesiapan Belajar: Mahasiswa menunjukkan sikap positif dan kesiapan untuk memulai proses pembelajaran. |
Diskusi Kelas
|
2% |
| 2 |
1. Mengidentifikasi dan Membedakan Ungkapan Sapaan dan Ungkapan Perpisahan Formal dan Informal
2. Menggunakan Ungkapan Perkenalan Diri dan Orang Lain dalam percakapan |
Module EfIC/ Topic 1: Greeting and Leave Taking
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Demonstrasi, Role Play |
1. Menggunakan frasa formal seperti "Good morning" atau "How do you do?" dalam situasi resmi (misalnya, bertemu dosen atau atasan) dan Menggunakan frasa informal seperti "Hey!", "What's up?", atau "How's it going?" saat menyapa teman sebaya.
2. Menggunakan frasa formal seperti "Goodbye" atau "It was a pleasure meeting you" dalam situasi resmi dan Menggunakan frasa informal seperti "Bye", "See you later", atau "Catch you later" saat berpisah dengan teman.
3. Melakukan role-playing atau simulasi percakapan di mana mereka berhasil menyapa, memperkenalkan diri, dan mengakhiri percakapan dengan lancar. |
Percakapan Pendek
|
2% |
| 3 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan kosakata dan frasa yang relevan untuk mengekspresikan preferensi, kesukaan, dan ketidaksukaan terhadap berbagai topik, seperti hobi, makanan, film, musik, dan tempat. |
-Likes and Dislike about food
-Likes and Dislike about sport
|
Diskusi, Role Play |
-Mahasiswa memahami ungkapan likes and dislikes dalam konteks formal dan informal
-Mahasiswa mampu menerapkan ungkapan likes and dislikes dalam percakapan
-Mahasiswa mampu merespon ungkapan likes and dislikes dari lawan bicara. |
Percakapan Pendek
|
2% |
| 4 |
Setelah menyelesaikan unit ini, mahasiswa diharapkan mampu berinteraksi secara efektif dalam percakapan sehari-hari tentang keluarga dan kerabat, serta mampu mendeskripsikan mereka dengan detail yang relevan. |
-Family and Relatives
- Describing Family Members
|
Diskusi |
-Mahasiswa mampu menyebutkan nama- nama anggota keluarga
-Mahasiswa mampu menceritakan tentang keluarga dan anggota2 keluarganya |
Presentasi
|
2% |
| 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu berinteraksi secara efektif dalam percakapan sehari-hari tentang persahabatan, mampu mendeskripsikan teman-teman mereka, dan berbagi pengalaman personal tentang hubungan pertemanan. |
-My best friends
-Describing your best friends
|
Diskusi |
-Mahasiswa mampu menggunakan beberapa kata sifat untuk mendeskripsikan teman mereka
-Mendeskripsikan jenis- jenis teman
-Mendefinisikan persahabatan |
Presentasi
|
2% |
| 6 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan coordinating conjunctions dalam percakapan. |
FANBOYS (Coordinating Conjunctions)
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Role Play |
-Mahasiswa memahami penggunaan coordinationg conjunctions.
-Mahasiswa mampu menerapkan coordinating conjunctions dalam percakapan
-Mahasiswa mampu mempraktikkan percakapan yang memuat coordinating conjunctions |
Percakapan Pendek
|
4% |
| 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu melakukan percakapan yang efektif dan akurat untuk meminta dan memberikan petunjuk arah kepada orang lain, baik secara langsung maupun melalui telepon, serta mampu memahami petunjuk yang diberikan |
Asking and Giving Directions
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Role Play |
-Mahasiswa mampu menyebutkan ungkapan tentang "asking directions"
-Mahasiswa mampu menyebutkan tentang "giving directions"
-Mahasiswa mampu menggunakan ekspresi tentang asking and giving directioons dalam percakapan |
Percakapan Pendek
|
4% |
| 8 |
Evaluasi Tengah Semester |
| 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu melakukan permintaan maaf secara efektif, baik dalam situasi formal maupun informal, serta mampu merespons permintaan maaf orang lain dengan cara yang tepat. |
Apologizing: (Apologizing expressions and responses)
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
-Mahasiswa menggunakan beragam ekspresi permintaan maaf yang sesuai dengan konteks (formal dan informal), seperti I'm so sorry, I deeply apologize for, atau My bad!.
-Mahasiswa mampu memberikan alasan yang jelas dan relevan atas kesalahan yang dibuat, tanpa terkesan mencari pembenaran.
-Mahasiswa berbicara dengan lancar saat meminta atau menerima maaf tanpa jeda yang terlalu sering dengan ekspresi wajah yang sesuai. |
Diskusi Kelas
|
4% |
| 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengundang orang lain secara lisan ke berbagai acara (formal dan informal), serta mampu merespons undangan tersebut dengan cara yang sopan dan sesuai konteks. |
Invitations: Common expressions for inviting someone, polite and appropriate responses to invitations
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
-Mahasiswa menggunakan beragam ekspresi undangan (e.g., Would you like to...?, I was wondering if you'd be free to...) dan respons (e.g., That sounds wonderful, I'd love to... atau I'm afraid I can't, but thanks for asking.) yang sesuai dengan situasi.
