RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026

FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIK)

PROGRAM STUDI: PROFESI NERS

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Praktik Profesi Keperawatan Anak (PPKA) 74WP72503 ANAK Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
0 0 4
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 08 09 2025
PUJIANI S.Kep., Ns., M.Kes. PUJIANI S.Kep., Ns., M.Kes. PUJIANI S.Kep., Ns., M.Kes.
NIDN: 0730127201 NIDN: 0730127201 NIDN: 0730127201
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
02 Mampu menerapkan edukasi , komunikasi dan kolaborasi dalam memeberikan asuhan dan / atau pelayanan keperawatan berdasarkan bukti ilmiah terkini
04 Mampu menganalisis hasil penelitian ilmiah monodisipliner di bidang ilmu dan teknologi kperawatan/kesehatanuntuk menyelesaikan masalah kesehatan melalui pemikiran kritis, etis dan inovatif
03 Mampu menerapkan pengorganisasian asuhan keperawatan dan berkoordinasi dengan tim kesehatan dengan menunjukkan sikap kepemimpinan untuk mencapai tujuan keperawatan klien
01 Mampu mengelola asuhan keperawatan sesuai kode etik keperawatan indonesia , berpikir logis kritis , sistematisdan kreatif inovatif bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta bertanggung jawab secara ilmiah kepada masyarakat profesi dan klien dengan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu menngunakan proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah klien anak pada berbagai tingkat usia dalam kontek keluarga di tatanan klinik sesuai dengan prinsip etik, hukum dan budaya 2. Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan tindakan keperawatan pada berbagai tingkat usia dalam kontek keluarga di tatanan klinik sesuai prinsip etik, hukum dan budaya 3. Melakukan komunikasi yang efektif dalam pemberian asuhan keperawatan anak dengan berbagai tingkat usia dalam konteks keluarga (C3,A6, P5)
Sub CPMK
1. Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan termoregulasi: MAS, RDS, Prematur dan BBLR, penyakit infeksi (Typhoid, sepsis neonatorum, NEC, kejang demam, Morbili) hiperbilirubinemia, luka bakar 2. Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan oksigenasi akibat neonatorum, RDS, ISPA/Pneumonia, Asma, Anemia, tuberkulosis, thalasemia, masalah kelainan jantung bawaan (ToF, PDA, VSD, ASD) 3. Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan masalah keganasan: leukemia, retinoblastoma, rabdomiosarkoma, limfoma meningoensefalokel, maligna, SOL, osteosarkoma, Tumor Wilm 4. Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan eliminasi akibat kelainan kongenital: Hirschprung, Malformasi anorektal, Hipospadia, Labiopalatoskizis, atresia esophagus, gastroschisis dan omphalocele, ileus obstruksi, stenosis pylorus 5. Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit :, Diare, DHF, NS, glomerulonefritis akut dan kronis, GGA dan GGK 6. Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan nutrisi: KEP/ malnutrisi, Juvenile DM, Obesitas 7. Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan pertumbuhan dan perkembangan: Autism, ADHD, retardasi mental 8. Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan keamanan fisik: Meningitis. Encephalitis, Hiperbilirubinemia, Kejang, epilepsi, fraktur, apendisitis, hydrocephalus 9. Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan psiko-sosial 10. Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Anak dengan gangguan sistem imun: SLE, HIV/AIDS 11. Membuat klasifikasi dan tindakan dari kasus yang diperoleh di Puskesmas dengan pendekatan managemen balita sakit ( MTBS)
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6 Sub CPMK 7 Sub CPMK 8 Sub CPMK 9 Sub CPMK 10 Sub CPMK 11
CPMK 1 v
CPMK 2 v v v v v v v v v
CPMK 3 v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Praktik profesi keperawatan anak merupakan program yang menghantarkan mahasiswa dalam adaptasi profesi untuk menerima pendelegasian kewenangan secara bertahap dalam melakukan asuhan keperawatan profesional, memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi pada klien, membuat keputusan legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan keperawatan anak dalam konteks keluarga. Praktik Profesi Keperawatan Anak mencakup anak dengan berbagai tingkat usia (neonatus, bayi, toddler, prasekolah, sekolah dan remaja) dalam konteks keluarga yang bertujuan untuk optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan pada anak sehat, anak sakit akut dan sakit yang mengancam kehidupan, anak dengan masalah pediatri sosial dan manajemen terpadu balita sakit, dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan di tatanan klinik
