RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026

FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIK)

PROGRAM STUDI: ILMU KEPERAWATAN

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Pancasila 73WN62502 Mata Kuliah Wajib Nasional Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
2 0 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 03 09 2025
WIM BANU UKHROWI S.S.,M.Pd WIM BANU UKHROWI S.S.,M.Pd ZULFA KHUSNIYAH S.Kep,M.Kep,M.Pd I
NIDN: 0709107802 NIDN: 0709107802 NIDN: 0726067602
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
CPL-1 Mampu menjalankan Asuhan Keperawatan sesuai kode etik keperawatan Indonesia, berpikir logis, kritis, sistematis dan kreatif, inovatif, bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta bertanggung jawab secara ilmiah kepada masyarakat profesi dan klien dengan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan khususnya terapi komplementer akupoint dengan memperhatikan nilai-nilai akhlaqul karimah
KU11 Mampu berkomunikasi dalam bahasa asing (Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Bahasa Perancis)
KK5 Mampu melaksanakan edukasi dengan ketrampilan komunikasi dalam asuhan keperawatan dan informasi ilmiah
CPL-3 Mampu melaksanakan pengorganisasian asuhan keperawatan dan berkoordinasi dengan tim kesehatan dengan menunjukkan sikap kepemimpinan untuk mencapai tujuan perawatan klien
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Memiliki kemampuan analisis, berfikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 2. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi berdasarkan nilai-nilai Pancasila. 3. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). 4. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan. 5. Memiliki karakter ilmuwan dan professional Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sub CPMK
1. Mengidentifikasi, menjelaskan deskripsi mata ajar, standar kompetensi dan ruang lingkup perkuliahan Pancasila 2. Mahasiswa mampu Mendeskripsikan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia 3. Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain 4. Mahasiswa mampu membuat perencanaan dan bekerja sama yang baik 5. Mahasiswa memahami pelaksanaan dan pengamalan pancasila dalam system ketatanegaraaan dari sumber yang terpercaya/profesional. 6. Mahasiswa mampu menagkap nformasi dengan baik dan benar tentang Pelaksanaan Pancasila dalam system ketatanegaran di Indonesia.
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6
CPMK 1 v
CPMK 2 v
CPMK 3 v
CPMK 4 v v
CPMK 5 v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep Pancasila sebagai salah satu pilar kebangsaan Indonesia, sebagai dasar Negara dan ideologi nasional, dan sebagai sumber rujukan dan inspirasi bagi upaya menjawab tantangan kehidupan bangsa beserta aplikasinya dalam konteks pelayanan kesehatan secara umum dan secara khusus dalam memberikan asuhan keperawatan yang diperuntukkan bagi individu, kelompok, keluarga dan masyarakat, serta dalam tim kesehatan untuk berbagai tatanan baik praktik klinis maupun komunitas. Dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan dan memperhatikan aspek legal, etis ditatanan klinik maupun komunitas.
Pokok Bahasan
1. Urgensi Pendidikan Pancasila. 2. Pancasila dalam kajian sejarah bangsa 3. Pancasila sebagai Idiologi Bangsa 4. Pancasila Sebagai Dasar Negara 5. Pancasila Sebagai Sistem Filsafat 6. Pancasila sebagai system etika 7. Pancasila sebagai Landasan pengembangan Ilmu Pengetahuan
Pustaka Utama: Buku Ajar Tim Konsorsium Unipdu Pendidikan Pancasila Untuk PT ( Dikti) KAELAN, M.S. 2016. Pendidikan Pancasila, Edisi Reformasi, Paradigma Yogyakarta.
Pendukung Rindjin, Ketut, 2012, Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Bakry, Noor Ms., 2010, Pendidikan Pancasila, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.Kaelan, 2000, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta. Ir. Sukarno, editor H Amin Arjoso, SH Tjamkan Pancasila Dasar Falsafah Negara”, Jakarta, Penerbit Panitia Nasional Peringatan Lahirnya Pancasila 1 Juni 1945 – 1 Juni 1964 Latif, Yudi.(2014). Pancasila Mata Air Keteladanan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Satrio Wahono, Surajiyo, Donie Kadewandana Malik. (2017). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi.Jakarta: Akademika
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
PowerPoint Slides (PPT) Video sumber-sumber internet yang relevan dan valid LCD projector Audio devices spidol laptop/PC
Team Teaching / Single Teaching Single Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi presensi, Tugas individu, Hasil Proyek / Tugas Kelompok, UTS, UAS
