RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026

FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIK)

PROGRAM STUDI: ILMU KEPERAWATAN

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Bahasa Indonesia 73WN62504 Mata Kuliah Wajib Nasional Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
2 0 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 06 09 2025
MOH. FAIZAL FUAD AZIZ S.Pd,M.Pd ATHI' LINDA YANI S.Kep,S.Kep,M.Kep,Ners ZULFA KHUSNIYAH S.Kep,M.Kep,M.Pd I
NIDN: 0707069004 NIDN: 0725128701 NIDN: 0726067602
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
CPL-1 Mampu menjalankan Asuhan Keperawatan sesuai kode etik keperawatan Indonesia, berpikir logis, kritis, sistematis dan kreatif, inovatif, bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta bertanggung jawab secara ilmiah kepada masyarakat profesi dan klien dengan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan khususnya terapi komplementer akupoint dengan memperhatikan nilai-nilai akhlaqul karimah
CPL-2 Mampu melakukan edukasi, komunikasi dan kolaborasi dalam memberikan asuhan dan/atau pelayanan keperawatan berdasarkan bukti ilmiah terkini
CPL-3 Mampu melaksanakan pengorganisasian asuhan keperawatan dan berkoordinasi dengan tim kesehatan dengan menunjukkan sikap kepemimpinan untuk mencapai tujuan perawatan klien
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Menjelaskan Konsep Bahasa Indonesia yang baik dan benar 2. Menjelaskan dan menerapkan penggunaan kaedah penulisan ilmiah yang benar dalam membuat tulisan 3. Menggunakan kaedah pembuatan resume dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. 4. Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Sub CPMK
1. Mampu menjelaskan konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar 2. Mampu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Mampu menggunakan kaedah penulisan ilmiah yang benar. 4. Mampu menggunakan kaedah pembuatan resume atau ringkasan suatu topik dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. 5. Mampu menyusun artikel ilmiah menggunakan kaedah pembuatan resume atau ringkasan suatu topik dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5
CPMK 1 v v
CPMK 2 v
CPMK 3 v
CPMK 4 v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas tentang Bahasa Indonesia dalam ilmu keperawatan dengan menekankan penggunaan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan, berlandaskan pada konsep etika dalam berbahasa.
Pokok Bahasan
Kerangka tulisan 2) Jenis tulisan 3) Paragraf 4) Pengembangan paragraph 5) Kutipan dan system rujukan 6) Format makalah ilmiah 7) Bagian pendahuluan 8) Bagian isi 9) Bagian penutup 10) Tanda baca dan ejaan 11) Kalimat efektif 12) Cara mengacu 13) Tanda-tanda koreksi
Pustaka Utama: Bahdin & Ardial. 2008. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Proposal, Skripsi dan Tesis) dan mempersiapkan diri Menjadi Penulis Artikel Ilmiah. Jakarta : Kencana Prenada Media Group` b) Winarto. 2004. Karya Tulis Ilmiah Social: menyiapkan, menulis, dan mencermatinya. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Winarto. 2004. Karya Tulis Ilmiah Social: menyiapkan, menulis, dan mencermatinya. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Pendukung Nana Sudjana. 2006. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
ppt modul pembelajaran
Team Teaching / Single Teaching Single Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi tugas, tes tulis, project
Pendekatan Pembelajaran SCL FGD, demonstrasi, diskusi
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Mampu menjelaskan konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar 1. Laras ilmiah dan ragam bahasa 2. Persiapan penyajian lisan 3. Daftar Pustaka Tutorial/ ceramah mahsiswa mampu menjelaskan tes tulis 5%
2 Menjelaskan Laras ilmiah dan ragam bahasa Topik dan Tesis Penyajian Lisan Diskusi kemampuan mamahsiwa menjelaskan dan memberikan contoh tes tulis 5%
3 Mampu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Kerangka tulisan Jenis tulisan Paragraf Diskusi kemampuan mahasiwa menjelaskan kembali terkait konsep tes tulis 5%
4 Mampu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Paragraf Pengembangan paragraph Kutipan dan system rujukan Diskusi kemamuan berdiskusi dan menjawab pertanyaan tugas 5%
5 Mampu menggunakan kaedah penulisan ilmiah yang benar Paragraf Pengembangan paragraph Kutipan dan system rujukan Diskusi ketepatan dalam membuat kalimat dan paragraf tugas 5%
6 Mampu menggunakan kaedah pembuatan resume atau ringkasan suatu topik dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pengembangan paragraph 5) Kutipan dan system rujukan 6) Format makalah ilmiah 7) Bagian pendahuluan Diskusi ketepatan dalam membuat paragraf tugas 5%
7 mahasiwa dapat mengerjakan tugas dan mengerjakan soal soal UTS Small Group Discussion (SGD) kemampuan menjawab soal dan mengerjakan tugas tes tulis 5%
8 Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. membuat latar belakang Tutorial/ ceramah, Praktikum, Demonstrasi kemampuan mahsiswa dalam menulis artikel tugas 5%
9 Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. membuat makalah karya ilmiah Tutorial individual yang diberikan perceptor kemampuan mahsiswa menulis artikel tugas 5%
10 Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. kemampuan mahassiwa menulis essay Tutorial individual yang diberikan perceptor mahaiswa dapat membuat essay tugas 5%
11 Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. membuat makalah lengkap Tutorial individual yang diberikan perceptor, Diskusi mahsiswa dapat membuat maklah dan mempresentasikan tugas 5%
12 Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. membuat makalah dan essay Tutorial individual yang diberikan perceptor, Demonstrasi mampu menulis essay dan menjawab pertanyaan tugas 5%
13 Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. membuat makalah individu Small Group Discussion (SGD), Demonstrasi menyelesaiakan tugas makalah tugas 5%
14 Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. membuat makalah dan daftar pustaka Diskusi, Small Group Discussion (SGD) kemampuan dalam menyelesaikan tugas makalah tugas 5%
15 Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. membuat tugas karya tulis Tutorial individual yang diberikan perceptor kemampuan menyelesaiakan tugas karya tulis tugas 5%
16 Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. mebuat tugas karya ilmiah Small Group Discussion (SGD), Praktikum membuat tugas akhir karya tulis ilmiah project 10%
No Kategori Penilaian Bobot
1 presentasi 20%
2 demontrasi 35%
3 tes tulis 20%
4 project 25%