Pokok Bahasan
1. Melakukan komunikasi yang efektif dalam pemberian asuhan keperawatan anak dengan berbagai tingkat usia dalam konteks keluarga (C3,A6, P5) 2. Menggunakan keterampilan interpersonal yang efektif dalam kerja tim(C3,A6, P5) 3. Menggunakan Teknologi dan informasi Kesehatan secara efektif dan bertanggung jawab 4. Menggunakan proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah klien anak pada berbagai tingkat usia dalam konteks keluarga ditatanan klinik(C3,A6, P5) a. Bayi dan anak dengan gangguan termoregulasi : MAS, RDS, Prematur, dan BBLR, Penyakit infeksi (Typoid, Sepsis neonatorum, NEC, Kejang demam, Morbili) , hiperbilirubin, luka bakar b. Bayi dan anak dengan gangguan oksigenasi akibat asfiksia neonatorum, RDS, ISPA/Pneumonia, asma, Anemia, tuberkulosis, thalasemia, masalah kelainan jantung bawaan ( TOF, PDA,VSD, ASD) c. Bayi dan anak dengan gangguan keganasan : leukimia, retinonblastoma, limfoma maligna, meningoensefalokel, SOL,Osteosarkoma, tumor wilm d. Bayi dan anak dengan gangguan eliminasi akibat kelainan kongenital : hisprung, malformasi anorektal, hipospadia, labioplalatoskizis, atresia esophagus, gastroschisis dan omphalocel, ileus obstruktif,stenosis pylorus . e. Bayi dan anak dengan gangguanpemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit : diare, DHF, NS, glomerulonepritis cut dan kronis, GGA dan GGK f. Bayi dan anak dengan gangguan nutrisi : KEP/ malnutrisi, juvenile DM, obesitas g. Bayi dan anak dengan gangguanpertumbuhan dan perkembangan : autism, ADHD, retardasi mental h. Bayi dan anak dengan gangguankeamanan fisik : meningitis, enchepalitis, hiperbilirubinemia, kejang, epilepsi, fraktur, apendisitis, hidrocepalus . i. Bayi dan anak dengan gangguan psikososial j. Anak dengan gangguan sistem imun : SLE , HIV/AIDS 5. Menggunakan langkah-langkah pengambilan keputusan etis dan legal pada klien anak dalam konteks keluarga(C3,A6, P5) 6. Mengkolaborasikan berbagai aspek dalam pemenuhan kebutuhan kesehatan klien anak dalam konteks keluarga(C3,A6, P5) 7. Mendemonstrasikan keterampilan teknis keperawatan yang sesuai dengan dengan standar yang berlaku atau secara kreatif dan inovatif agar pelayanan yang diberikan efisien dan efektif pada klien anak 8. Mengembangkan pola pikir kritis, logis dan etis dalam mengembangkan asuhan keperawatan pada klien anak dalam konteks keluarga(C3,A6, P5) 9. Menjalankan fungsi advokasi untuk mempertahankan hak klien dan keluarga agar dapat mengambil keputusan untuk dirinya(C3,A6, P5) 10. Mempertahankan lingkungan yang aman secara konsisten melalui penggunaan strategi manajemen kualitas dan manajemen resiko pada klien anak dalam konteks keluarga(C3,A6, P5) 11. Memberikan asuhan keperawatan pada anak dengan pendekatan Manajemen Terpadu Balita Sehat di masyarakat(C3,A6, 12. Memberikan dukungan kepada tim asuhan dengan mempertahankan akontabilitas asuhan keperawatan yang diberikan(C3,A6, P5) 13. Mewujudkan lingkungan bekerja yang kondusif(C3,A6, P5) 14. Mengembangkan potensi diri untuk meningkatkan kemampuan professional(C3,A6, P5) 15. Berkontribusi dalam mengembangkan profesi keperawatan(C3,A6, P5) 16. Menggunakan hasil penelitian untuk diterapkan dalam pemberian asuhan keperawatan(C3,A6, P5)
Pustaka Utama: 1. Markum, A.H. (1999). Buku ajar ilmu kesehatan anak. Jilid I. Jakarta: Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Indonesia 2. Wong and whaley. 1996. Clinical Manual of Pediatric Nursing, St. Louis : Mosby Year Book 3. Wong, D.I., Kasprisin C & Hess, C., (1996). Clinical manual of pediatric nursing, St. Louis : Mosby 4. Wong. D.L., & Hockenberry, M. J. (2003). Nursing care of infants and children, (7th edition), St. Louis : Mosby
Pendukung 1. Ball. J.W., & Bindler, R. C. (2003). Pediatric Nursing : Caring for Children. New Jersey : Prentice Hall 2. Barbara, V.W. et. al. 2000. Nursing Care of the General Pediatric Surgical Patient. Maryland : Aspen Publication 3. Bowden, V. R., Dickey, S. B., & Greenberg, C. S. (1998). Children and their families: The continuum of care. Philadelphia: W.B.Saunders Company 4. Hay, W, et. al. 1997. Current Pediatric Diagnosis and Treatment, Connecticut : Appleton dan Lange