-Mahasiswa mampu menanggapi pertanyaan atau pernyataan dari lawan bicara dengan cepat dan relevan.
-Mahasiswa menunjukkan sikap yang sopan dan ramah saat mengundang atau merespons undangan. |
Percakapan Pendek
|
4% |
| 11 |
mahasiswa diharapkan mampu berinteraksi secara efektif dalam percakapan sehari-hari tentang hobi dan minat, serta mampu mendeskripsikan aktivitas tersebut dengan detail yang relevan dan menarik. |
Hobbies and Interests:
• Ask about someone's hobbies and interests.
• Respond to questions about their own hobbies and interests.
• Describe their hobbies using simple sentences.
• Engage in a short conversation about hobbies.
• Use relevant vocabulary related to common hobbies.
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Role Play |
-Mahasiswa menggunakan beragam kosakata dan frasa yang relevan dengan hobi
-Mahasiswa tidak hanya menyebutkan hobi, tetapi juga menjelaskan alasan mengapa mereka menyukainya dan memberikan contoh spesifik dari kegiatan tersebut.
-Mahasiswa aktif berpartisipasi dalam percakapan dua arah, bertanya balik kepada lawan bicara (e.g., What about you? Do you have any hobbies?) dan menunjukkan minat pada hobi orang lain. |
Percakapan Pendek
|
5% |
| 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu berinteraksi secara efektif dalam percakapan sehari-hari tentang olahraga, baik sebagai pemain maupun penonton, serta mampu mendeskripsikan aktivitas, aturan, dan preferensi olahraga dengan detail yang relevan. |
Sport:
• Ask and answer questions about favourite sports.
• Express preferences and give simple reasons for their choices.
• Engage in a short, guided conversation about sports.
• Use basic vocabulary related to common sports.
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Role Play |
-Mahasiswa menggunakan beragam kosakata dan frasa yang relevan dengan olahraga (e.g., coach, team, fan, score, win, lose).
-Pelafalan nama-nama olahraga (e.g., basketball, tennis) dan istilah-istilah terkait jelas.
-Mahasiswa aktif berpartisipasi dalam percakapan, mengajukan pertanyaan (e.g., "What's your favorite team?", "Have you ever tried...?") dan menanggapi pernyataan lawan bicara. |
Presentasi
|
4% |
| 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu berinteraksi secara efektif dalam percakapan sehari-hari tentang liburan, serta mampu menceritakan pengalaman liburan mereka, mendeskripsikan tempat, dan memberikan rekomendasi. |
Holiday:
• Confidently ask others about their holiday plans and experiences.
• Clearly describe your own holiday experiences, including where you went, what you did, and how you felt.
• Use appropriate vocabulary and phrases related to holidays and travel.
• Engage in short, natural conversations about holiday topics.
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
-Mahasiswa menggunakan beragam kosakata dan frasa yang relevan dengan perjalanan dan liburan
-Mahasiswa tidak hanya menyebutkan tempat liburan, tetapi juga menjelaskan alasan mengapa liburan tersebut berkesan, aktivitas yang dilakukan, dan perasaan yang dialami.
-Mahasiswa aktif berpartisipasi dalam percakapan, bertanya balik kepada lawan bicara |
Presentasi
|
4% |
| 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu memulai, mempertahankan, dan mengakhiri percakapan santai dengan orang yang dikenal atau orang baru dalam berbagai situasi sosial, serta menunjukkan etiket berbahasa yang sesuai |
Sociolizing:
• Understand the importance of socializing in daily life.
• Identify different situations where socializing skills are essential.
• Activate prior knowledge related to social interactions.
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Role Play |
-Mahasiswa menggunakan frasa pembuka (e.g., "How's it going?", "What a beautiful day!"), frasa penutup (e.g., "It was nice talking to you.", "Hope to see you again."), dan frasa pengembang percakapan (e.g., "Tell me more about that.").
-Mahasiswa aktif berpartisipasi dalam percakapan dua arah, bertanya balik (e.g., "What about you?") dan memberikan tanggapan yang relevan. |
Percakapan Pendek
|
4% |
| 15 |
-Mahasiswa mampu menggunakan beragam kosakata dan frasa yang relevan dengan topik tertentu dengan menerapkan tata bahasa (grammar) yang benar.
-Mahasiswa mampu menggunakan intonasi dan penekanan kata yang tepat untuk menyampaikan makna dengan jelas. |
Speaking Practice
|
Diskusi |
-Mahasiswa mampu menyampaikan kalimat/ ide dalam speaking practice dengan grammar yang baik.
-Mahasiswa menggunakan kosakata dan pelafalan yang sesuai |
Individual Speaking Practice
|
10% |
| 16 |
Evaluasi Akhir Semester |