| Minggu Ke- |
Sub CPMK |
Materi Pembelajaran [Pustaka] |
Metode / Strategi Pembelajaran |
Assessment |
| Indikator |
Bentuk |
Bobot |
| 1 |
Mahasiswa mampu mengaitkan kontrak kuliah, visi misi institusi dengan mata kuliah |
- Visi misi institusi
- Deskripsi mata kuliah
- RPS dan Kontrak kuliah
|
Problem Based Learning (PBL), Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Kemampuan mengaitkan visi misi institusi dengan mata kuliah |
Presensi
|
5% |
| 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat bahasa |
- Hakikat, sifat, dan fungsi
- Keterampilan berbahasa Indonesia
|
Problem Based Learning (PBL), Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Kemampuan menjelaskan hakikat bahasa |
Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi
|
5% |
| 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah perkembangan bahasa Indonesia |
- Kronologis perkembangan bahasa Indonesia
|
Problem Based Learning (PBL), Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Kemampuan menjelaskan sejarah perkembangan bahasa Indonesia |
Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi
|
5% |
| 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia |
- Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia
|
Problem Based Learning (PBL), Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Kemampuan menjelaskan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia |
Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi
|
5% |
| 5 |
Mahasiswa mampu menangkap informasi dari teks ilmiah |
- Perbedaan membaca intensif dan ekstensif
- Membaca intensif
- Membaca ekstensif
|
Problem Based Learning (PBL), Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD) |
Kemampuan menangkap informasi dari teks ilmiah |
Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi
|
5% |
| 6 |
Mahasiswa mampu menanggapi gagasan |
- Ragam berbicara
- Organisasi gagasan
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD) |
Kemampuan menanggapi gagasan |
Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi
|
5% |
| 7 |
Mahasiswa mampu mengungkapkan gagasan dalam situasi formal dan nonformal |
- Kegiatan berbicara formal: Presentasi
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Kemampuan mengungkapkan gagasan dalam situasi formal dan nonformal |
Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi
|
5% |
| 8 |
Evaluasi Tengah Semester |
| 9 |
Mahasiswa mampu menyusun/memproduksi karya ilmiah secara efektif dengan memperhatikan notasi ilmiah |
- Bahasa dalam karya ilmiah
- Unsur mekanik dalam penulisan karya ilmiah
- Mengembangkan gagasan dan memproduksi makalah
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Kemampuan menyusun/memproduksi karya ilmiah secara efektif dengan memperhatikan notasi ilmiah |
Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi
|
10% |
| 10 |
Mahasiswa mampu menyusun abstrak |
- Pengertian dan pentingnya abstrak
- Karakteristik abstrak yang baik
- Penggunaan bahasa dalam abstrak
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD) |
Kemampuan menyusun abstrak |
Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi
|
5% |
| 11 |
Mahasiswa mampu menyunting karya ilmiah |
- Kaidah penyuntingan
- Kegiatan penyuntingan
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Kemampuan menyunting karya ilmiah |
Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi
|
5% |
| 12 |
Mahasiswa mampu menerapkan etika dalam menulis |
- Etika dalam menulis karya ilmiah
- Pelanggaran dalam penulisan karya ilmiah
- Seluk beluk plagiasi
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD) |
Kemampuan menerapkan etika dalam menulis |
Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi
|
5% |
| 13 |
Mahasiswa mampu menyusun kutipan langsung dan tidak langsung |
- Kutipan langsung
- Kutipan tidak langsung
- Penulisan sumber kutipan
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Kemampuan menyusun kutipan langsung dan tidak langsung |
Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi
|
5% |
| 14 |
Mahasiswa mampu menyusun daftar Pustaka |
Penulisan daftar pustaka
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Kemampuan menyusun daftar pustaka |
Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi
|
5% |
| 15 |
Mahasiswa mampu menganalisis tanda baca dan ejaan pada karya ilmiah |
Penggunaan tanda baca dan ejaan dalam karya ilmiah
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Kemampuan menganalisis tanda baca dan ejaan pada karya ilmiah |
Tugas Mandiri/ Kelompok: Presentasi
|
5% |
| 16 |
Evaluasi Akhir Semester |