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
Modul pembelajaran dokumen : windows, Office zoom meeting/goegle meet LCD Nursing kit modul pedoman praktek
Team Teaching / Single Teaching Team Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi laporan kasus/makalah, Tes tertulis UTS dan UAS, logbook mahasiswa dan SAP
Pendekatan Pembelajaran SCL 1. Praktikum 2. Case-Based Learning: Study kasus, problem solving 3. Team-Based Method: Problem Solving, seminar, penyuluhan 4. Tugas
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan termoregulasi: MAS, RDS, Prematur dan BBLR, penyakit infeksi (Typhoid, sepsis neonatorum, NEC, kejang demam, Morbili) hiperbilirubinemia, luka bakar asuhan keperawatan anak dengan gangguan termoregulasi : MAS, RDS, Prematur dan BBLR, penyakit infeksi (Typhoid, sepsis neonatorum, NEC, kejang demam, Morbili) hiperbilirubinemia, luka bakar Problem Based Learning (PBL), Laporan kasus dan operan dinas, Small Group Discussion (SGD), Praktikum Ketepatan dalam mendemontrasikan dengan benar tentang asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan termoregulasi: MAS, RDS, Prematur dan BBLR, penyakit infeksi (Typhoid, sepsis neonatorum, NEC, kejang demam, Morbili) hiperbilirubinemia, luka bakar . Makalah/presentasi 5%
2 Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan oksigenasi akibat neonatorum, RDS, ISPA/Pneumonia, Asma, Anemia, tuberkulosis, thalasemia, masalah kelainan jantung bawaan (ToF, PDA, VSD, ASD asuhan keperawatan pada anak dengan gangguan oksigenasi akibat neonatorum, RDS, ISPA/Pneumonia, Asma, Anemia, tuberkulosis, thalasemia, masalah kelainan jantung bawaan (ToF, PDA, VSD, ASD) Laporan kasus dan operan dinas, Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Praktikum, Demonstrasi Ketepatan dalam mendemontrasikan dengan benar suhan keperawatan anak dengan gangguan oksigenasi akibat neonatorum, RDS, ISPA/Pneumonia, Asma, Anemia, tuberkulosis, thalasemia, masalah kelainan jantung bawaan (ToF, PDA, VSD, ASD) Makalah/presentasi 5%
3 Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan masalah keganasan: leukemia, retinoblastoma, rabdomiosarkoma, limfoma meningoensefalokel, maligna, SOL, osteosarkoma, Tumor Wilm asuhan keperawatan anak dengan masalah keganasan: leukemia, retinoblastoma, rabdomiosarkoma, limfoma meningoensefalokel, maligna, SOL, osteosarkoma, Tumor Wilm Small Group Discussion (SGD), Praktikum, Demonstrasi ketepatan dalam mendemontrasikan dengan benar dalam membuat asuhan keperawatan pada anak dengan masalah keganasan: leukemia, retinoblastoma, rabdomiosarkoma, limfoma meningoensefalokel, maligna, SOL, osteosarkoma, Tumor Wilm Makalah/presentasi 5%
4 Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan eliminasi akibat kelainan kongenital: Hirschprung, Malformasi anorektal, Hipospadia, Labiopalatoskizis, atresia esophagus, gastroschisis dan omphalocele, ileus obstruksi, stenosis pylorus asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan eliminasi akibat kelainan kongenital: Hirschprung, Malformasi anorektal, Hipospadia, Labiopalatoskizis, atresia esophagus, gastroschisis dan omphalocele, ileus obstruksi, stenosis pylorus Diskusi, Praktikum, Demonstrasi ketepatan dalam membuat asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan eliminasi akibat kelainan kongenital: Hirschprung, Malformasi anorektal, Hipospadia, Labiopalatoskizis, atresia esophagus, gastroschisis dan omphalocele, ileus obstruksi, stenosis pylorus Makalah/presentasi 5%
5 Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit :, Diare, DHF, NS, glomerulonefritis akut dan kronis, GGA dan GGK asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit :, Diare, DHF, NS, glomerulonefritis akut dan kronis, GGA dan GGK Diskusi, Praktikum, Demonstrasi ketepatan dalam membuat asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit :, Diare, DHF, NS, glomerulonefritis akut dan kronis, GGA dan GGK Makalah/presentasi 5%
6 Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan nutrisi: KEP/ malnutrisi, Juvenile DM, Obesitas asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan nutrisi: KEP/ malnutrisi, Juvenile DM, Obesitas Diskusi, Praktikum, Demonstrasi ketepatan dalam membuat asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan nutrisi: KEP/ malnutrisi, Juvenile DM, Obesitas Makalah/presentasi 5%
