RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TAHUN AKADEMIK 2024/2025FAKULTAS Fakultas Sains dan Teknologi (SAINTEK)PROGRAM STUDI: Sistem Informasi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
MATA KULIAH: | KODE MK | Kelompok Matakuliah Sesuai KBK | BOBOT (sks) | SEMESTER | Prasyarat Mata Kuliah | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pengantar Manajemen dan Organisasi | 41WP19022 | MATA KULIAH WAJIB PROGRAM STUDI | Teori / Seminar | Praktek | Kerja Lapangan / Klinik | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | 0 | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PENANGGUNGJAWAB | Pengembang RPS | Koordinator / Pengampu MK | Ka. PRODI | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tanggal Revisi: 01 09 2024 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
NUFAN BALAFIF S.Kom,M.M | NUFAN BALAFIF S.Kom,M.M | EDDY KURNIAWAN S.Kom,M.M | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
NIDN: 0720078501 | NIDN: 0720078501 | NIDN: 0719058805 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran (CPL) / Learning Outcome (LO) | Program Studi | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Memahami konsep dasar, fungsi-fungsi, dan perkembangan teori manajemen, serta mengaplikasikannya dalam konteks organisasi modern dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8, P5) 2. Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor lingkungan organisasi, serta menerapkan teknik analisis strategis untuk pengambilan keputusan manajerial secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif. (KU1, KK5) 3. Mendesain dan mengevaluasi struktur organisasi yang efektif, serta mengembangkan strategi komunikasi dan koordinasi dalam berbagai jenis organisasi dengan menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2, KK5) 4. Merancang dan mengimplementasikan strategi manajemen sumber daya manusia, termasuk rekrutmen, pengembangan, dan manajemen kinerja karyawan, dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaannya secara mandiri. (S9, KU2) 5. Menganalisis dan menerapkan teori kepemimpinan dan motivasi, serta merancang strategi manajemen perubahan dan inovasi dalam menghadapi tantangan era digital dan isu-isu kontemporer dalam manajemen, dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora. (KU1, P5) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sub CPMK | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Menjelaskan konsep dasar dan fungsi-fungsi manajemen serta mengidentifikasi penerapannya dalam organisasi modern. 2. Menganalisis perkembangan teori manajemen dan relevansinya dengan praktik manajemen kontemporer 3. Mendemonstrasikan pemahaman dan penerapan nilai, norma, dan etika akademik dalam konteks manajemen 4. Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi organisasi 5. Menerapkan teknik analisis strategis (seperti SWOT) untuk mengevaluasi posisi organisasi. 6. Merumuskan rekomendasi keputusan manajerial berdasarkan hasil analisis, dengan menunjukkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif 7. Mendesain struktur organisasi yang efektif sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan organisasi 8. Mengevaluasi efektivitas struktur organisasi yang ada dan mengusulkan perbaikan 9. Mengembangkan strategi komunikasi dan koordinasi yang efektif dalam berbagai jenis struktur organisasi 10. Merancang strategi rekrutmen dan seleksi yang efektif sesuai dengan kebutuhan organisasi 11. Mengembangkan program pengembangan dan pelatihan karyawan yang komprehensif 12. Merancang sistem manajemen kinerja yang adil dan efektif, dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab dan kinerja mandiri 13. Menganalisis berbagai teori kepemimpinan dan motivasi serta menerapkannya dalam konteks organisasi 14. Merancang strategi manajemen perubahan dan inovasi yang efektif dalam menghadapi tantangan era digital 15. Menganalisis isu-isu kontemporer dalam manajemen (seperti keragaman, keberlanjutan, dan manajemen global) dan mengusulkan solusi dengan mempertimbangkan nilai-nilai humaniora | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Korelasi CPMK dan Sub CPMK | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Diskripsi Bahan Kajian & Pokok Bahasan | Bahan Kajian / Deskripsi Mata Kuliah | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata kuliah Pengantar Manajemen dan Organisasi memberikan pemahaman komprehensif tentang konsep dasar, teori, dan praktik manajemen dalam konteks organisasi modern. Kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan fundamental dan keterampilan analitis yang diperlukan untuk memahami dan mengelola berbagai aspek organisasi. Mahasiswa akan mempelajari Konsep dasar manajemen, sejarah, dan evolusi teori manajemen; Fungsi-fungsi manajemen: perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian; Analisis lingkungan