RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026

FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIK)

PROGRAM STUDI: PROFESI NERS

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Praktik Profesi Keperawatan Medikal Bedah (PPKMB) 74WP72502 MEDIKAL BEDAH Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
0 0 6
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 17 09 2025
KHOTIMAH M.Kes,S.Kep KHOTIMAH M.Kes,S.Kep PUJIANI S.Kep., Ns., M.Kes.
NIDN: 0727047403 NIDN: 0727047403 NIDN: 0730127201
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
02 Mampu menerapkan edukasi , komunikasi dan kolaborasi dalam memeberikan asuhan dan / atau pelayanan keperawatan berdasarkan bukti ilmiah terkini
03 Mampu menerapkan pengorganisasian asuhan keperawatan dan berkoordinasi dengan tim kesehatan dengan menunjukkan sikap kepemimpinan untuk mencapai tujuan keperawatan klien
01 Mampu mengelola asuhan keperawatan sesuai kode etik keperawatan indonesia , berpikir logis kritis , sistematisdan kreatif inovatif bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta bertanggung jawab secara ilmiah kepada masyarakat profesi dan klien dengan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya 2. Mampu melakukan tindakan keperawatan di seting layanan medikal dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya
Sub CPMK
1. Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya 2. Mampu melakukan tindakan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis 3. Mampu melakukan tindakan keperawatan pada pasien dewasayang mengalami masalah bedah
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3
CPMK 1 v
CPMK 2 v v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Praktik Profesi Keperawatan Medikal Bedah merupakan program yang menghantarkan mahasiswa dalam adaptasi profesi untuk dapat menerima pendelegasian kewenangan secara bertahap ketika melakukan asuhan keperawatan profesional, memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi pada klien, membuat keputusan legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan keperawatan pada orang dewasa. Praktik Profesi Keperawatan Medikal Bedah mencakup asuhan keperawatan pada klien dewasa dalam konteks keluarga yang mengalami masalah pemenuhan kebutuhan dasarnya akibat gangguan satu sistem (organ) ataupun beberapa sistem (organ) tubuhnya.
Pokok Bahasan
1. Asuhan keperawatan pada klien dewasa dengan mengintegrasikan komunikasi efektif, keterampilan interpersonal yang efektif dalam kerja tim 2. Teknologi dan informasi kesehatan secara efektif dan bertanggung jawab 3. Langkah-langkah pengambilan keputusan etik dan legal 4. Peka budaya dengan menghargai etnik, agama atau factor lain dari setiap klien yang unik 5. Kolaborasi berbagai aspek dalam pemenuhan kebutuhan kesehatan klien dewasa 6. Keterampilan teknis keperawatan yang sesuai dengan standar yang berlaku atau secara kreatif dan inovatif agar pelayanan yang diberikan efisien dan efektif 7. Pola pikir kritis, logis dan etis dalam mengembangkan asuhan keperawatan orang dewasa 8. Asuhan yang berkualitas secara holistik, kontinyu dan konsisten 9. Fungsi advokasi untuk mempertahankan hak klien agar dapat mengambil keputusan untuk dirinya 10. Kebijakan pelayanan kesehatan 11. Akuntabilitas asuhan keperawatan yang diberikan 12. Potensi diri untuk meningkatkan kemampuan professional 13. Evidence Based Practice (EBP) dalam Keperawatan Medikal Bedah
Pustaka Utama: Hinkle, J. L., & Cheever, K. H. (2018). Brunner & Suddarth’s Textbook of Medical-Surgical Nursing (14th ed.). Wolters Kluwer Health, Philadelphia. Lewis, S. L., Bucher, L., Heitkemper, M. M., & Harding, M. (2017). Medical-Surgical Nursing: Assessment and Management of Clinical Problems (10th ed.). Elsevier, St. Louis. Linton, A. D. (2015). Introduction to Medical-Surgical Nursing (6th ed.). Elsevier Saunders, St. Louis. Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). (2017). Standar Kompetensi Perawat Indonesia. PPNI, Jakarta. Kementerian Kesehatan RI. (2011). Standar Prosedur Operasional (SPO) Keperawatan. Kemenkes RI, Jakarta. Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). (2019). Standar Diagnosa Keperawatan Indonesia. PPNI, Jakarta. Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). (2019). Standar Luaran Indonesia. PPNI, Jakarta. Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). (2019). Standar Intervensi Indonesia. PPNI, Jakarta. Muttaqin, A. (2015). Asuhan Keperawatan Klien dengan Gangguan Sistem Pernafasan. Salemba Medika, Jakarta.
Pendukung Black, J. M., & Hawks, J. H. (2014). Medical-Surgical Nursing: Clinical Management for Positive Outcomes (8th ed.). Elsevier Saunders, St. Louis. Potter, P. A., Perry, A. G., Stockert, P. A., & Hall, A. M. (2017). Fundamentals of Nursing (9th ed.). Elsevier Mosby, St. Louis Smeltzer, S. C., Bare, B. G., Hinkle, J. L., & Cheever, K. H. (2010). Brunner & Suddarth’s Textbook of Medical-Surgical Nursing (12th ed.). Lippincott Williams & Wilkins, Philadelphia. McCance, K. L., & Huether, S. E. (2019). Pathophysiology: The Biologic Basis for Disease in Adults and Children (8th ed.). Elsevier, St. Louis. Kee, J. L., Hayes, E. R., & McCuistion, L. E. (2017). Pharmacology: A Nursing Process Approach (9th ed.). Elsevier, St. Louis. Ignatavicius, D. D., & Workman, M. L. (2015). Medical-Surgical Nursing: Patient-Centered Collaborative Care (8th ed.). Elsevier Saunders, St. Louis. Craven, R. F., & Hirnle, C. J. (2013). Fundamentals of Nursing: Human Health and Function (7th ed.). Wolters Kluwer Health, Philadelphia.