7 Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan pertumbuhan dan perkembangan: Autism, ADHD, retardasi mental asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan pertumbuhan dan perkembangan: Autism, ADHD, retardasi mental Diskusi, Praktikum, Demonstrasi ketepatan dalam membuat asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan pertumbuhan dan perkembangan: Autism, ADHD, retardasi mental Makalah/presentasi 5%
8 Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan keamanan fisik: Meningitis. Encephalitis, Hiperbilirubinemia, Kejang, epilepsi, fraktur, apendisitis, hydrocephalus asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan keamanan fisik: Meningitis. Encephalitis, Hiperbilirubinemia, Kejang, epilepsi, fraktur, apendisitis, hydrocephalus Diskusi, Praktikum, Demonstrasi ketepatan dalam membuat dan melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan keamanan fisik: Meningitis. Encephalitis, Hiperbilirubinemia, Kejang, epilepsi, fraktur, apendisitis, hydrocephalus Makalah/presentasi 5%
9 Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan psiko-sosial asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan psiko-sosial Diskusi, Praktikum, Demonstrasi ketepatan dalam membuat asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan psiko-sosial Makalah/presentasi 5%
10 Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Anak dengan gangguan sistem imun: SLE, HIV/AIDS asuhan keperawatan pada Anak dengan gangguan sistem imun: SLE, HIV/AIDS Diskusi, Praktikum, Demonstrasi ketepatan dalam membuat asuhan keperawatan pada Anak dengan gangguan sistem imun: SLE, HIV/AIDS Makalah/presentasi 5%
11 setelah mendapat perkuliahan keperawtan anak mahasiswa mampu Membuat klasifikasi dan tindakan dari kasus yang diperoleh di Puskesmas dengan pendekatan managemen balita sakit ( MTBS) Membuat klasifikasi dan tindakan dari kasus yang diperoleh di Puskesmas dengan pendekatan managemen balita sakit ( MTBS) Laporan kasus dan operan dinas, Diskusi, Praktikum, Demonstrasi ketepatan dalam membuat Membuat klasifikasi dan tindakan dari kasus yang diperoleh di Puskesmas dengan pendekatan managemen balita sakit ( MTBS) Makalah/presentasi 5%
12 CPK 1: (C3,A6, P5) (conceptual knowledge) Mahasiswa mampu komunikasi yang efektif dalam pemberian asuhan keperawatan anak dengan berbagai tingkat usia dalam konteks keluarga komunikasi Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Praktikum Mampu mempraktekkan komunikasi dengan pasien logbook mahasiswa dan SAP 5%
13 Setelah menyelesaikan mata kuliah Keperawatan anak mahasiswa mampu melakukan asuhan keperawatan pada Bayi dan anak dengan gangguan termoregulasi: MAS, RDS, Prematur dan BBLR, penyakit infeksi (Typhoid, sepsis neonatorum, NEC, kejang demam, Morbili) hiperbilirubinemia, luka bakar Asuhan keperawatan pada bayi dan anak dengan gangguan termoregulasi : MAS, RDS, BBLR, Thypoid, Morbili Problem Based Learning (PBL), Small Group Discussion (SGD), Praktikum ketepatan mahasiswa dalam Melaksanakan asuhan keperawatan pada bayi dan anak dengan gangguan termoregulasi : MAS, RDS, BBLR, Thypoid, Morbili laporan kasus/makalah 5%
14 Mahasiswa mampu Mendemonstrasikan keterampilan teknis keperawatan yang sesuai dengan dengan standar yang berlaku atau secara kreatif dan inovatif agar pelayanan yang diberikan efisien dan efektif pada klien anak Keterampilan teknis keperawatan yang sesuai dengan dengan standar yang berlaku atau secara kreatif dan inovatif agar pelayanan yang diberikan efisien dan efektif pada klien anak Problem Based Learning (PBL), Praktikum, Demonstrasi Mampu mendemonstrasikan keterampilan teknis keperawatan logbook mahasiswa dan SAP 10%
15 Mahasiswa mampu Menggunakan hasil penelitian untuk diterapkan dalam pemberian asuhan keperawatan anak jurnal penelitian Belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan, Laporan kasus dan operan dinas, Diskusi, Small Group Discussion (SGD), Praktikum Mampu menggunakan hasil penelitian untuk diterapkan dalam pemberian asuhan keperawatan anak logbook mahasiswa dan SAP 10%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 Makalah 30
2 UTS 10
3 UAS 10
4 PRESENTASI DAN DISKUSI 20
5 laporan kasus 30