RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2024/2025

FAKULTAS FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIK)

PROGRAM STUDI: D3 Kebidanan

MATA KULIAH: KODE MK Kelompok Matakuliah Sesuai KBK BOBOT (sks) SEMESTER Prasyarat Mata Kuliah
Kebutuhan Dasar Manusia 72WP51906 MATA KULIAH WAJIB PROGRAM STUDI Teori / Seminar Praktek Kerja Lapangan / Klinik 1
1 2 0
PENANGGUNGJAWAB Pengembang RPS Koordinator / Pengampu MK Ka. PRODI
Tanggal Revisi: 13 07 2024
SITI ROUDHOTUL JANNAH A.Md,S.S.T,S.S.T,M.Tr. SITI ROUDHOTUL JANNAH A.Md,S.S.T,S.S.T,M.Tr. SUYATI S.ST,M.Kes
NIDN: 0726049202 NIDN: 0726049202 NIDN: 0710076002
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) Program Studi
S1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan praktik kebidanan berdasarkan agama moral dan filosofi kode etik profesi serta standar kebidanan
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat berbangsa bernegara dan kemajuan peradapan berdasarkan pancasila
S5 Menghargai keanekaragaman budaya pandangan agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinil yang lain
S7 Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S10 Menunjuukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya
P1 Menguasai konsep teoritis fisiologi siklus hidup manusia atau human life cycle physiologi secara umum
P5 Menguasai konsep umum,prinsip dan teknik bantuan hidup dasar atau basic life support
P13 Menguasai konsep umum,prinsip dan teknik komunikasi efektif
P14 Menguasai konsep,prinsip dan teknik komunikasi terapeutik
KU2 Mampu menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur sesuai dengan standar prosedur oprasional dalam memberikan pelayanan dan asuhan kebidanan
KU3 Mampu memecahkan masalah dalam pelayanan dan asuhan kebidanan sesuai dengan kompetensi, kewenangan yang berbasis bukti ilmiah dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
KU4 Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan
KU5 Mampu bekerjasama, berkomunikasi teknis dan prosedural dalam pekerjaannya
KU8 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjaminkesahihan dan mencegah plagiarism
KK8 Mampu berkomunikasi teknis dan proedural secara verbal dan non verbal dengan perempuan keluarganya dan masyarakat serta temn sejawat untukmeningkatkan kesehatan perempuan, ibu dan anak
KK11 Mampu melakukan bantuan hidup dasar khususnya pada kasus maternal dan neonatal
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. Mampu memahami Konsep Manusia 2. Mampu memahami Konsep Sehat Sakit 3. Mampu memahami Konsep Diri 4. Mampu memahami Konsep Stress dan Adaptasi 5. Mampu memahami Kebutuhan Dasar Manusiahami Kebutuhan Dasar Manusia 6. Mampu memahami Kehilangan dan Kematian
Sub CPMK
1. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami konsep manusia 2. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami konsep sehat sakit 3. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami konsep diri 4. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami konsep stress dan adaptasi 5. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia 6. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia 7. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia 8. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia 9. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia 10. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia 11. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia 12. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia 13. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia 14. Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami kehilangan dan kematian
Korelasi CPMK dan Sub CPMK
Sub CPMK 1 Sub CPMK 2 Sub CPMK 3 Sub CPMK 4 Sub CPMK 5 Sub CPMK 6 Sub CPMK 7 Sub CPMK 8 Sub CPMK 9 Sub CPMK 10 Sub CPMK 11 Sub CPMK 12 Sub CPMK 13 Sub CPMK 14
CPMK 1 v
CPMK 2 v
CPMK 3 v
CPMK 4 v
CPMK 5 v v v v v v v v v
CPMK 6 v
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memahami Konsep Manusia, Konsep Sehat Sakit, Konsep Diri, Konsep Stress dan Adaptasi, Kebutuhan Dasar Manusia, Kehilangan dan Kematian.
Pokok Bahasan
1. Konsep Manusia 2. Konsep Sehat Sakit 3. Konsep Diri 4. Konsep Stress dan Adaptasi 5. Kebutuhan Dasar Manusia 6. Kehilangan dan Kematian
Pustaka Utama: Jannah, S.R & Rositah, E. 2024. Pemberian Obat dalam Praktik Kebidanan. Nganjuk : CV Dewa Publishing. Anggraeni, D.D. dkk. 2024. Keterampilan Dasar Kebidanan. Medan : Yayasan Kita Menulis. Fatmayanti, A. dkk. 2022. Kebutuhan Dasar Manusia. Sumatra Barat : Global Eksekutif Tehnologi. Jonson, R and Tylor, W. 2001. Skill of Midwifery Practice, Churchill Livingstone, Edinburg. Bryn, RM. 1995. Theory for Midwifery Practice. MacMillan Press, Ltd, London. World Health Organization. 1996. Learning Materials on Nursing: Chapter 7: Healthy. Wahit Iqbal M. 2007. Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta: EGC (BP 3). WHO EURO. 2000. Essential Antenatal, Perinatal and Postpartum Care.
Pendukung Yuliani, E. 2021. Buku Ajar Keterampilan Dasar Manusia. Malang : Rena Cipta Mandiri. Hidayat, A.A., Uliyah, M. 2015. Buku Saku Praktikum Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta : EGC. WHO SEARO. 2000. Standarts of Midwifery Practice for Safe Motherhood. Martini F.H. et.al. 2001. Fundamentals of Anatomy and Physiology 5 th Edition, Prentice Hall, New Jersey. Varney, H. 1997. Varney’s Midwifery. Jones and bartiett Publishers, Sudbury, Massachussetts, USA.
Media Pembelajaran Software / SoftCopy Hardware / Hardcopy
PPT Zoom Meeting Google Classroom Whatsapp Buku Ajar Makalah
Team Teaching / Single Teaching Team Teaching
Assessment / Bentuk Evaluasi UTS, UAS, Tugas, Praktikum