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
Modul digital Buku petunjuk praktikum
Team Teaching / Single Teaching Team Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi Performance assessment, Rubrik penilaian keterampilan dan sikap, Studi kasus, Presentasi dan diskusi kelompok
Pendekatan Pembelajaran SCL Experiential Learning (Praktik Lapangan)
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Asuhan keperawatan dewasa dengan mengintegrasikankomunikaso efektif, ketrampilan interpersonal yang efektif dan kerja tim Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas 1. Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya 2. Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Studi kasus 10%
2 Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya 2. Teknologi dan informasi kesehatan secara efektif dan bertanggung jawab Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas, Praktikum Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Performance assessment 5%
3 Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Langkah langkah pengambilan keputusan etis dan legal Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas, Praktikum Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Performance assessment 5%
4 Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Peka budaya dengan menghargai etnik agama atau faktor lain dari setiap klien yang unik Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas, Praktikum Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Performance assessment 5%
5 Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Peran dan fungsi perawat : fungsi edukator, advokat dan kolaborator perawat dan pelayanan keperawatan berkelanjutan pada klien dewasa dengan kasus gangguan sistem Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas, Praktikum Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Performance assessment 5%
6 Mampu melakukan tindakan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan Bedah Keterampilan teknis keperawatan yang sesuai dengan standar yang berlaku atau secara kreatif dan inovatifagar pelayananyang diberikan efisien dan efektif Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas Mampu melakukan tindakan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan Bedah Rubrik penilaian keterampilan dan sikap 10%
7 Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Pola pikir kritis . logis dan etis dalam mengembangkan asuhan keperawatan dewasa Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Performance assessment 5%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Mampu melakukan tindakan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan Bedah Keterampilan teknis keperawatan yang sesuai dengan standar yang berlaku atau secara kreatif dan inovatifagar pelayananyang diberikan efisien dan efektif Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas Mampu melakukan tindakan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan Bedah Rubrik penilaian keterampilan dan sikap 5%
10 Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Aturan dan kebijakan dalam pelatyanan kesehatan khususnya keperawatan Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Performance assessment 5%
11 Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Akuntabilitas asuhan keperawatan yang diberikan Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Performance assessment 5%
12 Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Potensi diri untuk meningkatkan kemampuan profesional Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Performance assessment 5%
13 Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya EPB dalam keperawatan medikal bedah Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Studi kasus 10%
14 Mampu melakukan tindakan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan Bedah Keterampilan teknis keperawatan yang sesuai dengan standar yang berlaku atau secara kreatif dan inovatifagar pelayananyang diberikan efisien dan efektif Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas Mampu melakukan tindakan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan Bedah Rubrik penilaian keterampilan dan sikap 5%
15 Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Seminar kecil tentang kasus atau IPTEK kesehatan terkini, Laporan kasus dan operan dinas Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya Presentasi dan diskusi kelompok 20%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 Performance assessment 40%
2 Rubrik penilaian keterampilan 20%
3 Rubrik penilaian sikap 10%
4 Studi kasus 20%
5 Presentasi dan diskusi kelompok 10%