![]() |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2025/2026FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI (SAINTEK)PROGRAM STUDI: SISTEM INFORMASI |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
MATA KULIAH: | KODE MK | Kelompok Matakuliah Sesuai KBK | BOBOT (sks) | SEMESTER | Prasyarat Mata Kuliah | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi | 41WP62504 | MATA KULIAH WAJIB PROGRAM STUDI | Teori / Seminar | Praktek | Kerja Lapangan / Klinik | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | 0 | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PENANGGUNGJAWAB | Pengembang RPS | Koordinator / Pengampu MK | Ka. PRODI | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tanggal Revisi: 10 09 2025 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
NUFAN BALAFIF S.Kom,M.M | NUFAN BALAFIF S.Kom,M.M | EDDY KURNIAWAN S.Kom,M.M | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
NIDN: 0720078501 | NIDN: 0720078501 | NIDN: 0719058805 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) | Program Studi | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Mampu menjelaskan teori-teori manajemen dan kepemimpinan modern (C2) 2. Mampu membedakan peran manajer dan pemimpin dalam organisasi (C3) 3. Mampu menerapkan konsep dasar kepemimpinan dalam simulasi atau studi kasus (C3) 4. Mampu merancang strategi komunikasi dan resolusi konflik dalam tim (C3) 5. Mampu mengevaluasi efektivitas gaya kepemimpinan dalam berbagai situasi (C5) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sub CPMK | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. SUB-CPMK 1.1: Mampu menganalisis dan menjelaskan konsep dasar serta perkembangan teori manajemen dan organisasi dari era klasik hingga modern. 2. SUB-CPMK 1.2: Mampu mengidentifikasi, membandingkan, dan menguraikan berbagai teori kepemimpinan serta gaya kepemimpinan yang relevan. 3. SUB-CPMK 1.3: Mampu menganalisis dan mengevaluasi pengaruh budaya organisasi serta lingkungan internal dan eksternal terhadap efektivitas kepemimpinan. 4. SUB-CPMK 2.1: Mampu membedakan secara jelas peran dan fungsi manajer (berfokus pada proses dan efisiensi) dengan peran dan fungsi pemimpin (berfokus pada visi dan inspirasi) dalam organisasi. 5. SUB-CPMK 3.1: Mampu menguraikan dan membedakan empat fungsi manajemen utama (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) dalam konteks operasional sebuah organisasi. 6. SUB-CPMK 3.2: Mampu mempraktikkan proses perencanaan (planning) untuk merumuskan tujuan, strategi, dan taktik organisasi yang efektif. 7. SUB-CPMK 3.3: Mampu mengimplementasikan pengorganisasian (organizing) dengan merancang struktur, membagi tugas, dan mendelegasikan wewenang. 8. SUB-CPMK 3.4: Mampu mengaplikasikan pengarahan (actuating) dan pengendalian (controlling) untuk memastikan aktivitas organisasi berjalan sesuai rencana dan mencapai target. 9. SUB-CPMK 3.5: Mampu menganalisis dan menerapkan konsep motivasi untuk meningkatkan kinerja individu dan tim. 10. SUB-CPMK 3.6: Mampu menganalisis tantangan dan peluang kepemimpinan di era digital, serta mengadopsi kompetensi yang relevan. 11. SUB-CPMK 4.1: Mampu merancang strategi komunikasi efektif di dalam tim, termasuk komunikasi verbal dan non-verbal dalam berbagai situasi. 12. SUB-CPMK 4.2: Mampu mengidentifikasi sumber dan jenis konflik, serta menerapkan strategi manajemen konflik untuk menyelesaikan perselisihan secara konstruktif. 13. SUB-CPMK 5.1: Mampu mengevaluasi dan memilih gaya kepemimpinan yang paling sesuai untuk berbagai situasi dan karakteristik tim. 14. SUB-CPMK 5.2: Mampu merancang strategi untuk membangun dan memelihara budaya organisasi yang positif dan produktif. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Korelasi CPMK dan Sub CPMK | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan | Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bahan Kajian : 1. BK14 (Personality Development) 2. BK09 (Ethics, use and implications for society) Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan keterampilan manajemen dan kepemimpinan yang esensial di dunia kerja. Pembahasan difokuskan pada penguasaan konsep-konsep inti, dari fungsi dasar manajemen (POAC) hingga teori-teori kepemimpinan kontemporer. Mahasiswa akan dilatih untuk membedakan peran manajer dan pemimpin, menerapkan strategi komunikasi efektif, serta menguasai teknik resolusi konflik dan motivasi untuk meningkatkan kinerja tim. Selain itu, mata kuliah ini juga mengeksplorasi tantangan kepemimpinan di era digital dan pengaruh budaya organisasi dalam mencapai tujuan strategis. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pokok Bahasan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Teori Manajemen dan Organisasi 2. Fungsi Manajemen (POAC) 3. Lingkungan Internal dan Ekternal Organisasi 4. Budaya Organisasi 5. Teori Kepemimpinan 6. Motivasi dan Kinerja Tim 7. Komunikasi Efektif 8. Manajemen Konflik 9. Kepemimpinan Era Digital | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pustaka | Utama: | [1] Thoha, Miftah. (2014). Kepemimpinan dalam Manajemen: Sebuah Pendekatan Perilaku. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Buku ini berfokus pada pendekatan perilaku kepemimpinan yang sangat relevan dengan materi motivasi, komunikasi, dan resolusi konflik. [2] Suryosubroto, B. (2017). Manajemen Organisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Referensi ini membahas secara mendalam tentang teori dan fungsi manajemen, struktur organisasi, serta lingkungan internal dan eksternal. [3] Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi. (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Buku ini menggabungkan dua topik penting, yaitu kepemimpinan dan perilaku organisasi, yang mencakup bahasan tentang budaya organisasi dan kinerja tim. [4] Robbins, Stephen P., and Mary Coulter. (2018). Management. 14th ed. Pearson Education. Buku ini adalah salah satu referensi utama dalam studi manajemen, sangat komprehensif dalam menjelaskan fungsi manajemen (POAC) dan peran manajer. [5] Northouse, Peter G. (2021). Leadership: Theory and Practice. 9th ed. SAGE Publications, Inc. Buku ini secara khusus mengupas berbagai teori kepemimpinan, gaya kepemimpinan, dan evaluasi efektivitasnya, sangat cocok untuk SUB-CPMK tentang kepemimpinan. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendukung | [6] Contoh Studi Kasus: “Digitalisasi Manajemen Kesehatan Santri dengan Aplikasi Mitra Poskestren berbasis Website pada P2KS Ponpes Darul Ulum Jombang”. [7] Rizqi Waladun Khoiri, & Wawan Prahiawan. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Central Cipta Abadi). Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(3), 240–250. https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i3.950. [8] Nurul Hikmah, Nofiyatus Sya’ada, Firman Hakiki, & Mu’alimin Mu’alimin. (2024). Strategi Efektif dalam Manajemen Konflik Studi Kasus di Organisasi Modern . Karakter : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 206–221. https://doi.org/10.61132/karakter.v2i1.409. [9] Zenmira, K. N. (2022). Analisis Gaya Kepemimpinan Organisasi Nirlaba Terhadap Efisiensi Event Studi Kasus: Event Timur Liar oleh Komunitas Serbuk Kayu, Surabaya, Jawa Timur. Jurnal Tata Kelola Seni, 8(1), 13-22. https://doi.org/10.24821/jtks.v8i1.5890. | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Media Pembelajaran | Software / SoftCopy | Hardware / Hardcopy | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Microsoft Office Google Workspace Canvas LMS | Komputer LED | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Team Teaching / Single Teaching | Single Teaching | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Assessment / Bentuk Evaluasi | Tes Tertulis, Partispasi Kelas, Presentasi, Studi Kasus & Simulasi (Tugas Proyek Kelompok), Simulasi Peran (Role-Playing)/Tugas Proyek, Makalah Analitis | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendekatan Pembelajaran SCL | Diskusi kelompok, pembelajaran berbasis masalah (PBL), studi kasus, simulasi, pembelajaran kooperatif, dan pembelajaran proyek |
Minggu Ke- | Sub CPMK | Materi Pembelajaran [Pustaka] | Metode / Strategi Pembelajaran | Assessment | ||
Indikator | Bentuk | Bobot | ||||
1 | Mampu menganalisis dan menjelaskan konsep dasar serta perkembangan teori manajemen dan organisasi dari era klasik hingga modern. | Teori Manajemen dan Organisasi | Tutorial/ ceramah, Diskusi | Keaktifan berpartisipasi dalam diskusi, Kualitas kontribusi pada diskusi. | Partispasi Kelas | 20% |
