Minggu Ke- |
Sub CPMK |
Materi Pembelajaran [Pustaka] |
Metode / Strategi Pembelajaran |
Assessment |
Indikator |
Bentuk |
Bobot |
1 |
Mengidentifikasi, memahami deskripsi mata ajar, standar kompetensi dan ruang lingkup perkuliahan falsafah dan teori keperawatan |
1. Deskripsi mata ajar falsafah dan teori keperawatan
2. Outcome Learning falsafah dan teori keperawatan
3. Garis besar mata ajar falsafah dan teori keperawatan
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Ketepatan mendengarkan dan memahami
1. Deskripsi mata ajar falsafah dan teori keperawatan
2. Outcome Learning falsafah dan teori keperawatan
3. Garis besar mata ajar falsafah dan teori keperawatan |
Keaftifan partisipatif
|
1% |
2 |
Mampu menggunakan konsep teoritis falsafah keperawatan untuk mengatasi masalah sesuai situasi yang diberikan |
1. Definisi filsafat/falsafah dan falsafah keperawatan
2. Definisi pengetahuan dan ilmu pengetahuan
3. Definisi Filsafat Ilmu
4. Objek kajian filsafat
5. Sejarah perkembangan ilmu
6. Keperawatan sebagai ilmu
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Mampu menjelaskan pengertian falsafah dan falsafah keperawatan |
Ujian tulis
|
4% |
3 |
Mampu menerapkan paradigma keperawatan untuk mengatasi masalah sesuai situasi yang diberikan |
1. Pengertian paradigma keperawatan
2. Fungsi paradigma keperawatan
3. Kriteria dan pembagian paradigma keperawatan
4. komponen paradigma keperawatan
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Mampu menjelaskan paradigma dan paradigma keperawatan |
Ujian tulis
|
5% |
4 |
Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan |
1. Pendekatan sejarah
2. Pendekatan menurut beberapa pakar
3. Klasifikasi berdasarkan fungsi
4. Komponen suatu teori
5. Hubungan paradigma dan teori keperawatan
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Mampu menjelaskan definisi teori dan teori keperawatan |
Ujian tulis
|
5% |
5 |
Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan |
Sejarah Perkembangan keperawatan di Indonesia dan Dunia
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Mampu menjelaskan Sejarah Perkembangan keperawatan di Indonesia dan Dunia |
Ujian tulis
|
5% |
6 |
Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan |
1. Nursing Philosophy
2. Conceptual Models
3. Grand Nursing Theory
4. Middle Range Nursing Theory
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Mampu menjelaskan Jenis atau tingkatan teori |
Ujian tulis
|
5% |
7 |
Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan |
1. Nightingale’s Philosophy of Nursing Practice
2. Benner’s Philosophy of Nursing Practice
3. Watson’s Philosophy and Science of Caring
4. Virginia Henderson: Prinsip-prinsip dan praktik keperawatan
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD) |
Mampu menjelaskan teori keperawatan yang terpilih dari jenjang philosophy |
Presentasi
|
10% |
8 |
Evaluasi Tengah Semester |
9 |
Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan |
1. Culture Care Theory Leininger,
2. Health Promotion Model Pender;
3. Theory of Nursing as Caring Boykin & Schoenhofer
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Mampu menjelaskan teori keperawatan jenjang grand theories |
Ujian tulis
|
10% |
10 |
Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan |
1. Ida Jean Orlando: Teori Proses Keperawatan
2. Helen C. Erickson, Evelyn M. Tomlin,
3. Mary Ann P. Swain: Modeling and Role-Modeling
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Mampu menjelaskan teori keperawatan jenjang grand theories |
Ujian tulis
|
5% |
11 |
Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan |
1. Peaceful End of Life Theory Ruland & Moore
2. Theory of Caring Swanson
3. Theory of Self Transcendence Pamela Reed
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD) |
Mampu menjelaskan teori keperawatan jenjang middle range theories |
Presentasi
|
10% |
12 |
Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan |
1. Theory Maternal Role Attainment- Becoming A Mother Ramona Mercer
2. Theory of Comfort Kolcaba
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD) |
Mampu menjelaskan teori keperawatan jenjang middle range theories |
Presentasi
|
15% |
13 |
Mampu menerapkan berbagai teori keperawatan terpilih untuk menyelesaikan masalah sesuai situasi yang diberikan |
1. Virginia Henderson: Prinsip-prinsip dan praktik keperawatan
2. Faye Glenn Abdellah: Pendekatan yang berpusat pada pasien dalam keperawatan
3. Ernestine Wiedenbach: Keperawatan klinik: seni menolong
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Small Group Discussion (SGD) |
Mampu menjelaskan teori keperawatan yang terpilih dari jenjang philosophy |
Presentasi
|
15% |
14 |
Mampu menganalisis prinsip keperawatan holistik dan pendekatan sistem dalam keperawatan yang sesuai dengan situasi yang diberikan |
1. Konsep holistic care
2. Konsep humanisme
3. Ciri-ciri teori humanisme
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Mampu menjelaskan konsep holistic care
1. Holisme
2. Humanisme |
Ujian tulis
|
5% |
15 |
Mampu menganalisis prinsip keperawatan holistik dan pendekatan sistem dalam keperawatan yang sesuai dengan situasi yang diberikan |
1. Konnsep sistem
2. Komponen sistem
3. Proses input, Transformasi dn Output
4. Hubungan sistem dengan sub sistem
5. Lingkungan dan Kesehatan atau pelayanan Kesehatan
6. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan kesehayan
7. Mekanisme umpan balik
8. Pelayanan Keperawatana sebagai integral dari pelayanan kesehatan
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Mampu menjelaskan konsep sistem dan pendekatan sistem |
Ujian tulis
|
5% |
16 |
Evaluasi Akhir Semester |