Pendekatan Pembelajaran SCL Discovery learning Project-based learning Problem-based learning
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Mengidentifikasi, menjelaskan deskripsi mata ajar, standar kompetensi dan ruang lingkup perkuliahan Pancasila Perkenalan, kontrak belajar ,penyampaian visi misi dan pembagian Silabus, Pengantar Perkuliahan ( Urgensi Pendidikan Pancasila) Tutorial/ ceramah, Diskusi Kemampuan memahami dan mengerjakan tugas yang diberikan presensi 2%
2 Mengidentifikasi, menjelaskan deskripsi mata ajar, standar kompetensi dan ruang lingkup perkuliahan Pancasila Perkenalan, kontrak belajar ,penyampaian visi misi dan pembagian Silabus, Pengantar Perkuliahan ( Urgensi Pendidikan Pancasila) Tutorial/ ceramah, Diskusi Kemampuan memahami dan mengerjakan tugas yang diberikan presensi 2%
3 Mahasiswa mampu Mendeskripsikan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia: 1. Era Pra Kemerdekaan 2. Era Kemerdekaan 3. Era Orde Lama 4. Era Orde Baru 5. Era Reformasi Peran dan Fungsi Pancasila Sebagai : 1. Dasar Negara 2. Idiologi Bngsa 3. Sistem Etika 4. Sistem Filsafat Diskusi, Demonstrasi • Ketajaman Mendeskripsikan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia • Kesesuaian Menganalisis Pancasila era pra kemerdekaan, era kemerdekaan, era orde lama, era orde baru dan era reformasi Hasil Proyek / Tugas Kelompok 4%
4 Mahasiswa mampu Mendeskripsikan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia: 1. Era Pra Kemerdekaan 2. Era Kemerdekaan 3. Era Orde Lama 4. Era Orde Baru 5. Era Reformasi Peran dan Fungsi Pancasila Sebagai : 1. Dasar Negara 2. Idiologi Bngsa 3. Sistem Etika 4. Sistem Filsafat Diskusi, Demonstrasi • Ketajaman Mendeskripsikan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia • Kesesuaian Menganalisis Pancasila era pra kemerdekaan, era kemerdekaan, era orde lama, era orde baru dan era reformasi Tugas individu 4%
5 Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain Internalisasi Nilai2 Pancasila Dalam Kehidupan sehari2 Tutorial/ ceramah, Diskusi, Demonstrasi Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal Hasil Proyek / Tugas Kelompok 3%
6 Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain Internalisasi Nilai2 Pancasila Dalam Kehidupan sehari2 Diskusi, Demonstrasi Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal Tugas individu 5%
7 Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater Parodi, Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain Internalisasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan sehari-hari Diskusi, Demonstrasi Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal Hasil Proyek / Tugas Kelompok 4%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain Internalisasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari Diskusi, Demonstrasi Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal Hasil Proyek / Tugas Kelompok 5%
10 Mahasiswa mampu mempraktekan dan mengambil pelajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,melalui : Pementasan Teater, Parodi Gerak dan Lagu Dan Karya seni dan budaya lain Internalisasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari Diskusi, Demonstrasi Kesesuain Nilai-nilai dalam Pancasila dalam karya seni lokal Tugas individu 4%
11 Mahasiswa mampu membuat perencanaan dan bekerja sama yang baik Persiapan Stadium General. Diskusi, Demonstrasi Kerja sama dalam melaksanakan kegiatan Hasil Proyek / Tugas Kelompok 2%
12 Mahasiswa mampu membuat perencanaan dan bekerja sama yang baik Persiapan Stadium General. Diskusi, Demonstrasi Kerja sama dalam melaksanakan kegiatan Hasil Proyek / Tugas Kelompok 2%
13 Mahasiswa memahami pelaksanaan dan pengamalan pancasila dalam system ketatanegaraaan dari sumber yang terpercaya/profesional. Pelaksanaan Stadium General Seminar kecil tentang kasus atau IPTEK kesehatan terkini, Tutorial/ ceramah, Diskusi Kritis dan mampu berpartisipasi dalam diskusi. Tugas individu 3%
14 Mahasiswa memahami pelaksanaan dan pengamalan pancasila dalam system ketatanegaraaan dari sumber yang terpercaya/profesional. Pelaksanaan Stadium General Seminar kecil tentang kasus atau IPTEK kesehatan terkini, Diskusi Kritis dan mampu berpartisipasi dalam diskusi. Hasil Proyek / Tugas Kelompok 3%
15 Mahasiswa mampu menagkap nformasi dengan baik dan benar tentang Pelaksanaan Pancasila dalam system ketatanegaran di Indonesia. Presentasi hasil mengikuti stadium general Diskusi, Demonstrasi Ketepatan: Ketelitian dalam mempresentasikan telaah makna Pancasila sebagai ideologi negara Hasil Proyek / Tugas Kelompok 7%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 Keaktifan dan presensi 15
2 Tugas individu 10
3 Hasil Proyek / Tugas Kelompok 25
4 UTS 25
5 UAS 25