Minggu Ke- |
Sub CPMK |
Materi Pembelajaran [Pustaka] |
Metode / Strategi Pembelajaran |
Assessment |
Indikator |
Bentuk |
Bobot |
1 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami konsep manusia |
1. Konsep Manusia
a. Pengertian manusia
b. Konsep manusia sebagai makhluk bio-psiko-sosial- spiritual
c. Manusia sebagai sistem kebutuhan dasar manusia
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan menjelaskan tentang konsep manusia |
Tugas
|
5% |
2 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami konsep sehat sakit |
1. Konsep Sehat Sakit
a. Pengertian sehat sakit
b. Hubungan antara sehat, sakit dan penyakit
c. Rentang sehat sakit
d. Tahapan sakit
e. Perilaku peran sakit
f. Dampak sakit dan dampak dirawat
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan menjelaskan tentang konsep sehat sakit |
Tugas
|
5% |
3 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami konsep diri |
1. Pengertian konsep diri
2. Komponen konsep diri:
a. Peran,
b. Ideal diri,
c. Harga diri,
d. Gambaran diri,
e. Identitas diri.
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
1. Ketepatan menjelaskan tentang konsep diri
2. Ketepatan menjelaskan tentang komponen konsep diri |
Tugas
|
5% |
4 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami konsep stress dan adaptasi |
1. Konsep Stress Adaptasi
a. Pengertian stress adaptasi
b. Stress dan adaptasi pada siklus kehidup-an perempuan
c. Perbedaan stress dengan gangguan jiwa
d. Penanganan stres pada perempuan
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi Kelompok |
Ketepatan menjelaskan tentang konsep stress dan adaptasi |
Tugas
|
5% |
5 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia |
1. Kebutuhan Dasar Manusia
a. Memandikan Orang Dewasa
b. Memandikan Bayi
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Diskusi Kelompok |
1. Ketepatan menjelaskan tentang macam kebutuhan dasar manusia (Memandikan Orang Dewasa dan Bayi)
2. Ketepatan dalam mempraktikkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Memandikan Orang Dewasa dan Bayi) |
Praktikum
|
10% |
6 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia |
1. Kebutuhan Dasar Manusia
a. Verbed
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Diskusi Kelompok |
1. Ketepatan menjelaskan tentang macam kebutuhan dasar manusia (Verbed)
2. Ketepatan dalam mempraktikkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Verbed) |
Praktikum
|
10% |
7 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia |
1. Kebutuhan Dasar Manusia
a. Oksigen
|
Metode Ceramah, Metode Demonstrasi, Metode Diskusi Kelompok |
1. Ketepatan menjelaskan tentang macam kebutuhan dasar manusia (Oksigen)
2. Ketepatan dalam mempraktikkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Oksigen) |
Praktikum
|
10% |
8 |
Evaluasi Tengah Semester |
9 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia |
1. Kebutuhan Dasar Manusia
a. Nutrisi
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi |
1. Ketepatan menjelaskan tentang macam kebutuhan dasar manusia (Nutrisi)
2. Ketepatan dalam mempraktikkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Nutrisi) |
Praktikum
|
10% |
10 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia |
1. Kebutuhan Dasar Manusia
a. Ambulasi
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi |
1. Ketepatan menjelaskan tentang macam kebutuhan dasar manusia (Ambulasi)
2. Ketepatan dalam mempraktikkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Ambulasi) |
Praktikum
|
5% |
11 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia |
1. Kebutuhan Dasar Manusia
a. Istirahat Tidur
b. Body Mekanik
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi |
1. Ketepatan menjelaskan tentang macam kebutuhan dasar manusia (Istirahat Tidur dan Body Mekanik)
2. Ketepatan dalam mempraktikkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Istirahat Tidur dan Body Mekanik) |
Praktikum
|
5% |
12 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia |
1. Kebutuhan Dasar Manusia
a. Personal Hygiene
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Diskusi Kelompok |
1. Ketepatan menjelaskan tentang macam kebutuhan dasar manusia (Personal Hygiene)
2. Ketepatan dalam mempraktikkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Personal Hygiene) |
Praktikum
|
10% |
13 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia |
1. Kebutuhan Dasar Manusia
a. Cairan dan Elektolit
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi |
1. Ketepatan menjelaskan tentang macam kebutuhan dasar manusia (Cairan dan Elektolit)
2. Ketepatan dalam mempraktikkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Cairan dan Elektolit) |
Praktikum
|
10% |
14 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan kebutuhan dasar manusia |
1. Kebutuhan Dasar Manusia
a. Keamanan Lingkungan
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi |
1. Ketepatan menjelaskan tentang macam kebutuhan dasar manusia (Keamanan Lingkungan)
2. Ketepatan dalam mempraktikkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Keamanan Lingkungan) |
Praktikum
|
5% |
15 |
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami kehilangan dan kematian |
1. Asuhan pada Klien dengan Kehilangan dan Kematian
a. Mendampingi pasien kritis dan perawatan paliatif
b. Prosedur penyelenggaraan upacara jenazah menurut agama
c. Memastikan pasien meninggal
d. Informasi kepada keluarga
e. Memulasaran jenazah
f. Penyelenggaraan upacara jenazah
|
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Diskusi Kelompok |
1. Ketepatan menjelaskan tentang kehilangan dan kematian
2. Ketepatan dalam mempraktikkan Asuhan pada Klien dengan Kehilangan dan Kematian |
Praktikum
|
5% |
16 |
Evaluasi Akhir Semester |