RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026

FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIK)

PROGRAM STUDI: ILMU KEPERAWATAN

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Bahasa Inggris Keperawatan 1 73WP62535 Mata Kuliah Wajib Prodi Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
2 0 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 04 09 2025
WIM BANU UKHROWI S.S.,M.Pd WIM BANU UKHROWI S.S.,M.Pd ZULFA KHUSNIYAH S.Kep,M.Kep,M.Pd I
NIDN: 0709107802 NIDN: 0709107802 NIDN: 0726067602
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
S1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menunjukkan sikap profesional, prinsip etik, perspektif hukum dan budaya dalam keperawatan
KU11 Mampu berkomunikasi dalam bahasa asing (Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Bahasa Perancis)
KK5 Mampu melaksanakan edukasi dengan ketrampilan komunikasi dalam asuhan keperawatan dan informasi ilmiah
P3 Mampu memahami ilmu keperawatan untuk melakukan asuhan keperawatan berdasarkan pendekatan proses keperawatan
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Menganalisis teks lisan (listening) dalam konteks keperawatan untuk memahami instruksi, saran, dan informasi pasien sebagai dasar komunikasi terapeutik. 2. Menerapkan struktur dan tata bahasa Inggris yang benar (structure and written expression) untuk menghasilkan dokumentasi asuhan keperawatan yang akurat. 3. Menganalisis teks tulis (reading) akademik dan profesional dalam keperawatan untuk memperoleh bukti ilmiah (evidence-based) dan informasi terkini.
Sub CPMK
1. Mengidentifikasi makna tersirat dan tersurat serta detail spesifik (who, where, topic) dalam percakapan atau monolog terkait situasi kesehatan. 2. Merespons secara tepat terhadap bentuk saran, peringatan, instruksi, dan kalimat negatif yang disampaikan dalam konteks asuhan keperawatan. 3. Mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam struktur kalimat (subject-verb agreement, connectors, modals) dan parts of speech (nouns, pronouns, verbs) pada sebuah teks. 4. Menyusun kalimat dan paragraf pendek yang koheren dan gramatikal tentang prosedur atau temuan dalam keperawatan. 5. Menentukan ide utama, informasi rinci, dan informasi tersirat dari teks jurnal keperawatan atau manual prosedur berbahasa Inggris. 6. Mengidentifikasi makna kosa kata teknis keperawatan dalam konteks (vocabulary in context) untuk memahami pesan utama teks.
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6
CPMK 1 v v
CPMK 2 v v
CPMK 3 v v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah bahasa Inggris ini berfokus pada penguasaan Bahasa Inggris untuk keperluan akademik dan klinis dalam keperawatan, khususnya melalui penguasaan tes TOEFL ITP. Mahasiswa akan mempelajari strategi menyelesaikan soal-soal Listening Comprehension, Structure and Written Expression, serta Reading Comprehension. Kemampuan ini ditujukan untuk mendukung keterampilan komunikasi terapeutik, dokumentasi asuhan keperawatan yang akurat, dan kemampuan membaca literatur evidence-based dalam Bahasa Inggris.
Pokok Bahasan
Introduction to TOEFL ITP; Listening Part A, Skill 1: Restatement Skill 2: Negatives; Skill 3: Suggestions Skill 4: Passives; Skill 5: Who and Where Listening Part B: Skill 1: The Questions; Skill 2: The Topic Skill 3: The order of the answers Structure: Skill 1: Subject and Verbs; Skill 2: Objects of Prepositions Skill 3: Present Participles; Skill 4: Past Participles Skill 5: Coordinate Connectors; Skill 6: Adverb Clause Connectors Written Expression: Skill 7: Base Form Verbs after Modals; Skill 8: Singular and Plural Nouns Skill 9: Subject and Object Pronouns; Skill 10: Pronoun Reference Reading: Skill 1: Main Idea Questions; Skill 2: Stated Detail Questions Skill 3: Unstated Detail Questions; Skill 4: Implied Detail Questions Skill 5: Vocabulary in Context Questions Skill 6: “Where” Questions
Pustaka Utama: Phillips, D. (2001). Longman Introductory Course for the TOEFL Test. Longman. Rogers, B. (2017). TOEFL Preparation Guide. Pearson Education.
Pendukung
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
PowerPoint Slides (PPT) Audio listening Modul Bahasa Inggris Audio devices TV LED
Team Teaching / Single Teaching Single Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi Tugas mandiri, UTS, UAS, projek
Pendekatan Pembelajaran SCL Project-based learning problem-based learning Inquiry learning
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Mahasiswa mampu memahami overview TOEFL ITP dan menerapkan Skill 1: Restatement dalam Listening Part A Pengenalan RPS, Kontrak kuliah Introduction to TOEFL ITP; Listening Part A, Skill 1: Restatement Tutorial/ ceramah, Diskusi, Demonstrasi, Role Play Ketepatan mengidentifikasi restatement pada latihan soal; Partisipasi aktif dalam diskusi dan role-play Tugas mandiri 2%
