RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026

FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIK)

PROGRAM STUDI: ILMU KEPERAWATAN

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Falsafah dan Teori Keperawatan 73WP62501 Mata Kuliah Wajib Prodi Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
3 0 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 01 09 2025
MUKHOIROTIN S.Kep,M.Kep,Ners MUKHOIROTIN S.Kep,M.Kep,Ners ZULFA KHUSNIYAH S.Kep,M.Kep,M.Pd I
NIDN: 0728037802 NIDN: 0728037802 NIDN: 0726067602
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
CPL-1 Mampu menjalankan Asuhan Keperawatan sesuai kode etik keperawatan Indonesia, berpikir logis, kritis, sistematis dan kreatif, inovatif, bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta bertanggung jawab secara ilmiah kepada masyarakat profesi dan klien dengan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan khususnya terapi komplementer akupoint dengan memperhatikan nilai-nilai akhlaqul karimah
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Memahami dan menerapkan falsafah, dan paradigma keperawatan 2. Menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih dalam berbagai situasi
Sub CPMK
1. Mampu menggunakan konsep teoritis falsafah keperawatan untuk mengatasi masalah sesuai situasi yang diberikan 2. Mampu menerapkan paradigma keperawatan untuk mengatasi masalah sesuai situasi yang diberikan 3. Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan 4. Mampu menganalisis prinsip keperawatan holistik dan pendekatan sistem dalam keperawatan yang sesuai dengan situasi yang diberikan
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4
CPMK 1 v v v
CPMK 2 v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas tentang Falsafah, paradigma dan teori keperawatan dari berbagai jenjang/tingkatan, konsep holistik care, dan konsep sistem dan pendekatan sistem dalam konteks keperawatan. Metode pembelajaran yang digunakan terutama adalah explanatory learning, collaborative learning dan diskusi dengan narasumber.
Pokok Bahasan
1. Falsafah dan paradigma keperawatan a. Pengertian falsafah dan falsafah keperawatan b. Paradigma dan paradigma keperawatan c. Konsep sentral paradigma keperawatan 2. Teori Keperawatan a. Definisi teori dan teori keperawatan b. Komponen suatu teori c. Sejarah Perkembangan keperawatan di Indonesia dan Dunia d. Jenis atau tingkatan teori (Nursing Philosophy, Conceptual Models, Grand Nursing Theory, Middle Range Nursing Theory) e. Teori keperawatan yang terpilih dari jenjang philosophy 1) Nightingale’s Philosophy of Nursing Practice 2) Benner’s Philosophy of Nursing Practice 3) Watson’s Philosophy and Science of Caring 4) Virginia Henderson: Prinsip-prinsip dan praktik keperawatan 5) Faye Glenn Abdellah: Pendekatan yang berpusat pada pasien dalam keperawatan 6) Ernestine Wiedenbach: Keperawatan klinik: seni menolong f. Teori keperawatan terpilih dari jenjang model konseptual 1) Orem Self-Care Model 2) Roy Adaptation Model 3) Myra Estrin Levine: Model Konservasi 4) Martha E Roger: Kesatuan Manusia 5) Imogene King: Kerangka Kerja Sistem Interaksi 6) Betty Neuman: Model Sistem g. Teori keperawatan jenjang grand theories 1) Culture Care Theory Leininger, 2) Health Promotion Model Pender; 3) Theory of Nursing as Caring Boykin & Schoenhofer 4) Ida Jean Orlando: Teori Proses Keperawatan 5) Helen C. Erickson, Evelyn M. Tomlin, 6) Mary Ann P. Swain: Modeling and Role-Modeling . h. Teori keperawatan jenjang middle range theories 1) Theory of Comfort Kolcaba 2) Theory of Caring Swanson 3) Theory of Self Transcendence Pamela Reed 4) Theory Maternal Role Attainment- Becoming A Mother Ramona Mercer 5) Peaceful End of Life Theory Ruland & Moore 3. Konsep holistik care a. Holisme b. Humaniasme 4. Konsep sistem dan pendekatan sistem a. Konnsep sistem b. Komponen sistem c. Proses input, Transformasi dn Output d. Hubungan sistem dengan sub sistem e. Lingkungan dan Kesehatan atau pelayanan Kesehatan f. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan kesehayan g. Mekanisme umpan balik h. Pelayanan Keperawatana sebagai integral dari pelayanan kesehatan
Pustaka Utama: Alfaro-LeFevre R. (2013). Critical Thinking, Clinical Reasoning, and Clinical Judgment. 5th edition. Saunders: Elsevier Inc. Alligood, M.R. (2014). Nursing Theorists and Their Work. 8th edition Mosby: Elsevier InBerman, A.T., Snyder, S. & Frandsen, G. (2016). Kozier & Erb's Fundamentals of Nursing. 10th Edition. Prentice Hall. Potter, P., Perry, A., Stockert, P., & Hal, A. (2017). Fundamentals of nursing: Concepts, process, and practice. 9th Ed. St. Louis, MI: Elsevier Mosby.
Pendukung Marriner-Tomey & Alligood, M.R. (2010). Nursing Theorists and Their Works. Seventh Edition. St. Louis: Mosby Elsevier, Inc Rubenfeld, M.G. & Scheffer, B.K. (2010). Critical Thinking Tactics for nurses, 2nd Ed.Jones and Bartlett Publishers.
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
MS Office Power Point Windows Media Player Internet explore/Firefox/ Chrome LCD Whiteboard
Team Teaching / Single Teaching Team Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi Ujian tulis, Presentasi, Tugas makalah (project), Keaftifan partisipatif
