Minggu Ke- |
Sub CPMK |
Materi Pembelajaran [Pustaka] |
Metode / Strategi Pembelajaran |
Assessment |
Indikator |
Bentuk |
Bobot |
1 |
Mampu menjelaskan konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar |
1. Laras ilmiah dan ragam bahasa
2. Persiapan penyajian lisan
3. Daftar Pustaka
|
Tutorial/ ceramah |
mahsiswa mampu menjelaskan |
tes tulis
|
5% |
2 |
Menjelaskan Laras ilmiah dan ragam bahasa |
Topik dan Tesis
Penyajian Lisan
|
Diskusi |
kemampuan mamahsiwa menjelaskan dan memberikan contoh |
tes tulis
|
5% |
3 |
Mampu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar |
Kerangka tulisan
Jenis tulisan
Paragraf
|
Diskusi |
kemampuan mahasiwa menjelaskan kembali terkait konsep |
tes tulis
|
5% |
4 |
Mampu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar |
Paragraf
Pengembangan paragraph
Kutipan dan system rujukan
|
Diskusi |
kemamuan berdiskusi dan menjawab pertanyaan |
tugas
|
5% |
5 |
Mampu menggunakan kaedah penulisan ilmiah yang benar |
Paragraf
Pengembangan paragraph
Kutipan dan system rujukan
|
Diskusi |
ketepatan dalam membuat kalimat dan paragraf |
tugas
|
5% |
6 |
Mampu menggunakan kaedah pembuatan resume atau ringkasan suatu topik dengan menggunakan Bahasa
Indonesia yang baik dan benar. |
Pengembangan paragraph
5) Kutipan dan system rujukan
6) Format makalah ilmiah
7) Bagian pendahuluan
|
Diskusi |
ketepatan dalam membuat paragraf |
tugas
|
5% |
7 |
mahasiwa dapat mengerjakan tugas dan mengerjakan soal |
soal UTS
|
Small Group Discussion (SGD) |
kemampuan menjawab soal dan mengerjakan tugas |
tes tulis
|
5% |
8 |
Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
membuat latar belakang
|
Tutorial/ ceramah, Praktikum, Demonstrasi |
kemampuan mahsiswa dalam menulis artikel |
tugas
|
5% |
9 |
Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
membuat makalah karya ilmiah
|
Tutorial individual yang diberikan perceptor |
kemampuan mahsiswa menulis artikel |
tugas
|
5% |
10 |
Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
kemampuan mahassiwa menulis essay
|
Tutorial individual yang diberikan perceptor |
mahaiswa dapat membuat essay |
tugas
|
5% |
11 |
Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
membuat makalah lengkap
|
Tutorial individual yang diberikan perceptor, Diskusi |
mahsiswa dapat membuat maklah dan mempresentasikan |
tugas
|
5% |
12 |
Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
membuat makalah dan essay
|
Tutorial individual yang diberikan perceptor, Demonstrasi |
mampu menulis essay dan menjawab pertanyaan |
tugas
|
5% |
13 |
Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
membuat makalah individu
|
Small Group Discussion (SGD), Demonstrasi |
menyelesaiakan tugas makalah |
tugas
|
5% |
14 |
Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
membuat makalah dan daftar pustaka
|
Diskusi, Small Group Discussion (SGD) |
kemampuan dalam menyelesaikan tugas makalah |
tugas
|
5% |
15 |
Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
membuat tugas karya tulis
|
Tutorial individual yang diberikan perceptor |
kemampuan menyelesaiakan tugas karya tulis |
tugas
|
5% |
16 |
Menyusun artikel dan resume sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
mebuat tugas karya ilmiah
|
Small Group Discussion (SGD), Praktikum |
membuat tugas akhir karya tulis ilmiah |
project
|
10% |