Minggu Ke- |
Sub CPMK |
Materi Pembelajaran [Pustaka] |
Metode / Strategi Pembelajaran |
Assessment |
Indikator |
Bentuk |
Bobot |
1 |
Mengidentifikasi, menjelaskan deskripsi mata ajar, standar kompetensi dan ruang lingkup perkuliahan Pancasila |
Perkenalan, kontrak belajar ,penyampaian visi misi dan pembagian Silabus, Pengantar Perkuliahan ( Urgensi Pendidikan Pancasila)
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Kemampuan memahami dan mengerjakan tugas yang diberikan |
presensi
|
2% |
2 |
Mengidentifikasi, menjelaskan deskripsi mata ajar, standar kompetensi dan ruang lingkup perkuliahan Pancasila |
Perkenalan, kontrak belajar ,penyampaian visi misi dan pembagian Silabus, Pengantar Perkuliahan ( Urgensi Pendidikan Pancasila)
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Kemampuan memahami dan mengerjakan tugas yang diberikan |
presensi
|
2% |
3 |
Mahasiswa mampu Mendeskripsikan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia |
Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia:
1. Era Pra Kemerdekaan
2. Era Kemerdekaan
3. Era Orde Lama
4. Era Orde Baru
5. Era Reformasi
Peran dan Fungsi Pancasila Sebagai :
1. Dasar Negara
2. Idiologi Bngsa
3. Sistem Etika
4. Sistem Filsafat
|
Diskusi, Demonstrasi |
• Ketajaman Mendeskripsikan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia
• Kesesuaian Menganalisis Pancasila era pra kemerdekaan, era kemerdekaan, era orde lama, era orde baru dan era reformasi |
Hasil Proyek / Tugas Kelompok
|
4% |
4 |
Mahasiswa mampu Mendeskripsikan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia |
Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia:
1. Era Pra Kemerdekaan
2. Era Kemerdekaan
3. Era Orde Lama
4. Era Orde Baru
5. Era Reformasi
Peran dan Fungsi Pancasila Sebagai :
1. Dasar Negara
2. Idiologi Bngsa
3. Sistem Etika
4. Sistem Filsafat
|
Diskusi, Demonstrasi |
• Ketajaman Mendeskripsikan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia
• Kesesuaian Menganalisis Pancasila era pra kemerdekaan, era kemerdekaan, era orde lama, era orde baru dan era reformasi |
Tugas individu
|
4% |
5 |
Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui :
Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu
Dan Karya seni dan budaya lain |
Internalisasi Nilai2 Pancasila Dalam Kehidupan sehari2
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Demonstrasi |
Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal |
Hasil Proyek / Tugas Kelompok
|
3% |
6 |
Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui :
Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu
Dan Karya seni dan budaya lain |
Internalisasi Nilai2 Pancasila Dalam Kehidupan sehari2
|
Diskusi, Demonstrasi |
Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal |
Tugas individu
|
5% |
7 |
Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui :
Pementasan Teater
Parodi, Gerak dan Lagu
Dan Karya seni dan budaya lain |
Internalisasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan sehari-hari
|
Diskusi, Demonstrasi |
Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal |
Hasil Proyek / Tugas Kelompok
|
4% |
8 |
Evaluasi Tengah Semester |
9 |
Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui :
Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu
Dan Karya seni dan budaya lain |
Internalisasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
Diskusi, Demonstrasi |
Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal |
Hasil Proyek / Tugas Kelompok
|
5% |
10 |
Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui :
Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu
Dan Karya seni dan budaya lain |
Internalisasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
Diskusi, Demonstrasi |
Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal |
Tugas individu
|
4% |
11 |
Mahasiswa mampu membuat perencanaan dan bekerja sama yang baik |
Persiapan Stadium General.
|
Diskusi, Demonstrasi |
Kerja sama dalam melaksanakan kegiatan |
Hasil Proyek / Tugas Kelompok
|
2% |
12 |
Mahasiswa mampu membuat perencanaan dan bekerja sama yang baik |
Persiapan Stadium General.
|
Diskusi, Demonstrasi |
Kerja sama dalam melaksanakan kegiatan |
Hasil Proyek / Tugas Kelompok
|
2% |
13 |
Mahasiswa memahami pelaksanaan dan pengamalan pancasila dalam system ketatanegaraaan dari sumber yang terpercaya/profesional. |
Pelaksanaan Stadium General
|
Seminar kecil tentang kasus atau IPTEK kesehatan terkini, Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Kritis dan mampu berpartisipasi dalam diskusi. |
Tugas individu
|
3% |
14 |
Mahasiswa memahami pelaksanaan dan pengamalan pancasila dalam system ketatanegaraaan dari sumber yang terpercaya/profesional. |
Pelaksanaan Stadium General
|
Seminar kecil tentang kasus atau IPTEK kesehatan terkini, Diskusi |
Kritis dan mampu berpartisipasi dalam diskusi. |
Hasil Proyek / Tugas Kelompok
|
3% |
15 |
Mahasiswa mampu menagkap nformasi dengan baik dan benar tentang Pelaksanaan Pancasila dalam system ketatanegaran di Indonesia. |
Presentasi hasil mengikuti stadium general
|
Diskusi, Demonstrasi |
Ketepatan: Ketelitian dalam mempresentasikan telaah makna Pancasila sebagai ideologi negara |
Hasil Proyek / Tugas Kelompok
|
7% |
16 |
Evaluasi Akhir Semester |