| Minggu Ke- |
Sub CPMK |
Materi Pembelajaran [Pustaka] |
Metode / Strategi Pembelajaran |
Assessment |
| Indikator |
Bentuk |
Bobot |
| 1 |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Asuhan keperawatan dewasa dengan mengintegrasikankomunikaso efektif, ketrampilan interpersonal yang efektif dan kerja tim
|
Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas |
1. Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya
2. Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Studi kasus
|
10% |
| 2 |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
2. Teknologi dan informasi kesehatan secara efektif dan bertanggung jawab
|
Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas, Praktikum |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Performance assessment
|
5% |
| 3 |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Langkah langkah pengambilan keputusan etis dan legal
|
Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas, Praktikum |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Performance assessment
|
5% |
| 4 |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Peka budaya dengan menghargai etnik agama atau faktor lain dari setiap klien yang unik
|
Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas, Praktikum |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Performance assessment
|
5% |
| 5 |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Peran dan fungsi perawat : fungsi edukator, advokat dan kolaborator perawat dan pelayanan keperawatan berkelanjutan pada klien dewasa dengan kasus gangguan sistem
|
Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas, Praktikum |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Performance assessment
|
5% |
| 6 |
Mampu melakukan tindakan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan Bedah |
Keterampilan teknis keperawatan yang sesuai dengan standar yang berlaku atau secara kreatif dan inovatifagar pelayananyang diberikan efisien dan efektif
|
Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas |
Mampu melakukan tindakan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan Bedah |
Rubrik penilaian keterampilan dan sikap
|
10% |
| 7 |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Pola pikir kritis . logis dan etis dalam mengembangkan asuhan keperawatan dewasa
|
Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Performance assessment
|
5% |
| 8 |
Evaluasi Tengah Semester |
| 9 |
Mampu melakukan tindakan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan Bedah |
Keterampilan teknis keperawatan yang sesuai dengan standar yang berlaku atau secara kreatif dan inovatifagar pelayananyang diberikan efisien dan efektif
|
Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas |
Mampu melakukan tindakan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan Bedah |
Rubrik penilaian keterampilan dan sikap
|
5% |
| 10 |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Aturan dan kebijakan dalam pelatyanan kesehatan khususnya keperawatan
|
Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Performance assessment
|
5% |
| 11 |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Akuntabilitas asuhan keperawatan yang diberikan
|
Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Performance assessment
|
5% |
| 12 |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Potensi diri untuk meningkatkan kemampuan profesional
|
Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Performance assessment
|
5% |
| 13 |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
EPB dalam keperawatan medikal bedah
|
Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Studi kasus
|
10% |
| 14 |
Mampu melakukan tindakan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan Bedah |
Keterampilan teknis keperawatan yang sesuai dengan standar yang berlaku atau secara kreatif dan inovatifagar pelayananyang diberikan efisien dan efektif
|
Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas |
Mampu melakukan tindakan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan Bedah |
Rubrik penilaian keterampilan dan sikap
|
5% |
| 15 |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya
|
Seminar kecil tentang kasus atau IPTEK kesehatan terkini, Laporan kasus dan operan dinas |
Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien dewasa yang mengalami gangguan medis dan bedah secara profesional, sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya |
Presentasi dan diskusi kelompok
|
20% |
| 16 |
Evaluasi Akhir Semester |