RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI (SAINTEK)

PROGRAM STUDI: SISTEM INFORMASI

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Bahasa Indonesia 41WN62504 MATA KULIAH WAJIB NASIONAL Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
2 0 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 13 09 2025
HERJANTI NURSUKSMANINGTYAS SANTOSO S.S.,S.S.,M.Si,M.Si HERJANTI NURSUKSMANINGTYAS SANTOSO S.S.,S.S.,M.Si,M.Si EDDY KURNIAWAN S.Kom,M.M
NIDN: 0720019304 NIDN: 0720019304 NIDN: 0719058805
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
CPL01 Sikap Menunjukkan sikap bertanggung jawab, jujur, dan amanah dalam setiap proses analisis, perancangan, dan pengelolaan sistem informasi dengan berlandaskan pada nilai-nilai akhlak karimah.
CPL02 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Mahasiswa mampu menerapkan kaidah EYD dalam penulisan formal (C3) 2. Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah sesuai struktur dan metodologi yang benar (C3) 3. Mampu mempresentasikan gagasan secara sistematis dan persuasif (C3) 4. Mampu berkomunikasi secara profesional dalam konteks bisnis dan akademik (C3)
Sub CPMK
1. Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat bahasa 2. Mahasiswa menjelaskan sejarah perkembangan bahasa Indonesia 3. Mahasiswa mampu menanggapi gagasan 4. Mahasiswa mampu mengungkapkan gagasan dalam situasi formal dan nonformal 5. Mahasiswa mampu menyusun/memproduksi karya ilmiah secara efektif dengan memperhatikan notasi ilmiah 6. Mahasiswa mampu menyusun abstrak 7. Mahasiswa mampu menyunting karya ilmiah 8. Mahasiswa mampu menerapkan etika dalam menulis 9. Mahasiswa mampu menyusun kutipan langsung dan tidak langsung 10. Mahasiswa mampu menganalisis tanda baca dan ejaan pada karya ilmiah 11. Mahasiswa mampu menyusun daftar Pustaka
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6 Sub CPMK 7 Sub CPMK 8 Sub CPMK 9 Sub CPMK 10 Sub CPMK 11
CPMK 1 v v v
CPMK 2 v v v
CPMK 3 v v
CPMK 4 v v v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberi pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang bahasa secara universal, bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bagaimana menggunakan bahasa Indonesia secara lisan dan tulisan
Pokok Bahasan
Mata kuliah ini bertujuan agar pemahaman mahasiswa terhadap bahasa khususnya bahasa Indonesia menjadi lebih mendalam dan lebih mantap sehingga mahasiswa dapat memanfaatkan kemampuan berbahasa untuk berbagai keperluan, keperluan sehari-hari dan keperluan studi atau keperluan akademik
Pustaka Utama: Alwi, H. D., Soenjono, & Moeliono, A. M. (2018). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Fahrurrozi & Wicaksono, A. (2016). Sekilas tentang Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Garudhawaca. Riadi, M. (2015). Pengertian, Tujuan, dan Tolak Ukur Gagasan, diunduh dari http://www.kajianpustaka.com, tanggal 20 November 2016. Fakultas Sains dan Teknologi. (2014). Pedoman Karya Tulis Ilmiah. Jombang: Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang.
Pendukung Semua buku pendukung untuk bahasa Indonesia
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
Powerpoint Handout materi
Team Teaching / Single Teaching Single Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi Presensi, Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi, UTS: Ujian Tulis/ Presentasi, UAS: Tugas/ proyek
Pendekatan Pembelajaran SCL Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning/PBL) Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning/PjBL) Diskusi dan Studi Kasus Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Mahasiswa mampu mengaitkan kontrak kuliah, visi misi institusi dengan mata kuliah - Visi misi institusi - Deskripsi mata kuliah - RPS dan Kontrak kuliah Problem Based Learning (PBL), Tutorial/ ceramah, Diskusi Kemampuan mengaitkan visi misi institusi dengan mata kuliah Presensi 5%
2 Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat bahasa - Hakikat, sifat, dan fungsi - Keterampilan berbahasa Indonesia Problem Based Learning (PBL), Tutorial/ ceramah, Diskusi Kemampuan menjelaskan hakikat bahasa Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi 5%
3 Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah perkembangan bahasa Indonesia - Kronologis perkembangan bahasa Indonesia Problem Based Learning (PBL), Tutorial/ ceramah, Diskusi Kemampuan menjelaskan sejarah perkembangan bahasa Indonesia Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi 5%
4 Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia - Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia Problem Based Learning (PBL), Tutorial/ ceramah, Diskusi Kemampuan menjelaskan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi 5%
5 Mahasiswa mampu menangkap informasi dari teks ilmiah - Perbedaan membaca intensif dan ekstensif - Membaca intensif - Membaca ekstensif Problem Based Learning (PBL), Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD) Kemampuan menangkap informasi dari teks ilmiah Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi 5%
6 Mahasiswa mampu menanggapi gagasan - Ragam berbicara - Organisasi gagasan Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD) Kemampuan menanggapi gagasan Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi 5%
7 Mahasiswa mampu mengungkapkan gagasan dalam situasi formal dan nonformal - Kegiatan berbicara formal: Presentasi Tutorial/ ceramah, Diskusi Kemampuan mengungkapkan gagasan dalam situasi formal dan nonformal Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi 5%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Mahasiswa mampu menyusun/memproduksi karya ilmiah secara efektif dengan memperhatikan notasi ilmiah - Bahasa dalam karya ilmiah - Unsur mekanik dalam penulisan karya ilmiah - Mengembangkan gagasan dan memproduksi makalah Tutorial/ ceramah, Diskusi Kemampuan menyusun/memproduksi karya ilmiah secara efektif dengan memperhatikan notasi ilmiah Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi 10%
10 Mahasiswa mampu menyusun abstrak - Pengertian dan pentingnya abstrak - Karakteristik abstrak yang baik - Penggunaan bahasa dalam abstrak Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD) Kemampuan menyusun abstrak Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi 5%
11 Mahasiswa mampu menyunting karya ilmiah - Kaidah penyuntingan - Kegiatan penyuntingan Tutorial/ ceramah, Diskusi Kemampuan menyunting karya ilmiah Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi 5%
12 Mahasiswa mampu menerapkan etika dalam menulis - Etika dalam menulis karya ilmiah - Pelanggaran dalam penulisan karya ilmiah - Seluk beluk plagiasi Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD) Kemampuan menerapkan etika dalam menulis Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi 5%
13 Mahasiswa mampu menyusun kutipan langsung dan tidak langsung - Kutipan langsung - Kutipan tidak langsung - Penulisan sumber kutipan Tutorial/ ceramah, Diskusi Kemampuan menyusun kutipan langsung dan tidak langsung Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi 5%
14 Mahasiswa mampu menyusun daftar Pustaka Penulisan daftar pustaka Tutorial/ ceramah, Diskusi Kemampuan menyusun daftar pustaka Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi 5%
15 Mahasiswa mampu menganalisis tanda baca dan ejaan pada karya ilmiah Penggunaan tanda baca dan ejaan dalam karya ilmiah Tutorial/ ceramah, Diskusi Kemampuan menganalisis tanda baca dan ejaan pada karya ilmiah Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi 5%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 Presensi 15
2 Tugas Mandiri/ Kelompok 25
3 Ujian Tengah Semester (UTS) 25
4 Ujian Akhir Semester (UAS) 35