organisasi, termasuk lingkungan internal dan eksternal; Manajemen strategis dan penggunaan alat analisis seperti SWOT; Struktur dan desain organisasi, serta koordinasi dan komunikasi dalam organisasi; Manajemen sumber daya manusia, meliputi rekrutmen, pengembangan, dan manajemen kinerja; Teori dan praktik kepemimpinan dan motivasi; Manajemen perubahan dan inovasi dalam menghadapi era digital; Isu-isu kontemporer dalam manajemen, seperti manajemen keragaman, keberlanjutan, dan manajemen global Melalui kuliah ini, mahasiswa akan mengembangkan pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip manajemen dan dinamika organisasi. Mereka akan belajar menganalisis situasi bisnis, membuat keputusan manajerial, dan menerapkan konsep manajemen dalam berbagai konteks organisasi. Kuliah ini juga akan membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan pemecahan masalah yang penting untuk karir di bidang manajemen dan bisnis. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pokok Bahasan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Konsep dasar manajemen, sejarah, dan evolusi teori manajemen 2. Fungsi-fungsi manajemen: perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian 3. Analisis lingkungan organisasi, termasuk lingkungan internal dan eksternal 4. Manajemen strategis dan penggunaan alat analisis seperti SWOT 5. Struktur dan desain organisasi, serta koordinasi dan komunikasi dalam organisasi 6. Manajemen sumber daya manusia, meliputi rekrutmen, pengembangan, dan manajemen kinerja 7. Teori dan praktik kepemimpinan dan motivasi 8. Manajemen perubahan dan inovasi dalam menghadapi era digital 9. Isu-isu kontemporer dalam manajemen, seperti manajemen keragaman, keberlanjutan, dan manajemen global | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pustaka | Utama: | [1]. Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (15th ed.). Pearson. [2]. Daft, R. L. (2021). Management (14th ed.). Cengage Learning. [3]. Schermerhorn, J. R., & Bachrach, D. G. (2020). Exploring Management (7th ed.). Wiley. [4] Griffin, R. W. (2021). Fundamentals of Management (10th ed.). Cengage Learning. [5] Wibowo. (2021). Manajemen Kinerja (Edisi 6). Rajawali Pers. [6] Sedarmayanti. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil (Edisi Revisi). Refika Aditama. [7] Sopiah, & Sangadji, E. M. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik (Edisi 2). ANDI. [8] Hasibuan, M. S. P. (2019). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah (Edisi Revisi). Bumi Aksara. [9] Kasmir. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik) (Edisi 2). Rajawali Pers. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendukung | [10] Studi Kasus: “Digitalisasi Manajemen Kesehatan Santri dengan Aplikasi Mitra Poskestren berbasis Website pada P2KS Ponpes Darul Ulum Jombang” | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Media Pembelajaran | Software / SoftCopy | Hardware / Hardcopy | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Microsoft Office Google Workspace | Komputer LCD/LED | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Team Teaching / Single Teaching | Single Teaching | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Assessment / Bentuk Evaluasi | Tes tulis, portofolio, pengamatan, partisipasi kelas | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendekatan Pembelajaran SCL | Diskusi Kelompok, Pembelajaran Berbasis Proyek, Simulasi Bisnis, Refleksi |
Minggu Ke- | Sub CPMK | Materi Pembelajaran [Pustaka] | Metode / Strategi Pembelajaran | Assessment | ||
Indikator | Bentuk | Bobot | ||||
1 | Menjelaskan konsep dasar dan fungsi-fungsi manajemen serta mengidentifikasi penerapannya dalam organisasi modern. | - Definisi manajemen - Fungsi-fungsi manajemen - Penerapan manajemen dalam organisasi modern - Pengenalan studi kasus: Manajemen Kesehatan Santri di Ponpes Darul Ulum Jombang | Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming) | - Ketepatan dalam mendefinisikan manajemen dan fungsi-fungsinya - Kemampuan mengidentifikasi penerapan fungsi manajemen dalam kasus Ponpes | Keaktifan, Tugas | 5% |
2 | Menganalisis perkembangan teori manajemen dan relevansinya dengan praktik manajemen kontemporer. | - Sejarah perkembangan teori manajemen- Teori manajemen klasik vs kontemporer - Relevansi teori manajemen dalam praktik modern - Evolusi manajemen kesehatan di pesantren | Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok | - Kelengkapan informasi dalam timeline - Kualitas analisis relevansi teori dengan praktik di Studi Kasus (Pondok Pesantren) | Keaktifan, Tugas | 5% |
3 | Mendemonstrasikan pemahaman dan penerapan nilai, norma, dan etika akademik dalam konteks manajemen. | - Etika dalam manajemen - Nilai dan norma dalam organisasi - Dilema etika dalam manajemen kesehatan santri | Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok | - Kedalaman analisis kasus etika - Kualitas argumen dalam pengambilan keputusan etis terkait kesehatan santri | Keaktifan, Tugas | 5% |