2 Mahasiswa mampu membedakan makna negatif dan mengidentifikasi ekspresi saran dalam instruksi keperawatan. Listening Part A: Skill 2: Negatives; Skill 3: Suggestions Tutorial/ ceramah, Diskusi Ketepatan dalam membedakan makna negatif dan mengidentifikasi ekspresi saran; Keaktifan dalam praktik dialog Tugas mandiri 2%
3 Mahasiswa mampu mengidentifikasi struktur kalimat pasif serta informasi pelaku (who) dan lokasi (where) dalam konteks medis. Listening Part A: Skill 4: Passives; Skill 5: Who and Where Tutorial/ ceramah, Diskusi, Role Play Ketepatan dalam mengidentifikasi struktur pasif dan informasi who/where; Kemampuan menjelaskan alur prosedur Tugas mandiri 2%
4 Mahasiswa mampu memprediksi pertanyaan dan menentukan topik utama dari percakapan panjang bertema kesehatan. Listening Part B: Skill 1: The Questions; Skill 2: The Topic Tutorial/ ceramah, Diskusi, Role Play Ketepatan dalam memprediksi pertanyaan dan menentukan topik; Kemampuan menyimpulkan konteks percakapan Tugas mandiri 2%
5 Mahasiswa mampu menyusun urutan informasi dan mencatat detail secara kronologis dari sebuah dialog atau monolog. Listening Part B: Skill 3: The order of the answers Diskusi Ketepatan dalam menyusun urutan informasi; Keakuratan dalam mencatat detail berurutan Tugas mandiri 2%
6 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan subject-verb agreement dan object of prepositions dalam teks medis pendek. Structure: Skill 1: Subject and Verbs; Skill 2: Objects of Prepositions Diskusi, Role Play Ketepatan dalam mengidentifikasi subjek-verb dan objek preposisi; Kemampuan mengoreksi kesalahan pada teks pendek Tugas mandiri 2%
7 Mahasiswa mampu menggunakan present dan past participle dengan benar untuk mendeskripsikan kondisi atau prosedur terhadap pasien. Structure: Skill 3: Present Participles; Skill 4: Past Participles Tutorial/ ceramah, Diskusi Ketepatan dalam membedakan dan menggunakan participle dengan benar; Kejelasan dalam mendeskripsikan Tugas mandiri 2%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Mahasiswa mampu menghubungkan klausa menggunakan coordinate dan adverb clause connectors untuk membuat kalimat kompleks yang koheren dalam konteks keperawatan. Structure: Skill 5: Coordinate Connectors; Skill 6: Adverb Clause Connectors Tutorial/ ceramah, Diskusi Ketepatan dalam menggunakan connector; Kebenaran dalam menyusun kalimat kompleks untuk prosedur Tugas mandiri 2%
10 Mahasiswa mampu menerapkan penggunaan base form setelah modals dan singular/plural nouns secara tepat dalam instruksi tertulis. Written Expression: Skill 7: Base Form Verbs after Modals; Skill 8: Singular and Plural Nouns Tutorial/ ceramah, Diskusi Ketepatan dalam mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan; Keakuratan menggunakan terminologi tepat Tugas mandiri 2%
11 Mahasiswa mampu memilih jenis pronoun yang tepat dan memperbaiki ambiguous pronoun reference dalam dokumentasi keperawatan. Written Expression: Skill 9: Subject and Object Pronouns; Skill 10: Pronoun Reference Tutorial/ ceramah, Diskusi Ketepatan dalam menggunakan pronoun dan merevisi ambiguous reference; Kejelasan makna dalam tulisan projek 2%
12 Mahasiswa mampu menentukan ide utama (main idea) dan menemukan informasi detail yang tersurat (stated detail) dari sebuah teks kesehatan. Reading: Skill 1: Main Idea Questions; Skill 2: Stated Detail Questions Tutorial/ ceramah, Diskusi Ketepatan dalam menentukan main idea dan stated detail; Kecepatan dan ketepatan dalam scanning teks projek 2%
13 Mahasiswa mampu membedakan informasi tersurat (stated) dan tidak tersurat (unstated) serta membuat inferensi yang logis dari teks kasus klinis. Reading: Skill 3: Unstated Detail Questions; Skill 4: Implied Detail Questions Tutorial/ ceramah, Diskusi Ketepatan alam membedakan stated/unstated dan membuat inferensi yang logis; Kemampuan berargumentasi berdasarkan teks Tugas mandiri 2%
14 Mahasiswa mampu menebak makna kosa kata teknis (vocabulary in context) dalam teks kesehatan menggunakan konteks kalimat. Reading: Skill 5: Vocabulary in Context Questions Tutorial/ ceramah, Diskusi Ketepatan dalam menebak makna vocabulary dalam konteks; Penggunaan clue konteks (sinonim, antonym, Tugas mandiri 2%
15 Mahasiswa mampu menemukan letak suatu informasi tertentu (where questions) dalam teks dengan cepat menggunakan teknik scanning. Reading: Skill 6: "Where" Questions Tutorial/ ceramah, Diskusi Ketepatan dan kecepatan dalam menemukan lokasi informasi; Efisiensi dalam strategi scanning projek 2%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 presensi dan keaktifan di kelas 15
2 Tugas 20
3 UTS 25
4 UAS 40%