2 | Mampu menguraikan dan membedakan empat fungsi manajemen utama (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) dalam konteks operasional sebuah organisasi. | Fungsi Manajemen (POAC) | Tutorial/ ceramah, Diskusi | Ketepatan analisis kasus, Kejelasan pemaparan hasil. | Partispasi Kelas | 10% |
3 | Mampu menganalisis dan mengevaluasi pengaruh budaya organisasi serta lingkungan internal dan eksternal terhadap efektivitas kepemimpinan. | Lingkungan Internal dan Eksternal Organisasi, Budaya Organisasi | Tutorial/ ceramah, Diskusi | Kelengkapan analisis, Kualitas kesimpulan. | Partispasi Kelas | 10% |
4 | Mampu mengidentifikasi, membandingkan, dan menguraikan berbagai teori kepemimpinan serta gaya kepemimpinan yang relevan. | Teori Kepemimpinan | Tutorial/ ceramah, Diskusi, Demonstrasi | Kualitas presentasi, Kemampuan menjawab pertanyaan. | Presentasi | 10% |
5 | Mampu membedakan secara jelas peran dan fungsi manajer (berfokus pada proses dan efisiensi) dengan peran dan fungsi pemimpin (berfokus pada visi dan inspirasi) dalam organisasi. | Perbedaan Peran Manajer dan Pemimpin | Tutorial/ ceramah, Diskusi | Keaktifan berpartisipasi, Ketajaman analisis. | Partispasi Kelas | 10% |
6 | Mampu mengevaluasi dan memilih gaya kepemimpinan yang paling sesuai untuk berbagai situasi dan karakteristik tim. | Evaluasi Gaya Kepemimpinan | Tutorial/ ceramah, Diskusi, Role Play | Kemampuan menerapkan teori dalam praktik. | Simulasi Peran (Role-Playing)/Tugas Proyek | 30% |
7 | Mampu menganalisis dan menerapkan konsep motivasi untuk meningkatkan kinerja individu dan tim. | Motivasi dan Kinerja Tim | Tutorial/ ceramah, Diskusi | Kelengkapan proposal, Relevansi strategi. | Studi Kasus & Simulasi (Tugas Proyek Kelompok) | 30% |
8 | Evaluasi Tengah Semester | |||||
9 | Mampu merancang strategi komunikasi efektif di dalam tim, termasuk komunikasi verbal dan non-verbal dalam berbagai situasi. | Komunikasi Efektif | Problem Based Learning (PBL), Tutorial/ ceramah, Diskusi | Efektivitas komunikasi dalam simulasi. | Studi Kasus & Simulasi (Tugas Proyek Kelompok) | 30% |
10 | Mampu mengidentifikasi sumber dan jenis konflik, serta menerapkan strategi manajemen konflik untuk menyelesaikan perselisihan secara konstruktif. | Manajemen Konflik | Tutorial/ ceramah, Diskusi, Role Play | Kemampuan menyelesaikan konflik. | Simulasi Peran (Role-Playing)/Tugas Proyek | 30% |
11 | Mampu merancang strategi untuk membangun dan memelihara budaya organisasi yang positif dan produktif. | Membangun dan Memelihara Budaya Organisasi | Problem Based Learning (PBL), Tutorial/ ceramah, Diskusi, Literatur review | Kualitas makalah, Orisinalitas ide. | Makalah Analitis | 10% |
12 | Mampu mempraktikkan proses perencanaan (planning) untuk merumuskan tujuan, strategi, dan taktik organisasi yang efektif. | Merumuskan Perencanaan (Planning) | Tutorial/ ceramah, Diskusi, Demonstrasi | Kejelasan dan kelengkapan laporan. | Studi Kasus & Simulasi (Tugas Proyek Kelompok) | 30% |
13 | Mampu mengimplementasikan pengorganisasian (organizing) dengan merancang struktur, membagi tugas, dan mendelegasikan wewenang; Mampu mengaplikasikan pengarahan (actuating) dan pengendalian (controlling) untuk memastikan aktivitas organisasi berjalan sesuai rencana dan mencapai target. | Pengorganisasian, Pengarahan, dan Pengendalian | Problem Based Learning (PBL), Tutorial/ ceramah, Diskusi | Kualitas proyek, Kemampuan implementasi. | Studi Kasus & Simulasi (Tugas Proyek Kelompok) | 30% |
14 | Mampu menganalisis tantangan dan peluang kepemimpinan di era digital, serta mengadopsi kompetensi yang relevan. | Kepemimpinan Era Digital | Tutorial/ ceramah, Diskusi, Literatur review | Kualitas makalah, Kualitas partisipasi. | Makalah Analitis | 10% |
15 | Mampu mempresentasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan hasil akhir proyek kepemimpinan dan manajemen tim. | Presentasi dan Evaluasi Akhir Proyek | Tutorial/ ceramah, Diskusi, Praktikum, Demonstrasi | Kualitas presentasi, Kemampuan menjawab pertanyaan, Relevansi hasil proyek dengan tujuan. | Studi Kasus & Simulasi (Tugas Proyek Kelompok) | 30% |
16 | Evaluasi Akhir Semester |
No | Kategori Penilaian | Bobot |
1 | Kehadiran/Partisipasi | 20 % |
2 | Kuis | 5 % |
3 | Tugas | 10 % |
4 | Proyek | 30 % |
5 | UTS | 15 % |
6 | UAS | 20 % |