4 | Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi organisasi. | - Lingkungan internal organisasi - Lingkungan eksternal organisasi - Analisis dampak lingkungan terhadap Ponpes Darul Ulum | Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok | - Kelengkapan identifikasi faktor lingkungan Ponpes - Kedalaman analisis dampak terhadap manajemen kesehatan | Keaktifan, Tugas | 5% |
5 | Menerapkan teknik analisis strategis (seperti SWOT) untuk mengevaluasi posisi organisasi. | - Teknik analisis SWOT - Interpretasi hasil analisis SWOT - Evaluasi posisi strategis Ponpes Darul Ulum | Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok | - Ketepatan dalam melakukan analisis SWOT Ponpes - Kualitas interpretasi hasil analisis | Keaktifan, Tugas | 5% |
6 | Merumuskan rekomendasi keputusan manajerial berdasarkan hasil analisis, dengan menunjukkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif. | - Pengambilan keputusan manajerial - Teknik perumusan rekomendasi - Pemikiran kritis dan inovatif dalam manajemen kesehatan santri | Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok | - Kualitas dan kelayakan rekomendasi - Tingkat inovasi dalam solusi yang diusulkan untuk Ponpes | Keaktifan, Tugas | 5% |
7 | Mendesain struktur organisasi yang efektif sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan organisasi. | - Jenis-jenis struktur organisasi - Faktor-faktor dalam desain organisasi - Proses perancangan struktur organisasi untuk P2KS Ponpes Darul Ulum | Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok | - Kesesuaian struktur dengan kebutuhan P2KS - Kreativitas dalam desain | Keaktifan, Tugas | 5% |
8 | Evaluasi Tengah Semester | |||||
9 | Mengevaluasi efektivitas struktur organisasi yang ada dan mengusulkan perbaikan. | - Kriteria efektivitas struktur organisasi - Teknik evaluasi struktur organisasi - Strategi perbaikan struktur P2KS Ponpes Darul Ulum | Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok | - Kedalaman analisis struktur P2KS - Kelayakan usulan perbaikan | Metode Demonstrasi | 5% |
10 | Mengembangkan strategi komunikasi dan koordinasi yang efektif dalam berbagai jenis struktur organisasi. | - Komunikasi dalam organisasi - Strategi koordinasi lintas fungsi - Teknologi dalam komunikasi organisasi: Aplikasi Mitra Poskestren | Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok | - Efektivitas strategi komunikasi - Kelayakan sistem koordinasi menggunakan aplikasi | Eksperimen | 5% |
11 | Merancang strategi rekrutmen dan seleksi yang efektif sesuai dengan kebutuhan organisasi. | - Analisis kebutuhan SDM - Strategi rekrutmen - Teknik seleksi karyawan untuk P2KS | Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok | - Kualitas job description P2KS - Efektivitas teknik wawancara | Metode Demonstrasi | 5% |
12 | Mengembangkan program pengembangan dan pelatihan karyawan yang komprehensif. | - Analisis kebutuhan pelatihan - Metode pengembangan karyawan - Evaluasi efektivitas pelatihan penggunaan Aplikasi Mitra Poskestren | Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok | - Kesesuaian program dengan kebutuhan P2KS - Inovasi dalam metode pelatihan aplikasi | Eksperimen | 5% |
13 | Merancang sistem manajemen kinerja yang adil dan efektif, dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab dan kinerja mandiri. | - Sistem manajemen kinerja - Metode penilaian kinerja - Umpan balik dan pengembangan kinerja staf P2KS | Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok | - Objektivitas sistem penilaian P2KS - Efektivitas pemberian umpan balik | Eksperimen | 5% |
14 | Menganalisis berbagai teori kepemimpinan dan motivasi serta menerapkannya dalam konteks organisasi. | - Teori-teori kepemimpinan - Teori motivasi dalam organisasi - Aplikasi kepemimpinan dan motivasi dalam P2KS | Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok | - Kedalaman analisis teori - Kreativitas strategi motivasi untuk P2KS | Metode Demonstrasi | 5% |
15 | Menganalisis isu-isu kontemporer dalam manajemen (seperti keragaman, keberlanjutan, dan manajemen global) dan mengusulkan solusi dengan mempertimbangkan nilai-nilai humaniora. | - Isu-isu kontemporer dalam manajemen kesehatan - Teknologi dan inovasi dalam manajemen kesehatan - Nilai-nilai humaniora dalam implementasi teknologi kesehatan di pesantren | Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Curah Pendapat (Brainstorming), Metode Diskusi Kelompok | - Kualitas analisis isu kontemporer - Inovasi dan kelayakan proposal - Integrasi nilai-nilai humaniora dalam solusi | Metode Demonstrasi | 5% |
16 | Evaluasi Akhir Semester |
No | Kategori Penilaian | Bobot |
1 | Kehadiran | 20 |
2 | Tugas | 20 |
3 | UTS | 25 |
4 | UAS | 35 |