Minggu Ke- |
Sub CPMK |
Materi Pembelajaran [Pustaka] |
Metode / Strategi Pembelajaran |
Assessment |
Indikator |
Bentuk |
Bobot |
1 |
Mahasiswa mampu memahami overview TOEFL ITP dan menerapkan Skill 1: Restatement dalam Listening Part A |
Pengenalan RPS, Kontrak kuliah
Introduction to TOEFL ITP; Listening Part A, Skill 1: Restatement
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Demonstrasi, Role Play |
Ketepatan mengidentifikasi restatement pada latihan soal; Partisipasi aktif dalam diskusi dan role-play |
Tugas mandiri
|
2% |
2 |
Mahasiswa mampu membedakan makna negatif dan mengidentifikasi ekspresi saran dalam instruksi keperawatan. |
Listening Part A: Skill 2: Negatives; Skill 3: Suggestions
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Ketepatan dalam membedakan makna negatif dan mengidentifikasi ekspresi saran; Keaktifan dalam praktik dialog |
Tugas mandiri
|
2% |
3 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi struktur kalimat pasif serta informasi pelaku (who) dan lokasi (where) dalam konteks medis. |
Listening Part A: Skill 4: Passives; Skill 5: Who and Where
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Role Play |
Ketepatan dalam mengidentifikasi struktur pasif dan informasi who/where; Kemampuan menjelaskan alur prosedur |
Tugas mandiri
|
2% |
4 |
Mahasiswa mampu memprediksi pertanyaan dan menentukan topik utama dari percakapan panjang bertema kesehatan. |
Listening Part B: Skill 1: The Questions; Skill 2: The Topic
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi, Role Play |
Ketepatan dalam memprediksi pertanyaan dan menentukan topik; Kemampuan menyimpulkan konteks percakapan |
Tugas mandiri
|
2% |
5 |
Mahasiswa mampu menyusun urutan informasi dan mencatat detail secara kronologis dari sebuah dialog atau monolog. |
Listening Part B: Skill 3: The order of the answers
|
Diskusi |
Ketepatan dalam menyusun urutan informasi; Keakuratan dalam mencatat detail berurutan |
Tugas mandiri
|
2% |
6 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan subject-verb agreement dan object of prepositions dalam teks medis pendek. |
Structure: Skill 1: Subject and Verbs; Skill 2: Objects of Prepositions
|
Diskusi, Role Play |
Ketepatan dalam mengidentifikasi subjek-verb dan objek preposisi; Kemampuan mengoreksi kesalahan pada teks pendek |
Tugas mandiri
|
2% |
7 |
Mahasiswa mampu menggunakan present dan past participle dengan benar untuk mendeskripsikan kondisi atau prosedur terhadap pasien. |
Structure: Skill 3: Present Participles;
Skill 4: Past Participles
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Ketepatan dalam membedakan dan menggunakan participle dengan benar; Kejelasan dalam mendeskripsikan |
Tugas mandiri
|
2% |
8 |
Evaluasi Tengah Semester |
9 |
Mahasiswa mampu menghubungkan klausa menggunakan coordinate dan adverb clause connectors untuk membuat kalimat kompleks yang koheren dalam konteks keperawatan. |
Structure: Skill 5: Coordinate Connectors; Skill 6: Adverb Clause Connectors
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Ketepatan dalam menggunakan connector; Kebenaran dalam menyusun kalimat kompleks untuk prosedur |
Tugas mandiri
|
2% |
10 |
Mahasiswa mampu menerapkan penggunaan base form setelah modals dan singular/plural nouns secara tepat dalam instruksi tertulis. |
Written Expression: Skill 7: Base Form Verbs after Modals; Skill 8: Singular and Plural Nouns
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Ketepatan dalam mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan; Keakuratan menggunakan terminologi tepat |
Tugas mandiri
|
2% |
11 |
Mahasiswa mampu memilih jenis pronoun yang tepat dan memperbaiki ambiguous pronoun reference dalam dokumentasi keperawatan. |
Written Expression: Skill 9: Subject and Object Pronouns; Skill 10: Pronoun Reference
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Ketepatan dalam menggunakan pronoun dan merevisi ambiguous reference; Kejelasan makna dalam tulisan |
projek
|
2% |
12 |
Mahasiswa mampu menentukan ide utama (main idea) dan menemukan informasi detail yang tersurat (stated detail) dari sebuah teks kesehatan. |
Reading: Skill 1: Main Idea Questions; Skill 2: Stated Detail Questions
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Ketepatan dalam menentukan main idea dan stated detail; Kecepatan dan ketepatan dalam scanning teks |
projek
|
2% |
13 |
Mahasiswa mampu membedakan informasi tersurat (stated) dan tidak tersurat (unstated) serta membuat inferensi yang logis dari teks kasus klinis. |
Reading: Skill 3: Unstated Detail Questions; Skill 4: Implied Detail Questions
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Ketepatan alam membedakan stated/unstated dan membuat inferensi yang logis; Kemampuan berargumentasi berdasarkan teks |
Tugas mandiri
|
2% |
14 |
Mahasiswa mampu menebak makna kosa kata teknis (vocabulary in context) dalam teks kesehatan menggunakan konteks kalimat. |
Reading: Skill 5: Vocabulary in Context Questions
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Ketepatan dalam menebak makna vocabulary dalam konteks; Penggunaan clue konteks (sinonim, antonym, |
Tugas mandiri
|
2% |
15 |
Mahasiswa mampu menemukan letak suatu informasi tertentu (where questions) dalam teks dengan cepat menggunakan teknik scanning. |
Reading: Skill 6: "Where" Questions
|
Tutorial/ ceramah, Diskusi |
Ketepatan dan kecepatan dalam menemukan lokasi informasi; Efisiensi dalam strategi scanning |
projek
|
2% |
16 |
Evaluasi Akhir Semester |