Pendekatan Pembelajaran SCL Ceramah Diskusi Kelompok Role Play Penugasan
Minggu Ke- Sub CPMK Materi Pembelajaran [Pustaka] Metode / Strategi Pembelajaran Assessment
Indikator Bentuk Bobot
1 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami konsep manusia 1. Konsep Manusia a. Pengertian manusia b. Konsep manusia sebagai makhluk bio-psiko-sosial- spiritual c. Manusia sebagai sistem kebutuhan dasar manusia Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok Ketepatan menjelaskan tentang konsep manusia Tugas 5%
2 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami konsep sehat sakit 1. Konsep Sehat Sakit a. Pengertian sehat sakit b. Hubungan antara sehat, sakit dan penyakit c. Rentang sehat sakit d. Tahapan sakit e. Perilaku peran sakit f. Dampak sakit dan dampak dirawat Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok Ketepatan menjelaskan tentang konsep sehat sakit Tugas 5%
3 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami konsep diri 1. Pengertian konsep diri 2. Komponen konsep diri: a. Peran, b. Ideal diri, c. Harga diri, d. Gambaran diri, e. Identitas diri. Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok 1. Ketepatan menjelaskan tentang konsep diri 2. Ketepatan menjelaskan tentang komponen konsep diri Tugas 5%
4 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami konsep stress dan adaptasi 1. Konsep Stress Adaptasi a. Pengertian stress adaptasi b. Stress dan adaptasi pada siklus kehidup-an perempuan c. Perbedaan stress dengan gangguan jiwa d. Penanganan stres pada perempuan Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok Ketepatan menjelaskan tentang konsep stress dan adaptasi Tugas 5%
5 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia 1. Kebutuhan Dasar Manusia a. Memandikan Orang Dewasa b. Memandikan Bayi Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Diskusi Kelompok 1. Ketepatan menjelaskan tentang macam kebutuhan dasar manusia (Memandikan Orang Dewasa dan Bayi) 2. Ketepatan dalam mempraktikkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Memandikan Orang Dewasa dan Bayi) Praktikum 10%
6 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia 1. Kebutuhan Dasar Manusia a. Verbed Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Diskusi Kelompok 1. Ketepatan menjelaskan tentang macam kebutuhan dasar manusia (Verbed) 2. Ketepatan dalam mempraktikkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Verbed) Praktikum 10%
7 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia 1. Kebutuhan Dasar Manusia a. Oksigen Metode Ceramah, Metode Demonstrasi, Metode Diskusi Kelompok 1. Ketepatan menjelaskan tentang macam kebutuhan dasar manusia (Oksigen) 2. Ketepatan dalam mempraktikkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Oksigen) Praktikum 10%
8 Evaluasi Tengah Semester
9 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia 1. Kebutuhan Dasar Manusia a. Nutrisi Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi 1. Ketepatan menjelaskan tentang macam kebutuhan dasar manusia (Nutrisi) 2. Ketepatan dalam mempraktikkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Nutrisi) Praktikum 10%
10 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia 1. Kebutuhan Dasar Manusia a. Ambulasi Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi 1. Ketepatan menjelaskan tentang macam kebutuhan dasar manusia (Ambulasi) 2. Ketepatan dalam mempraktikkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Ambulasi) Praktikum 5%
11 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia 1. Kebutuhan Dasar Manusia a. Istirahat Tidur b. Body Mekanik Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi 1. Ketepatan menjelaskan tentang macam kebutuhan dasar manusia (Istirahat Tidur dan Body Mekanik) 2. Ketepatan dalam mempraktikkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Istirahat Tidur dan Body Mekanik) Praktikum 5%
12 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia 1. Kebutuhan Dasar Manusia a. Personal Hygiene Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Diskusi Kelompok 1. Ketepatan menjelaskan tentang macam kebutuhan dasar manusia (Personal Hygiene) 2. Ketepatan dalam mempraktikkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Personal Hygiene) Praktikum 10%
13 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia 1. Kebutuhan Dasar Manusia a. Cairan dan Elektolit Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi 1. Ketepatan menjelaskan tentang macam kebutuhan dasar manusia (Cairan dan Elektolit) 2. Ketepatan dalam mempraktikkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Cairan dan Elektolit) Praktikum 10%
14 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia 1. Kebutuhan Dasar Manusia a. Keamanan Lingkungan Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi 1. Ketepatan menjelaskan tentang macam kebutuhan dasar manusia (Keamanan Lingkungan) 2. Ketepatan dalam mempraktikkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Keamanan Lingkungan) Praktikum 5%
15 Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami kehilangan dan kematian 1. Asuhan pada Klien dengan Kehilangan dan Kematian a. Mendampingi pasien kritis dan perawatan paliatif b. Prosedur penyelenggaraan upacara jenazah menurut agama c. Memastikan pasien meninggal d. Informasi kepada keluarga e. Memulasaran jenazah f. Penyelenggaraan upacara jenazah Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Diskusi Kelompok 1. Ketepatan menjelaskan tentang kehilangan dan kematian 2. Ketepatan dalam mempraktikkan Asuhan pada Klien dengan Kehilangan dan Kematian Praktikum 5%
16 Evaluasi Akhir Semester
No Kategori Penilaian Bobot
1 UTS 20
2 UAS 30
3 TUGAS 20
4 PRAKTIKUM 30