Pendekatan Pembelajaran SCL 1. Lecture 2. Small Group Discussion 3. Explanatory learning 4. Collaborative learning
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Mengidentifikasi, memahami deskripsi mata ajar, standar kompetensi dan ruang lingkup perkuliahan falsafah dan teori keperawatan 1. Deskripsi mata ajar falsafah dan teori keperawatan 2. Outcome Learning falsafah dan teori keperawatan 3. Garis besar mata ajar falsafah dan teori keperawatan Tutorial/ ceramah, Diskusi Ketepatan mendengarkan dan memahami 1. Deskripsi mata ajar falsafah dan teori keperawatan 2. Outcome Learning falsafah dan teori keperawatan 3. Garis besar mata ajar falsafah dan teori keperawatan Keaftifan partisipatif 1%
2 Mampu menggunakan konsep teoritis falsafah keperawatan untuk mengatasi masalah sesuai situasi yang diberikan 1. Definisi filsafat/falsafah dan falsafah keperawatan 2. Definisi pengetahuan dan ilmu pengetahuan 3. Definisi Filsafat Ilmu 4. Objek kajian filsafat 5. Sejarah perkembangan ilmu 6. Keperawatan sebagai ilmu Tutorial/ ceramah, Diskusi Mampu menjelaskan pengertian falsafah dan falsafah keperawatan Ujian tulis 4%
3 Mampu menerapkan paradigma keperawatan untuk mengatasi masalah sesuai situasi yang diberikan 1. Pengertian paradigma keperawatan 2. Fungsi paradigma keperawatan 3. Kriteria dan pembagian paradigma keperawatan 4. komponen paradigma keperawatan Tutorial/ ceramah, Diskusi Mampu menjelaskan paradigma dan paradigma keperawatan Ujian tulis 5%
4 Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan 1. Pendekatan sejarah 2. Pendekatan menurut beberapa pakar 3. Klasifikasi berdasarkan fungsi 4. Komponen suatu teori 5. Hubungan paradigma dan teori keperawatan Tutorial/ ceramah, Diskusi Mampu menjelaskan definisi teori dan teori keperawatan Ujian tulis 5%
5 Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan Sejarah Perkembangan keperawatan di Indonesia dan Dunia Tutorial/ ceramah, Diskusi Mampu menjelaskan Sejarah Perkembangan keperawatan di Indonesia dan Dunia Ujian tulis 5%
6 Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan 1. Nursing Philosophy 2. Conceptual Models 3. Grand Nursing Theory 4. Middle Range Nursing Theory Tutorial/ ceramah, Diskusi Mampu menjelaskan Jenis atau tingkatan teori Ujian tulis 5%
7 Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan 1. Nightingale’s Philosophy of Nursing Practice 2. Benner’s Philosophy of Nursing Practice 3. Watson’s Philosophy and Science of Caring 4. Virginia Henderson: Prinsip-prinsip dan praktik keperawatan Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD) Mampu menjelaskan teori keperawatan yang terpilih dari jenjang philosophy Presentasi 10%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan 1. Culture Care Theory Leininger, 2. Health Promotion Model Pender; 3. Theory of Nursing as Caring Boykin & Schoenhofer Tutorial/ ceramah, Diskusi Mampu menjelaskan teori keperawatan jenjang grand theories Ujian tulis 10%
10 Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan 1. Ida Jean Orlando: Teori Proses Keperawatan 2. Helen C. Erickson, Evelyn M. Tomlin, 3. Mary Ann P. Swain: Modeling and Role-Modeling Tutorial/ ceramah, Diskusi Mampu menjelaskan teori keperawatan jenjang grand theories Ujian tulis 5%
11 Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan 1. Peaceful End of Life Theory Ruland & Moore 2. Theory of Caring Swanson 3. Theory of Self Transcendence Pamela Reed Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD) Mampu menjelaskan teori keperawatan jenjang middle range theories Presentasi 10%
12 Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan 1. Theory Maternal Role Attainment- Becoming A Mother Ramona Mercer 2. Theory of Comfort Kolcaba Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD) Mampu menjelaskan teori keperawatan jenjang middle range theories Presentasi 15%
13 Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan 1. Virginia Henderson: Prinsip-prinsip dan praktik keperawatan 2. Faye Glenn Abdellah: Pendekatan yang berpusat pada pasien dalam keperawatan 3. Ernestine Wiedenbach: Keperawatan klinik: seni menolong Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD) Mampu menjelaskan teori keperawatan yang terpilih dari jenjang philosophy Presentasi 15%
14 Mampu menganalisis prinsip keperawatan holistik dan pendekatan sistem dalam keperawatan yang sesuai dengan situasi yang diberikan 1. Konsep holistic care 2. Konsep humanisme 3. Ciri-ciri teori humanisme Tutorial/ ceramah, Diskusi Mampu menjelaskan konsep holistic care 1. Holisme 2. Humanisme Ujian tulis 5%
15 Mampu menganalisis prinsip keperawatan holistik dan pendekatan sistem dalam keperawatan yang sesuai dengan situasi yang diberikan 1. Konnsep sistem 2. Komponen sistem 3. Proses input, Transformasi dn Output 4. Hubungan sistem dengan sub sistem 5. Lingkungan dan Kesehatan atau pelayanan Kesehatan 6. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan kesehayan 7. Mekanisme umpan balik 8. Pelayanan Keperawatana sebagai integral dari pelayanan kesehatan Tutorial/ ceramah, Diskusi Mampu menjelaskan konsep sistem dan pendekatan sistem Ujian tulis 5%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 Ujian tulis 40
2 Presentasi 30
3 Tugas makalah (project) 15
4 Keaftifan partisipatif 15